Just A review From me: [GAME] Hearthstone Review

Saturday, August 9, 2014

[GAME] Hearthstone Review




Prolog

Sebenarnya rada g enak juga bwat review game ini, ada 2 alasan :
  • game-nya udah ada cukup lama
  • pernah nyoba pas close beta, cuman g suka am beberapa hal

Tapi setelah iseng2 nyoba lagi akhirnya malah ketagihan (meskipun ada beberapa hal yang bkin imbalance) jadi coba bkin reviewnya deh.
......................
......................
......................

Apa yang pikirkan jika mendengar kata "Blizzard" ??

Veteran/ gamer PC tahun 90an akan mengenalnya sebagai otak dibalik Diablo,Warcraft,dan Starcraft, bisa dibilang Blizzard adalah raja dari RTS untuk PC. Dan sekarang mereka mencoba merambah bidang baru dengan tetap menggunakan Warcraft sebagai temanya, dan bidang yang mereka pilih adalah Online Card Game , apakah akan sesukses para pendahulunya ?? . Let's start the review


The Basic

IMO, Hearthstone (HS) adalah Card Game dengan aturan termudah setelah Duel Master meskipun dasarnya tetap mengambil dari MTG (Magic The Gathering), aku menyebutnya 'simple yet complex' XD.

Pada dasarnya tujuan permainan ini adalah mengurangi Life lawan sampai 0, dan hal itu bisa diraih dengan menggunakan kombinasi minion,spell,dan hero attack.

Hal yang membuat HS menjadi simple adalah pemain tidak harus pusing2 memikirkan resource (mana), dalam Card Game lain (MTG dan Duel Master), mana diperoleh dengan mengorbankan kartu yang sedang dimiliki di tangan, sedangkan di HS, mana dihasilkan secara otomatis oleh sistem dengan jumlah max 10 untuk kedua pemain sehingga pemain tidak perlu repot2 memikirkan cara mengatur mana yang baik untuk memenangkan game.

Selain itu HS tidak mengenal yang namanya phases seperti dalam Card Game lain (seperti draw phase, main phase,dll dalam yugioh) sehingga duel bisa berjalan dengan fleksibel, kalian bisa memilih apakah ingin mengeluarkan minion dulu baru menyerang, atau menyerang dulu baru mengeluarkan kartu2 lain.


The Card Types

Tipe kartu yang ada di HS ada 4 jenis (minion,spell,secret,equip), minion sendiri memiliki 2 indikator (attack dan Life) dengan mana cost berada di kanan atas setiap kartu. Beberapa istilah untuk kemampuan minion adalah sebagai berikut :

  • Battlecry : Efek ayng akan aktif bila minion disummon (dipanggil)
  • Deathrattle : Efek yang akan aktif bila minion mati
  • Charge : Minion bisa langsung menyerang setelah disummon
  • Taunt : lawan harus menyerang minion ini sebelum menyerang target lain
  • Enraged : minion akan memperoleh tambahan status jika terkena damage


(contoh kartu)

Pada dasarnya semua minion tidak bisa menyerang setelah disummon (hal ini disebut summoning sickness/mabuk summon XD).

Untuk spell ya standar seperti di TCG lain, memiliki berbagai macam fungsi tergantung efek kartu itu sendiri.

Secret adalah kartu yang aktif jika menemui kondisi tertentu (seperti kartu trap pada Yugioh), tidak semua hero bisa memakainya (hanya beberapa saja yang punya) dan akan memiliki icon tanda tanya (?) pada hero jika digunakan.

Equip adalah spell yang membuat hero bisa memiliki status attack dan bisa menyerang layaknya minion, beberapa equip juga memiliki efeknya masing tergantung hero yang digunakan. Untuk sekarang hanya Rogue,Paladin,Warrior, Shaman dan Hunter saja yang memliki kartu jenis ini.



Hero Overview

Hearthstone (HS) memiliki 9 hero, masing2 memiliki gaya bermain (playstyle) masing2 dan memiliki kartu yang hanya bisa digunakan oleh class/hero tersebut (terutama kartu minion/spell), di luar itu pemain bisa memperkuat deck mereka dengan menggunakan neutral minion (kartu jenis ini bisa digunakan oleh semua hero). Semua hero memiliki hero power yang bisa diaktifkan dengan membayar 2 mana.

