Just A review From me: [MOVIE] Star Wars : The Force Awaken Review

Saturday, December 19, 2015

[MOVIE] Star Wars : The Force Awaken Review







Prolog

A Long Time Ago in a Galaxy far,
far away...


  Kalimat di atas adalah kalimat legendaris yang pasti diingat oleh semua orang, itu adalah kalimat pembuka dari Star Wars !!!!

  Sebagai sebuah franchise yang sudah ada sejak dulu... dulu.. sekali (tahun 70-an), Star Wars memang sangat spesial, cukup banyak teknologi dalam film ini yang akhirnya menjadi kenyataan.

 Tapi bagi saya kehebatan sekaligus keanehan Star Wars adalah konsep ceritanya, Star Wars pertama kali dirilis pada tahun 1977 dengan judul Episode IV, bukan Episode I seperti film pada umumnya, dan uniknya Episode I sendiri baru dirilis pada tahun 1999 (16 tahun setelah Ep VI), hal ini membuat Star Wars sebagai Franchise yang bisa dinikmati berbagai generasi.

  Dan sekarang, 10 tahun setelah Ep III , Star Wars kembali dengan cerita terbarunya dengan Ep VII , dan jelas dibuatnya film ini adalah mimpi para fans yang menjadi kenyataan.

  Respon yang besar ditunjukkan oleh masyarakat untuk film ini, tercatat penjualan tiket pre-sale sudah mencapai > 100 juta USD, dan bahkan di beberapa situs seperti 9gag saya melihat ada dedikasi salah seorang fans yang menyewa 1 bioskop hanya untuk menonton film ini SENDIRIAN, nah itu baru namanya dedikasi seorang Fanboy.


(seberapa tebalkah dompet anda ????)

 Bagaimana dengan Indonesia ??? yah bisa dibilang biasa-biasa saja, saya saja bisa mendapatkan tiket pre-sale dengan cukup mudah XD. Padahal yah denger2 ada aktor Indonesia yang main di film ini loh!, kira-kira siapakah mereka ???

  Sebelum saya membahas film ini (tenang tidak akan ada terlalu banyak spoiler), biarkan saya sedikit bernostalgia dengan menceritakan bagaimana saya mengenal Star Wars + sedikit penjelasan tentang 6 Episode Star Wars sebelumnya.



1st Meeting With Star Wars

  Tahun 90-an, saya masih SD pada waktu itu, itu adalah tahun dirilisnya Ep I (The Phantom Menace), tapi menariknya saya tidak tertarik dengan Franchise ini, padahal hadiah chiki (snack) pada waktu itu adalah Star Wars, yah bisa dibilang saya tidak terlalu peduli dengan Star Wars.

  Lalu, entah mengapa saya menemukan sebuah booklet (buku kecil), bonus dari sebuah majalah yang entah sampai sekarang saya tidak pernah tau siapa pemiliknya. Isi booklet itu menjelaskan dari A sampai Z tentang Star Wars mulai dari tokoh-tokoh, cerita trilogi sebelumnya, dll.

  Satu hal yang menarik perhatian saya adalah wawancara dengan fans Star Wars Indonesia yang sudah mengeluarkan banyak uang untuk mengoleksi barang-barang Star Wars (klo g salah tahun itu sedang Krisis Moneter), dan saya masih ingat harga Lightsaber pada waktu itu (harga dirahasiakan biar tidak kaget XD). Ditambah lagi konon katanya Lightsaber itu hanya ada di 2 pada masa itu. Tapi lucunya saya tetap tidak tertarik dengan Star Wars, tapi isi dari booklet itu masih membekas di pikiran saya sampai sekarang.

  Sampai pada tahun 2005 (tahun dimana Ep III dirilis), salah satu stasiun TV swasta menayangkan semua Ep Star Wars dengan menggunakan urutan aslinya (4,5,6,1, dan 2), dan disinilah saya mulai melihat Star Wars dari dekat (baca : TV ). so thx ANTV untuk pernah menayangkan Star Wars dengan urutan seperti aslinya.


(Respect)

  memang sih beberapa minggu lalu Star Wars ditayangkan di TV, tapi sayangnya menggunakan urutan Episode 1,2,3,4,5,6 yang membuat saya kecewa.

Star Wars Overview




  Gampangnya : Star Wars itu adalah tentang cerita keluarga SKYWALKER.

  Lupakan tentang perang antar galaksi, cerita tentang keluarga Skywalker adalah fokus utama dari Star Wars, yang lain anggap saja sebagai pelengkap.

