Just A review From me: [GAME] South Park : The Fractured but Whole Review

Thursday, November 2, 2017

[GAME] South Park : The Fractured but Whole Review


Prolog


  Jika ada yang berkata “kartun itu tontonan anak kecil” biasanya akan dibalas dengan “pasti belum pernah nonton Happy Tree Friend...”.




  Meskipun opini di atas tidak sepenuhnya salah jika dilihat dari segi sadis, saya heran mengapa tidak ada yang menyinggung South Park, sebuah serial kartun khusus dewasa yang sudah berjalan selama 21 season dan banyak sekali menyinggung tentang isu-isu sensitif yang ada di dunia. South Park sendiri memang terkenal dengan leluconnya yang berbau SARA meskipun memakai anak kecil sebagai tokoh utamanya dan memiliki banyak ucapan-ucapan kasar!!

  Saya sendiri bukan penggemar berat South Park, episode South Park yang saya tahu hanya "Make Love, Not Warcraft", kebanyakan pengetahuan saya tentang kartun ini berasal dari berbagai video Top 10 yang ada di internet (Ya, itu berarti saya mengetahui perbuatan "edan" Cartman terhadap Scott Tenorman XD)

  Tapi di dunia game, banyak game South Park yang mudah dilupakan sampai kedatangan Stick Of Truth di tahun 2014 yang berhasil memikat banyak orang termasuk saya. Dan tahun ini muncul sequelnya "The Fractured But Whole" yang sudah dinanti-nanti para penggemar karena mengalami delay > 1 tahun lamanya.

  Dan karena game ini memakai tema Superhero maka sudah tentu game ini sudah bagus di mata saya XD.


Stick Of Truth Overview



  Game yang mengenalkan saya pada dunia South Park, inti cerita game ini adalah tentang anak-anak yang bermain "perang-perangan di jaman pertengahan" yang dibumbui dengan imajinasi hiperbola khas anak-anak (tapi yang ini beneran kelewatan hiperbolanya XD), pemain sendiri berperan sebagai "New Kid" yang baru saja pindah ke kota South Park.

  Komedi dalam game ini benar-benar kelewatan dan (ironisnya) sangat lucu yang dijamin dapat mengocok perut pemain sampai ke titik maksimal, apa yang seharusnya hanya sekedar main "perang-perangan" bisa menjadi gila dengan tambahan alien, Zombie Nazi, masuk ke klinik aborsi, melawan Gnome sambil melihat orang tua New Kid sedang "bergulat", dsb, bahkan hal ini membuat game ini sempat disensor di beberapa negara. Meski pada akhirnya tidak fokus ke tema abad pertengahan tapi game ini tetap menghibur.

  Dan untungnya sequel kali ini sangat fokus pada tema utamanya yaitu "Superhero"

Game Overview



  Pemain tetap berperan sebagai New Kid yang kali ini harus menjadi Superhero, pemain dapat memilih 1 dari 10 kelas superhero yang ada (Brutalist, Blaster, Speedster, Elementalist, Gadgeteer, Plantmancer, Cyborg, Psychic, Assassin, and Martial Artist) meskipun nantinya pemain akan memiliki 4 kelas.

  Kota South Park masih menjadi Setting utama game ini dan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan sebelumnya, untungnya ada sistem Fast Travel di game ini.

  Battle System mengalami perubahan drastis karena kali ini memakai bentuk grid system dimana sekarang pemain dapat bergerak bebas di arena dan memiliki 4 party members (sebelumnya hanya 2). Musuh-musuh yang ada di game ini juga tergolong out of the box karena terlihat sangat realistis dan tidak seperti game RPG pada umumnya. Pemain sendiri dapat memiliki 3 skill dan 1 Ultimate yang aktif saat gauge mencapai 100%.


  Sayangnya, pengembangan karakter dalam game ini hanya ditentukan dari artifak yang bisa dipasang pada tubuh New Kid, tidak ada kustominasi khusus per equipment seperti game sebelumnya karena di sini kostum hanya sekedar item kosmetik belaka.


(cukup mengecewakan)

  Dan yang paling keren, kapan lagi di game RPG sebuah pertarungan sengit dapat diganggu hanya karena ada mobil lewat (namanya juga imaginasi anak-anak XD) !!!.


