Just A review From me: [MOVIE] Terminator Genisys Review

Friday, June 26, 2015

[MOVIE] Terminator Genisys Review






 Prolog


  Tahun ini adalah kebangkitan beberapa franchise lama, setelah Jurassic Park dengan Jurassic World (review bisa dibaca di sini ), sekarang muncul lagi Terminator dengan Genisys. Hanya saja Genisys tidak hanya sekedar me-reboot, tapi juga me-retcon (retroactive continuity) dimana keseluruhan cerita dari Terminator lama bisa diabaikan karena ceritanya benar-benar baru dengan menggunakan timeline yang berbeda.


  Seri ini memang sudah muncul sejak tahun 80an, hanya saja jika dibandingkan Jurassic Park saya tidak terlalu tertarik lebih takut sama Terminator, alasannya simpel, karena muka Terminator sudah cukup untuk membuat nyali saya ciut pada waktu itu (waktu kecil saya memang penakut XD )



(anak kecil mana yang tidak takut ngelihat muka kya gini)


  Untungnya sekarang Terminator sering ditayangkan di TV, semua kecuali seri pertama yang entah kenapa belum pernah saya liat (denger2 sih tidak lolos sensor KPI). Terminator adalah film action dengan bumbu time travel yang menarik. Dan dengan munculnya genisys maka saya bisa menikmati timeline terbaru dari seri ini yang katanya akan dibuat menjadi 3 seri.

Ok memulai review, mari kita lihat dulu sejarah Terminator


Terminator Overview and Timeline


(Hasta La Vista Baby)

  Terminator bercerita tentang perang manusia melawan mesin yang dipimpin SKYNET, para manusia membuat sebuah kelompok yang disebut Resistance yang dipimpin oleh John Connor.

  Twist dimulai saat SKYNET mencoba 'curang' dengan cara mengirim robot pembunuh (Terminator) ke masa lalu untuk membunuh Sarah Connor, Ibu dari John karena tanpa Sarah maka John tidak akan lahir dan SKYNET (mungkin) akan memenangkan perang ini. John sendiri ternyata mengirim seseorang ke masa lalu untuk mencegah hal tersebut yaitu Kyle Reese, dan ternyata pengiriman ini memang sudah diatur karena Kyle Reese adalah ayah dari John.

  Nah dari sini dimulailah perang 'mencegah' Judgement Day (hari kiamat) yang terjadi di masa lalu. Untuk Terminator 2 dan 3 ternyata si robot T-800 alias Terminator yang diperankan oleh aktor Arnold Suasanaseger (sampai sekarang saya tidak bvisa menulis nama aslinya XD) berhasil diprogram ulang sehingga bertugas melindungi John dari ancaman Terminator lainnya.

  Menurutku, seri ini berakhir dengan sangat baik di Terminator 2, Terminator 3 dan Salvation sangat terkesan memaksa sekali sehingga tidak sebaik seri sebelumnya. Satu-satunya hal yang kupelajari dari 2 seri di atas adalah Judgement Day tidak bisa dicegah yang intinya SKYNET memang pasti akan menyebabkan hari kiamat.

  Berikut adalah timeline lengkap terminator 1 sampai salvation, saya juga bingung jelasinnya jadi sebaiknya kalian lihat saja.



  Dan sialnya semua hal itu jadi percuma karena film ini akan merubah semua keseluruhan cerita Terminator XD.

  Ok, let's start the review


Story

  Kita kembali lagi ke masa depan dimana SKYNET sudah mengirim terminator ke masa lalu dan John bersiap mengirim Kyle Reese, hanya saja saat Kyle masuk ke mesin waktu John diserang oleh terminator misterius.

  Lalu di tahun 1984 terjadi sebuah keanehan dimana Sarah Connor sudah mengetahui tentang para Terminator (bahkan doi sudah punya terminator pribadi), hal ini diperparah dengan ingatan Kyle yang merasa bahwa Skynet akan lahir pada tahun 2017 dengan sebutan Genisys, lalu akhirnya mereka memutuskan untuk pergi ke tahun 2017 untuk merubah takdir, berhasilkah mereka ????

  *Genisys di sini adalah sebuah sistem operasi yang belum lahir (dengan countdown-nya sekitar 2 hari) dan akan di download oleh semua jenis gadget yang ada di bumi karena pada masa itu hidup manusia sangat tergantung kepada gadget (yah ga beda jauh ama sekarang sih XD )



Characters

Sarah Connor (Emilia Clarke)


*fans Game Of Throne akan sangat keterlaluan jika tidak mengenal dia XD

  Ibu dari seorang legenda di masa depan, pada timeline ini keluarga dia sudah dibantai oleh seseorang (atau terminator ?? ) dan dia diasuh oleh terminator sehingga sudah terlihat sangat siap menghadapi para terminator lainnya.

  Sifat dia sangat mirip dengan Daenerys Targaryen yaitu seorang gadis lugu yang mempunyai sesuatu yang bisa mengubah dunia. Hanya saja di sini dia terlihat lebih kick-ass karena melakukan cukup banyak aksi seru (hal yang sampai sekarang belum diperlihatkan oleh Daenerys (soalnya kerjanya debat politik mulu) XD.


(I'm Sarah, From House Connor)


Kyle Reese (Jai Courtney)

  Seorang prajurit yang dikirim ke masa lalu untuk melindungi Sarah, di sini dia mendapat 'penglihatan' bahwa dia harus menghentikan Genisys di tahun 2017. Di timeline ini belum terlihat apakah dia akan menjadi ayah John Connor.



T-800 (Arnold Suasanaseger)

  Wajah familiar, di sini dia dikirim oleh seseorang yang misterius (tidak diketahui sampai akhir film) untuk menjadi pelindung bagi Sarah Connor ketika dia masih kecil. Dan anehnya dia membawa Bazooka saat pertama kali bertemu dengan Sarah. Sarah pun menganggap dia sebagai pengganti orang tuanya dan memanggilnya 'Pops'

  dan di sini lagi-lagi dia harus melawan Terminator lain yang lebih canggih (secara spesifikasi), meskipun sudah tua ternyata dia masih mampu menghajar para lawannya. Sayang sekali sampai sekarang dia masih memiliki senyum 'pepsodent' XD



(Old, but not Obsolete, theoritically)


John Connor (Jason Clarke)

  Sosok yang terlalu dipuja-puja, sejak kecil sudah diberi spoiler tentang masa depan sehingga bisa melawan SKYNET dan mendirikan Resistance. Sayangnya spoilernya berakhir ketika Kyle Reese dikirim ke masa lalu dan John diserang oleh terminator misterius.

  Dan ternyata, di sini dia menjadi tokoh antagonis (nonton aja klo mo tau alasannya XD).

  Hal terbaik dan menyedihkan yang saya dapat adalah akhirnya saya bisa melihat akhir dari sang legenda ini.


(The Leader Of Resistance)



Detective O'Brien (J.K Simmon)

  Hanya seorang detektif yang dulu pernah bertemu Kyle dan terobsesi dengan dia dan meneliti kasus ini selama lebih dari 30 tahun, di sini dia 'sedikit' membantu perjuangan Sarah dan Kyle. Intinya sih dia karakter minor




(feel familiar ?? )


  kenapa kutulis dia ??? karena terakhir kali kulihat dia hanyalah seorang pemimpin redaksi koran picisan XD.


(sengaja ga dikasi judul biar kalian pada googling XD)



Brace The New Timeline (SPOILER!!!!)

Beberapa hal yang terjadi di timeline ini (SPOILER ALERT!!!) :

  • Kyle Reese tidak (belum) mati (aslinya dia mati di Terminator 1)
  • Genisys dibuat oleh John Connor
  • Sarah memiliki Terminator
  • Judgement Day dibatalkan ?????? atau tidak ......

Summary


  Reboot yang cukup kacau jika kalian menontonnya sambil membandingkannya dengan seri sebelumnya, saranku lebih baik menontonnya tanpa memikirkan cerita dari seri-seri sebelumnya. Di luar itu actionnya keren dan tidak terlalu mengumbar spesial effect. Dan aku sangat berharap sekuelnya tidak akan seburuk Terminator 3.


MY Score

80, meskipun timelinenya berantakan, tapi memiliki 'feel' dari terminator 2 dan 3


  • Fun Trivia, sebenarnya SKYNET memang harus mengirim terminator ke masa lalu, karena inspirasi terciptanya SKYNET berasal dari bagian tubuh terminator yang tersisa setelah dihancurkan oleh Sarah XD



dah ah segitu dulu, see you at next post

No comments:

Post a Comment