Just A review From me: [MOVIE] Star Wars : The Last Jedi Review

Friday, December 15, 2017

[MOVIE] Star Wars : The Last Jedi Review

*Berpotensi SPOILER!!!!


Prolog


  Star Wars adalah salah satu franchise fiksi tertua di dunia (sudah > 40 tahun), seharusnya franchise ini selesai dengan 2 trilogi ( ep 4 -6 dan ep 1 – 3) dan dilanjutkan melalui media lain yang disebut Star Wars Extended Universe / Star Wars Legend.




  Tapi karena Disney sudah membeli Lucasfilm selaku rumah produksi dari Star Wars, maka diadakan beberapa perubahan seperti mengubah/menghapus beberapa Extended Universe dan (tentu saja) membuat trilogi terbaru untuk Star Wars!!

  Hasilnya adalah Episode 7 : "The Force Awakens" yang dirilis pada tahun 2015 yang sukses LUAR BIASA walaupun hanya mengulang formula yang ada di "A New Hope" dan memiliki banyak kelemahan lain yang baru saya temukan setelah menonton ulang film ini. Disney sendiri memiliki rencana "cukup nyebelin" dengan merilis ep 8 pada tahun 2017 dan membuat spin-off pada tahun 2016 dengan bentuk "A Rogue One" yang jujur saja terlihat unik dan sangat fresh. Tapi tetap saja para fans harus sabar menunggu 2 tahun untuk melihat Episode 8 dan kelak Episode 9.

  Lalu bagaimana dengan Episode 8 : The Last Jedi ?? media luar sendiri banyak memuji film ini dan beberapa bahkan mengatakan bahwa The Last Jedi sempurna dan lebih baik daripada The Empire Strikes Back, seri yang dianggap sebagai standar tertinggi untuk sebuah trilogi. Apa segitu dashyatnya film ini ??? padahal seharusnya film ini juga bernasib sama seperti The Force Awakens yang hanya sekedar mendaur ualng "A New Hope".

  Pendapat dari saya ??? The Last Jedi adalah film yang bagus meski memiliki beberapa kekurangan yang bagi saya cukup fatal. Dan ya, bahkan The Last Jedi kembali mendaur ulang "The Empire Strikes Back" meski eksekusinya "sedikit" berbeda (saya bilang sedikit yah), bahkan elemen "A New Hope" kembali saya temukan pada film ini. Jadi sepertinya berlebihan sekali jika menyebut The Last Jedi adalah film yang sempurna. Bagi saya sendiri, 30-40 menit dari film ini adalah "mimpi buruk" bagi para fans Star Wars.

  Tapi seperti kata George Lucas si pencipta Star Wars :

"Star Wars Is Like Poetry, They Rhyme" (Star Wars seperti puisi yang berirama)

  secara tidak langsung mengatakan jika pasar masih menerima formula yang sama XD.

Story


  Meski sudah kehilangan Starkiller, ternyata perang First Order VS Resistance masih berlanjut, bahkan First Order sudah menemukan markas Resistance dan menyerang dengan kekuatan penuh yang membuat pihak Resistance terpaksa kabur dan terlibat adegan "kejar-kejaran" menegangkan dengan First Order , dapatkah pihak Resistance berhasil selamat dari serangan First Order ???

  Di lain pihak, Rey berhasil menemukan Luke Skywalker dan memintanya untuk membantu Resistance, sayangnya Luke menolak ajakan Rey dan menganggap bahwa ajaran Jedi sudah mati!!!, dapatkah Rey meyakinkan Luke untuk membantu pihak Resistance ???

  intinya dalam episode ini kita akan melihat kengerian dari First Order!!!

