Just A review From me: [GAME] Gwent : The Witcher Card Game Review

Tuesday, June 20, 2017

[GAME] Gwent : The Witcher Card Game Review


Prolog


  The Witcher 3 : Wild Hunt adalah game yang hebat, mendapat banyak review positif sekaligus mendapatkan banyak penghargaan di dunia gaming. Sayang saya baru bisa merasakan sekitar 15% dari game ini (sebelum PC saya rusak). Salah satu hal yang menarik dari The Witcher 3 adalah mini-game yang berbeda dari 2 game sebelumnya dan cukup unik.




  Dalam 2 game The Witcher sebelumnya ada sebuah mini-game yang disebut "Dice Poker" yang sesuai namanya dimana pemain memainkan Poker tetapi menggunakan dadu, bukan kartu seperti Poker pada umumnya. "Dice Poker" ini bisa dibilang cukup untuk ukuran sebuah mini-game.

  The Witcher 3 memperkenalkan "Gwent", sebuah permainan kartu dengan gameplay yang berbeda dari permainan kartu lain yang pernah saya mainkan, tidak heran Gwent memperoleh banyak fans karena gameplay-nya yang adiktif.

  Gwent begitu terkenal sampai akhirnya CD Project Red (Developer The Witcher) membuat versi terpisah yang sekarang dapat dimainkan secara gratis melalui situs www.playgwent.com untuk PC, Xbox One, dan PS 4. untuk versi PC pemain diharuskan memasang GoG Galaxy jika ingin memainkan game ini (belum ada kabar jika game ini akan masuk ke Steam).

  Meskipun memiliki masa testing untuk kalangan tertentu selama berbulan-bulan (Oktober 2016), saya sendiri hanya bisa memainkan game ini sekitar 2 minggu saja sebelum memasuki Public Test karena ada masalah dengan Antivirus yang saya miliki.


How To Play ??



Secara simpel inilah aturan dan cara memainkan Gwent sesuai Update terbaru :

  • pemain membuat Deck dengan jumlah kartu minimal 25, memilih satu dari 5 faksi yang tersedia, dan memilih 1 Leader dari 3 Leader yang tersedia
  • ada 3 ronde dalam 1 permainan Gwent, pemain yang memenangkan 2 ronde akan menjadi pemenang
  • ronde 1 dimulai dengan pemain menarik 10 kartu dari deck milik mereka dan dapat menukar maksimal 3 kartu
  • setiap pemain hanya bisa memainkan 1 kartu pada gilirannya masing-masing, setiap kartu yang dimainkan akan mempengaruhi total poin yang dimiliki pemain pada saat itu
  • permainan akan berakhir saat 2 pemain kehabisan kartu yang bisa dimainkan ATAU kedua pemain memilih Passed
  • Setelah satu pemain mengumumkan Passed, pemain lain dapat memainkan kartu sebanyak mungkin sampai mereka mengumumkan Passed
  • pemenang akan ditentukan berdasarkan total poin tertinggi
  • setelah satu ronde selesai, arena akan dibersihkan (poin kembali menjadi NOL)
  • di ronde ke-2, pemain menarik 2 kartu tambahan, ronde ke-3 hanya boleh menarik 1 kartu tambahan
  • ulangi kembali proses-proses di atas sampai diperoleh pemain dengan 2 kemenangan


Game Overview


  Gwent mencoba berbeda dengan cara bermain yang unik, hanya bisa memainkan 1 kartu tiap giliran ternyata malah membuat Gwent terlihat seperti catur dimana dibutuhkan cukup banyak strategi, tidak hanya mengandalkan RNG (baca : hoki) belaka saja. Sistem ini juga tidak membuat interaksi antar kartu menjadi simpel, tetapi malah membuatnya menjadi kompleks.

  Sistem Passed juga membuat pemain kembali berpikir apakah sebaiknya mereka harus memaksakan menang pada ronde sekarang dengan memainkan kartu ekstra atau malah mengorbankan ronde ini demi meraih kemenangan pada ronde selanjutnya.

