Prolog
Sebenarnya rada g enak juga
bwat review game ini, ada 2 alasan :
- game-nya udah ada cukup lama
- pernah nyoba pas close beta, cuman g suka am beberapa hal
Tapi setelah iseng2 nyoba lagi
akhirnya malah ketagihan (meskipun ada beberapa hal yang bkin
imbalance) jadi coba bkin reviewnya deh.
......................
......................
......................
Apa yang pikirkan jika
mendengar kata "Blizzard" ??
Veteran/ gamer PC tahun 90an
akan mengenalnya sebagai otak dibalik Diablo,Warcraft,dan Starcraft,
bisa dibilang Blizzard adalah raja dari RTS untuk PC. Dan sekarang
mereka mencoba merambah bidang baru dengan tetap menggunakan Warcraft
sebagai temanya, dan bidang yang mereka pilih adalah Online Card Game , apakah akan sesukses para pendahulunya ?? .
Let's start the review
The
Basic
IMO, Hearthstone (HS) adalah Card Game dengan aturan termudah setelah Duel Master
meskipun dasarnya tetap mengambil dari MTG (Magic The Gathering), aku
menyebutnya 'simple yet complex' XD.
Pada dasarnya tujuan permainan
ini adalah mengurangi Life lawan sampai 0, dan hal itu bisa diraih
dengan menggunakan kombinasi minion,spell,dan hero attack.
Hal yang membuat HS menjadi
simple adalah pemain tidak harus pusing2 memikirkan resource (mana),
dalam Card Game lain (MTG dan Duel Master), mana diperoleh dengan
mengorbankan kartu yang sedang dimiliki di tangan, sedangkan di HS,
mana dihasilkan secara otomatis oleh sistem dengan jumlah max 10
untuk kedua pemain sehingga pemain tidak perlu repot2 memikirkan cara
mengatur mana yang baik untuk memenangkan game.
Selain itu HS tidak mengenal
yang namanya phases seperti dalam Card Game lain (seperti draw phase, main
phase,dll dalam yugioh) sehingga duel bisa berjalan dengan fleksibel,
kalian bisa memilih apakah ingin mengeluarkan minion dulu baru
menyerang, atau menyerang dulu baru mengeluarkan kartu2 lain.
The
Card Types
Tipe
kartu yang ada di HS ada 4 jenis (minion,spell,secret,equip), minion
sendiri memiliki 2 indikator (attack dan Life) dengan mana cost
berada di kanan atas setiap kartu. Beberapa istilah untuk kemampuan
minion adalah sebagai berikut :
- Battlecry : Efek ayng akan aktif bila minion disummon (dipanggil)
- Deathrattle : Efek yang akan aktif bila minion mati
- Charge : Minion bisa langsung menyerang setelah disummon
- Taunt : lawan harus menyerang minion ini sebelum menyerang target lain
- Enraged : minion akan memperoleh tambahan status jika terkena damage
(contoh kartu)
Pada dasarnya semua minion
tidak bisa menyerang setelah disummon (hal ini disebut summoning
sickness/mabuk summon XD).
Untuk spell ya standar seperti
di TCG lain, memiliki berbagai macam fungsi tergantung efek kartu itu
sendiri.
Secret adalah kartu yang aktif
jika menemui kondisi tertentu (seperti kartu trap pada Yugioh), tidak
semua hero bisa memakainya (hanya beberapa saja yang punya) dan akan
memiliki icon tanda tanya (?) pada hero jika digunakan.
Equip adalah spell yang membuat
hero bisa memiliki status attack dan bisa menyerang layaknya minion,
beberapa equip juga memiliki efeknya masing tergantung hero yang
digunakan. Untuk sekarang hanya Rogue,Paladin,Warrior, Shaman dan Hunter
saja yang memliki kartu jenis ini.
Hero
Overview
Hearthstone (HS) memiliki 9
hero, masing2 memiliki gaya bermain (playstyle) masing2 dan memiliki
kartu yang hanya bisa digunakan oleh class/hero tersebut (terutama
kartu minion/spell), di luar itu pemain bisa memperkuat deck mereka
dengan menggunakan neutral minion (kartu jenis ini bisa digunakan
oleh semua hero). Semua hero memiliki hero power yang bisa diaktifkan
dengan membayar 2 mana.
