Just A review From me: [TV SERIES] Marvel Inhumans Review

Wednesday, November 22, 2017

[TV SERIES] Marvel Inhumans Review

TULISAN INI PENUH DENGAN SPOILER!!!




Prolog


  Dalam dunia komik Marvel, Inhumans adalah sebutan bagi manusia yang memiliki kekuatan super karena sebuah proses yang disebut "Terrigenesis" yang diakibatkan oleh zat yang disebut "Terrigen Mist". Inhumans sendiri awalnya diciptakan sekaligus dijadikan eksperimen oleh alien Kree sebelum nantinya "dibuang" oleh Kree dan mulai membangun komunitasnya tersendiri dengan membuat kota yang bernama Attilan yang berada di Bulan. Intinya Inhumans memiliki "sedikit" kemiripan dengan Mutant.




  Nah, karena hak cipta mutant sampai sekarang masih dipegang oleh FOX, mau tidak mau Marvel terpaksa "menaikkan derajat" Inhumans dengan berbagai cara sekaligus mencoba "mematikan" beberapa karakter Mutant yang ada. Dan dalam MCU (Marvel Cinematic Universe), istilah Inhumans sendiri sudah diperkenalkan melalui serial TV Agent Of Shield, tapi sepertinya Marvel masih belum puas dan memutuskan untuk membuat film layar lebar tentang Inhumans, sayang rencana ini gagal dan membuat Inhumans diubah formatnya menjadi serial TV. Pihak Marvel sendiri cukup PeDe dengan keputusan mereka sampai-sampai membuat 2 episode awal Inhumans memakai kamera IMAX dan menayangkannya di bioskop-bioskop terpilih, sebuah langkah yang kelak akan mereka sesali karena Inhumans dibanjiri kritik yang membuat bahwa serial ini GAGAL TOTAL.

  Untuk kali ini saya terpaksa setuju dengan para kritikus karena memang serial ini sangat mengecewakan dari berbagai sisi meskipun memperkenalkan karakter ikonik Royal Family, padahal serial ini memiliki aktor Iwan Rheon yang terkenal di Game Of Thrones sebagai Ramsay Bolton.


Perjalanan "tidak mulus" Menuju TV Series



  Versi singkat saja,di tahun 2014 Inhumans muncul ketika Marvel Studio mengumumkan Phase 3 dengan jadwal rilis tahun 2019, apalagi istilah + sejarah Inhumans sendiri sudah muncul di Agent Of SHIELD, pada akhirnya proyek Inhumans dibatalkan karena "kurang PeDe" dan pada waktu itu sudah mulai kabar bahwa Sony akan meminjamkan hak cipta Spiderman pada Marvel Studio.

  Inhumans yang kurang dikenal VS Spiderman yang terkenal ??? sudah jelas siapa pemenangnya.

  Meski sukses dalam layar lebar, serial TV MCU sering "dianak tirikan" dan sering mendapat resiko akan dibatalkan (salah satu contohnya adalah Agent Carter) oleh stasiun TV ABC, belum lagi rata-rata serial TV MCU dibuat hanya untuk mempromosikan beberapa film layar lebar MCU. Di tengah situasi ini akhirnya diputuskan bahwa Inhumans akan menjadi serial TV. Dan untuk "mempromosikan" serial ini diputuskan bahwa 2 episode awal akan dibuat menggunakan kamera IMAX (baca : kamera standar tinggi di dunia film) dan akan tayang di bioskop-bioskop tertentu (Indonesia juga termasuk lho!!!, tapi harga tiketnya tentu lebih mahal).

  Karena ada embel-embel IMAX maka seharusnya 2 episode awal ini dipenuhi adegan-adegan keren bukan ???

  Dan ngapain juga nonton serial TV di bioskop SEBELUM serial TV ini dirilis ??? kya gak ada kerjaan aja XD, Game Of Thrones yang terkenal saja baru mengumumkan akan membuat versi IMAX setelah serial ini selesai tayang di TV (itu juga 2 episode yang memang memiliki banyak adegan keren).

  Hasilnya mudah ditebak, Inhumans dibanjiri banyak review buruk, terkesan dibuat terburu-buru, dan memiliki Visual Effect yang tergolong buruk meski memakai IMAX.

