Just A review From me: [MAA] Spec Ops 36 Truth Of Infinity Review

Monday, September 5, 2016

[MAA] Spec Ops 36 Truth Of Infinity Review






Prolog

  Ini dia, Spec Ops yang akan mengakhiri MAA yang sudah berjalan > 4 tahun




  Are you Ready Agent ???????????????????

  dan untuk pengalaman terbaik, diharapkan kalian menyelesaikan SO ini sebaik mungkin (5 bintang, dapat semua senjata, membaca ceritanya,dll)


  dan please, diharapkan tidak memainkan SO ini sambil memasang ekspresi seperti ini






  Ok, Let's Begin



(Last SO Done)


Epic Deploy

  ada 2 Epic Boss di SO ini (Magus dan Thanos), dan masing-masing membutuhkan hero yang bisa dibilang cukup mahal.




Task Overview

  Seperti SO 35, SO terakhir ini benar-benar memanjakan penggemar GotG (Guardian Of The Galaxy) karena beberapa task membutuhkan anggota GotG, di luar itu tidak ada yang berbeda dari SO kali ini.

  Yang terbaik adalah, hadiah task,roulette dan deploy kali ini juga benar-benar penghabisan, mulai dari Gold,Lockboxes,Shield point. Bahkan CP mulai kembali di drop oleh beberapa musuh saaat mereka diserang.


(hamina hamina hamina)

  Tapi........

  ada bug yang membuat Gold tidak bertambah saat kalian mendapatkannya melalui hadiah Deploy/Roulette.

  Yah anggap saja ini Troll terakhir dari Playdom.




Story

  Melanjutkan akhir dari Chapter 12, Barrier dari Odin ternyata belum dihilangkan tetapi ada kapal dari kelompok Ravager yang bisa masuk ke bumi. kapal yang berisi Cosmo, Phylla-Vell, dan Adam Warlock ini jatuh di Savage Land.

  Melalui telepati milik Cosmo, para Heroes diberitahu bahwa Adam Warlock memiliki kemungkinan untuk menghentikan Incursion, dan para Heroes pergi ke Savage Land untuk menyelamatkannya.

  Di lain pihak, Yondu (si pemilik siulan sakti) ikut mengincar Adam Warlock karena dia telah membuatnya terjebak di bumi.

  Adam Warlock sendiri sedang mengalami 'tidur dalam kepompong' dan saat dibangunkan ternyata sisi jahat dia yang bernama Magus menguasai dirinya dan Magus memiliki rencana jahat.



  Sebelum melakukan hal tersebut, Magus melakukan 'pencitraan' kepada para Villain bahwa jika mengikuti dia maka Incursion akan bisa diatasi, sontak hampir semua Villain mendukung aksi Magus, termasuk para Anggota Circle Of 8.

  Di akhir cerita, Para Heroes membentuk tim All-star dalam bidang Psychic dengan harapan bisa membebaskan Adam Warlock. Dan saat mereka berhasil rencana asli Magus pun terungkap.



(Uhh, Twist ???)

  ternyata Magus berencana untuk menghancurkan Universe ini beserta Incursion, dan membiarkan itu semua terjadi agar dunia hancur sementara dia berlindung di balik kepompong miliknya sampai Universe baru terbentuk, dan setelah semua itu terjadi dia berniat menjadi penguasa dari Universe yang baru.

  Untung saja hal itu bisa dihalangi karena Adam Warlock kembali menguasai dirinya lagi.

  Dan disini Thanos muncul sebagai Epic Boss, dia sendiri memiliki rencana dengan Adam Warlock, untung para Heroes bisa menghentikannya.




Dan....

Spoiler Alert!!!!!!!!!!!!!!!!





  Solusi Incursion ditawarkan Oleh Phylla-Vell, sang Avatar OF Oblivion




 

 

  Rencana dia adalah mengumpulkan semua essense dari semua makhluk hidup yang ada di SEMUA UNIVERSE dan menggunakan essense itu untuk menghapus Incursion.

  Dan dibantu Adam Warlock , sepertinya rencana ini akan berhasil



  atau...............









  Yah, ternyata ini semua ini hanya bisa MENUNDA Incursion, bukan MENGHAPUSNYA.

  Dan tidak ada yang tahu kapan Incursion selanjutnya akan terjadi, bisa hari ini,besok,atau menit ini.

  Dan inilah kalimat terakhir dari Agent Coulson.



