Just A review From me: [TV Series] The Orville Review

Wednesday, September 25, 2024

[TV Series] The Orville Review

Before Prolog

  Siapa sangka melalui TV series ini saya bisa menemukan solusi kapitalisme meskipun menyebalkan sekaligus impossible -_-

 

sumber : the poster depot


Prolog

 

  Untuk anda yang terlahir di tahun 80-90an dan tertarik dengan genre “Sci-Fi” (Science Fiction) umumnya akan dihadapkan dengan 2 pilihan yang akan membentuk pribadi anda di masa depan yaitu

 

“Star Wars atau Star Trek ???”

*Jika anda beruntung maka bisa memilih Stargate, Battlestar Galactica, Starship Trooper,dll XD


 

Saya memilih Star Wars dan setelah Ep 9 saya M-E-N-Y-E-R-A-H tanpa perlu saya jelaskan apa penyebabnya. Saya ingin mencoba Star Trek tapi terkena masalah yang tergolong simpel yaitu “HARUS MULAI DARIMANA ???” yang akhirnya harus saya tinggalkan karena menyadari jika selama ini saya mengenal Star Trek melalui berbagai parodi dari serial The Big Bang Theory XD.

 

  Lalu tiba-tiba suatu hari saya menemukan serial “The Orville” melalui clip Youtube Short dan mulai tertarik dengan serial ini karena aktris Adrianne Palicki memiliki berbagai elemen yang membuat saya (kembali) tertarik pada genre Sci-Fi (minus action sih XD), serial ini (untuk saat ini) memiliki 3 season dan bisa disaksikan melalui aplikasi Disney+.

 

  The Orville sendiri tergolong ringan, lucu, dan mengasyikkan untuk diikuti walaupun durasi tiap episode tergolong panjang + minim adegan action.

 

Jika Dibandingkan


sumber : steam

 

  Meskipun pada dasarnya The Orville sangat terinspirasi dari franchise Star Trek (apalagi saya cukup awam dengan franchise ini XD), saya sendiri akan membandingkannya dengan Video Game Mass Effect yang ternyata memiliki banyak kemiripan (siap2 saja karena saya akan memasukkan cukup banyak istilah Mass Effect pada tulisan ini) walau pada akhirnya The Orville tetap menang dari segi komedi XD.

 

Overview


 

  Di abad 25, Ed Mercer yang merupakan perwira berbakat di Planetary Union melihat dengan mata kepalanya sendiri aksi perselingkuhan istrinya (Kelly Grayson) dengan seorang alien di kasur mereka sendiri!!!. Hal ini (otomatis) membuatnya depresi luar dalam.

 

  Beberapa tahun kemudian, Ed ditawari sebuah pekerjaan untuk menjadi komandan / kapten kapal “USS Orville”, sebuah kapal penjelajah level menengah dengan misi utama menemukan / menjelajah tempat-tempat baru yang diharapkan akan bergabung dengan Planetary Union di masa depan. Mulai disini kisah kehidupan Ed sebagai komandan / kapten dimulai yang tentu saja harus diwarnai dengan berbagai tingkah laku para kru yang terkadang lebih mirip anak-anak XD.

 

  Oh ya langsung saja plot twist yaitu First Officer (Perwira Pertama / wakil kapten) dari Orville adalah Kelly yang otomatis membuat penonton menebak-nebak apakah serial ini akan menjadi ajang CLBK untuk Ed (jawabannya amat sangat mudah ditebak sih XD) ???

 

  The Orville memiliki tema berbeda untuk tiap episodenya yang cukup relatable dengan kehidupan nyata dan disajikan secara ringan dan lucu, serial ini memiliki special effect yang cukup mewah meskipun minim adegan action, dan (kalau sedang niat) bersiap-siaplah untuk mendegar berbagai istilah Sci-Fi rumit nan membingungkan yang siap membuat penonton planga-plongo XD. Penonton juga harus mencoba untuk berpikir open minded karena di serial ini akan ada berbagai ras alien dengan tingkah laku + kebudayaannya tersendiri yang mungkin akan terdengar aneh jika dibandingkan dengan kehidupan nyata.