Story


  Bangsa Inhumans sudah lama tinggal di kota Attilan yang berada di bulan tanpa disadari oleh manusia, tapi sayangnya para Inhumans menganut sistem pemerintahan "kasta" dimana mereka yang sukses mengalami Terrigenesis akan hidup layak sedangkan bagi yang gagal akan hidup layaknya seorang budak. Kekuasaan tertinggi dipegang oleh Raja Black Bolt dan Royal Family. Di Bumi sendiri kehadiran Inhuman mulai diketahui publik setelah kejadian dalam Agent Of Shield dimana Terrigan Crystal jatuh ke laut dan mulai membuat banyak Inhumans baru.

  Dan disinilah terjadi kudeta (baca : penggulingan kekuasaan) yang dipimpin oleh Maximus, salah seorang anggota Royal Family yang ternyata gagal saat proses Terrigenesis. Maximus berhasil meyakinkan penduduk Attilan bahwa mereka berhak hidup secara adil dan membuat anggota Royal Family lainnya terpaksa kabur ke bumi, tepatnya dipulau Oahu yang berada di Hawaii. Dan sayangnya di bumi mereka terpisah satu sama lain dan harus mencari cara agar bsia kembali ke Attilan!!!

  Apakah para anggota Royal Family berhasil kembali ke Attilan dan menghentikan Maximus ???

  Tunggu, tunggu. Kenapa saya harus mendukung para Royal Family, bukannya Maximus adalah pahlawan di serial ini karena memiliki ideologi "keadilan sosial bagi seluruh rakyat Attilan". Penduduk Attilan sendiri tidak pantas ditindas oleh rajanya sendiri bukan ???

  Itulah salah satu kelemahan serial ini, menaruh karakter "jahat" sebagai karakter "utama", belum lagi kisah para Royal Family di bumi yang terlihat layaknya kisah Cultural Shock pada umumnya (baca : orang kampung pergi ke kota XD) yang membuat tone serial ini semakin dipertanyakan.

  Tapi yang paling parah, SEMUA anggota Royal Family mengalami nerf (baca: penurunan kekuatan) besar-besaran yang membuat mereka tidak bisa menggunakan kekuatan mereka secara maksimal.


Characters


Black Bolt (Anson Mount)



  Pemimpin para Inhumans yang memiliki suara maut yang mampu menghancurkan apapun, bahkan berbisik saja fatal akibatnya. Karena hal ini sejak kecil Black Bolt sudah dikurung dan dilatih untuk tidak mengeluarkan suara, untuk berkomunikasi saja dia memakai bahasa isyarat.

  Black Bolt sendiri merasa bahwa dia tidak pantas menjadi raja Inhumans, apalagi dia menjadi raja karena membunuh kedua orang tuanya sendiri akibat mengeluarkan "sedikit" suara.

  Di awal cerita, Black Bolt mengirim Triton ke bumi untuk mennyelidiki tentang Inhumans, sayangnya Triton terbunuh oleh pihak tidak dikenal. Hal ini akan memicu Maximus untuk melakukan kudeta.

  Tidak ada yang salah dengan akting Anson Mount karena dia sangat cocok dalam memerankan Black Bolt, cuma apa asyiknya melihat orang "bisu" super yang tidak mau mengeluarkan kekuatannya (kecuali terpaksa) sampai episode akhir (itu juga hanya "berbisik" saja).

  Saat terdampar di bumi, Black Bolt ditangkap polisi dan berteman dengan Sammy (Olo Alailima), Inhumans dengan kemampuan melelehkan benda yang dia pegang.

Medusa (Serinda Swan)



  Istri Black Bolt sekaligus ratu dari para Inhumans, memiliki rambut yang sangat panjang sekaligus mampu mengendalikan rambutnya secara bebas. Sayang rambutnya berhasil dicukur habis oleh Maximus di episode 1 sehingga Medusa terpaksa menjadi gundul selama serial ini berlangsung XD.

  Di bumi, Medusa mencari berbagai cara (termasuk mencuri) untuk bisa bertemu kembali dengan keluarganya, nantinya dia akan bertemu Louise (Ellen Woglom), wanita yang bekerja di Callisto Aerospace Control yang tertarik dengan bulan dan sedang melacak sinyal yang berasal dari bulan, sinyal ini ternyata adalah para Royal Family.

Gorgon (Eme Ikwuakor)



  Sepupu Black Bolt sekaligus pemimpin dari Rotal Guard, memiliki kaki seperti kuda yang bisa dia gunakan untuk membuat gempa bumi.

  Di bumi, Gorgon bertemu dengan beberapa peselancar yang mau membantu dia dalam mencari keluarganya yang lain, bahkan mereka menganggap Gorgon sudah seperti salah satu diantara mereka meskipun Gorgon tidak mau menerima bantuan mereka karena merasa bahwa manusia itu lemah.