  Dimulai dari trilogi Ep 1, 2 , 3 dimana seorang anak muda yang bernama Anakin Skywalker diyakini sebagai seseorang yang bisa membawa keseimbangan bagi The Force (Chosen one) oleh Qui-Gon, seorang Jedi Master, dan di sini Qui-Gon meminta Jedi Council untuk melatih Anakin menjadi seorang Jedi meskipun pada waktu itu umur Anakin dinilai sudah terlalu tua, tapi akhirnya Anakin dilatih menjadi seorang Jedi.

  Lalu pada Ep 2 dan 3, Anakin tumbuh menjadi seorang Jedi yang sedikit 'brandalan' dan menarik perhatian seorang tokoh jahat yang bernama Palpatine. Anakin sendiri melakukan sebuah 'dosa' besar bagi para Jedi dengan menikah diam-diam dengan Padme Amidala, dan hal itu akan mengubah hidupnya karena pada Ep 3 Anakin semakin terbawa kepada sisi gelap dari The Force dikarenakan mendapat mimpi bahwa istrinya akan meninggal ketika melahirkan anak mereka, dan disinilah Palpatine berhasil mengajak Anakin untuk menjadi seorang Sith , dan rencana Palpatine dijalankan dengan membunuh semua Jedi yang ada.

  Lalu nasib Anakin sendiri ?? tubuhnya hancur dalam pertempuran melawan gurunya sendiri (obi-wan), ditambah istrinya tetap meninggal saat melahirkan, untungnya anaknya selamat dan disembunyikan oleh sisa-sisa Jedi (anaknya kembar btw).


(Evolusi sang Chosen one)

  Nasib Palpatine ? Dia berhasil menguasai Galaksi dengan membuat Galactic Empire dan menamai dirinya Emperor Palpatine, dan dia mengangkat Anakin menjadi muridnya dengan sebutan Darth Vader.

  Lalu kita masuk ke Ep 4 s/d 6 dimana Luke Skywalker, setelah melihat kekejaman Empire akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Rebel Alliance, kelompok yang menentang Empire, yang dipimpin oleh Leia Organa (yang ternyata adalah saudara kembar dari Luke). Dan Luke akan berlatih untuk menjadi Jedi dengan bantuan 2 Jedi yang tersisa (Obi Wan Kenobi dan Yoda). Dan semua berakhir indah.


.................................
.................................

  Sampai munculnya Ep 7 XD


Star Wars Expanded universe

  Star Wars memiliki beberapa tambahan cerita dalam berbagai media (Video Game, komik,novel,dll) yang disebut Expanded Universe. Sayangnya seri-seri ini tidak dianggap 'nyambung' (canon) dengan film yang sudah ada. Di sini saya sedikit menceritakan tentang Expanded Universe favorit saya, Star Wars The Force unleashed



  Cerita game ini menarik karena Darth Vader mencoba mencurangi sang guru dengan diam-diam mengangkat seorang murid dengan tujuan suatu hari akan melengserkan gurunya. Dan sang Murid (Galen Marek) diberi tugas untuk melenyapkan sisa-sisa Jedi yang tersisa di galaksi ini. Dan menariknya ending game ini ada 2 (ending baik dan buruk).

  Dan nama samaran Galen (Starkiller) ternyata dipakai dalam Ep 7


  Ok, let's start the review now



Story

  30 Tahun setelah Ep 6, ancaman baru muncul dalam bentuk First Order yang dibentuk oleh sisa-sisa dari Empire.

  Luke Skywalker menghilang dan keberadaannya dicari oleh 2 pihak, First Order, dan Resistance, yang dipimpin oleh General Organa (Leia), dan Leia mengutus salah satu orang terbaiknya untuk mencari Luke.

  Petunjuk ditemukan di Planet Jakku dan...............
 
  Kita kembali mencari Droid yang hilang (tema Ep 4 XD)

  Ceritanya menarik karena kembali ke tema semula, dan tokoh-tokoh yang ada di Ep ini tergolong baru sehingga bahkan penonton awam-pun tidak akan terlalu kesulitan untuk mengenal mereka (bahkan nama-namanya pun tidak serumit Episode-episode sebelumnya).

Characters

*sedikit Spoiler sih, tapi saya usahakan tidak terlalu detail menceritakannya

* saya sedikit menggunakan 'Mind Trick' untuk menjelaskan beberapa karakter XD

Rey (Daisy Ridley)


'Putri Gadis yang terbuang'

  Seorang Scavenger (anggap saja pemulung) dari planet Jakku yang hidup menyendiri, menyelamatkan BB-08 dan berniat mengembalikannya ke Resistance. Sepanjang film diperlihatkan bahwa dia menyimpan masa lalu yang kelam dan bisa merasakan The Force.