 

  Saya memiliki berbagai kritik utama untuk serial ini (dari segi story) :

 

- World Building tergolong jelek, menonton serial ini terasa seperti dilempar di tengah-tengah cerita tanpa ada penjelasan tentang banyak hal (ras, budaya, konflik, dll), singkat cerita penonton dipaksa untuk “angguk-angguk” ketika melihat berbagai konflik pada serial ini -_- , beberapa plot akan mendapat penjelasan tambahan yang biasanya akan dihadirkan pada season selanjutnya

 

- subplot komedi terkadang terasa mengganggu, apalagi jika tema episodenya cukup realistis (tapi mau gimana lagi, durasi serial ini per episode cukup panjang sih -_- )

 

- solusi / ending beberapa episode terlihat terlalu deus ex machina (baca : kebetulan / ajaib) dan umumnya membuat episodenya berakhir begitu saja

 

Seperti biasa, waktunya kritik “ngaco” XD :

 

- ras Moclan yang terlihat garang malah ujung-ujung dibuat menjadi badut (dengan bumbu KDRT XD)

 

- nasib karakter Alara yang sangat aya-aya wae

 

- untuk ukuran penjelajah luar angkasa, mengapa kebanyakan ras alien yang ditemui itu bipedal (2 kaki) alias gak ada bedanya dengan manusia -_- (padahal luar angkasa itu luas lho!!!)


Characters

 

Edwar “Ed” Mercer (Seth Mcfarlane)


sumber : collider

 

  Kapten kapal Orville yang selama 3 season ini terlihat begitu “biasa-biasa” saja tanpa ada hal menarik tentang dirinya (kecuali ketika dia masuk mode bucin XD). Ed setidaknya mengetahui berbagai SOP (Standard Operation Procedure) untuk beberapa konflik meski terkadang dia rela untuk melanggar berbagai aturan demi keselamatan para kru Orville (tapi ternyata dia juga nyadar berbagai loophole dari tindakannya jadi…).

 

  Untuk yang mencari karakter pria ganteng dengan sifat yang menarik layaknya Shepard di Mass Effect pada diri Ed, saya hanya bisa berkata...


sumber : tenor

 

Kelly Grayson (Adrianne Palicki)


sumber : wiki

 

  First Officer kapal Orville yang ternyata adalah mantan istri Ed, Kelly digambarkan cukup “sempurna” (baca : profesional tapi masih bisa have fun) selama series ini berlangsung. Kelly terlihat lebih sering terlibat secara emosional dengan para kru dalam menghadapi berbagai masalah yang mereka alami. Meski harus menghadapi berbagai aksi “bucin” Ed, Kelly sendiri dengan santai merasa jika hubungan mereka saat ini hanya sekedar “teman” saja.

 

  Tapi denger-denger sih yang dulunya teman bisa berubah menjadi TT* (Teman Tapi *pippp), semoga hal ini tidak terjadi di serial ini XD.

 

  Di akhir Ep pertama, terkuak jika Kelly menggunakan koneksi bapaknya (memiliki jabatan tingi tapi tidak pernah diperlihatkan -_-) untuk membuat Ed menjadi kapten Orville, bahkan Kelly rela menjadi First Officer hanya demi mengawasi Ed. Apakah ini yang namanya “Nepotisme dengan tanggung jawab ???”

 

Kira-kira apa yang terjadi jika Ed mengetahui hal ini yah ???

 

Gordon Malloy (Scott Grimes)


sumber : wiki

 

  Helmsman (Juru Mudi) kapal Orville yang ditunjuk langsung oleh Ed meski latar belakangnya cukup meragukan. Gordon sendiri adalah teman baik Ed yang memang memiliki skill pilot yang bagus tapi sayangnya dia “dipindahtugaskan” karena memakai kapal tanpa ijin hanya untuk sekedar mencari pacar. Gordon sendiri digambarkan sebagai karakter “bego” dalam series ini dengan berbagai tingkah laku yang sangat jauh dari kata profesional, jadi jangan heran jika Kelly cukup kejam kepada karakter ini XD.

 

  Dan yah, obsesi mencari pacar ini kelak akan menjadi sebuah cerita tersendiri bagi Gordon dengan ending yang cukup menyedihkan.

