Just A review From me: [ISENG] 5 Alasan Untuk "Membenci" Star Wars : The Force Awakens

Tuesday, December 12, 2017

[ISENG] 5 Alasan Untuk "Membenci" Star Wars : The Force Awakens

Prolog


  "Star Wars Episode VIII : The Last Jedi" akan dirilis di Indonesia besok tanggal 13 Desember (lebih cepat dari negara lain) yang tentu saja sudah sangat ditunggu-tunggu. Oleh karena itu saya iseng-iseng menonton ulang "The Force Awakens" dan menemukan berbagai "keganjilan" (sebenarnya sudah ditemukan sejak menonton film ini pertama kali, sepertinya dulu saya terkena Hype).




  Dan ternyata banyak juga pihak (fans dan haters) yang membenci The Force Awakens dengan alasannya tersendiri, saya sendiri melihat ini sebagai sebuah "drama" yang menarik dan memiliki pemikiran "Haters akan menggali info sejauh mungkin untuk merusak reputasi seseorang/sesuatu" sehingga menarik untuk ditulis XD. Dan berikut adalah 5 alasan yang bagi saya cukup logis untuk hal ini.

  Kesimpulan Akhir saya serahkan pada anda, apakah anda setuju dengan 5 hal ini atau tidak ???

  DAN SEBAGAI PERINGATAN SUDAH TENTU TULISAN INI AKAN MENGANDUNG SPOILER!!!!

  Dan sebagai pembelaan, George Lucas selaku pencipta Star Wars pernah mengatakan bahwa "Star Wars Is Like Poetry, They Rhyme" (Star Wars seperti puisi yang berirama) yang berarti sangat wajar jika Star Wars selalu memiliki berbagai elemen yang sama, seperti cerita utama yang selalu tentang keluarga Skywalker XD.

  Tapi secara tidak langsung ini berarti George Lucas adalah seorang yang pemalas karena hanya sekedar "mendaur ulang" karya lama saja. Tapi karena formula ini sukses seharusnya tidak ada yang protes bukan ???

1. Ini Sih "A New Hope"



  cerita A New Hope

  Info penting ditaruh di Droid R2-D2 -> R2-D2 terdampar dan diselamatkan oleh Luke Skywalker -> Luke ingin meninggalkan planet yang dia tempati -> bertemu Obi-Wan lalu menyadari bahwa dia Force Sensitive -> bergabung dengan Rebel Alliance dan menghancurkan Death Star

  cerita The Force Awakens

  Info penting ditaruh di Droid BB-8 -> BB-8 terdampar dan diselamatkan oleh Rey -> Rey ingin meninggalkan planet yang dia tempati -> bertemu First Order, Finn, lalu menyadari bahwa dia Force Sensitive -> bergabung dengan Rebel Alliance dan menghancurkan Death Star.

  Wow, kreatif sekali yah The Force Awakens XD ???

  Memang sih ada beberapa penambahan dari segi karakter baru (beberapa cuma numpang lewat) dan karakter lama yang muncul kembali (terus ada yang mati XD), tapi tetap saja inti ceritanya sama bukan ??? apalagi jika sebelumnya anda "bernostalgia" dengan menonton episode 1 s/d 6 , pasti bakal familiar dan bisa menebak alur cerita The Force Awakens.

2. Rey Si Mary Sue



  Mary Sue (Gary Sue untuk pria) adalah istilah untuk menggambarkan sebuah karakter fiksi yang sempurna, umumnya karakter Mary Sue mampu melakukan apa yang orang lain tidak bisa lakukan dengan mudah.

  Dan Rey adalah contoh tepat untuk menggambarkan Mary Sue karena :

  • bisa mengendalikan Millenium Falcon (mungkin karena dia seorang Scavenger ???)
  • bisa menggunakan The Force dengan baik (bahkan Jedi Mind Trick), di saat pendahulunya (Anakin dan Luke Skywalker) butuh waktu untuk menguasai The Force
  • menang melawan Kylo Ren yang notabene lebih superior dari SEGALA HAL (Kylo sudah latihan dan memiliki pengalaman bertahun-tahun)
  • dll, pokoknya semua yang dilakukan Rey di film ini tergolong "ajaib", pokoknya Rey adalah "The Force Awakens" XD

  Untung saja Rey itu wanita (karena mayoritas fans Star Wars adalah pria) , coba kalo dia pria pasti bakal banyak yang benci ke doi XD. Masalah terbesar pada Rey adalah dia bisa melakukan itu semua tanpa ada latihan / pengawasan sama sekali !!!. Hilang sudah aura "Chosen One" yang dulu melekat pada Anakin dan Luke.

  Well, dengan segala "keajaiban" yang dimiliki Rey, saya tidak akan heran jika nantinya dia bisa menggunakan Force Lightning yang menjadi ciri khas dari Dark Side XD.

3. First Order Yang Mengulang Sejarah



  Sebagai Villain dalam film ini yang disebut sudah menyebarkan teror dimana-mana, mengapa senjata terbesar mereka harus berupa Starkiller – sebuah planet buatan yang memiliki kekuatan untuk menghancurkan satu planet dengan mudah. Dari segi desain dan deskripsi ini sih sama saja dengan Death Star yang sudah ada selama ini.

  Apa First Order lupa jika benda serupa sudah dibuat 2 kali dan bernasib tragis, apa First Order tidak belajar dari kegagalan Galactic Empire ??? jatuh kok ke lubang yang sama XD

  Belom lagi cara Resistance menghancurkan Starkiller terbilang mudah (hanya menyusup ke ruang pembersihan, apalagi nasib Captain Phasma terlihat sangat memalukan).