  Bisa dibilang standar Heroine, tapi aktingnya cukup bagus

Finn (John Boyega)


' mendapat hidayah, seorang Stormtrooper akhirnya tobat'

  Kira-kira itulah cara saya melihat Finn (sebelumnya dikenal sebagai FN-2187), sejak kecil dia sudah dipaksa bergabung dengan First Order dan (seharusnya) sudah menerima 'cuci otak' a.k.a doktrin sehingga menjadi seorang Stormtrooper.

  Saat Operasi pencarian Poe di Jakku, entah kenapa Finn mulai 'sadar' dan akhirnya membantu Poe melarikan diri, meskipun nantinya Poe menghilang dan membuat Finn harus melanjutkan misi Poe. Dan oh, nantinya dia akan menggunakan senjata ikonik dari dunia Star Wars.

  Finn sangat menarik, dia membawa wajah baru untuk Star Wars. Lihat saja sendiri aktingnya dan nilai sendiri, dia bisa dijajarkan sebagai karakter pelawak setelah R2D2,C3PO, dan Jar Jar Bink.

Poe Dameron (Oscar Isaac) dan BB-08


"The One Who Start The Story'

  Anggota Resistance yang ditugaskan untuk mencari Luke Skywalker, setelah menerima peta dari seseorang di Jakku dia diserang oleh First Order, untungnya dia sempat menyembunyikan peta itu dalam BB-08 dan meminta BB-08 untuk kabur.

  Setelah itu, dia kabur dengan bantuan Finn dan akhirnya menghilang di Jakku


  Dan BB-08, anggap dia R2D2 dengan penampilan yang lebih imut (warnanya itu loh, imut banget XD).




Kylo Ren (Adam Driver)


'seseorang yang membuang nama dan keluarga untuk mencari Jati Diri baru'

  Salah seorang petinggi First Order dan murid dari Supreme Leader Snoke (Andy Serkis), dia juga seorang Sith dengan Lightsaber berbentuk seperti salib dan menganggap Darth Vader sebagai panutannya.

  Sebagai seorang Villain, dia sangat keren (apalagi di awal-awal film saat dia menggunakan Force), pokoknya dia meninggalkan image yang sangat keren.

  Sampai........... kalian melihat dia tanpa helm. Seketika image dia hancur begitu saja

  Kalau bisa dijelaskan dengan satu kalimat

  "inilah jadinya jika orang labil menjadi Villain'

  Bagi saya, Kylo Ren di sini bukanlah 'Kylo Ren' yang sebenarnya


Aksi Trio The Raid


  Ini dia yang sudah ditunggu-tunggu, sejak awal pembuatan film ini ada rumor yang mengatakan bahwa trio The Raid (Iko Uwais, Yayan 'Mad Dog' Ruhian, dan Cecep Arif Rahman) akan tampil di film ini, dan untungnya pemberitaannya tidak heboh karena masih dianggap sebagai rumor saja.

  Sampai, gambar yang muncul minggu kemarin rilis dan membuat heboh jagat MedSos indonesia.

  Dan disinilah penyakit "Overproud' dimulai, Netizen heboh dan merasa sangat bangga aktor-aktor ini main di film Star Wars, bahkan beberapa bersikukuh bahwa peran mereka di film ini akan sangat keren + greget.

  Lantas, apakah demikian ???

  Di film ini mereka berperan sebagai anggota Kanjiclub Gang, Geng kriminal yang mencari Han Solo untuk mengambil uang yang Han pinjam dari mereka.

  Terus aktingnya ??? katakan saja mereka sudah berperan dengan sebaik-baiknya

  Tapi bagi saya, akting mereka tidak se-greget pemberitaannya

  Kalau boleh meminjam Quote Star Wars, akting mereka itu.......


"These Aren't The Actors You're looking For"

  dan Mad Dog kembali berulah, hanya kali ini berbentuk verbal

  Melihat akting mereka, sepertinya saya bisa menebak bagaimana nasib Ray Sahetapy di 'Civil' War' nanti, semoga saja penyakit Overproud tidak kambuh lagi.



Conclusion

Jadi, J.J Abram menghidupkan Star Wars dengan :

  • karakter perempuan bad ass dengan potensi besar (Rey)
  • karakter humoris yang mendapat hidayah (Finn)
  • kembali tokoh lama (Han Solo, Leia, dan Chewbacca)
  • ancaman baru (First Order)
  • Villain yang 'hampir' keren (Kylo Ren)
  • cerita baru yang simpel


bisa saya katakan dia berhasil


My Score


85, penantian yang panjang akhirnya berbuah manis








temukan review film lainnya di sini

No comments:

Post a Comment