Semua hero ini berasal dari seri game Warcraft (meskipun saya blom pernah memainkan world of warcraft) Berikut adalah penjelasan singkat untuk para hero yang ada di HS :



  1. Mage (Jaina Proudmoore)


(You asked For It)

Sesuai namanya, mage memiliki banyak kartu spell bersifat offensif (tembak damage ke minion/hero) dan bisa meng-freeze minion/hero (target yang kena freeze tidak bisa menyerang untuk 1 turn (bisa dihilangkan dengan silence) )

Hero powernya (Fire Blast) bisa digunakan untuk menembak 1 damage untuk minion/hero, ini adalah hero power paling mudah digunakan dan bisa berguna di segala kondisi. Jangan lupa klo power ini bisa digunakan ke minion sendiri (untuk mengaktifkan enraged) sehingga tidak perlu menunggu lawan untuk melukai minion kita.

Deck yang sering digunakan adalah freeze mage dimana kombo freeze + doomsayer bisa membersihkan board (Field) dengan mudah, setelah itu hero bisa dihajar dengan spell macam fireball, frost nova, sampai Pyroblast.




  1. Warlock (Gul'dan)

(I Greet You)

Si Dukun kematian, semua minionnya bertipe 'demon' dan beberapa kartu membutuhkan pengorbanan dari sang warlock (baik life atau kartu di tangan) tapi ada juga yang memulihkan life (meskipun sedikit), memiliki mekanisme unik yaitu discard di mana pemain harus membuang kartu di tangannya secara acak setelah menggunakan kartu yang bersangkutan. Tapi, Efek kartu tersebut akan tetap jalan meskipun tidak ada kartu yang di discard bisa dibilang No Cost XD.

Hero powernya terkesan simpel, bayar 2 life untuk draw 1. untuk para pemain TCG pasti setuju kalau ini adalah power terbaik di game ini, memiliki kesempatan untuk draw lagi = memperbesar chance mendapatkan kartu kunci/solusi untuk problem yang sudah ada. Dan bayaran 2 life + 2 mana ini tergolong murah.

Deck kompetitif Warlock ada 2, Zoolock yg mengandalkan minion murah sehingga sangat cepat untuk melakukan swarming dengan Leeroy Jenkin/Doomguard sebagai finishing dan Handlock yang menumpuk hand size sebanyak-banyaknya dengan hero powernya untuk mendiskon mountain/molten giant yang nantinya bisa dikombo untuk menjadi blocker (taunt) dengan kartu lain, pokoknya long game tidak disarankan jika melawan deck ini.

Warlock adalah hero favoritku sampai sekarang :D.
  1. Paladin
(Well met!)
Hero yang paling kubenci saat awal main HS (sekarang juga masih sih XD) soalnya dia itu punya segala, dia bisa heal, memberi buff yg gila2an (+ 4/4 dengan 4 mana itu terlalu IMBA),punya minion yang kuat, membuat power/life minion menjadi 1,dll.

Hero powernya mensummon 1 1/1 silver guard yang membuat mereka menjadi target buff kartu2 Paladin lainnya + membuat Paladin tidak perlu minion di awal2 game (tergantung buildnya juga sih).

Deck paladin yang sering kutemui adalah Paladin aggro dimana swarmingnya cepat dan makin menggila di mid/late game dengan buff2nya.

  1. Druid
(I must protect the wild)

Sang pelindung alam, satu2 hero yg bisa menambah mana (permanen/sementara) sehingga bisa mengeluarkan kartu dengan cost mana besar di awal2 game. Kebanyakan kartu2 lainnya bersifat dwi fungsi (memiliki 2 fungsi) sehingga dia bisa menjadi fleksibel/rumit tergantung cara mainnya.

Hero powernya cukup unik karena memberi Druid status 1/1 untuk 1 turn (armor bersifat permanen sehingga bisa di stack) dan membuat Druid 'kebal' jika menghajar minion yang memiliki attack 1.