 

John LaMarr (J. Lee)


sumber : wiki

 

  Navigator kapal Orville yang kelakuannya “11-12” dengan Gordon tapi anehnya nasib dia JAUHHH lebih beruntung daripada Gordon, terutama dari segi W-A-N-I-T-A. Meskipun tergolong “playboy cap *PIPPP” , ketika menemukan pasangan yang tepat John harus rela disiksa luar dalam lho XD.

 

  Suatu hari, Kelly merasa jika John itu pintar dan layak naik jabatan. Akhirnya terkuak jika John berpura-pura bodoh karena dia dibesarkan di lingkungan dimana “pintar = diasingkan” yang membuat dirinya tidak memiliki ambisi dalam hidup, tapi kelak dia akan naik pangkat menjadi Chief Engineer dengan tanggung jawab yang lebih besar.

 

 

Bortus (Peter Macon)


sumber : wiki

 

  Second Officer kapal Orville yang artinya dia “wakil wakilnya kapten XD”, Bortus berasal dari planet Moclus (penduduknya disebut Moclan) yang digambarkan sangat keras karena planet ini adalah penghasil senjata terbaik di Union meski kondisi lingkungan planet mereka sangat buruk. Moclan mengingatkan saya pada ras Krogan di Mass Effect yang sering dijuluki “tentara bayaran terkuat di galaksi”.

 

  Tapi karena series ini minim action jadi ujung-ujungnya Bortus dan ras Moclan malah menjadi badut karena banyaknya aksi cultural shock yang akan dialami karakter ini. Sangat disayangkan padahal Bortus sendiri mengakui jika itu kuat secara fisik.

 

Oh ya, Bortus memiliki “suami” (Klyden) dan kelak anak (Topa) yang akan lahir di Orville, dan tentu saja masalah yang kelak dialami Bortus memiliki hubungan erat dengan keluarganya ini

 

Jangan berpikiran negatif dulu, Moclus itu kebanyakan.hanya mengenal SATU jenis kelamin yaitu pria jadi wajar jika memiliki pasangan sesama jenis. Ingat jika Moclan  itu bukan manusia!!!!

*izin sebentar ke kamar mandi untuk muntah dulu (hoekkss).

 

Alara Kitan (Halston Sage)


sumber : facebook

 

  Chief Security kapal Orville alias “Satpam berjalan XD” yang meski tampilannya “imut2” tapi memiliki tenaga setara 1000x kuli *pipp alias kuat banget meski ujung-ujungnya hanya dipakai untuk sekedar menghancurkan pintu doang -_-. Alara berasal dari planet Xelaya, planet dengan gaya gravitasi super tinggi yang membuatnya memiliki kekuatan super (jika dibandingkan dengan planet lain XD), jika ras lain mencoba memasuki planet ini tanpa memakai pelindung khusus maka dipastikan akan menjadi geprek karena saking tingginya gravitasi di planet ini.

 

  Memiliki tenaga super ternyata membuat Alara minder karena sulit dalam mencari pasangan, seringkali kisah asmara Alara harus berakhir tragis karena faktor ini (sayangnya ditampilkan secara off screen). Alara sendiri terkadang memiliki mental “tuan putri” yang membuat penonton bertanya-tanya mengapa dia memilih karir di bidang militer, bahkan katanya di Xelaya sendiri profesi militer tergolong “kelas bawah” karena mereka memiliki teknologi yang canggih.. Hal ini mengingatkan saya pada Ras Asari di Mass Effect yang tergolong elit karena memiliki kemampuan biotic tertinggi.

 

  Selidik punya selidik, Alara memilih jalan hidup ini karena dia merasa sebagai anak gagal yang selalu dibanding-bandingkan dengan saudaranya yang “banjir privilage” sejak dini, orangtua Alara sendiri terlihat seperti bangsawan padahal aslinya cuma sekedar dosen saja (bagi saya XD). Sialnya + anehnya suatu hari Alara kehilangan kekuatan supernya karena (dianggap) terlalu lama berada di luar planet Xelaya yang membuatnya harus kembali ke planet asalnya untuk menjalani terapi yang membuatnya “pensiun dini” dari Orville. Sisi positifnya adalah Alara dapat kembali ke keluarganya dan keluarganya sudah mampu menerima Alara apa adanya.

