Just A review From me: [MOVIE] Stephen King "Gerald's Game" Review

Sunday, October 8, 2017

[MOVIE] Stephen King "Gerald's Game" Review


Prolog


  Tahun ini, Stephen King si "Raja Horor" benar-benar sedang On Fire karena 3 karyanya diadaptasi menjadi film, mulai dari The Dark Tower yang konon biasa-biasa saja (btw, saya sendiri blom nonton XD), "IT" (gak ada hubungannya dengan I.T (Information Technology XD) ) yang memperkenalkan kembali Pennywise si Badut seram, dan sekarang ada Gerald's Game yang bisa dinikmati melalui Netflix (salah satu jasa streaming di luar negeri) atau "jalan lain XD".




  Gerald's Game mungkin tidak seseram "IT", tapi Gerald's Game berhasil membuat saya fokus sampai akhir film karena tema dan jalan ceritanya yang menarik. Inti cerita film ini gampang kok.

  "Cuma seorang Wanita yang diborgol suaminya di kasur saja"

  wait,wait,wait...

saya tidak sedang menonton film tentang S&M bukan ????


Story


  Pasangan Gerald dan Jessie Burlingame memutuskan untuk menghabiskan weekend "Romantis" di sebuah rumah di dekat danau, liburan ini bertujuan untuk "memulihkan kehidupan rumah tangga mereka".

  Tidak disangka ternyata Gerald memiliki fantasi seks yang cukup violent dimana dia memborgol istrinya di kasur. Tidak disangka lagi ternyata Gerald mati karena serangan jantung, meninggalkan Jessie seorang diri dengan keadaan dua tangannya terborgol. Usaha Jessie untuk melepaskan diri akan menjadi fokus untuk ke depannya, disamping adegan flashback dan "halusinasi" yang dialami oleh Jessie.

  Dan yang terburuk, pintu rumah dibiarkan terbuka sehingga mengundang kehadiran beberapa karakter yang tidak terduga!!

  Dari tulisan di atas saja sudah terasa atmosfir mencekam yang ada di film ini, benar-benar bisa membuat penonton duduk sampai film ini berakhir.

  2 kelemahan yang saya temukan di film ini adalah adegan Flashback yang malah menimbulkan beberapa pertanyaan baru dan adegan gerhana matahari yang tidak jelas maksudnya apa kecuali anda fans berat novel-novel Stephen King lainnya karena ada hubungan "kecil" dengan Novel Stephen King lainnya yaitu Dolores Clairborne (beberapa novel-novel Stepehen King memang saling berhubungan).

  Overall film ini saya sarankan untuk yang mencari film Horor yang minim Jumpscare tetapi masih bisa membuat penonton merasa tegang.


Characters


Jessie Burlingame (Carla Gugino)



  Istri Gerald yang berniat memperbaiki pernikahan mereka dengan menghabiskan weekend di sebuah lake house terpencil. Setelah terborgol karena ulah Gerald dan melihat mayat suaminya dimakan oleh seekor anjing, Jessie mulai berhalusinasi dengan menciptakan beberapa kepribadian (Gerald dan Jessie yang lebih HOT) untuk menemaninya "curhat" sekaligus mencari cara agar Jessie bisa terbebas dari semua ini.

  "curhat" Jessie juga menguak beberapa hal dalam kehidupan Jessie, terutama dari masa kecilnya dan penyebab mengapa pernikahan mereka terbilang gagal.

Gerald (Bruce Greenwood)



  Seorang pengacara terkenal dengan kepribadian yang agresif, memiliki fantasi seks dimana dia ingin memborgol dan memperkosa istrinya, sayangnya dia terkena serangan jantung dan tewas seketika (sepertinya obat yang 2x ditenggak Gerald menjadi penyebabnya XD).

  Dia nantinya akan menjadi salah satu sosok halusinasi yang diciptakan Jessie dan mulai membicarakan kualitas pernikahan mereka dimana Gerald menjadikan Jessie sebagai "Trophy Wife" sampai memberi semangat agar Jessie bisa bertahan hidup. Halusinasi Gerald juga memperingatkan Jessie akan sosok misterius yang dipercaya akan membunuh Jessie.

Dog



  Anjing yang ditemukan pasangan ini sebelum mereka sampai di Lake house, anjing ini nantinya masuk ke dalam rumah dan memakan mayat Gerald, dan hal ini akan mempengaruhi keadaan mental Jessie dan membuatnya mulai berhalusinasi.

Moonlight Man (Carel Struycken)



  Sosok misterius yang muncul di malam hari, Halusinasi Gerald menyebut jika sosok ini adalah Death yang akan membunuh Jessie. Apakah sosok ini bagian dari halusinasi Jessie atau...... ?

Perbedaan dengan versi Novel



  Saya langsung mencari info tentang novel ini setelah menonton film ini dan menemukan beberapa perbedaan yang tidak terlalu berpengaruh yaitu :

  • Jessie ternyata menciptakan lebih banyak karakter hasil halusinasinya
  • nasib dari Prince, anjing yang menemani Jessie selama dia diborgol

tapi pada akhirnya perbedaan yang ada tidak menurunkan kualitas adaptasi ini.

Conclusion


  Salah satu karya Stephen King yang tidak kalah menyeramkan dengan IT dan memiliki cerita dan tema yang dewasa.

My Score

80, You're only made of Moonlight...


temukan review lainnya di SINI

No comments:

Post a Comment