Deck Druid yang sering kutemui biasanya berfokus pada mid game (ramp druid) dengan kombinasi savage roar + force of nature untuk >= 8 damage untuk 1 turn (yang biasa menjadi OTK).
  1. Priest
(The light shall bring victory)

Jangan tertipu dengan namanya, priest di sini bukan cuma tukang nge heal, tapi juga tukang fotokopi XD, itu karena dia memiliki kartu yang bisa mengkopi kartu milik lawan (baik dari hand atau deck) secara random, selain itu priest juga memiliki kartu yang bisa meng-silence kartu lainnya.

Hero powernya meng-heal siapapun sebesar 2 (bisa minion/hero), cocok digunakan untuk mempertahankan minion yang sudah ada atau menjaga agar life hero tetap tinggi. Priest juga memiliki kartu yang bisa mengubah hero powernya menjadi tembak 2 damage (versi lebih powerful dari mage) yang membuat dia bisa mengkontrol board lebih lama.

Deck yang sering dimainkan aku kurang tau (karena jarang melawan Priest), tapi playstylenya mirip dengan Paladin yang fokus dengan mem-buff 1 minion (pernah sampai minionnya memiliki status 25/25 dengan kombo yang tepat).

  1. Shaman
(For Doomhammer)

Dukun dengan spesialis pemanggil totem, memiliki mekanisme khusus (overload) yang membuat Shaman tidak bisa menggunakan mana untuk turn berikutnya (contoh overload (2) berarti turn berikutnya tidak bisa menggunakan 2 mana), tapi kartu2 overload ini tergolong powerful dan murah, selain itu Shaman memiliki minion yang memiliki bermacam efek mulai taunt,tembak damage,sampai draw 1 kartu gratis tiap end turn.

Hero powernya membuat Shaman bisa mensummon 4 jenis Totem (random) yang memiliki efek berbeda, masing2 totem hanya bisa dipanggil 1x, IMO, totem terbaiknya adalah totem yang meng-heal 1 damage untuk semua minion Shaman dan totem yang memberikan +1 spell damage.

Deck yang sering dimainkan mirip dengan Ramp Druid (mematikan di mid game), jangan sampai dia memiliki banyak minion karena Shaman bisa melakukan OTK dengan kartu Bloodlust (+3 attack untuk semua minion).

  1. Hunter




(Greeting,Traveler)

Ahli pemasang trap + penyayang beast, kartunya kebanyakan memiliki sinergi yang bagus dengan minion bertipe beast, hunter juga adalah hero dengan kartu secret terbanyak, secret yang paling kubenci adalah explosive trap. Kalian tahu Mirror force dari Yugioh ??, itulah gambaran dari explosive trap, hanya bedanya dalam HS secret tidak bisa dihapus (kecuali oleh kartu Flare milik hunter) sehingga mau tidak mau secret Hunter pasti akan selalu aktif (selama triggernya terpenuhi).

Hero powernya adalah menembak 2 damage pada hero yang membuat Hunter bisa memenangkan duel hanya bergantung dengan hero powernya saja (selama dia bisa bertahan selama >10turn).

Deck hunter yang kompetitif ada 2, full secret (pke banyak secret) dan beast combo , ada juga versi hybrid dari 2 deck tadi (yang lebih sulit digunakan).

  1. Warrior
(For Hellscream!!)

Hero yang maso (suka pukul2 diri sendiri XD), kartunya kebanyakan meminta Warrior untuk melukai dirinya/minionnya untuk memperoleh efek tambahan.Warrior juga memiliki kartu removal terkeren dan termurah, execute (membunuh 1 minion yang sudah terkena damage, costnya cuman 1).

Hero powernya hanya menambah 2 armor, terkesan simpel dan berfungsi untuk memperlama duel, bisa dikombo dengan kartu shield slam (tembak damage sesuai jumlah armor yang ada).

Deck yang kompetitif hampir mirip dengan Druid/shaman (menggila di mid game) yang aku sendiri kurang tahu bagaimana kombonya berjalan XD.





  1. Rogue
(Watch your back)

Spesialis pembunuh hero, memiliki mekanisme khusus (combo) di mana kartunya akan memiliki efek tambahan jika dimainkan SETELAH kartu lainnya, contoh devias ringleader hanya minion 2/2 dengan cost 2 biasa, tapi jika dia dimainkan setelah kartu lain maka dia akan mensummon 1 minion 2/1 lainnya (jadi serasa punya 2 kartu). Isi kartu lainnya berfokus untuk menurunkan life hero lawan secara cepat.