  Untuk kartu, Gwent memiliki 3 tipe rarity yang dibedakan dengan warna (Bronze,Silver, dan Gold), pemain hanya bisa memasukkan 6 kartu Silver dan 4 kartu Gold pada Deck mereka. Kartu Gold memiliki kelebihan yaitu tidak akan terpengaruh oleh kartu Bronze dan Silver.


(rarity pada Gwent)

  Untuk tipe kartu, Gwent memiliki 5 tipe kartu berbeda tergantung dari posisi kartu yang dimainkan (melee,ranged,siege,event, dan kartu yang bisa diletakkan di mana saja) ,hal ini dapat dilihat dari simbol di sebelah kiri atas tiap kartu, dan 1 kartu Leader yang dapat dimainkan 1 kali saja. Para Leader ini memiliki kemampuan yang beragam.



Choose Your Faction


Nilfgaard



  Nilfgaard memiliki 2 gaya bermain, yang pertama adalah Spy unit dimana kartu ini dipasang pada arena lawan tapi dapat memberikan efek yang menguntungkan para pemain Nilfgaard, yang kedua adalah Revealed dimana beberapa kartu dapat membuat pemain Nilfgaard atau lawannya memperlihatkan kartu yang mereka miliki alias mengintip kartu lawan, hal ini tentunya membuat pemain Nilfgaard dapat menebak gerakan lawan 1-2 langkah di depan, bahkan beberapa kartu Nilfgaard akan mendapat bonus jika kartu tersebut di-Revealed.

Monster




  Kartu pada faksi Monster dapat menghasilkan (spawn/Breed) monster-monster lainnya, dan layaknya monster pada umumnya beberapa kartu monster memiliki kemampuan consume yaitu "memakan" kartu lain dan mengambil powernya, beberapa kartu monster bahkan dapat memberikan bonus tambahan jika kartu tersebut di "consume".

Skellige



  Skellige tampil layaknya bajak laut yang menolak mati, Skellige sangat senang jika kartu mereka dibuang ke Graveyard karena akan mengaktifkan beberapa bonus dan nantinya dapat dihidupkan kembali.

  Skellige adalah Deck terkuat untuk saat ini, dengan Clan Tuirseach Axeman/Queensguard sebagai poros utamanya.

Northern Realms




  Northern Realms menggunakan teknologi sebagai kekuatan utamanya dengan kartu berjenis machine, tapi apalah gunanya mesin tanpa seorang penggunanya ??? untuk itu Northern Realm memiliki kartu berjenis Crewman dimana kartu ini akan dapat menambah kemampuan kartu Machine jika mereka ditaruh bersebelahan.

  Tidak suka dengan teknologi ?? Northern Realms sendiri juga memiliki berbagai prajurit (Blue Stripes) yang siap muncul kapan dan di mana saja selama kondisi pemanggilan mereka sudah terpenuhi.

Scoia'tael



  Merupakan sekumpulan Elf yang mencoba melawan penindasan, selain memiliki pasukan Dwarf yang saling mendukung satu-sama lain, Scoia'tael memiliki kartu berjenis "Ambush" dimana kartu ini dimainkan tertutup dan baru terbuka setelah kondisinya terpenuhi, hal ini membuat total power pemain Scoia'tael sulit untuk ditebak.

Conclusion


  Sebuah card game yang patut diperhitungkan dimana saat ini genre ini malah didominasi unsur Random dengan jumlah yang cukup kelewatan (Uhuk Hearthstone dan Shadowverse), Gwent bersinar karena gameplaynya sangat unik dan tidak memaksa pemain untuk bermain secara aggresif (hal yang sering saya temui pada game-game lain).

  Hanya saja karena Gwent memiliki aturan yang cukup kompleks, mungkin orang awam akan sulit untuk beradaptasi dengan Gwent. Tapi beri sedikit waktu dan rasakan sendiri betapa uniknya card game ini !!.

My Score


90, let's get this over with...



temukan review lainnya di SINI

No comments:

Post a Comment