Just A review From me: [ISENG] Warau Salesman NEW Review

Tuesday, July 18, 2017

[ISENG] Warau Salesman NEW Review


Before Prolog


  Ada waktunya saya pernah tergila-gila dengan anime dimana hampir semua jenis anime saya tonton tanpa pandang bulu (yang jelas itu dulu sekali XD), tapi sayangnya dunia anime saat ini saya pikir terlalu menjual "Pencuci Mata" (Fan Service) dengan menjual kemolekan fisik para tokohnya, bukan lagi dari segi cerita, tidak mengherankan jika komunitas anime saat ini didominasi oleh aksi saling klaim waifu/husbando (karakter anime idaman untuk menjadi istri/suami) oleh para fans. Seringkali diskusi lebih banyak berfokus kepada bentuk fisik dari para waifu/husbando, apalagi jika tokoh ini memiliki bentuk fisik yang sangat "menggoda". Hal ini yang membuat saya kehilangan minat untuk menonton anime saat ini. TAPI SAYA TEGASKAN TIDAK SEMUA ANIME HANYA MENJUAL FAN SERVICE SAJA LHO!!!!.

  Jadi cukup aneh juga karena sekarang saya akan membuat review tentang anime yang baru saya tonton akhir-akhir ini (makanya saya pakai Tag ISENG XD). Yang jelas anime yang akan saya review ini cukup unik.

Prolog


  Kenal Fujiko Fujio ?????

........................................................
........................................................
........................................................
........................................................

 Tidak kenal ?? wajar sih karena selain Fujiko Fujio adalah nama samaran dari 2 orang mangaka (orang yang membuat manga) yang nantinya terpisah dan membuat karya mereka masing-masing (Fujiko F Fujio dan Fujiko Fujio A). Tidak heran jika nada tidak mengenalnya.

  Tapi saya yakin anda pasti mengenal robot kucing yang satu ini.


(aku ingin begini, aku ingin begitu..)


  Yup, Doraemon dibuat oleh Fujiko Fujio. Selain Doraemon Fujiko Fujio juga membuat banyak karya yang terkenal yang menjadi ikon bagi anak-anak seperti Ninja Hattori. Beberapa karya besarnya memang menarget anak-anak sebagai pasarnya (tapi beberapa orang dewasa juga banyak yang mengenal karya mereka sih XD) sehingga bisa dibilang Image Fujiko Fujio selalu lekat dengan karya anak-anak.

  Sekarang bagaimana jika ternyata Fujiko Fujio memiliki karya yang berbeda dan jauh dari image anak-anak ?? wow pastinya terbilang unik bukan ??

  Warau Salesman (The Laughing Salesman) adalah salah satu contohnya, Warau Salesman sendiri bisa dibilang menggabungkan genre horor dan dark comedy, genre yang menarik di mata saya. Warau Salesman sendiri sudah ada dari tahun 60-an dan memiliki banyak versi, versi yang akan saya review kali ini adalah versi tahun 2017 (Warau Salesman NEW) yang bisa dibilang merupakan versi reboot.

  Gampangnya, bagi saya Warau Salesman adalah Doraemon jika dia berasal dari neraka!!!.


Story



  Namanya adalah Moguro Fukuzou.

  Orang-orang menjulukinya sebagai Warau Salesman (Salesman yang suka tertawa, terlihat dari mukanya yang sangat friendly XD).

  Tapi Moguro bukanlah Salesman seperti yang anda kira karena barang yang dia jual adalah "perasaan" (baca : keinginan terbesar dari diri anda saat ini) manusia.

  Oh tenang saja, Moguro tidak memungut bayaran alias GRATIS (siapa sih yang tidak suka dengan kata Gratis ??).

  Bagi Moguro tidak ada hal yang paling menyenangkan selain melihat ekpresi kepuasan para pelanggannya (client).

  Jadi apakah anda tertarik dengan jasa yang ditawarkan oleh Moguro ??

  Jika menjawab YA maka selamat anda termakan JEBAKAN BETMEN karena dibalik semua kepuasan yang dia berikan, Moguro SELALU membuat hidup para pelanggannya menjadi tragis.

