Just A review From me: [MOVIE] Goosebump Review

Wednesday, October 14, 2015

[MOVIE] Goosebump Review






Prolog


  Tahun ini cukup banyak reboot atau sequel dari franchise lama seperti madmax, jurassic world, terminator, pixel, dll. Dan sekarang muncullah Goosebump. Yang membuat menarik adalah Goosebump sudah ada sejak lama tetapi baru kali ini mendapat adaptasi film.

  Yang lebih menarik lagi, Goosebump adalah novel (sebenarnya lebih mengarah ke cerpen) pertama yang kubaca dan menjadi salah satu bagian dari masa kecilku yang 'menakutkan' . Jadi tentu saja saya sangat senang saat mendengar kabar seri ini akan difilm-kan.

  Jadi sebelum membahas film ini, saya akan menceritakan sedikit kisah masa lalu....


I'm feeling Goosebump (My Childhood Story)

  Tahun 90an, seperti anak kecil lainnya saya suka membaca, tapi buku yang saya baca itu komik, bukan buku penuh tulisan seperti buku pelajaran atau novel XD. Pergi ke toko buku selalu jadi kegemaran saya (waktu itu saya menyenangi komik Dragon Ball dan The Pitcher).

  Tapi, pada masa itu, ada buku yang selalu saya lihat (karena best seller) dan selalu ditaruh di bagian anak-anak, dan saat melihat covernya niat saya untuk membeli komik pun hilang dan saya pun memilih kabur (maklumlah saya ini dulu penakut).

  Well, mo gimana lagi, covernya emang nyeremin sih



  (apa saya satu-satunya yang ketakutan saat melihat ini ???? )

  Tapi namanya juga manusia, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuka salah satu Goosebump dan ............
..............................................
...............................................




  ISINYA CUMAN TULISAN!!!!!!! (ingat, saya belum pernah membaca novel)


  lol , perkenalan yang cukup aneh bukan, tapi tetap saja covernya menakutkan


  Dan ke depannya saya mulai membeli dan membaca beberapa Goosebump (thx untuk perpustakaan SMP dan SMA sebagai sumber terbesar XD ) dan that's it, I know Goosebump.


  Dan saya lebih mengenal jauh goosebump melalui seri TV-nya yang dulu ditayangkan oleh stasiun TV baru (kita sebut saja TR*NS) setiap hari senin s/d jumat jam 17.00. dan ternyata seri tv-nya bisa membuat saya mimpi buruk dibandingkan novelnya XD.

  Dan bagusnya lagi durasinya yang 30 menit bisa merangkum hampir semua kejadian yang ada pada Goosebump (karena pada dasarnya ceritanya memang pendek).

  Sebagai nostalgia, ini saya berikan Opening dari Serial TV Goosebump yang sukses membuat saya ketakutan di masa kecil, sampai saya mengetahui klo stasiun TV lain (sebut saja TP*) menayangkan sesuatu yang lebih menyeramkan pada tengah malam XD.




What Is Goosebump ???

  Goosebump sendiri adalah seri novella untuk anak-anak buatan R.L Stine, kehebatan seri ini adalah tema yang unik (mencakup kehidupan sehari-hari) dan TWIST-nya yang terlalu jahat untuk ukuran cerita anak-anak.

  Yup, dalam Goosebump sepertinya jarang sekali ada Happy Ending, yang ada adalah Twisted Ending.

  Saya masi ingat beberapa cerita Goosebump , contohnya adalah yang satu ini (SPOILER Alert), tapi tenang saja saya tidak akan membocorkan banyak hal :


---------------------------------------------------------------------------------------------------------
2 anak mencoba kabur dari Vampire yang mengejar mereka

terkesan menoton ?? memang begitu sampai twistnya dimulai

ternyata, Vampir yang mengejar mereka adalah KAKEK mereka yang dianggap sudah menghilang oleh orang tua mereka

dan karena kakek mereka Vampire, maka orang tua mereka jelas adalah ......

dan disini sudah jelas kan identitas kedua anak ini ??

tambahan twist, pada akhirnya mereka berdua mendapat 'hadiah' ulang tahun yang spesial



  Dan itu cuman secuil kisah-kisah unik dari Goosebump, jika kalian tertarik membacanya kalian bisa membelinya lagi karena seri ini mulai diterbitkan ulang oleh pihak Gram**ia, sebuah kesempatan bagus untuk mengenal seri yang sangat legendaris ini (terjual lebih dari 400 juta kopi sejak tahun 2008)


  lalu, apakah saya membelinya ??? sayangnya tidak karena desain cover versi baru ini sangat MEH alias tidak membuat saya tertarik. Ingat saya tertarik pada Goosebump awalnya karena covernya.


  Ok, kembali ke film ini, gampangnya film ini akan memanjakan para fans Goosebump, tapi akan cukup membingungkan untuk orang awam.


