Just A review From me: [MOVIE] Jurassic World Review

Wednesday, June 10, 2015

[MOVIE] Jurassic World Review



Prolog

  Saya ingat film bioskop yang kutonton ketika saya masih kecil (sekitar 10-15 tahun yang lalu), film Jurassic Park, dimana Dinosaurus kembali hidup dan terlihat keren, apalgi ketika T-rex mengamuk di kota.




(T-rex mengamuk di kota ?????)

  ouch !!, wrong movies, itu sih Jurassic Park : The Lost World :p

  Dan setelah mencoba menggali ingatan, ternyata saya pertama kali menonton Jurassic Park melalui rental VCD yang sangat mainstream pada jaman dulu, tapi itu tidak mengubah kehebatan dari franchise ini.

  Dan sekarang, sekuel yang sudah dinanti-nanti ini muncul dengan judul baru, Jurassic World (JW) dengan tokoh,cerita, dan dinosaurus yang baru, apalagi ada Star Lord di film ini yang sudah menandakan kalo ini film yang bagus XD.

  Dan yang lebih menyenangkan lagi, indonesia kembali menjadi negara yang menayangkan awal film ini (tgl 10 juni) di mana secara global film ini baru tersedia tanggal 12 Juni. So meskipun negara kita sedang 'kacau' karena munculnya makanan palsu + sepakbola yang sedang 'mati suri', tidak salahnya kita sedikit berbangga diri tentang hal ini (#Just Another proud To be Indonesia Things :p )

  * dan kudengar Minions juga akan tayang awal btw



  (O yeah, tayang awal lagi bi**ch)



tapi sebelumnya, mari kita bernostalgia dulu...

Jurassic Park Awesomeness



  (uuhhh, that's nostalgic logo)

  Jurassic Park (JP) adalah film terbaik di tahun 90an sebelum akhirnya kalah oleh kapal yang bernama Titanic, sudah sering saya menonton film ini dan sekuel2nya (terima kasih stasiun TV), dan setiap menontonnya saya serasa menemukan hal2 yang baru dan unik, berikut adalah beberapa diantaranya :

  saat masih kecil, yang kuperhatikan hanyalah Dinosaurusnya saja (seperti kebanyakan anak kecil lainnya) :


(liat itu T-rex !!!)



  saat semakin besar, saya baru tahu kalau banyak menyinggung tentang ilmu genetik pada Biologi dan menjadi bahan perdebatan pada masa itu, contohnya :

  • dna dinosaurus yang dibuat/diambil dari darah nyamuk (Jurassic mosquito in Amber)


 


(The Inspiration)


  • digunakannya DNA kodok untuk mengisi kekosongan DNA


(Ada yang ingat dia ??? )


  • kontrol populasi dengan membuat semua dinosaurus berjenis kelamin betina (tapi kita tahu bahwa alam tidak bisa diatur begitu saja), dan komen salah satu tokoh membuat dia menjadi meme yang 'kurang dikenal'


(jarang dipake kok :p )



  dan akhirnya, JP mengajarkan bahwa jangan membuat sistem operasi taman dengan hanya bermodal satu 'programmer' XD


(kya ada ngesel-ngeselinnya gitu XD)



The Not Supposed To Be There Sequel






  JP memiliki 2 sekuel (The Lost World dan JP 3), sayangnya kedua film itu kurang mendapat tanggapan yang baik dan hanya dinilai sekedar 'aji mumpung saja'.

  Kelemahan terbesar dari 2 sekuelnya adalah dari judulnya itu sendiri (sama sekali tidak menceritakan soal taman, hanya dinosaurusnya saja!!), apalagi setting pulaunya juga berbeda yaitu Isla Sorna sedangkan JP asli bersetting di isla Nublar.

 Perbedaan dua pulau itu cukup penting, Isla Sorna berfungsi sebagai tempat pembuatan/pengembangan dinosaurus sedangkan Isla Nublar berfungsi sebagai tempat penampungan dan Jurassic Park itu sendiri (Fakta ga penting sih :p )

  dan akhirnya, kekecewaan terbesarku tentang JP adalah Tamannya yang belum selesai, dan kekecewaan itu terbayar melalui film ini.


Story


  22 tahun setelah Jurassic Park pertama, InGen sudah digantikan oleh perusahaan baru yaitu Masrani Corporation yang berhasil membuat Jurassic Park menjadi berfungsi (sekarang bernama Jurassic World) dan sudah seperti tempat wisata bagi orang2 berduit.

  Tapi namanya juga manusia, mereka akhirnya bosan juga..