Hero powernya adalah meng equip dagger dengan status 1/2, bisa dikombo dengan kartu deadly poison (1 mana) untuk mengubahnya menjadi 3/2.

Deck yang kompetitif ada 2 yaitu Coldlight rogue (menggila dalam 5 turn) dan Miracle Rogue (menggila setelah 5 turn), keduanya berfokus pada hero saja (yang membuat minion lawan sering dicuekin, kcuali klo ada Taunt XD).

Game Modes

3 mode dalam HS adalah play biasa (casual/ranked dengan lawan pemain lainnya), single play (melawan NPC) dan Arena (membuat dan memakai deck random). HS memiliki turnamen tiap bulannya dengan yang hadiahnya bisa dimiliki dengan memiliki rank di atas 20 ketika seasonnya berakhir (manaikkan rank hanya bisa di ranked play saja), hadiahnya adalah cardback (motif pada belakang kartu) yang hanya berfungsi sebagai kosmetik saja, tidak ada efek lainnya.



Things I Hate From Hearthstone


  1. 2nd > 1st turn

Penentuan turn dalam HS bersifat random, starting hand kedua pemain adalah 3 kartu, kartu2 ini bisa ditukar jika merasa kurang bagus (istilahnya Mulligan) sebanyak 1x. Pemain yang mendapat turn kedua mendapat 1 kartu extra dan 1 kartu spell yang bernama The Coin (menambah 1 mana) yang membuat starting handnya menjadi 3 vs 5.

Hal ini membuat pemain kedua seakan-akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengontrol permainan pada awal2, beberapa contoh gilanya adalah rogue dengan devias ringleader, Mage dengan mana wrym, dan Druid dengan 1st turn yetinya. Selain itu pemain kedua juga berkesempatan menggunakan hero powernya (karena starting mananya menjadi 2 dengan bantuan the coin).

  1. Getting Resource

Resource di game ini ada 2, gold (untuk membeli pack/tiket arena) dan dust untuk membuat kartu2 yang spesifik, gold didapat dari menyelesaikan quest (hanya ada 1 tiap hari) dengan jumlah hadiah antara 40 s/d 100 atau memenangkan 3 duel (hanya dapat 10) dan dust didapat dengan 'menjual' kartu yang sudah berlebihan (dengan perbedaan harga yang mencapai 4x lipat, kecuali kartu Golden).

Hal ini membuat sulit untuk para pemain newbie dikarenakan terbatasnya resorce yang bisa digunakan untuk memperkuat deck mereka, ditambah lagi kebanyakan quest adalah 'menang dengan X hero sebanyak X kali' yang membuat pemain harus bisa beradaptasi dengan semua jenis hero (yang sebenarnya menyebalkan karena pasti akan ada 1 – 2 hero yang kalian benci untuk dimainkan).

  1. Luck Factor

dalam TCG ada istilah yang disebut 'bad hand' di mana kondisi kartu benar2 unplayable alias tidak bisa digunakan, entah karena mana costnya besar, butuh kartu lain untuk bisa dikeluarkan,dll. Terkadang malah hand awal bisa jelek (high cost semua meskipun sudah mulligan) yang membuat lawan selangkah lebih maju. Tapi hal ini terbilangg normal untuk permainan kartu.

Yang lebih menyebalkan adalah beberapa kartu yang memiliki sifat random (contoh tembak 3 damage ke random target,pilih target random,dll).kartu2 ini membuat permainan serasa seperti bermain hoki2an (kadang sesuai target, kadang tidak), adalah menyebalkan ketika posisi kita sudah di atas angin lalu tiba2 lawan menggunakan kartu random ini dan tiba2 menang, talking about luck here. Contohnya banyak (ntar juga bkal tahu klo udah sering main XD).


Dah ah segitu dulu, mungkin nanti akan dibuat post tentang kartu2 baru yang ada di expansinya sekarang (Curse of naxxramas).

Jika ada pertanyaan bisa meng add battle net-ku (XeoByo #1121)



jika kalian merasa tulisan ini berguna bisa membantu menyebarkannya dengan tombol share yang ada di bawah, g juga gpp (g maksa ini kok) XD

No comments:

Post a Comment