Karnak (Ken Leung)



  Sepupu Black Bolt sekaligus penasehat pribadinya, kemampuan analisisnya yang tinggi mampu membuatnya memprediksi rencana lawan sekaligus mencari cara untuk mengagalkannya, kemampuan ini sendiri terlihat sangat keren di mata saya. Karnak sendiri sangat ketat dan tidak bisa mempercayai orang lain.

  Sayang begitu tiba di bumi kepalanya terbentur sehingga kemampuannya mengalami gangguan yang membuatnya tidak bisa memprediksi gerakan lawannya lagi!!! , di bumi sendiri Karnak bertemu dengan petani ganja ilegal dan terpaksa harus bekerja bersama mereka. 

Crystal (Isabelle Cornish)



  Adik Medusa yang lebih memilih untuk hidup santai ketimbang harus berurusan dengan politik Attilan, Crystal mampu mengendalikan beberapa elemen seperti api,air,angin,tanah,dll, dia layaknya sosok Avatar dalam serial ini. Sayang dia sendiri jarang menggunakan kekuatannya sehingga kekuatannya terlihat seperti pajangan saja.


  Crystal selalu ditemani oleh Lockjaw, anjing super imut yang memiliki kekuatan teleport, para Royal Family sendiri dapat kabur ke bumi berkat bantuan Lockjaw.


  Tapi sayang, begitu tiba di bumi Lockjaw ditabrak seorang pria yang akan membuat Crystal jatuh hati kepadanya (walah, sinetron banget, kasihan Lockjaw yang jadi korban -_- ).

Maximus (Iwan Rheon)



  Royal Family yang gagal mengalami Terrigenesis sehingga membuatnya tidak memiliki kekuatan super, untungnya dia masih memiliki gelar bangsawan sehingga tidak harus mengalami kerja paksa, sudah jelas Maximus sangat iri pada keluarganya sendiri terutama pada Black Bolt. Maximus sendiri sangat ingin menjadi Raja Attilan.

  Meski tidak memiliki kekuatan super, Maximus ternyata memiliki kemampuan lain yaitu "pencitraan" dimana dengan berbagai pidatonya dia berhasil memikat para penduduk "kelas bawah" Attilan lainnya dan akhirnya melakukan kudeta yang membuat para Royal Family harus kabur ke bumi, dan tidak lupa Maximus juga mampu mencukur rambut Medusa walaupun Maximus mencintai Medusa.

  Datang dari aktor yang memerankan Ramsay Bolton membuat saya menaruh banyak ekspetasi tinggi pada Maximus tapi sayang aksi Maximus di sini lebih didominasi aksi pidato yang disertai "ekpresi" cengeng yang entah mengapa mampu menarik hati para Inhumans lainnya. Pokoknya aksinya "Gak Banget Deh".

  Meski terlihat "merakyat" di mata para Inhumans lainnya, ternyata Maximus memiliki rencana egois yaitu ingin mengalami Terrigenesis lagi dengan harapan kali ini dia akan mendapat kekuatan super, Terrigenesis 2x sendiri adalah hal yang sangat dilarang di Attilan.

  Jadi gini, Maximus itu seorang tokoh dengan sifat "merakyat" karena merasakan penderitaan rakyat Attilan yang tertindas oleh sistem kasta tapi di balik layar masih ingin menjadi Inhumans yang notabene menindas mereka yang gagal menjadi Inhumans.

  Kok kesannya rakyat yang mendukung Maximus itu "Be*o" yah (apalagi beberapa diantaranya adalah para Inhumans kelas atas) ???

  Setelah mengusir para Royal Family dari Attilan, Maximus mengutus beberapa Inhumans lain untuk membunuh para Royal Family, 2 diantaranya yang terlihat keren di amta saya adalah Auran (Sonya Balmores) yang sangat loyal pada Maximus dan memiliki kemampuan regenerasi yang tinggi dan Mordis yang dijuluki Inhumans terkuat setelah Black Bolt.


Mulai di Bawah adalah Spoiler kelas Berat, jadi WASPADALAH!!!


Kehidupan Bangsawan Di Pulau Rakyat Jelata


  Black Bolt ditangkap polisi karena mencuri baju dan bertemu Sammy di penjara, Sammy sendiri dikontak oleh Declan, ilmuan yang tertarik pada Inhumans dan membantu mereka untuk melarikan diri. Declan sendiri ternyata bekerja untuk Maximus dan belum tahu tentang hubungan Maximus dengan para Royal Family.


