Just A review From me: [MOVIE] The Mummy (2017) Review

Thursday, June 8, 2017

[MOVIE] The Mummy (2017) Review


Prolog


  Konsep Shared Universe terbukti mampu menarik banyak studio untuk membuat Universe mereka masing-masing.Setelah beberapa bulan yang lalu muncul Kong : Skull Island yang memperkenalkan Monster Universe, sekarang muncul Dark Universe yang (nantinya) akan menggabungkan beberapa icon monster seperti Dracula, Frankenstein,dll yang berasal dari Universal Studio. Dan yang akan jadi pembukanya adalah The Mummy, yang kali ini adalah versi reboot.




  The Mummy (1999) sendiri adalah film yang sangat menarik pada masanya dan mampu membuat 2 sequel, tapi setelah seri ke-3 yang dianggap gagal (masa ada Mumi di Cina ??) otomatis tidak ada lagi seri Mummy terbaru. saya sendiri mengenal seri ini melalui seri animasinya (karena pada waktu itu saya sangat ketakutan setelah melihat trailer film ini XD ). Padahal ternyata film The Mummy itu adalah film petualangan komedi yang dibalut dengan bumbu horror.

  Dan sekarang muncul versi terbarunya meski berbentuk reboot. Akankah sebaik para pendahulunya ??

  Apalagi versi terbaru ini tidak menyertakan Brendan Fraser yang merupakan tokoh utama pada 3 film The Mummy sebelumnya, bisakah Tom Cruise mencuri hati para fans lama The Mummy ?


Story


  Pada zaman dahulu, putri Ahmanet yang dicintai oleh para rakyat adalah pewaris tunggal kerajaan mesir kuno. Tapi semua berubah saat sang ayah menjadi Pharaoh dan memiliki seorang putra yang otomatis membuat Ahmanet tidak bisa menjadi pewaris tahta. Oleh karena itu Ahmanet melakukan perjanjian dengan Set (Dewa Kematian) agar bisa menjadi penguasa dengan melakukan sebuah ritual khusus. Sayangnya ritual itu gagal dan Ahmanet dihukum dengan menjadi mumi dan dikubur hidup-hidup selama ribuan tahun.

  Di masa sekarang, tentara sekaligus pencari harta karun Nick Morton menemukan makam Ahmanet dan secara "Tidak sengaja" (baca : SENGAJA XD) membebaskannya, dan seperti yang sudah bisa ditebak Ahmanet bebas dan kembali akan memulai ritual yang sudah tertunda selama ribuan tahun.

  Di lain pihak, ada sebuah organisasi khusus yang tertarik dengan hal ini dan meminta bantuan Nick untuk menghentikan Ahmanet, Apakah Nick dapat menghentikan Ahmanet ??

  Overall cerita disajikan simpel dan cukup menarik meskipun terkesan seperti film-film ber-genre Superhero (padahal seharusnya ini adalah film horror). Tapi film ini memiliki banyak kekurangan di sana-sini, beberapa diantaranya yaitu :

  • menjadi film action yang adegan actionnya mudah dilupakan (forgettable)
  • unsur horror yang dipaksakan (hanya sekedar Jumpscare belaka)
  • mitologi mesir yang tidak sebaik film pendahulunya
  • tokoh yang biasa-biasa saja

Characters


Nick Morton (Tom Cruise)



  Prajurit yang memiliki pekerjaan sampingan dengan mencari harta karun dan menjualnya di pasar gelap, setelah membebaskan Ahmanet dia dikutuk sehingga dia tidak bisa mati dan dihantui oleh berbagai halusinasi yang meminta dia untuk membantu Ahmanet.

  Saya bukan fans dari Tom Cruise, bahkan film Tom Cruise terakhir yang saya tonton adalah Edge of Tomorrow. Tapi di sini terlihat bahwa Tom Cruise memerankan Nick Morton secara pas-pasan alias tidak ada yang spesial. Memang akan ada cukup banyak adegan action yang melibatkan Nick pada film ini, tapi seperti yang sudah saya tulis di atas, adegan action-nya sangat mudah dilupakan.


Princess Ahmanet (Sofia Boutella)



  Putri mesir kuno yang menjual jiwanya pada Set agar bisa menjadi penguasa mesir, setelah membunuh keluarganya, dia melakukan sebuah ritual agar jiwa Set dapat muncul di dunia ini dengan cara menusuk sosok yang "terpilih", sayangnya ritual ini berhasil digagalkan dan Ahmanet dihukum dengan menjadi mumi dan dikubur selama ribuan tahun.

  Setelah dibebaskan oleh Nick, Ahmanet berniat untuk mengulang kembali ritual untuk memanggil Set, hanya saja kali ini dia membutuhkan bantuan Nick untuk bisa mencari belati + permata Set yang disembunyikan oleh para tentara Salib.


Dr. Henry Jekyll (Russel Crowe)




  Penemu sekaligus pemimpin dari Prodigium, sebuah organisasi yang memburu monster-monster yang ada di muka bumi. Dari dialah Nick mengetahui bahwa dia adalah sosok terpilih yang nantinya akan digunakan Ahmanet untuk memanggil Set. Henry sendiri menawarkan sebuah solusi bagi Nick yang ternyata cukup mengejutkan!!

  Tapi di balik semua itu, Henry memiliki sebuah kepribadian lain yang bernama Mr Hyde, dan kepribadian ini sangat buas dan berbahaya!!


Future Film



  Film selanjutnya dari Dark Universe adalah Bride Of Frankenstein yang akan dirilis pada tahun 2019.

  Mengingat film ini terlihat sangat standar dari berbagai sisi, mari berharap film Dark Universe selanjutnya dapat mencuri hati penonton.

Conclusion


  Film yang kelewat standar, tidak ada hal spesial didalamnya.



My Score


40, You Need Another Monster To Save This Universe XD






Extra


Mungkin di suatu tempat, Brendan Fraser melihat film ini lalu berkata......


(Yes, era Brendan lebih bagus)




temukan review lainnya di SINI

No comments:

Post a Comment