  Dan bagi saya, film ini sangat mediocre alias standar


  Let's start the review



Story


* 10 s/d 15 menit awal film ini terasa sangat SINETRON

  Zach terpaksa harus pindah ke kota kecil untuk menemani Ibunya yang berkerja sebagai wakil kepala sekolah di kota tersebut. Di kota ini Zach bertemu Hannah yang memiliki ayah super protektif.

  Khawatir Hannah mengalami KDR (kekerasan dalam rumah) oleh sang Ayah, maka Zach berusaha menyelamatkan Hannah dari cengkeraman Ayahnya.

  Tapi yang akan Zach temukan di rumah Hannah adalah teror yang terbebas setelah bertahun-tahun dan akhirnya mengancam kehidupan kota.

  Ya begitulah, sisanya mudah ditebak

  meskipun Goosebump terkenal dengan twist-nya, sayang sekali di sini twist-nya mudah ditebak.


  Tapi tetap saja, FUN untuk ditonton



Characters


Zach (Dylan Minnette)

  Tokoh utama yang sangat 'sinetron' (dari bentuk fisik dan sikap), dialah penyebab awal terbebasnya monster-monster dari rumah Hannah. Dan kisahnya dengan Hannah bener-benar standar, mulai dari PDKT sampai perpisahan.



(The Standard Hero)


R.L Stine (Jack Black)

  Pengarang legendaris yang hidup tertutup dan berpindah-pindah tempat, mengalami trauma masa kecil yang membuat dia tidak suka bersosialisasi dan memilih untuk mengurung diri dan membuat cerita horor, dan ternyata cerita horornya sukses berat. Tapi ternyata monster-monster dalam cerita dia bisa menjadi kenyataan saat bukunya dibuka.

  Hal yang ironis di film ini adalah R.L Stine membenci Stephen King, tapi terpaksa harus menulis cerita dalam ruangan yang memiliki atmosfir Stephen King, sial sekali nasibmu pak XD .

  Jack Black memerankan peran ini dengan sangat baik dan menjadi sumber komedi nomor 2 di film ini.



(Stay Away From My House)


Hannah (Odeya Rush)

  'Anak' dari R.L Stine yang sejak kecil tidak memiliki teman karena sifat sang Ayah yang over protektif, tapi akhirnya mengenal Zach melalui 'plot sinetron' dan nantinya dia akan lebih mengenal tentang jati diri dia yang sebenarnya.

  Seperti Zach, dia sangat standar



(The Standar Heroine)


Ryan Lee (Champ)

  Teman pertama Zach, orangnya baik tapi sayang saja penampilan fisik dan sikapnya membuat dia lebih terlihat seperti orang malang (Malang = apes, bukan nama kota di Indonesia).


  Dan bagiku dialah tokoh utama di film ini, dia berhasil membuat saya tertawa berkat joke dan aksi dia di film ini, dia sumber komedi nomor 1 di film ini


  (Goosebump is not for kids)


Slappy The Dummy (Jack Black (Voice) )

  Fans Goosebump pasti mengenal dia, dialah tokoh antagonis utama di film ini yang membebaskan semua monster lain dari buku mereka. Tujuan dia adalah menghabisi Stine agar dia tidak bisa menghapus para monster ciptaannya.


(He called Stine "Daddy')


They Are Real!!!!!!

  Monster-monster yang ada di film ini berasal dari buku yang dikunci oleh Stine yang berada di rumahnya. Mereka semua berasal dari cerita Goosebump terdahulu dan dijamin hanya fans sejati saja yang bisa mengenali mereka semua (saya saja cuman mengenali Slappy dan Invisible Boy).


(kenal mereka ??? )

  Mereka semua bisa dikalahkan dengan mengembalikannya ke buku masing-masing, sayang sekali Slappy berhasil menemukan solusi untuk masalah ini dan sudah menjadi tugas Stine untuk mengatasi semua ini dengan menulis cerita baru menggunakan mesin tik lamanya yang ternyata menjadi sumber dari terciptanya para monster ini.



Conclusion

  Cukup menarik untuk ditonton, akan sangat menghibur untuk para fans Goosebump atau yang cukup mengenal Goosebump (seperti saya).




MY Score

75, + 5 untuk fans Goosebump. Karena cerita dan twist terlalu standar




Extra, it's already happen before!!!

  Tahukah kalian, bahwa sebenarnya cerita serupa pernah terjadi di tahun 90an



( J N Kline)


  tepatnya adalah salah satu episode dalam "Extreme Ghostbuster' di mana para anggota Ghostbuster harus menangkap hantu yang dibuat Oleh J.N Kline (parodi dari R.L Stine), di sini Kline dipaksa membuat monster baru oleh ciptaannya sendiri, dan akhirnya Kline berhasil disadarkan oleh Garret, anggota ghostbuster yang ternyata adalah fans dia.



Dah ah segitu dulu, see you at next post




temukan review film lainnya di sini

No comments:

Post a Comment