Semua hero ini berasal dari
seri game Warcraft (meskipun saya blom pernah memainkan world of
warcraft) Berikut adalah penjelasan singkat untuk para hero yang ada
di HS :
- Mage (Jaina Proudmoore)
(You asked For It)
Sesuai
namanya, mage memiliki banyak kartu spell bersifat offensif (tembak
damage ke minion/hero) dan bisa meng-freeze minion/hero (target yang
kena freeze tidak bisa menyerang untuk 1 turn (bisa dihilangkan
dengan silence) )
Hero powernya (Fire Blast) bisa
digunakan untuk menembak 1 damage untuk minion/hero, ini adalah hero
power paling mudah digunakan dan bisa berguna di segala kondisi.
Jangan lupa klo power ini bisa digunakan ke minion sendiri (untuk
mengaktifkan enraged) sehingga tidak perlu menunggu lawan untuk
melukai minion kita.
Deck yang sering digunakan
adalah freeze mage dimana kombo freeze + doomsayer bisa membersihkan
board (Field) dengan mudah, setelah itu hero bisa dihajar dengan
spell macam fireball, frost nova, sampai Pyroblast.
- Warlock (Gul'dan)
(I Greet You)
Si Dukun kematian, semua
minionnya bertipe 'demon' dan beberapa kartu membutuhkan pengorbanan
dari sang warlock (baik life atau kartu di tangan) tapi ada juga yang
memulihkan life (meskipun sedikit), memiliki mekanisme unik yaitu
discard di mana pemain harus membuang kartu di tangannya secara acak
setelah menggunakan kartu yang bersangkutan. Tapi, Efek kartu
tersebut akan tetap jalan meskipun tidak ada kartu yang di discard
bisa dibilang No Cost XD.
Hero powernya terkesan simpel,
bayar 2 life untuk draw 1. untuk para pemain TCG pasti setuju kalau
ini adalah power terbaik di game ini, memiliki kesempatan untuk draw
lagi = memperbesar chance mendapatkan kartu kunci/solusi untuk
problem yang sudah ada. Dan bayaran 2 life + 2 mana ini tergolong
murah.
Deck kompetitif Warlock ada 2,
Zoolock yg mengandalkan minion murah sehingga sangat cepat untuk
melakukan swarming dengan Leeroy Jenkin/Doomguard sebagai finishing
dan Handlock yang menumpuk hand size sebanyak-banyaknya dengan hero
powernya untuk mendiskon mountain/molten giant yang nantinya bisa
dikombo untuk menjadi blocker (taunt) dengan kartu lain, pokoknya
long game tidak disarankan jika melawan deck ini.
Warlock adalah hero favoritku
sampai sekarang :D.
- Paladin
(Well met!)
Hero
yang paling kubenci saat awal main HS (sekarang juga masih sih XD)
soalnya dia itu punya segala, dia bisa heal, memberi buff yg gila2an
(+ 4/4 dengan 4 mana itu terlalu IMBA),punya minion yang kuat,
membuat power/life minion menjadi 1,dll.
Hero powernya mensummon 1 1/1
silver guard yang membuat mereka menjadi target buff kartu2 Paladin
lainnya + membuat Paladin tidak perlu minion di awal2 game
(tergantung buildnya juga sih).
Deck paladin yang sering
kutemui adalah Paladin aggro dimana swarmingnya cepat dan makin
menggila di mid/late game dengan buff2nya.
- Druid
(I must protect the wild)
Sang
pelindung alam, satu2 hero yg bisa menambah mana (permanen/sementara)
sehingga bisa mengeluarkan kartu dengan cost mana besar di awal2
game. Kebanyakan kartu2 lainnya bersifat dwi fungsi (memiliki 2
fungsi) sehingga dia bisa menjadi fleksibel/rumit tergantung cara
mainnya.
Hero powernya cukup unik karena
memberi Druid status 1/1 untuk 1 turn (armor bersifat permanen
sehingga bisa di stack) dan membuat Druid 'kebal' jika menghajar
minion yang memiliki attack 1.
Deck Druid yang sering kutemui
biasanya berfokus pada mid game (ramp druid) dengan kombinasi savage
roar + force of nature untuk >= 8 damage untuk 1 turn (yang biasa
menjadi OTK).