  Yup, anggap saja pada akhirnya Universe dalam MAA terhapus karena Incursion.

  Meski terkesan dipaksakan, setidaknya dengan terhapusnya Universe ini bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti dimana Nick Fury berada setelah dia menghilang di Chapter 10.






White Tiger Review


  Penggemar Bleeding akan dimanjakan dengan kehadiran White Tiger, semua skill dia mendukung bleeding bahkan beberapa memberi dia buff yang membuat dia semakin kuat.

  Ditambah lagi dia imun Fear dan DoT, memiliki Stun Resistant, bisa pre-counter serangan lawan, dan memberi debuff "Primal Fear' (menurunkan semua status+ memblok buff yang menambah status).

Adam Warlock Review


  Di lain pihak, Adam Warlock memiliki skill pasif Resurrection dan Inflict Damage saat dia mati (kombinasi dari 2 E-iso yang ada di Store), skill set dia menarik dengan adanya debuff baru berjenis cosmic. L6 miliknya juga bisa memberi extra turn untuk semua allies (masih kalah jika dibandingkan dengan Ronan).

  Sayang sekali 2 hero ini tidak bisa bersinar di PVP karena ini bulan terkahir MAA.





Apakah MAA Untung/Rugi ??????


  *Pelajaran yang bisa diambil, Game Free To Play bisa TUTUP KAPAN SAJA!!!!
  Dalam dunia game F2P (Free To Play), Banyaknya pemain belum tentu membuat game tersebut untung, selalu saja dibutuhkan beberapa gamer yang rela mengeluarkan uangnya untuk mempercepat progress miliknya atau membeli item yang terbatas.

  Saya pernah membaca sebuah artikel jadul tentang F2P dan ada 2 kalimat yang cukup menarik :

  • dari 10 ribu pemain hanya 10 pemain saja yang mengeluarkan uang
  • lebih baik menjual item seharga $1000 yang akan dibeli oleh 10 orang daripada menjual item seharga $1 yang tidak akan dilirik oleh 10 ribu pemain

  Artikel tersebut cukup jadul dan dibuat saat dunia F2P masih didominasi oleh Item Mall yang terkadang membuat sebuah game F2P bisa menjadi P2W (Pay To Win).

  Bagaimana dengan MAA ???

  MAA sendiri tergolong tidak terlalu membebani pemainnya untuk membeli Gold, apalagi saat Update Daily Mission dimana pemain bisa mendapatkan 1 gold tiap hari jika dia mau berusaha.

  MAA sering menjual gear limited edition (sebelum update bisa diresearch), tapi pemain lebih suka meminta beberapa pemain lain me'review' gear tersebut terlebih dahulu sebelum pada akhirnya membantu memutuskan apakah gear tersebut Worth atau tidak.

  Mungkin konsumsi gold tertinggi terlihat pada PVP dimana pemain bisa membeli item yang bisa menambah armory mereka pada PVP sehingga bisa membuat mereka 'sedikit' lebih kuat. Dari sini juga istilah "Wallet Warrior" (pemain yang mengeluarkan banyak gold untuk memperkuat armory) berasal. Dulu sekali, para Wallet Warrior ini beserta Sandbagger (orang yang menahan menaikkan lv Agent) sangat menguasai kancah PVP. Tidak heran jika pemain menganggap bahwa PVP = sumber pendapatan Playdom.


  Tapi, sekarang sering ditemui beberapa pemain yang memiliki armory rendah tapi bisa mencapai League Adamantium, beberapa pemain ini memang memiliki 'cara sakti' agar bisa menguasai PVP dengan modal minim, dan hal ini terjadi sering sekali dan akhirnya membuat mayoritas pemain mulai meninggalkan PVP.

  Jadi, jika lain kali kalian menemui pemain seperti ini, anggap saja kalian bertemu dengan hekel Anonimouse XD.


(gambar nyolong dari Google)


  dan dengan ditutupnya MAA bulan ini semakin menegaskan bahwa game ini sudah tidak menguntungkan lagi bagi Disney (pemilik Marvel + Playdom).

  *MAA 2 bahkan lebih tragis, meski sudah didownload 5 juta tapi usianya tidak mencapai 1 tahun.


What's Wrong With Disney ???


  meskipun Disney menguasai beberapa hiburan anak-anak, tapi ternyata mereka berniat memperluas usahanya dengan membeli beberapa Perusahaan seperti Marvel,Pixar, Lucas Art (Star Wars), dll.