  Dan di sinilah horor dimulai, Masrani berusaha membuat dinosaurus baru (hybrid) untuk menarik perhatian pengunjung. Dinosaurus ini diberi nama Indominus Rex

  Di lain pihak, ada 2 anak 'super hoki' yang berkunjung ke JW secara gratis karena unsur orang dalam.

  Sisanya mudah ditebak kok, Si Indominus-nya ngamuk yang akhirnya mengacaukan seluruh isi JW.



Characters



Owen Grady (Chris Pratt)

  Mantan angkatan laut yang bekerja sebagai pelatih velociraptor, memiliki otak seperti Dr Alan Grant dan casing seorang Star-Lord XD. Sedang bertugas melatih 4 ekor raptor.




(haruskah kita memanggil member GotG yang lain ??? )




Gray and Zach Mitchell (Ty Simpkin dan Nick Robinson)


  2 anak hoki yang sedang berlibur di jurassic World, Gray terlalu pintar untuk anak seumurnya dan Zach adalah tipikal kakak di film2 barat alias nyebelin.





Claire Dearing (Bryce Dallas)

  manager Operasional dari JW dan merupakan tante dari Gray dan Zach (dan juga sumber dari tiket VIP gratis mereka), karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya akhirnya dia tidak bisa mengalami 'quality time' bersama keponakannya, tapi nantinya dia akan mengalami 'quality time' terbaik bersama mereka.


  Dan btw, dia itu Gwen Stacy dari Spider Man 3.



(menyerahkan keponakannya kepada orang Inggris, karena merekalah yang menciptakan istilah nanny XD)



Simon Masrani (Irrfan Khan)

  Pemilik dari JW, mewarisi visi dari John Hammond, tapi juga mewarisi kecerobohannya yang akan membuat JW bangkrut.



(tumben bukan orang USA yang jadi milyuner)



  Dr. Henry Wu (B.D Wong)


  Satu-satunya tokoh Jurassic Park yang kembali di film ini, seorang Ilmuan yang memiliki tugas baru dari bos besar untuk menciptakan dinosaurus baru, dan dia berhasil membuat 'teror' baru dalam bentuk Indominus Rex.


(antagonis 1)



  Vic Hoskin (Vincent D'Onofrio)

  Atasan Owen, berasal dari InGen, memiliki agenda khusus saat Indominus Rex mengamuk.

  Hei, bukannya dia Kingpin dari Daredevil ???? kok di sini dia cupu banget yak


( antagonis 2)


The Dino's (cukup 2 aja yah)



Blue,Charlie,Delta,Echo


  4 velociraptor yang dilatih oleh Owen, menganggap Owen sebagai Apha mereka sehingga mereka tunduk kepada Owen. Aslinya mereka dikembangkan sebagai solusi militer untuk masa depan (pffft g banget modusnya).



(jelas mereka nurut, Legendary Bounty Hunter kok di lawan XD)


Indominus Rex

  Dinosaurus yang menjadi antagonis di film ini walaupun kurasa dia lebih mirip antagonis tak berdosa.

  Dibuat dengan menggabungkan beberapa Genom (dengan T-rex sebagai basisnya), dia sangat pintar sampai bisa mengecoh kamera Thermal dan para pasukan penjaga JW. Tapi di luar itu dia hanyalah seorang anak kecil yang belum mengerti dunia luar.


 


(Just A baby in a New World)


  Tapi tambahkan casing seekor monster besar dan ganas, maka ia akan terlihat menyeramkan.


  Wait.... kok aku kepikiran dia yah..... aneh....



The Park is Finally Lives!!!


  Akhirnya kekecewaanku selama ini terbayar, JW benar2 berfungsi sebagai taman bermain :D lengkap dengan berbagai wahana/atraksi yang keren .benar2 sebuah 'kekinian' yang luar biasa. Dan jujur aku sampai menangis saat adegan pembukaan gerbang JW (100% manly tears guaranteed).


(It's alive!!!))


Summary

  • psssstt ada banyak easter egg tentang Juraasic Park di sini, bisakah kalian menemukan semuanya ??

  Childhood Memories, remastered edition. Film ini benar2 mantap dan feeling saat pertama kali saya menonton Jurassic Park kembali terasa di sini. Dan mungkin kalian akan berkomen ' siapa yang menaruh bawang di sini' saat ending :p

My Score :

90, awalnya 95, minus 5 karena konflik yang tidak berguna


Dan akan kututup dengan kalimat ini

" Jurassic World adalah taman yang menakjubkan, dan (kembali) dirusak oleh kebodohan manusia"



dah ah segitu dulu, see you at next post

No comments:

Post a Comment