Mari Panjat Sosial Demi Tambahan Follower



  Demi mempromosikan tim Superhero, pemain diminta untuk melakukan Selfie demi mendapat tambahan follower, postingan ini akan dapat dilihat di "Coonstagram". Beberapa NPC tidak mau melakukan selfie dengan New Kid sebelum permintaan mereka dipenuhi, inilah sumber beberapa sidequest dalam game ini. Fitur ini menarik di awal tapi nantinya menjadi membosankan, apalagi karena reward yang diberikan hanya sekedar item kosmetik belaka.

  Memang sidequest yang berhubungan dengan mengumpulkan item collectible terlihat membosankan (seperti mengumpulkan gambar yaoi), tapi beberapa sidequest memiliki banyak kejutan "lucu", terutama yang berhubungan dengan party members. Salah satu yang menarik adalah saat New Kid harus memperbaiki hubungan Super Craig dengan Wonder Tweek yang saat itu sedang retak, hadiah Quest ini adalah upgrade kemampuan Ultimate mereka yang akan membuat penampilan mereka menjadi seperti anime.....



(vvibu , tawuran boss XD)

  dan buat yang penasaran, mereka berdua itu cowok + masi SD pula, dasar Kids di Kota South Park -_-

New Kid Si Master Fart



  Salah satu kekuatan terbesar New Kid adalah Fart (kentut), dan di game ini teman-teman New Kid dapat memanfaatkan fart New Kid untuk menyelesaikan beberapa Puzzle. Bahkan karena bantuan Morgan Freeman (yang juga adalah Secret Boss pada game ini) New Kid diajari agar fart miliknya dapat memanipulasi ruang dan waktu yang nantinya dijamin dapat membuat The Flash malu XD.

Story


  Kejahatan di kota South Park merajalela dan hanya ada 2 tim Superhero yang bisa menghentikannya yaitu "Coon And Friends" dan "Freedom Pals", sayangnya kedua kubu ini sedang bermusuhan karena masalah rencana franchise film mereka dimana kubu Coons itu seperti Marvel sedangkan Freedom Pals adalah DC, artinya wajar jika terjadi Civil War XD. Bagaimana nasib franchise mereka dan nasib kota South Park ????

  Dan tentu saja, ada tokoh misterius yang memiliki agendanya tersendiri dan menjadi Villain di game ini, siapakah dirinya ???, yang jelas final Villain di game ini sangat unik, jahat , dan lucu XD , bahkan Hela (Thor :Ragnarok) yang saya anggap Villain terbaik tahun ini kalah jauh jika dibandingkan dengan Villain game ini.

  Melalui "ulah" Cartman alias The Coons, New Kid akan diberi kekuatan super (namanya juga imajinasi XD) sekaligus backstory yang sangat mengejutkan yang menginspirasi New Kid untuk menjadi Superhero!!!

---------------------------------------------------------------------------------------------
orang tua mati tapi kamu punya Uang ?? kuno
menjadi satu2nya orang yang selamat dari tragedi ?? mainstream
kecelakaan LAB ?? membosankan
---------------------------------------------------------------------------------------------

  Melihat bapakmu PIPPPP ibumu di tengah malam ?? nah ini baru keren XD


(sangat Speechless saat melihat adegan ini....)


  Mungkin lelucon yang ada di game ini masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Stick of Truth yang sangat hiperbola, tapi sangat fokus kepada tema dan tetap saja mampu membuat saya tertawa terbahak-bahak.


Dasar Publisher Zaman Now



  Sangat disayangkan game yang sudah mengalami delay lama ini tetap menjadi korban dari trik marketing Publisher UBISOFT dengan menjadikannya game yang baru beres 80% (20% sisanya melalui DLC (Downloadable contents) di masa depan), dengan harga 60$ (100$ untuk versi lengkap tetapi updatenya baru tersedia tahun depan), hal ini jelas akan mengecewakan banyak orang yang menunggu game ini. Saya sendiri merekomendasikan untuk membeli game ini saat ada sale dan sudah mencapai Complete Edition (mungkin di kisaran harga 30$ seperti Stick of Truth).

  Sayang sekali karena game ini sendiri sudah tergolong bagus, hanya saja saat anda mengetahui game ini memiliki DLC maka secara tidak langsung sudah merusak ending game ini :'(

Conclusion


  Nikmati asyiknya bermain sambil berimajinasi bersama anak-anak dari kota South Park :D dan mari lupakan jika game ini memiliki DLC.

My Score

85, Retribution But Without Inclusion


temukan review lainnya di SINI

No comments:

Post a Comment