  Satu-satunya korban dari operasi penghancuran Starkiller adalah Han Solo yang ternyata adalah orang tua dari Kylo Ren!!! , tapi di balik layar ini semua karena pemeran Han Solo (Harrison Jones) sudah muak dengan franchise Star Wars.

4. (Hampir) Semua Tentang Kylo Ren



  Pertama kali muncul Kylo Ren terlihat sangat keren dan cocok untuk disebut sebagai "Darth Vader Jr", apalagi saat dia menggunakan The Force untuk menghentikan laju peluru.

  Tapi begitu dia melepaskan helm-nya, BOOM seketika image dia hancur berkeping-keping dari Villain yang keren menjadi seperti anak ABG yang kelewat labil/emosional. Darth Vader saja harus menunggu sampai episode VI sebelum dia bisa melepas helm-nya XD , CMIIW

  Belom lagi ada adegan dia "ngamuk-ngamuk gak jelas" sambil mengayunkan Lightsaber layaknya mainan anak-anak.


  Ditambah lagi respon 2 Stormtrooper yang "ah, sudahlah"


  Kylo Ren benar-benar harus "dirombak" besar-besaran di "The Last Jedi" jika dia tidak ingin dijadikan bahan lawakan (lagi) oleh para penonton XD.

  Sebagai tambahan sebuah Video "parodi" lucu yang sampai sekarang masih membuat saya tertawa terbahak-bahak XD.



(sayang yang versi Official sudah tidak ada di Youtube)

5. Matinya Star Wars Extended Universe



  Star Wars Extended Universe / Star Wars Legends adalah sebutan untuk berbagai media (film, game, komik, novel, dll) yang mencoba memperluas dunia Star Wars, seharusnya semua yang ada di Extended universe (EU) adalah canon (nyambung), tapi setelah Disney membeli Lucasfilm ada beberapa perubahan (retcon) pada Extended Universe dan beberapa dianggap sudah tidak canon.

  Di mata fans berat Star Wars, Extended Universe JAUHHH lebih baik ketimbang 6 film layar lebar yang sudah ada, beberapa mengatakan bahwa 6 episode Star Wars hanyalah "debu kecil" dari Universe Star Wars. Jadi tidak heran jika para fans berat ini marah besar saat Disney merubah/menghapus beberapa EU. Tapi menariknya, beberapa elemen EU akhirnya malah dibawa di "The Force Awakens", yang paling jelas di mata saya adalah nama markas "Starkiller" yang merupakan sebutan untuk Galen Marek di game Star Wars : The Force Unleashed.

  Berikut adalah beberapa hal yang cukup menarik (cukup 3 saja) dari Extended Universe yang saya dapat dari Wookieepedia :

  • musuh yang lebih mengerikan dari Galactic Empire yaitu Yuuzhan Vong
  • Kyle Katarn yang mencuri blueprint Death Star sebelum nantinya digantikan oleh pasukan Rogue One
  • nasib dari Luke, Leia, Han, dkk yang ternyata tidak "Happily Ever After"






Bonus : Mari Menebak Orangtua Rey



  Identitas dan asal-usul Rey masih menjadi misteri sampai saat ini, berbagai fan theory muncul untuk mencoba menebak siapa orang tua Rey, beberapa kandidat yang muncul adalah :

  • Luke Skywalker (karena kemunculan dia sangat minimmmm)
  • Obi-Wan Kenobi (karena Rey bisa melakukan Jedi Mind Trick)
  • Tokoh Baru
  • Han dan Leia

  Semua kandidat di atas memiliki berbagai pendukung, tapi saya sendiri memilih Leia karena sebuah adegan kecil di akhir The Force Awakens dimana setelah mendengar kabar tentang kematian Han Solo, Leia langsung memeluk Rey yang (sebenarnya) baru dia temui daripada Chewbacca yang sudah dia kenal selama bertahun-tahun ???


  Dan di balik layar ada hal yang menarik yaitu ada aktor lain yang ingin memerankan Rey yaitu Billie Lourd yang merupakan putri dari Carrie Fisher selaku pemeran Leia. Mungkinkah ada alasan lain di balik pergantian artis Billie Lourd menjadi Daisy Ridley ??? . Billie Lourd sendiri memiliki peran kecil dalam Force Awakens sebagai salah satu anggota Resistance.

  Tapi.......

  alasan di atas itu cuma cocoklogi kok, jadi jangan dianggap serius XD.

  Untuk alasan yang lebih serius bisa dilihat di Extended Universe dimana Leia dan Han Solo memiliki 2 anak kembar sepasang yaitu Jaina dan Jacen Solo. Dan menariknya salah satu diantara mereka akan menjadi tokoh jahat dan mencoba untuk membunuh Luke Skywalker!!!



(Jacen dan Jaina Solo)

  hmmmm, terlihat cukup familiar bukan ??? tapi jika hal ini benar berarti Rey dan Ben (Kylo Ren) adalah saudara, dan ini berarti ucapan Georce Lucas terbukti karena inti cerita Star Wars akan terulang kembali yaitu tentang keluarga Skywalker.

  Tapi, bisakah anda menerima fakta bahwa....

  Yang Satu labil
  Yang Satu Mary Sue


  terdengar sangat berat sebelah bukan XD ???

No comments:

Post a Comment