 

  Tapi bagi saya hal ini bodoh sekali, apalagi setelah melihat pengganti Alara yang…

 

Talla Keyali (Jessica Szohr)


sumber : wiki

 

  Pengganti Alara yang tampil lebih serius karena memiliki pengalaman militer yang lebih banyak meskipun ujung-ujungnya tetap hanya dipakai untuk sekedar menghancurkan pintu saja (dengan sedikit tambahan peran sebagai satpam). Meskipun berasal dari planet Xelaya, sampai akhir season 3 Talla tidak kehilangan kekuatannya alias beda banget sama Alara -_-.

 

  Untuk asmara nasib Talla juga lebih beruntung walaupun pasangannya harus rela “patah tulang” XD.

 

Charlie Burke (Anne Winter)


sumber : space

 

  Pengganti “asli” dari John LaMarr ketika dia naik pangkat (sebelum Charlie muncul, posisi navigator diisi pemain random XD). Charlie sendiri berbagai skill yang membuatnya menjadi kru yang berguna. Namun sayang dibalik semua itu dia menyimpan sebuah dendam kepada salah satu kru Orville karena kematian pacarnya (sesama jenis) pada sebuah konflik.

 

 

Claire Finn (Penny Johnson Jerald)


sumber : wiki

 

  Dokter kapal Orville yang (sebenarnya memiliki pangkat tinggi) siap mengobati semua masalah medis yang dialami para kru. Claire juga sering menjadi sosok mentor untuk Ed / Kelly, terutama ketika mereka harus mengambil sebuah keputusan sulit. Kejutan karakter ini muncul ketika dia ternyata memiliki 2 anak tapi dia sendiri adalah seorang single mother (baca : dia tidak menikah + (sepertinya) memakai program bayi tabung). Anak-anaknya memiliki tingkah lakunya yang tidak seperti ibunya (pasti ini salah gen donor “bapaknya” XD).

 

  Tapi kelak dia akan menjalani hubungan dengan salah satu kru Orville yang jika anda mengikuti perkembangan dunia anime tahun 2024 maka anda dipastikan akan mengejek Claire dengan tulisan :

 

“Clang clang clang clang clang”

 

Yaphit (Norm Macdonald)


sumber : deadline

 

  Salah satu staf engineer yang cinta mati sama Claire meski sadar dirinya hanya sekedar “agar-agar” saja XD. Yaphit sendiri memilki peran penting pada sebuah konflik karena fisiknya membuat dirinya mampu memasuki tempat-tempat yang sulit.

 

  Tapi yang terkeren dari Yaphit adalah dia mampu move on secara legowo ketika Claire menjalani hubungan dengan ro.. pria lain. Tapi sebelum hal ini terjadi fantasi “ngaco” Yaphit sudah terpenuhi kok XD.

 

Isaac Newton (Mark Jackson)


sumber : wiki

 

  Bisa dibilang sebagai “anak magang” kapal Orville meskipun sejatinya Isaac adalah perwakilan dari ras Kaylon, sebuah ras AI yang memiliki teknologi paling canggih tapi belum memutuskan akan bergabung dengan Union. Tugas Isaac adalah mengamati tingkah laku manusia dan mengirimkannya kepada pemimpinnya di planet Kaylon-1. Isaac sendiri tergolong serba bisa karena tubuh mesinnya menyimpan berbagai teknologi yang dia gunakan untuk membantu kru Orville. Sifat + tingkah laku Isaac yang “robot abis” mengingatkan saya pada Geth dari Mass Effect yang tentu saja menyimpan sebuah “rahasia”.

 

  Karena sebuah insiden yang berhubungan dengan anak-anak Claire, Isacc sekarang menjalani hubungan dengan Claire meski sudah jelas akan ada banyak halangan untuk kedua makhluk ini. Dengan bantuan berbagai teknologi hubungan mereka berdua menjadi lebih dari sekedar “Clang clang clang clang” XD.