  Salah satu penyebabnya adalah para pelanggannya melanggar "pantangan" yang Moguro berikan pada mereka, hanya masalahnya Moguro sendiri tidak pernah memberikan penjelasan jelas dari barang yang dia berikan, Moguro tidak segan-segan akan menghukum pelanggannya jika mereka terbukti "menyalahgunakan" barang/jasa yang diberikan oleh Moguro.


(yang akan anda terima jika Moguro marah)

  Dan inilah kisah 24 pelanggan Moguro yang tersaji dalam 12 episode (2 pelanggan tiap episode), bersiaplah untuk melihat sisi gelap yang ada pada diri setiap manusia!!!!.

  Sayangnya memasuki pertengahan episode cerita yang dihadirkan malah menjadi sangat tidak logis dan semakin membuktikan bahwa Moguro memang berniat merusak hidup para pelanggannya.

  Dan setelah anda melihat aksi Moguro, mungkin anda akan berpikir bahwa Moguro mungkin tidak berasal dari dunia ini ????


Moguro Clients


  Berikut adalah kisah 10 pelanggan Moguro yang kisah hidupnya dapat mengingatkan kita bahwa setiap manusia memiliki sisi gelap :


Takashima Mitsuko (31)




  Mitsuko selalu di-bully dan direndahkan oleh orang-orang sekitarnya sehingga membuat dia stress, untuk menghilangkan stress Mitsuko memiliki hobi shopping,masalahnya adalah uang yang dia miliki tidak cukup untuk menghidupi gaya hidupnya yang boros (well, boros karena stress juga hal yang cukup menarik sih).

  Disinilah Moguro datang dan menawarkan sebuah kartu kredit tanpa limit!!!, hanya saja semua barang yang dibeli oleh kartu ini akan dikembalikan besok, jadi intinya anda hanya "meminjam" bukan "membeli". Sekilas benda ini terlihat sangat cocok bagi Mitsuko, sampai akhirnya dia mencoba curang dengan membeli "jasa" (karena bagaimana cara mengembalikan jasa ??), hal ini membuat dia terkena hukuman dari Moguro.

Deyashiro Iyata (24)



  Pegawai baru yang selalu direndahkan oleh atasannya yang akhirnya membuat dia berhenti dari pekerjaannya. Di sini Moguro menawarkan sebuah perusahaan "Impian" dimana Iyata mendapat pekerjaan yang berbeda tiap harinya (kadang sebagai bawahan,kadang sebagai atasan). Sayang pada akhirnya dia menjadi sosok yang dia benci selama ini :'( .

Kamera Tetsuya (49)



  Tetsuya adalah fans fanatik kereta api yang memiliki keinginan untuk menaiki kereta api 583-type. Di sini Moguro memberikan tiket yang membuat Tetsuya dapat menaiki kereta api idamannya untuk SATU HARI SAJA. Sayangnya tekanan hidup yang dia terima membuatnya memasuki kereta api itu lagi walau sudah dilarang oleh Moguro.


Naoki Junichi (26)




  Naoki tertarik pada sosok wanita bermasker yang dia temui di stasiun tapi masih malu-malu untuk menemuinya, di sini Moguro hadir sebagai sosok "Mak Comblang" yang akhirnya membuat Naoki dapat berduaan dengan wanita idamannya.

  Tapi yang akan Naoki alami selanjutnya adalah Horor!!!, mulai episode ini saya mulai merasa bahwa anime ini (terutama sosok Moguro) mulai tidak beres.

Monomichi Tomie (38)



  Sekilas hidup Tomie terlihat sempurna dengan suami yang sayang keluarga (+ memiliki gaji yang besar XD) dan anak yang berprestasi, hanya saja Tomie sangat terobsesi memiliki ruang lebih pada rumahnya dan selalu ingin terlihat "rapih", setelah Moguro memperlihatkan sebuah apartemen yang luas Tomie malah semakin terobsesi untuk menyingkirkan semua barang yang ada di rumahnya, termasuk keluarganya sendiri (ups spoiler XD).

Isabe Kinichi (36)



  Lagi-lagi sosok yang terlihat sempurna, hanya saja di sini Kinichi merasa hidupnya datar dan ingin mencoba sesuatu yang berbeda, dan Moguro dengan senang hati memberikan dia sebuah kumis tiruan yang mampu menyembunyikan identitasnya yang membuat Kinichi dapat berbuat segala hal yang selama ini hanya dia lihat melalui majalah saja. Dan karena pada akhirnya Kinichi sangat menikmati hidup barunya maka sudah saatnya Moguro memberikan sebuah "hadiah" XD.