  Tapi, bisa terlihat bahwa Disney sangat berhati-hati dlaam bertindak dan cenderung paranoid (Baca : Rugi Dikit langsung main Tutup).

  Kalian tahu Disney Infinity ??? game yang memiliki gameplay mirip dengan Minecraft tapi memiliki berbagai karakter Disney ternyata memiliki sebuah twist yaitu pemain diharuskan membeli sebuah mainan (action figure) jika ingin membuka konten tambahan. Dan beberapa Figure ini memiliki harga yang berbeda tergantung dengan tingkat kelangkaan mereka.


  Tentu saja hal seperti ini tidak cocok di negara kita indonesia yang mayoritas rakyatnya lebih suka barang murah XD.

  Ternyata, Disney Infinty bisa menghasilkan untung yang cukup besar bagi Disney (sekitar 200 Juta Dollar) selama beberapa tahun terakhir ini dan menjadi pemimpin di pasarnya.

  Tapi....................

  Tahun ini Disney Infinity mengalami sedikit penurunan pada penjualannya (karena set Dr Strange belum dirilis) dan akhirnya sifat Paranoid Disney membuat mereka menutup game ini.

  See ?????????, jika hal ini bisa terjadi pada Franchise yang menghasilkan jutaan Dollar, kenapa MAA tidak bisa mengalami hal serupa ?

  Meskipun sekarang ada banyak petisi untuk menyelamatkan MAA (salah satunya INI), tapi bagi saya keputusan Disney sudah Final.

  Yah anggap saja kalian berdemo tentang buruknya pemerintahan tapi pemerintahan yang sekarang tidak demokratis, jawabannya mudah kan ???.

  Kecuali ada keajaiban yang bisa membuat MAA selamat seperti ada investasi misterius dari sosok pahlawan alias pihak ke-tiga, mungkin saja game ini akan selamat



Tapi...................


What If....... ??

Anggap saja game MAA selamat, maka Vision berpendapat bahwa hal ini akan menimbulkan...





Mengapa hal ini bisa dianggap bencana ???

  • asumsi semua pemain memiliki banyak gold dari SO ini + Chapter 12, maka akan sulit bagi Playdom untuk menyeimbangkan ekonomi dalam game ( terjadi inflasi)
  • Alex Irvine, penulis cerita MAA sendiri sudah mengatakan bahwa game ini selesai (baca di SINI ), jika diteruskan maka dipastikan pemain akan dipaksa menunggu berbulan-bulan sebelum mendapat konten baru, dan tahu sendiri kan gimana 'rewel'-nya para gamer generasi sekarang jika tidak ada konten baru
  • MAA sendiri sudah tidak memiliki hal baru selain PVP dan SO, lama-kelamaan pemain pasti bosan (apalagi jika PVP masih didominasi oleh para Hekel)
  • Flash Player sendiri akan dilarang oleh Facebook mulai akhir bulan September (karena alasan keamanan), membuat Developer MAA akan kesulitan untuk memindahkan MAA ke Platform baru (yang berarti pemain harus menunggu lagi)


Tapi sisi baiknya

On The Other Side.......

*Ide ini pernah muncul di Forum Playdom, hanya saja karena forumnya sudah hilang maka saya tidak bisa memberi link-nya


  Dulu ada yang memberi saran bagaimana jika Season 3 MAA mengambil setting dunia baru di mana pemain akan mendapat resource baru yang digunakan untuk merekrut hero baru dan membuat item baru. Dan yang terbaik adalah

  "Hero,item,gear lama tidak bisa digunakan"

  secara tidak langsung ide ini seperti meminta MAA mengalami sebuah "Reset", memang hal serupa pernah saya temui di berbagai game lain dan seperti sah sah saja jika di-implementasikan untuk MAA.

  Nah, dengan akhir Cerita MAA yang menganggap bahwa Universe mereka dihapus, ini adalah kesempatan bagus untuk membuat sebuah setting baru.

  Dan setting yang paling pantas adalah Secret War (karena event ini terjadi karena Incursion).

                                  


  Klo dibayangin seperti keren. Tapi apakah para pemain mau "kehilangan semuanya untuk mendapatkan hal baru ????? "


  Kita lihat saja nanti di akhir bulan, bagaimana nasib dari MAA.





No comments:

Post a Comment