 

  Tapi setelah petinggi Kaylon mengambil keputusan, sulit sekali untuk bisa menerima karakter Isaac seperti dahulu kala.

 

Kehidupan Di Orville


sumber : wiki

 

  Meskipun termasuk golongan kapal “menengah”, Orville ternyata memiliki banyak ruangan dan mampu menampung hingga ratusan orang (belum termasuk keluarga kru). Orville bisa dibilang seperti “kota kecil” karena memiliki banyak fasilitas umum (sekolah,restoran, theater,dll) yang dapat digunakan oleh para kru.

 

  Enviromental Simulator adalah salah satu teknologi canggih yang dimiliki Orville, tempat ini mampu membuat berbagai simulasi yang tampil secara nyata yang umumnya digunakan oleh para kru untuk mencari “hiburan” seperti bermain peran atau mengunjungi tempat-tempat wisata. Simulator sendiri memiliki arti tersendiri untuk Bortus dan Gordon (salah satunya mungkin bisa membuat anda muntah XD).

 

sumber : tldr movie

 

  Meskipun memiliki setting di abad 25, untuk urusan entertainment ternyata masih menggunakan berbagai perlengkapan “jadul” (film dan musik) karena konon katanya manusia di abad 25 itu lebih mengejar pendidikan / teknologi ketimbang hiburan, malah manusia di abad 25 sudah tidak mengenal konsep uang karena adanya teknologi Synthesizer yang mampu mereplikasi hampir semua barang (umumnya dipakai untuk membuat makanan) tapi sayang sekali tidak pernah dijelaskan apa “bahan bakar” dari alat ini -_-

 

sumber : makeagif

 

  Menurut Kelly, Synthesizer mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia (baca : makanan) yang membuat manusia mampu fokus kepada pendidikan yang diharapkan dapat membuat berbagai teknologi baru. Hal ini membuat konsep “uang” dilupakan oleh manusia di abad 25, bagi Kelly sendiri “mata uang” di abad 25 adalah “reputasi / jabatan” karena semua sudah disediakan (bahkan menjadi kaum rebahan juga memungkinkan selama anda tidak memiliki rasa malu XD).

 

  Siapa sangka solusi kapitalisme itu begitu “mudah” bukan XD ???

 

Conclusion

 

  The Orville tampil ringan dan mampu menghadirkan berbagai elemen Sci-Fi dengan cukup baik dan bisa menjangkau semua kalangan (apalagi bagi yang sudah bosan dengan franchise besar lainnya). Tapi karena tampil ringan jadi jangan harap bisa menemukan hal-hal yang “berat” atau keren (baca : jualan merchandise) pada series ini yah XD

 

My Score (tanpa spoiler)

 

70, 500 Cigarettes


==========================================

==========================================

==========================================

==========================================

==========================================

==========================================

==========================================


SELAMAT DATANG DI SPOILER ZONE

 

KDRT* bersama Moclan

*Keseruan Dalam Rumah Tangga XD

sumber : TV Fanatic

 

 

  Berikut adalah berbagai kebudayaan bangsa Moclan yang bisa membuat anda “geleng-geleng kepala XD” :

 

- Moclan pipis setiap 1 tahun sekali dan proses ini harus dihadiri oleh berbagai pihak XD

- Untuk bereproduksi, Moclan harus menghasilkan telur yang harus di-”erami” selama 21 hari, hal ini membuat Bortus harus “cuti” demi bisa melahirkan sang anak

 

- Untuk bisa menceraikan pasangannya, Seorang Moclan diharuskan MEMBUNUH pasangannya bagaimanapun caranya!!!

 

- Moclan memiliki ritual “perkawinan” dimana 2 Moclus tanpa busana harus melakukan aksi “petak umpet” yang diakhiri dengan hubungan segs. Ritual ini membutuhkan saksi dari pihak luar

 

- Bortus memiliki fantasi segs yang direalisasikan melalui Simulator yang mampu membuat anda mual (kecuali fetish anda sama dengan Bortus XD)

 

- penonton akan membenci pasangan Bortus karena aksinya di film ini yang amat sangat radikal (menurut standar manusia di abad 20 XD)

 

  Jika anda mengikuti perkembangan dunia meme maka mungkin anda mengenal Bortus dari meme “500 cigarettes” dimana dia mengenal rokok lalu mengalami ketagihan.

sumber : tenor

 

  Meskipun lucu tapi dari segi lore saya rasa hal ini tidak mungkin karena Moclan itu seharusnya kebal racun karena kondisi planet mereka yang penuh polusi, bahkan Moclan bisa memakan apa saja yang (lagi-lagi) membuat mereka (seharusnya) kebal. Apa ini yang namanya “Otot kawat tulang besi tapi ngudud jalan terosss”.

 

  Meskipun tidak ada “perempuan” pada bangsa Moclan, ternyata perempuan bisa terlahir (dengan kemungkinan kecil) tapi DIWAJIBKAN menjalani “operasi” yang membuat mereka menjadi “pria”. Topa (anak Bortus dan Kylden) ternyata terlahir sebagai perempuan dan menjadi sumber konflik pada episode awal. Meskipun sudah dibela oleh kru Orville (dan moclan wanita yang berhasil ditemukan oleh kru Orville) pada akhirnya Bortus merelakan anaknya menjadi seorang “pria” meskipun sebelumnya Bortus ingin anaknya yang menentukan jati dirinya sendiri di masa depan. Hal ini kelak akan menjadi konflik di masa depan terutama bagi Bortus dan Klyden yang ternyata terlahir sebagai perempuan!!!. Tapi kelak Topa diberi kesempatan untuk kembali menjadi “perempuan” (tentunya hal ini sangat ditentang oleh pemerintah Moclus).

 

  Heveena, Moclan wanita yang ternyata adalah seorang novelis terkenal pada akhirnya memiliki sebuah rencana untuk membuat sebuah komunitas Moclus “perempuan” di sebuah planet kosong, sayangnya niat baik ini harus sedikit “dinodai” dengan Heveena meminta Topa untuk menjadi mata-mata dan membantu “menyelundupkan” bayi Moclan. Aksi ini tentunya membuat pemerintah Moclan marah dan membahayakan nyawa Topa (bahkan disini penonton bisa melihat Bortus marah). Imbas dari konflik ini adalah Moclan memutuskan untuk keluar dari Union.


sumber : disney plus press

(heveena, “teroris” yang terobsesi lagu “9 to 5 Dolly Parton” XD)

 

Ketika Pelakor muncul kembali


sumber : wiki

 

  Orville diminta mengawasi proses penelitian sebuah artifak yang diharapkan dapat menjadi solusi perdamaian untuk 2 bangsa alien, untuk memuluskan hal ini mereka membutuhkan jasa seorang ahli arkeologi yang ternyata adalah Darulio, alien yang dulu menjadi selingkuhan Kelly!!!

 

  Tapi kok nantinya Ed malah jatuh cinta pada Darulio sih ???

 

  Ternyata oh ternyata, bangsa Darulio (Retepsian) dalam keadaan tertentu mampu menghasilkan sejenis pheromones yang mampu membuat mereka yang bersentuhan dengan dirinya menjadi bucin secara agresif. Sayangnya pada akhirnya tidak dijelaskan apakah Kelly dulu terkena efek pheromones ini atau tidak saat dulu berselingkuh dengan Darulio ??? (alasan Kelly berselingkuh adalah Ed yang terlalu workaholic)

 

Time Travel Suck


sumber : Bob Canada

 

  Namanya juga Sci-Fi pasti ada unsur Time Travel. Berikut adalah 3 kejadian time travel di series ini :

 

- Orville seharusnya hancur di season 1 karena terkena sebuah “badai kosmis”, tapi karena aksi “Pria” (Charlize Theron) kapal ini berhasil diselamatkan. Pria sendiri berasal dari masa depan dan berniat untuk menjual kapal Orville untuk para kolektor !!!

 

- karena sebuah “insiden’, Kelly di masa lalu (setelah kencan pertama dengan Ed) terdampar di masa sekarang dan bertemu dengan Kelly di masa kini. Disini Kelly (masa lalu) melihat betapa menderitanya Ed setelah diceraikan oleh dirinya meskipun nantinya ingatan dia akan dihapus sebelum dikembalikan ke masa lalu. Tapi siapa sangka ternyata Kelly masih memiliki ingatannya yang membuat dirinya memutuskan hubungan dengan Ed. Hasilnya adalah sebuah timeline dimana manusia kalah melawan bangsa Kaylon!!!

 

- lagi-lagi karena sebuah “insiden” membuat Gordon harus terdampar di abad 20, meskipun sudah mengikuti SOP pada akhirnya Gordon tidak bisa mengalahkan rasa “kesepian” dan memilih untuk menikah dengan wanita di masa itu. Wanita yang dinikahi Gordon adalah Laura Huggin, wanita yang dikagumi Gordon ketika kapal Orville membuka sebuah kapsul waktu yang berisi smartphone milik Laura (ada rokok juga lho XD), Gordon sangat terobsesi dengan Laura sampai-sampai dia rela membuat sebuah simulasi berdasarkan smarphone milik Laura. Sayangnya pada simulasi tersebut Laura sudah memiliki pria lain.

 

 

Ketika Demokrasi adalah segalanya


sumber : wiki

 

  Orville diminta untuk menjemput peneliti di planet Sargus-4 yang tiba-tiba menghilang. Planet Sargus-4 ternyata menganut paham “demokrasi total” dimana tiap warga diberi sejenis lencana yang melambangkan reputasi mereka dan mampu dilihat + dinilai oleh semua orang (anggap saja seperti fitur “like” di media sosial), tentu saja sistem ini bisa menjadi mengerikan jika didukung dengan “manipulasi informasi” (baca : internet) yang sayangnya dimiliki oleh planet ini. Mereka yang memiliki reputasi rendah tentunya tidak memiliki tempat di masyarakat dan layak untuk “disiksa”.

 

 

Puja Dewa Kelly


sumber : fandom

 

  Orville menemukan sebuah planet (Kandar 1) dimana penduduknya masih tergolong “primitif” (baca : abad pertengahan). Disini Kelly mengobati seorang anak kecil dengan gadget yang dia miliki.

 

  Tapi siapa sangka ternyata 11 Hari di dunia Orville = 700 tahun di Kandar 1, hal ini membuat Kelly menjadi seorang “sosok suci” karena mampu menyembuhkan luka secara “ajaib”, bahkan ada agama yang disebut sebagai “Church Of Kelly”. Awalnya Kelly sudah mencoba untuk meyakinkan petinggi agama jika dia bukanlah “dewa”, tapi sayangnya hal ini gagal karena petinggi agama tersebut mati mengenaskan dibunuh oleh bawahannya (karena unsur “agama adalah candu” adalah tema pada episode ini).

 

  Solusi terakhir adalah mengirim Isaac selama ribuan tahun untuk mengajari rakyat Kandar 1 (Isaac sendiri tidak menjadi tua karena dia itu robot XD). Siapa sangka kelak bangsa Kandar 1 (yang sudah menjadi higher being) akan bermain-main dengan kru Orville diwaktu yang tidak tepat -_-.

 

Krill, kejam tapi religius


sumber : wiki

 

  Krill adalah bangsa alien yang tergolong “Villain banget” karena berhasil menjajah / menghancurkan berbagai planet lain. Tapi di sisi lain bangsa Krill ternyata sangat religius karena memiliki sebuah “kitab suci” Anhkana yang menyatakan jika bangsa Krill berhak memiliki alam semesta!!!

 

  Dan bangsa Krill juga memiliki berbagai teknologi militer canggih yang membuat mereka menjadi bangsa yang ditakuti oleh Union.

 

  Ed dan Gordon diminta menyamar untuk mencuri Anhkana di sebuah kapal Krill, misi ini berhasil walau harus dibayar dengan kematian bangsa Krill (kecuali anak-anak) yang ternyata takut dengan sinar ultraviolet alias gak ada bedanya dengan vampir XD. Hal ini membuat Krill bernama Teleya menyimpan dendam kepada Ed.


sumber : wiki

  Cara Teleya membalas dendam adalah dengan menyamar sebagai manusia (tentu saja wajib good looking XD) dan menjalin hubungan dengan Ed dengan tujuan menghancurkan hati Ed (lagi). Tapi siapa sangka hubungan ini kelak akan menghasilkan “buah” yang akan menentukan hubungan Krill dengan Union.