  Langsung saja, 30-40 menit pertama dari film ini sangat membosankan dan menghancurkan Hype yang sudah dibangun selama 2 tahun karena disajikan dalam adegan yang mengecewakan dan membuat saya merasa bahwa "Star Wars sudah mati, terima kasih Disney". Tidak heran saya menyaksikan 30-40 menit awal film ini sambil berteriak dalam hati (karena sadar bahwa saya bukan tokoh terkenal di dunia maya XD)


(Sangat mengecewakan)

  Untuk lebih membuat kecewa, 30-40 menit film ini juga memiliki adegan humor yang jelas sangat "salah tempat" mengingat kondisi di film yang sedang mencekam dan penuh teror, alhasil humor-humor yang ada malah merusak film ini, sudah puaskah kau Disney ???



(WHY DISNEY, WHY!!!!)

  Tapi layaknya sebuah harapan yang bisa muncul kapan saja, mendadak sisa film ini menjadi sangat menarik dengan banyaknya adegan EPIC dan berbagai kejutan yang sangat menarik untuk diikuti, bahkan menjadi lebih menarik dengan tambahan berbagai karakter yang (Hint : perhatikan karakter Vice Admiral Amilyn Holdo XD). Siap-siap saja emosi anda untuk dibawa naik-turun pada fase ini.

  Saking dashyatnya sisa film ini, saya sampai (kembali) berteriak dalam hati :


  "STOP STOP !!!, MASIH ADA EPISODE 9, JANGAN KELUARIN SEMUANYA DISINI!!!"

  Dan yang paling penting adalah saya tidak sadar bahwa film ini berdurasi 2,5 jam!!!

  Dan iya, memang film ini "mendaur ulang" beberapa adegan dalam The Empire Strikes Back , tapi eksekusi yang ada tidak seperti yang anda bayangkan XD.

  Dengan konklusi "Luar Biasa" yang diberikan film ini, saya semakin "kesal" karena episode 9 baru akan keluar 2 tahun lagi...

Characters


Poe Dameron (Oscar Isaac)



  Pilot terbaik Resistance ini membuka film ini dengan sebuah rencana yang sangat gegabah dalam melawan serangan First Order yang membahayakan pihak Resistance, untung saja semua ini tertutupi dengan aksi Over The Top yang diperlihatkannya bersama Droid Super imutnya yaitu BB-8.

  Dan yang lebih parah, Poe mencoba memperbaiki semua ini dengan rencana lain yang tidak kalah gegabah....., yang jelas nasib Resistance terlihat sangat menyedihkan.

Finn (John Boyega) dan Rose (Kelly Marie Tran)


  Finn yang terluka di akhir The Force Awakens terbangun saat First Order menyerang, dan kali ini dia diminta oleh Poe untuk mencari "Code Breaker" yang dipercaya dapat menembus pertahanan dari First Order, dan kali ini Finn ditemani oleh Rose, mekanik yang baru saja kehilangan saudaranya. Rose sendiri cukup membawa warna baru (dan diversitas) untuk film ini.

Rey (Daisy Ridley)



  Setelah menemukan Luke Skywalker di planet Ahch-To, Rey meminta Luke untuk mengajarinya tentang ajaran Jedi, sayangnya hal itu ditolak mentah-mentah oleh Luke. Tapi nantinya Rey akan mempelajari sejarah terlarang dari para Jedi.

  Dan nantinya, Rey akan mengalami LDC (Long Distance Curhat XD) dengan tokoh yang sangat mengejutkan, bagi saya sendiri adegan ini adalah titik balik yang membuat film ini menjadi sangat menarik XD.

  Sedikit kasihan juga melihat akting Daisy Ridley karena di film ini hanya dia yang terlihat selalu serius di saat karakter lain mendapat kesempatan untuk melawak -_-

  Dan tenang saja, kali ini Rey tidak terlihat "Mary Sue" karena mutlak episode ini milik First Order dan Resistance.