  Medusa mengalami banyak Culture Shock sebelum nantinya bertemu dengan Louise yang dia perlakukan layaknya rakyat kelas bawah (baca : pelayan), Louise sendiri memiliki keinginan untuk pergi ke bulan agar bisa menaruh abu ayahnya yang dia simpan dalam kalung yang berbentuk roket.


  Gorgon awalnya pergi ke bumi sebelum kudeta terjadi untuk mencari Triton, di bumi Gorgon menunggu dengan tenang kedatangan pasukan dari Maximus, di sini Gorgon bertemu dengan Holo dan beberapa temannya yang mau membantu Gorgon, sayang beberapa dari mereka ada yang mati karena serangan pasukan Maximus.


  Karnak mengalami luka di kepalanya dan terdampar di sebuah ladang ganja ilegal yang dijalankan oleh 3 orang yang saling membenci satu sama lain, Karnak sendiri terpaksa bekerja untuk mereka dan akhrinya jatuh hati kepada Jen dan mulai belajar bagaimana menghargai orang lain. Bisa dibilang Karnak yang tergolong "menang banyak XD".


  Crystal dan Lockjaw tiba di bumi sebelum Lockjaw ditabrak oleh Dave, seorang petani yang nantinya akan membantu Crystal sekaligus mencari dokter hewan untuk Lockjaw yang ternyata adalah mantan dari Dave yaitu Audrey.


  Pada akhirnya mereka semua dapat kembali berkumpul meskipun memakan korban banyak Inhumans (salah satunya adalah Gorgon yang mati demi melindungi keluarganya yang lain).


The Ending


  Maximus membawa Declan ke Attilan dengan harapan dapat membuat Terrigenesis kedua pada dirinya, sayang hal ini diganggu oleh kedatangan Royal Family.

  Dan ternyata Triton masih hidup dan memalsukan kematiannya atas perintah dari Black Bolt.


  Maximus sendiri masih memiliki rencana dengan cara memasang sistem penghancur pada pelindung Attilan yang tentu saja membahayakan banyak Inhumans, sistem ini hanya bisa diakses oleh Maximus dan harus diaktifkan setiap jam, hal ini jelas membuat Maximus sulit untuk dihentikan, tapi hal ini juga yang mulai membuat rakyat Attilan mulai meragukan kepemimpinan Maximus.

  Gorgon yang seharusnya mati berhasil dihidupkan kembali oleh Karnak dengan melakukan Terrigenesis kedua dengan memakai DNA dari Auran, sayang hal ini membuat Gorgon menjadi tidak terkendali dan membunuh Declan.


  Mendekati klimaks, akhirnya terungkap bahwa Maximus memalsukan surat yang membuat Black secara tidak sengaja membunuh orang tua mereka. Hal ini membuat Black Bolt nyaris marah dan akhirnya mengurung Maximus di dalam bunker seorang diri saat penduduk Attilan lainnya mulai mengungsi ke Bumi.


  Akhirnya Maximus mendapat hal yang selama ini dia inginkan yaitu menjadi Raja Attilan, sayang rakyatnya udah pada kabur ke meikarta bumi XD.



  Dan serial ini berakhir dengan para Inhumans yang mulai optimis dengan kehidupan mereka di bumi meskipun Black Bolt merasa bahwa ancaman lain sedang datang.


Masa Depan Inhumans


  Dengan rating yang jelek sulit menentukan masa depan dari Inhumans, satu-satunya koneksi dengan serial MCU lainnya adalah keberadaan Inhumans di bumi yang mulai diketahui oleh publik, di serial ini sendiri ada beberapa kelompok "tidak jelas asal-usulnya" yang memiliki minat kepada para Inhumans, satu-satunya harapan adalah crossover dengan Agent Of SHIELD.

  Tapi sayangnya Agent Of Shield sendiri untuk season 5 akan ber-setting di luar angkasa.

  Harapan lainnya adalah Infinity War, tapi kecil kemungkinan mengingat film layar lebar MCU sampai saat ini masih tidak mau me-mention serial TV MCU.

Conclusion


  Serial TV yang membosankan dan semakin memperlihatkan bahwa serial TV Marvel semakin mengalami kemunduran, saya sendiri tidak merekomendasikan serial ini bahkan untuk fans MCU sekalipun!!!. Satu-satunya nilai plus dari serial ini hanya Lockjaw saja.

My Score
30, In-"Humans" Boring Family



temukan review lainnya di SINI

1 comment: