Just A review From me: [GAME] The Witcher 3 : Wild Hunt Review

Tuesday, October 31, 2017

[GAME] The Witcher 3 : Wild Hunt Review


Prolog


  Tahun ini usia franchise The Witcher sudah mencapai 10 tahun, The Witcher adalah sebuah game ARPG (Action Role Playing Game) yang berasal dari Novel Polandia yang berjudul sama karangan Andrez Sapkowski, di tangan Developer CD Projekt The Witcher menjelma menjadi sebuah judul yang sangat berpengaruh dalam dunia game dan dianggap sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa!!




  Meskipun telat 2 tahun, akhirnya saya dapat memainkan The Witcher 3 : Wild Hunt secara "legal" berikut semua expansion. Dan jujur saja Score yang akan saya berikan untuk game ini tidak main-main lho!!

  Oleh karena itu, saya beri Peringatan sebelum anda membaca lebih jauh karena tulisan ini   akan berisi SPOILER yang cukup banyak!!.



Apa Itu Witcher ??



  Witcher adalah sebutan/profesi untuk mereka yang memburu dan membasmi monster, mereka yang "terpilih" untuk menjadi Witcher diwajibkan mengikuti berbagai latihan dan test (Trial Of Grasses) yang memiliki berbagai resiko termasuk kematian karena tubuh mereka akan dicekoki banyak cairan kimia yang akan membuat tubuh mereka mengalami mutasi.

  Jika berhasil melewati semua itu, maka tubuh seorang Witcher akan mengalami perubahan yang membuatnya memiliki berbagai kemampuan seperti melihat dalam gelap, regenerasi, kekuatan super, dll. Jika ditambah dengan latihan yang sudah mereka alami maka Witcher bisa dibilang adalah seorang pemburu monster yang profesional dan siap berkeliling dunia untuk mencari mereka yang membutuhkan jasa Witcher.

  Meskipun imbalan jasa mereka sering berbentuk uang, terkadang Witcher juga dapat meminta sesuatu yang lain, bahkan sesuatu yang belum ada seperti anak yang belum lahir (dikenal sebagai Law Of Surprise) atau orang yang kamu lihat pertama kali setelah tiba di XXX. Secara tidak langsung hal ini bisa menjadi sarana rekrutasi untuk melestarikan jumlah Witcher yang tergolong "langka".

  Salah satu ciri khas Withcer lainnya adalah 2 pedang yang mereka bawa, pedang Silver untuk monster dan Steel untuk manusia. Witcher juga dapat meminum beberapa ramuan khusus buatan mereka untuk meningkatkan kekuatan.

Efek samping menjadi Witcher ??? "murah" kok, cuma menjadi Steril, tidak bisa merasakan emosi, dan dibenci oleh orang banyak karena Witcher sering dianggap "monster".

  Pemain akan berperan sebagai Geralt Of Rivia dalam 3 seri game The Witcher, Geralt sendiri dianggap sebagai salah satu Witcher terhebat.


Geralt Of Rivia



  Sejak lahir Geralt sudah "dibuang" oleh orang tuanya ke Kaer Morhen, salah satu sekolah Witcher. Karena memiliki ibu seorang Sorceress maka tubuh Geralt menjadi lebih kuat sehingga dia sering menjadi objek untuk berbagai "eksperimen".

  Setelah masa pendidikannya selesai Geralt langsung berkelana keliling sunia sebagai seorang Witcher dan sudah melakukan berbagai hal sehingga diberi gelar "Rivia" yang hampir setara dengan bangsawan. Di kesempatan, Geralt sempat melakukan Law Of Surprise dalam bentuk Cirilla, anak perempuan yang akan menjadi "anak angkat" dan memiliki peran penting dalam The Witcher 3.

  selama petualangannya Geralt memiliki banyak kenalan, 2 yang paling dikenal adalah Dandelion, seorang bard yang sering membuat masalah karena sifatnya yang playboy , dan Yennefer, seorang Sorceress yang merupakan cinta "sejati" bagi Geralt.

  Dan oh, Geralt sendiri mengalami amnesia selama 2 seri game The Witcher lho!! , ingatannya sendiri baru pulih pada akhir seri ke-2.

  Mungkin segitu saja perkenalan awal untuk seri The Witcher, sekarang mari ktia bahas The Witcher 3 : Wild Hunt.


Asyiknya Nge-Mod


  karena saya bermain di versi PC maka saya menggunakan berbagai mod yang ada di www.nexusmods.com untuk "mempermudah" permainan yaitu :

  • Fast Travel Anywhere : bisa fast travel dimana saja (normalnya pemain harus berada di dekat signpost), WARNING jangan gunakan mod ini jika sedang dalam main quest karena berpotensi "merusak" beberapa event sehingga membuat quest tidak bisa diselesaikan (dan terpaksa mencari solusi yang lain dengan memakai console command)
  • Increase Creature Loot : meningkatkan Drop Rate ke tingkat maksimum sehingga tidak perlu susah-susah dalam mencari item langka (sangat berguna untuk melengkapi Alchemy dan Potion)
  • Enhanced Trophies : membuat semua trophies memiliki efek yang sama
  • Over 9000 : menaikkan weight limit menjadi 9000 sehingga tidak perlu susah-susah bolak-balik kota untuk menjual item
  • MKM beauty : membuat beberapa karakter menjadi lebih "berisi" (link tidak saya berikan karena alasan tertentu)


Gameplay Overview



  Banyak peningkatan positif dalam seri ke-3, terutama dari dunianya yang SANGAT LUAS, battle system sekarang terasa seperti game Action (Witcher 1 sangat ritmis dan Witcher 2 terlalu kompleks) yang membuat pertempuran menjadi menarik, pengembangan skill Geralt terbagi menjadi 4 segi yaitu Combat, Alchemy, Sign, dan General. Sangat disarankan untuk mengambil 1 skill Axii untuk membuka berbagai dialog alternatif.

  Untuk membuat sensasi sebagai pemburu monster lebih terasa game ini memiliki fitur Witcher Senses dimana Geralt dapat melihat beberapa "petunjuk" yang berguna dalam proses pemburuan monster atau mencari item penting. Mirip-mirip dengan Detective Mode dari seri Batman Arkham Asylum deh XD.


  Selain memakai senjata, Geralt juga dapat menggunakan berbagai tambahan (minyak / ramuan / bomb) untuk melawan monster yang ada, item-item ini harus dibuat sendiri dengan mengikuti resep yang ada tetapi jika sudah pernah dibuat maka item ini akan terisi secara otomatis saat Geralt sedang meditasi.

  Game ini juga memiliki banyak pilihan dialog yang akan membuka banyak peluang cerita, total ada 36 ending yang bisa didapat (1 ending anda dapatkan sendiri dan sisanya dapat dilihat dengan bantuan Youtube XD). Tidak ada pilihan yang benar-benar baik/jahat karena dunia Witcher terlihat sangat "abu-abu" dimana para penduduknya rela menyembah siapa saja selama hidup mereka terjamin, untungnya Geralt disini cenderung ke agnostik XD.

  Dan sebagai tambahan terakhir, game ini memiliki mini-game yang sangat keren (jika anda mengerti aturannya XD ) dalam bentuk permainan kartu yang disebut "Gwent" , saking terkenalnya mini-game ini membaut CD Project membuat versi Standalone yang dapat anda mainkan secara gratis melalui www.playgwent.com (tidak saya sarankan untuk pemain casual karena semakin ke sini Gwent menjadi lebih rumit).

  Susahnya mencari kelemahan game ini membuat saya harus memakai teknik terlarang yaitu Nitpicking (baca : mencari kesalahan kecil)

  • infrastruktur yang jelek, dunia luas tapi jalan untuk kuda sangat sempit (terutama di Skellige), belum lagi banyak tempat yang rusak.
  • Bohong Besar jika ada yang bilang seri ke-3 dapat anda nikmati tanpa harus memainkan 2 seri sebelumnya, menjelang pertengahan game ada banyak "detail" kecil yang ada di 2 game sebelumnya, terutama dalam bentuk karakter (untung saja game ini memiliki fitur bestiary untuk melihat profil karakter/monster yang ada)
  • sulitnya mencari berbagai item penting karena drop rate yang kecil
  • ada beberapa plot hole jika anda sering melakukan Sidequest, contohnya adalah karakter yang mati karena dibunuh monster yang seharusnya sudah dibunuh Geralt dalam sidequest
  • tidak ada sidequest untuk mengetahui lebih banyak tentang Eskel, padahal Lambert saja dapat Sidequest sehingga pemain dapat mengetahui masa kecilnya yang cukup tragis yaitu "dijual" bapaknya yang sangat dia benci dan ingin dia bunuh tapi malah diselamatkan oleh Witcher
  • Glitch yang membuat pemain dapat mendaki gunung dengan mudah XD




Story Overview


  Begitu mendapat ingatannya kembali Geralt langsung mencari Yennefer, reuni mereka tidak bertahan lama karena Geralt diminta untuk mencari Ciri, anak angkat mereka yang saat ini sedang diburu oleh Wild Hunt, pasukan mistis yang pergi ke berbagai dunia untuk mencari budak dari dunia lain, Ciri sendiri ternyata diminati oleh Wild Hunt karena memiliki Elder Blood (baca : dia "spesial").


(Wild Hunt)

  Hal ini diperparah dengan kondisi dunia Witcher yang sedang dalam perang antara Nilfgaard dan Northern Realm, mau tidak mau Geralt terpaksa harus (kembali) terlibat politik dengan kedua pihak ini demi mencari Ciri.

  75% cerita utama game ini berpusat tentang pencarian Ciri dan suaha Geralt untuk menjauhkan Ciri dari ancaman Wild Hunt. Tapi tenang saja karena ada banyak karakter dengan ceritanya tersendiri yang akan membuat cerita game ini menjadi sangat spesial di mata pemain. Bahkan, game ini memberikan cerita terbaik di bagian awal game dalam bentuk Bloody Baron.


  Sekilas tidak ada yang aneh dari permintaan Bloddy Baron untuk mencari istri dan anaknya, tapi kelak akan menjadi sebuah kisah kelam saat Geralt mengetahui jika Baron melakukan KDRT yang membuat istrinya mengalami keguguran yang bahkan Baron saja tidak tahu!!!.

  Mau lebih gila , nantinya fetus (baca :janin) ini akan "digunakan" untuk mencari keberadaan istri dan anak Baron.



  Mau lebih gila lagi ?? silahkan lihat akhir kisah setelah Baron berhasil bertemu dengan istri dan anaknya, benar-benar sangat tidak terduga!!.

The Beauty Of Sidequest


  Salah satu kelebihan RPG barat adalah sidequest-nya yang membuat pemain semakin akrab dengan dunia game ini sendiri, di The Witcher 3 sendiri ada banyak sidequest yang "keren" selain sekedar memburu mosnter, salah satunya adalah Geralt yang diminta untuk mencari Pan (wajan penggorengan) XD.

  Dari berbagai sidequest yang ada, izinkan saya menceritakan salah satu favorit saya yaitu "Wild At Heart"

  • seorang pemburu meminta Geralt untuk mencari istrinya yang hilang
  • aktifkan Witcher Senses dan Geralt melihat sebuah mayat yang dikerubungi serigala, sepertinya ini mayat istri sang pemburu
  • tapi tiba-tiba, saudara si istri muncul dan meminta Geralt untuk menghentikan investigasinya, bahkan dia rela untuk "menyuap" Geralt. Motif dia adalah sang pemburu lebih pantas dengan dia ketimbang saudaranya (dasar cinta segitiga).
  • Tidak puas Geralt pun melanjutkan investigasinya dan menyimpulkan bahwa istri sang pemburu dibunuh oleh Werewolf dan mulai mencari sarangnya.
  • Twist : identitas Werewolf adalah sang pemburu itu Sendiri!!! . Jadi tiap bulan sang pemburu harus bersemedi di sebuah gua agar tidak lepas kendali
  • dan tentu saja secara "kebetulan" istri sang pemburu ada di tempat itu dan mati dibunuh oleh sang pemburu!!!
  • kenapa istrinya ada di situ ?? karena diberitahu oleh saudaranya (dia sudah tahu semua tentang si pemburu tapi masih mencintainya) !!!, dia berharap hal ini dapat membuat si istri mau menceraikan suaminya, sayang kenyataan berkata lain :'(
  • 2 pilihan untuk mengakhiri semua ini. Bunuh Werewolf atau biarkan sang Werewolf "membalas dendam" kepada saudara sang istri, mana yang anda pilih ??? (pilihan saya sih sudah jelas)
  masih tidak sekeren Bloody Baron sih, maklum namanya juga sidequest XD.

  Nantinya ada juga sidequest "serupa" dimana anak seorang warga dikutuk oleh sang mantan sehingga kondisinya sekarat, dan Geralt juga tidak bisa marah kepada sang mantan karena ternyata si cowok mencampakkan dirinya begitu saja dan membuat dia menjadi olok-olokan satu desa.

  Solusinya ?? membalik kutukan agar kembali kepada sang Mantan atau sang cowok harus mau kembali kepada sang mantan dengan meninggalkan istri dan anaknya.

  Ayolah, hanya orang "bodoh" yang memilih pilihan pertama bukan ??

Yennefer, Cinta "Sejati" Geralt



  Dalam 2 game sebelumnya saat Geralt sedang amnesia, Geralt memiliki sebuah Love Interest dalam bentuk Triss Merigold (sekedar pengingat baik Withcer atau Sorceress sama-sama steril XD), tapi sayangnya itu semua hanya "akting" belaka karena Geralt akhirnya dimanfaatkan untuk kepentingan politik. Triss sendiri ternyata teman baik dari Yennefer.

  Yennefer sendiri terlihat sangat berbeda, begitu elegan dan cantik. Melihat pasangan Geralt-Yennefer serasa melihat versi twisted dari Beauty and The Beast, bahkan terkadang terlihat seperti Yennefer yang memanfaatkan Geralt, apa kisah Triss akan terulang kembali ???

  Ternyata tidak, Yennefer benar-benar cinta kepada Geralt, tapi........

..............................
..............................
..............................

  mereka berdua dapat saling mencintai karena bantuan Djinn, sebuah makhluk yang dapat mengabulkan keinginan pemakainya, Geralt meminta Djinn untuk membuat Yennefer mencintainya hanya karena "iseng" saja XD.

  Nantinya akan ada Sidequest dimana Yennefer meminta Geralt untuk mencari Djinn lain untuk menghilangkan mantra "Cinta" yang mengikat mereka. Akhir dari hubungan mereka ditentukan oleh pemain, ingin memilih Yennefer atau ingin kembali ke pangkuan Triss ???



(sebuah pilihan sulit...)

  sedikit Spoiler, di game ini tidak ada istilah "Senangnya dalam Hati kalau beristri dua XD"

atau tidak juga sih........


(Wow.........)

  The Witcher 3 memiliki 2 Expansion yang semakin memperindah game ini yaitu

Hearts Of Stone ; Menjual Jiwa Pada Iblis



  Sebuah Expansion yang berisi main Quest yang super Keren tapi hanya memberikan sedikit fitur baru, jadi saya fokus ke ceritanya saja yah.

  Kisah dimulai saat Geralt menerima kontrak untuk membunuh monster "kodok" dari seorang bangsawan yang bernama Olgierd Von Everec.


  Ternyata, kodok ini merupakan jelmaan dari seorang pangeran yang dikutuk, dan karena hal itu Geralt ditangkap dan siap dihukum mati. Untungnya Geralt diselamatkan oleh sosok misterius yang bernama Gaunterr O'Dimm (tokoh yang juga sering muncul "sekilas" selama ini), tapi O'Dimm meminta Geralt untuk menjadi seorang Debt Collector tapi bedanya O'Dimm adalah sebuah entitas yang bertransaksi dengan jiwa (baca : O'Dimm adalah seorang iblis), dan siapa sangka Geralt harus menagih jiwa kepada Olgierd.



  Jika O'Dimm adalah sosok iblis, maka Olgierd adalah manusia yang berhasil menipu iblis sehingga Olgierd memiliki kekayaan + tidak bisa mati, efek sampingnya adalah Olgierd tidak bisa merasakan emosi (inilah alasan mengapa judulnya Hearts Of Stone), Olgierd "menipu" O'Dimm dengan memberi berbagai "syarat" sebelum jiwanya bisa diambil, dan sudah menjadi tugas Geralt untuk memenuhi 3 "Syarat" agar O'Dimm dapat mengambil jiwa Olgierd.

  Syaratnya tidak terlalu susah, salah satunya adalah "bermain-main" dengan kakak Olgierd, tapi sayangnya kakak Olgierd sudah lama meninggal jadi ???

  akan ada beberapa hal yang membuat pemain mempertanyakan siapa yang sebenarnya "jahat" dalam kisah ini. Tapi yang terpenting kisah ini memberi saya sebuah pelajaran moral yaitu :

       "Seorang Suami Akan Melakukan segala hal untuk kebahagiaan istrinya"

Blood And Wine ; Vampir, Anggur, dan Misteri



  Expansion kali ini sangat besar karena memberikan sebuah area baru (Toussaint) yang BESAR dan INDAH (serasa masuk ke daerah orang elit), memiliki berbagai sidequest keren, tapi sayangnya cerita utamanya sangat "standar".

  Untuk sidequest yang terbaik adalah saat Geralt harus mempromosikan faksi baru dalam Gwent yaitu Skellige dalam sebuah turnamen besar, adanya faksi baru dalam permainan yang sangat terkenal ini ternyata membuat beberapa pihak berdemo dan menganggap bahwa Skellige "menistakan" permainan Gwent yang dianggap suci XD. Skellige sendiri JELEK dari segi mekanisme (2 jari tengah saya berikan untuk faksi ini) karena terlalu combo based.

  Cerita utama expansion ini bermula saat Geralt diminta oleh Duchess Anna Henrietta (penguasa Toussant) untuk memburu monster yang meneror kota ini. Monster ini membunuh beberapa ksatria Toussaint sekaligus mempermalukan konsep Virtue yang mereka anut. Penyelidikan Geralt membuatnya bertemu dengan teman lamanya yaitu Regis, seorang Higher Vampire yang Geralt anggap sudah mati.


  Berita baiknya, Regis mengetahui siapa pelaku sebenarnya yaitu Higher Vampire lain yang bernama Detlaff. Berita buruknya adalah Regis memihak Detlaff karena Regis pernah diselamtakan oleh Detlaff, tapi meski begitu Regis tetap menghormati Geralt dan mau membantu penyelidikannya.

  Berita paling buruk, Higher Vampire hanya dapat dibunuh oleh Higher Vampire lainnya....

  Hmmm, kira-kira apa misteri yang ada di expansion ini ????

  Tapi seperti yang sudah saya tulis, main storynya terasa sangat standar (mungkin karena saya sudah terpesona dengan berbagai quest terdahulu sehingga quest kali ini tidak terlalu berkesan), tapi tetap saya harus memberikan 2 Jempol kepada Anna "Anarietta" Henrietta yang meskipun penampilannya sangat berkelas tapi sangat "merakyat" karena dia sangat sayang kepada rakyatnya dan tidak ragu-ragu untuk membahayakan dirinya demi mengungkap identitas mosnter yang meneror kotanya. Bahkan Geralt terlihat sangat menghormati Anarietta karena tidak pernah berkata kasar kepadanya!!! (Geralt sendiri dapat bersifat kasar kepada penguasa lainnya), tapi tetap saja sesuai standar The Witcher bahkan Anna Henrietta sekalipun memiliki sebuah rahasia kelam.


(Anna Henrietta)


Pencitraan "CD Projekt"





  Pembajakan games sudah bukan menjadi hal baru (terutama untuk PC games), beberapa Developer berani menggunakan berbagai cara untuk melindungi game buatan mereka dengan DRM (Digital Right Management) (yang terkenal saat ini adalah DENUVO yang akhirnya jebol juga).

  Lalu bagaimana dengan CD Project ?? NOL, mereka tidak melindungi game mereka sehingga game The Witcher sangat mudah dibajak, perusahaan ini memiliki visi bahwa jika gamer benar-benar menyukai sebuah game maka PASTI SUATU SAAT gamer itu akan membeli versi aslinya, sungguh sebuah visi yang sangat "goblok" bukan ???

  2 tahun yang lalu saya tidak ragu-ragu untuk membajak game ini disebuah situs luar negeri, tapi herannya MAYORITAS kolom komentar adalah ajakan "halus" untuk tidak membajak game ini, sungguh sebuah hal yang sangat mengherankan. Tapi tentu saja saya tetap memainkan versi bajakan meski hanya sekitar 20% saja sebelum PC saya rusak.

  2 tahun saya coba cari tahu mengapa banyak gamer bajakan membela game ini dan ternyata memang benar CD Project sangat mengerti keinginan para gamer dan tidak ingin gamer dipersulit dengan berbagai DRM yang ada pada waktu itu yang rata-rata membuat gamer seperti "sapi perah" bagi para Publisher game besar.

  Apalagi game Witcher ternyata sangat bagus sehingga semakin sulit untuk membenci CD Projekt, bahkan CD Projekt mendirikan GOG, sebuah tempat membeli game secara digital (seperti Steam) tapi tetap menganut sistem "NO DRM" (jadi gampang ditemukan versi bajakannya).

  Bahkan , dengan mengikuti closed beta dari Gwent saya diberi 2 game Witcher secara GRATIS!!, Witcher 3 sendiri saya dapatkan melalui sale Steam beberapa waktu terdahulu dengan harga yang sangat tidak pantas (baca : sangat murah).

  Beberapa bulan lalu ada sebuah dokumenter tentang CD Projekt dan siap-siaplah untuk terkagum/terpicu dengan sejarah mereka yang sangat "berbeda" karena pasalnya negara Eropa sangat "sosialis" , di negara Polandia sendiri pada jaman itu game "legal" sulit didapatkan sehingga jika ada orang yang membawa game bajakan maka orang itu akan dianggap sebagai pahlawan!!.


Conclusion


  tidak ada yang bsia saya katakan lagi, game sangat sangat sangat SEMPURNA, tapi score original saya untuk game ini adalah 95 karena konklusi cerita akhir terlihat tidak begitu bagus, tapi jika melihat perjuangan CD Projekt maka score game ini menjadi....


My Score

100 , "I Hate Portals" – Geralt Of Rivia


temukan review lainnya di SINI

2 comments:

  1. saya belum memainkan game ini , tapi saya mengagumi ulasan anda

    ReplyDelete
  2. Kalau aja ada subtitle Indonesia nya. Sayang udah tamat tapi gak tau cerita detail nya apalagi kalau ketemu surat atau buku yang menarik untuk dibaca. Sad truth

    ReplyDelete