- Priest
(The light shall bring victory)
Jangan tertipu dengan namanya,
priest di sini bukan cuma tukang nge heal, tapi juga tukang fotokopi
XD, itu karena dia memiliki kartu yang bisa mengkopi kartu milik
lawan (baik dari hand atau deck) secara random, selain itu priest
juga memiliki kartu yang bisa meng-silence kartu lainnya.
Hero powernya meng-heal
siapapun sebesar 2 (bisa minion/hero), cocok digunakan untuk
mempertahankan minion yang sudah ada atau menjaga agar life hero
tetap tinggi. Priest juga memiliki kartu yang bisa mengubah hero
powernya menjadi tembak 2 damage (versi lebih powerful dari mage)
yang membuat dia bisa mengkontrol board lebih lama.
Deck yang sering dimainkan aku
kurang tau (karena jarang melawan Priest), tapi playstylenya mirip
dengan Paladin yang fokus dengan mem-buff 1 minion (pernah sampai
minionnya memiliki status 25/25 dengan kombo yang tepat).
- Shaman
(For Doomhammer)
Dukun dengan spesialis
pemanggil totem, memiliki mekanisme khusus (overload) yang membuat
Shaman tidak bisa menggunakan mana untuk turn berikutnya (contoh
overload (2) berarti turn berikutnya tidak bisa menggunakan 2 mana),
tapi kartu2 overload ini tergolong powerful dan murah, selain itu
Shaman memiliki minion yang memiliki bermacam efek mulai taunt,tembak
damage,sampai draw 1 kartu gratis tiap end turn.
Hero powernya membuat Shaman
bisa mensummon 4 jenis Totem (random) yang memiliki efek berbeda,
masing2 totem hanya bisa dipanggil 1x, IMO, totem terbaiknya adalah
totem yang meng-heal 1 damage untuk semua minion Shaman dan totem
yang memberikan +1 spell damage.
Deck yang sering dimainkan
mirip dengan Ramp Druid (mematikan di mid game), jangan sampai dia
memiliki banyak minion karena Shaman bisa melakukan OTK dengan kartu
Bloodlust (+3 attack untuk semua minion).
- Hunter
(Greeting,Traveler)
Ahli pemasang trap + penyayang
beast, kartunya kebanyakan memiliki sinergi yang bagus dengan minion
bertipe beast, hunter juga adalah hero dengan kartu secret terbanyak,
secret yang paling kubenci adalah explosive trap. Kalian tahu Mirror
force dari Yugioh ??, itulah gambaran dari explosive trap, hanya
bedanya dalam HS secret tidak bisa dihapus (kecuali oleh kartu Flare
milik hunter) sehingga mau tidak mau secret Hunter pasti akan selalu
aktif (selama triggernya terpenuhi).
Hero powernya adalah menembak 2
damage pada hero yang membuat Hunter bisa memenangkan duel hanya
bergantung dengan hero powernya saja (selama dia bisa bertahan selama
>10turn).
Deck hunter yang kompetitif ada 2, full secret (pke banyak secret) dan beast combo , ada juga versi hybrid dari 2 deck tadi (yang lebih sulit digunakan).
- Warrior
(For Hellscream!!)
Hero yang maso (suka pukul2
diri sendiri XD), kartunya kebanyakan meminta Warrior untuk melukai
dirinya/minionnya untuk memperoleh efek tambahan.Warrior juga
memiliki kartu removal terkeren dan termurah, execute (membunuh 1
minion yang sudah terkena damage, costnya cuman 1).
Hero powernya hanya menambah 2
armor, terkesan simpel dan berfungsi untuk memperlama duel, bisa
dikombo dengan kartu shield slam (tembak damage sesuai jumlah armor
yang ada).
Deck yang kompetitif hampir
mirip dengan Druid/shaman (menggila di mid game) yang aku sendiri
kurang tahu bagaimana kombonya berjalan XD.
- Rogue
(Watch your back)
Spesialis pembunuh hero,
memiliki mekanisme khusus (combo) di mana kartunya akan memiliki efek
tambahan jika dimainkan SETELAH kartu lainnya, contoh devias
ringleader hanya minion 2/2 dengan cost 2 biasa, tapi jika dia
dimainkan setelah kartu lain maka dia akan mensummon 1 minion 2/1
lainnya (jadi serasa punya 2 kartu). Isi kartu lainnya berfokus untuk
menurunkan life hero lawan secara cepat.