Shizuoka Nozomi (35)




  Nozomi hanya ingin hidup tenang bersama keluarganya di apartemen yang baru, sayangnya di apartemen ini ada sosok "Ibu Kos" yang tidak segan-segan mengusir para penghuninya jika ada yang bertindak tidak sesuai standar yang dia miliki. Di sini Nozomi meminta Moguro agar semua keinginan "Ibu Kos" tersebut bisa dipenuhi. Dan akhirnya bisa anda tebak sendiri....

  Episode ini ibarat anda memberi kemampuan super ke musuh anda, benar-benar sebuah keputusan yang BEGO.

Oite Kazuhito (65)




  Di usia senja Kazuhito malah harus ditinggal (sepertinya cerai) oleh istri,anak,dan cucunya sekaligus. Tidak heran dia menjadi sangat kesepian :'( . Moguro memberikan solusi berupa sebuah aplikasi messenger di mana Kazuhito dapat berkomunikasi dengan "cucu palsu" dengan pantangan tidak boleh menemui mereka di kehidupan nyata.

  Yah namanya juga kakek-kakek kesepian, mudah ditebak bagaimana nasib akhirnya bukan ??

Mamano Ari (37)




  Ari hanya ingin putrinya dapat menjadi idol yang sukses sebagai pengganti cita-cita masa kecilnya. Tapi saat anaknya memutuskan untuk pensiun dari dunia idol, Moguro memberinya sebuah benda yang akan membuat anaknya mengikuti segala permintaan Ari, sayangnya benda ini memiliki batas waktu. Apakah Ari akan sadar bahwa tindakannya selama ini malah membuat hidup anaknya menjadi tidak bahagia ??

  Di episode ini terlihat Moguro dapat memutarbalikkan waktu (istilah kerennya time travel XD), jangan-jangan Moguro berguru kepada Barry Allen a.k.a The Flash XD.

Amikumo Tsuyoshi (25)




  Tsuyoshi kesal saat argumennya dikalahkan seseorang di dunia maya,apalagi orang itu menyerang Tsuyoshi secara personal (ad hominem), Moguro memberikan sebuah software yang dapat melacak identitas asli seseorang + aib-aib yang dia miliki.

  Secara tidak langsung kisah Tsuyoshi mengingatkan saya dengan beberapa tokoh di dunia maya yang hobi menjatuhkan orang lain dengan berita-berita HOAX.


Teringat beberapa Film Lama




  Memang cerita yang ditawarkan oleh anime ini bukan hal yang baru, saya teringat beberapa karya barat seperti Goosebump, The Twiligh Zone, dll. Tapi yang paling mirip adalah Needful Things karya Stephen King.

  Needful Things sendiri bercerita tentang sebuah toko yang menjual segala sesuatu yang anda inginkan, hanya saja "harga" yang harus dibayar di sini adalah anda harus merusak hidup orang lain entah bagaimana caranya. Alhasil praktik ini berhasil merusak kehidupan satu kota kecil.

  Tapi yang paling mengejutkan adalah pemilik toko ini bukanlah manusia melainkan
jelmaan IBLIS yang senang merusak hidup manusia.

  Dan lebih mengejutkan lagi adalah saat pemilik toko ini menyebut kota lain yang akan menjadi target selanjutnya, nama kota itu adalah J-A-K-A-R-T-A!!!!!!

  Dengan berbagai kemiripan yang ada, mungkinkah Moguro adalah jelmaan iblis ???? (Jelas IYA, mengingat dia memiliki berbagai barang "ajaib" XD)

Conclusion


  Sebuah anime yang unik dan menarik untuk diikuti walaupun ceritanya semakin ke sini semakin aneh dan mengulang pola yang ada (sebenarnya itu tema dari anime ini),untuk anda yang mencari sebuah anime yang lain dari yang lain maka saya sarankan untuk menonton Warau Salesman NEW. Yang jelas anime ini memiliki pesan moral yang cukup kuat.


My Score


75, BOOM!!!!!





temukan review lainnya di SINI.

No comments:

Post a Comment