Ben Solo / Kylo Ren (Adam Driver)



  2 tahun yang lalu, saya menulis seperti ini untuk menggambarkan sifat emosional Kylo Ren :

  "Kylo Ren di sini bukanlah 'Kylo Ren' yang sebenarnya"

  2 tahun kemudian dan ternyata saya SALAH BESAR karena di sini Kylo semakin labil, bahkan dia kembali "ngamuk-ngamuk" pada permulaan film ini karena dihina oleh Bos Besar First Order yaitu Snoke -_- , pokoknya sifat Kylo Ren sudah tidak bisa ditolong lagi... , perbedaan yang ada adalah penampilan dia kali ini yang "cukup" seram dan masa lalu dia yang terungkap yang membuat saya bersimpati kepadanya dan mulai mengerti mengapa dia menjadi labil.

  Jadi saya ada pertanyaan untuk para pembaca

  "Dapatkah anda memaklumi sifat Kylo Ren setelah mengetahui masa lalunya ???"

  kalau saya sih YES

Supreme Leader Snoke (Andy Serkis)



  Bos besar First Order yang kali ini menampakkan diri dengan kapal raksasanya demi mengalahkan Resistance, dan kemampuan dia dalam menggunakan The Force juga tidak perlu diragukan karena dia terlihat sangat kuat meskipun dia tidak memiliki Lightsaber!!!

General Leia Organa (Carrie Fisher)



  Pertama-tama marilah kita menutup mata dan berkata :

                                              "Rest In Peace"

  Carrie Fisher sendiri sudah meninggal dunia pada tahun 2016 karena gagal jantung, The Last Jedi adalah film terakhir beliau.

  Di The Last Jedi, Leia tetap menjadi pemimpin Resistance meskipun harus bersitegang dengan Poe, nantinya dia akan terluka dan jatuh koma karena serangan First Order.

  Sulit membayangkan masa depan Star Wars tanpa sosok beliau....

                                             "May The Force Be With You, Carrie Fisher"

Luke Skywalker (Mark Hamill)



  Jedi Master yang memilih untuk mengurung diri di planet terpencil Ahch-To setelah melihat Kylo Ren menghancurkan kuil Jedi dan membunuh banyak orang. Luke sendiri sudah meninggalkan ajaran Jedi dan merasa bahwa Jedi sebaiknya MATI SAJA.

  Awalnya dia ogah untuk mengajari Rey, tapi karena bujukan seorang "teman lama" akhirnya Luke mau memberi "Les Kilat The Force" kepada Rey sekaligus memberi tahu Rey bahwa segala sesuatu yang dia ketahui tentang The Force adalah SALAH BESAR!!!

Dan Terjadi Lagi......



  Sama seperti Game Of Thrones, Para fans kembali harus menunggu 2 tahun untuk melihat akhir dari trilogi ini, tapi setidaknya tahun depan akan ada Spin-Off "Solo : A Star Wars Story" yang akan menceritakan masa kecil dari Han Solo.

  Entah kenapa spin-off kali ini kurang menarik perhatian saya, semoga saja aksi Emilia "Khalessi" Clarke mampu membuat saya tertarik pada film ini.

Conclusion


  meski mengulang formula yang sama, ternyata The Last Jedi masih mampu memberikan sebuah "Opera Luar Angkasa" yang sangat EPIC untuk dilihat.

  Tapi tetap saja, 30-40 menit awal film ini adalah ujian berat sekaligus mimpi buruk bagi para fans Star Wars karena sangat mengecewakan dan membuat ngantuk, jadi tidak mungkin saya memberi nilai sempurna untuk film ini.

  Sekarang saya seperti Dosen yang ingin memberi nilai A tetapi menjadi B karena kelakuan mahasiswanya yang nyebelin.

Ok, jadi nilai akhir film ini adalah...

My Score
79,9999 ; First Order Strikes Back!!!


  temukan review lainnya di SINI



Bonus...


Tikus Yang Sangat Beruntung



  Jadi Disney sudah memiliki Star Wars, Pixar, Marvel, dan baru-baru ini membeli studio Fox yang berarti hak cipta X-men berada di tangan mereka, sungguh semakin kaya aja si tikus "rakus" yang satu ini XD.

(tikus terkuat di muka bumi XD)

No comments:

Post a Comment