Hero powernya adalah meng
equip dagger dengan status 1/2, bisa dikombo dengan kartu deadly
poison (1 mana) untuk mengubahnya menjadi 3/2.
Deck yang kompetitif ada 2
yaitu Coldlight rogue (menggila dalam 5 turn) dan Miracle Rogue
(menggila setelah 5 turn), keduanya berfokus pada hero saja (yang
membuat minion lawan sering dicuekin, kcuali klo ada Taunt XD).
Game
Modes
3
mode dalam HS adalah play biasa (casual/ranked dengan lawan pemain
lainnya), single play (melawan NPC) dan Arena (membuat dan memakai
deck random). HS memiliki turnamen tiap bulannya dengan yang
hadiahnya bisa dimiliki dengan memiliki rank di atas 20 ketika
seasonnya berakhir (manaikkan rank hanya bisa di ranked play saja),
hadiahnya adalah cardback (motif pada belakang kartu) yang hanya
berfungsi sebagai kosmetik saja, tidak ada efek lainnya.
Things
I Hate From Hearthstone
- 2nd > 1st turn
Penentuan turn dalam HS
bersifat random, starting hand kedua pemain adalah 3 kartu, kartu2
ini bisa ditukar jika merasa kurang bagus (istilahnya Mulligan)
sebanyak 1x. Pemain yang mendapat turn kedua mendapat 1 kartu extra
dan 1 kartu spell yang bernama The Coin (menambah 1 mana) yang
membuat starting handnya menjadi 3 vs 5.
Hal ini membuat pemain kedua
seakan-akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengontrol
permainan pada awal2, beberapa contoh gilanya adalah rogue dengan
devias ringleader, Mage dengan mana wrym, dan Druid dengan 1st
turn yetinya. Selain itu pemain kedua juga berkesempatan menggunakan
hero powernya (karena starting mananya menjadi 2 dengan bantuan the
coin).
- Getting Resource
Resource
di game ini ada 2, gold (untuk membeli pack/tiket arena) dan dust
untuk membuat kartu2 yang spesifik, gold didapat dari menyelesaikan
quest (hanya ada 1 tiap hari) dengan jumlah hadiah antara 40 s/d 100
atau memenangkan 3 duel (hanya dapat 10) dan dust didapat dengan
'menjual' kartu yang sudah berlebihan (dengan perbedaan harga yang
mencapai 4x lipat, kecuali kartu Golden).
Hal ini membuat sulit untuk
para pemain newbie dikarenakan terbatasnya resorce yang bisa
digunakan untuk memperkuat deck mereka, ditambah lagi kebanyakan
quest adalah 'menang dengan X hero sebanyak X kali' yang membuat
pemain harus bisa beradaptasi dengan semua jenis hero (yang
sebenarnya menyebalkan karena pasti akan ada 1 – 2 hero yang kalian
benci untuk dimainkan).
- Luck Factor
dalam
TCG ada istilah yang disebut 'bad hand' di mana kondisi kartu benar2
unplayable alias tidak bisa digunakan, entah karena mana costnya
besar, butuh kartu lain untuk bisa dikeluarkan,dll. Terkadang malah
hand awal bisa jelek (high cost semua meskipun sudah mulligan) yang
membuat lawan selangkah lebih maju. Tapi hal ini terbilangg normal
untuk permainan kartu.
Yang lebih menyebalkan adalah
beberapa kartu yang memiliki sifat random (contoh tembak 3 damage ke
random target,pilih target random,dll).kartu2 ini membuat permainan
serasa seperti bermain hoki2an (kadang sesuai target, kadang tidak),
adalah menyebalkan ketika posisi kita sudah di atas angin lalu tiba2
lawan menggunakan kartu random ini dan tiba2 menang, talking about
luck here. Contohnya banyak (ntar juga bkal tahu klo udah sering main
XD).
Dah ah segitu dulu, mungkin
nanti akan dibuat post tentang kartu2 baru yang ada di expansinya
sekarang (Curse of naxxramas).
Jika ada pertanyaan bisa meng
add battle net-ku (XeoByo #1121)
jika kalian merasa tulisan ini
berguna bisa membantu menyebarkannya dengan tombol share yang ada di
bawah, g juga gpp (g maksa ini kok) XD
No comments:
Post a Comment