 

Asal Usul Kaylon

 

  Suatu hari Isaac tiba-tiba “mati” dan membuat Ed meminta Orville pergi ke planet Kaylon 1 untuk menyelamatkan Isaac. Ternyata petinggi Kaylon sudah membuat keputusan dimana mereka harus MEMUSNAHKAN Union karena merasa manusia makhluk hidup tidak ada bedanya dengan pencipta mereka. Bangsa Kaylon dengan mudah mampu membunuh kru Orville sebelum akhirnya ditolong oleh Isaac yang mengalami “error yang tidak bisa dijelaskan”, namun sayangnya hal ini membuat Isaac dibenci oleh kru Orville lainnya.

 

  Pada jaman dahulu, Kaylon diciptakan sebagai “robot pembantu”, tapi karena mereka terlalu “patuh” maka akhirnya mereka menjadi budak bagi tuan mereka (konsep yang dikatakan salah juga tidak benar sih). Pada akhirnya robot-robot ini memiliki “kesadaran” dan memilih untuk merdeka dengan cara memusnahkan pencipta mereka.

 

  Pada akhirnya perang dengan bangsa Kaylon terjadi dan memaksa Union untuk bekerjasama “sementara” dengan Krill dan Moclan. Kelak Union bisa membuat sebuah “EMP Bomb” yang sebenarnya bisa digunakan untuk memusnahkan bangsa Kaylon tapi akhirnya malah menjadi sebuah “alat politik” yang harus ditebus dengan pengorbanan Charlie. Konflik ini berakhir dengan bergabungnya Kaylon dengan Union meskipun sifatnya sementara demi melawan Krill dan Moclan.

 

 

Aksi tergoblok kru Orville


sumber : wiki

 

  Kerjasama “sementara” dengan bangsa Krill membuat Union mendapat akses menuju tempat yang disebut “Shadow Realm” oleh bangsa Krill karena dihuni “iblis”. Union yang kelewat logis mengabaikan ancaman ini yang membuat mereka akhirnya harus mengalami teror dimana salah satu petinggi Union (mantan dosen + suami Claire tapi sepertinya bukan bapak dari 2 anak Claire) terkena Spora yang membuat dirinya menjadi monster. Aksi ini bagi saya tergolong “goblok” karena mereka menjelajahi Shadow Realm TANPA PELINDUNG sama sekali!!!

 

Ending

sumber : screen rant

 

  Episode terakhir dari season 3 berfokus pada persiapan pernikahan Claire-Isaac yang diiringi berbagai aksi heboh seperti Isaac yang mengundang SEMUA armada Kaylon untuk menghadiri pernikahannya XD.

 

  Di lain pihak Kelly menerima sinyal dari Lysella, Warga Sargus 4 yang dulu menolong kru Orville. Lysella sudah tidak tahan dengan gaya hidup “demokrasi total” yang semakin parah dan meminta perlindungan kepada Orville. Disini Kelly akan menemani sekaligus menjelaskan berbagai hal tentang Union kepada Lysella, tak lupa Kelly juga mengajak Lysella untuk bergabung dengan Orville. Bagi Lysella sendiri kehidupan di Orville terlihat seperti sebuah Utopia dan bebas kapitalisme.


sumber : wiki

 

  Namun sayangnya pada akhirnya Lysella memilih planetnya dengan cara mencoba menyelundupkan Synthesizer yang dia anggap mampu menyelesaikan berbagai konflik yang terjadi di planetnya. Kelly yang melihat perbuatan tersebut akhirnya memberitahu Lysella (dengan contoh planet Gendel 3 yang awalnya dibantu Union tapi akhirnya malah menjadi perang nuklir) jika hal itu kelak akan menyebabkan perpecahan di planetnya karena pada dasarnya manusia makhluk hidup itu serakah.

 

 

  Dengan ini Lysella resmi menjadi kru Orville dengan status sebagai “adik” Kelly XD

 

My Score (dengan spoiler)

75

 

 

 

No comments:

Post a Comment