Just A review From me: [MOVIE] Teenage Mutant Ninja Turtles : Mutant Mayhem

Tuesday, August 15, 2023

[MOVIE] Teenage Mutant Ninja Turtles : Mutant Mayhem

Before Prolog

Ketika Kura-kura Ninja mengalami “puber” XD

 

sumber : bleeding cool



Prolog

 

  Teenage Mutant Ninja Turtles (TMNT) atau lebih dikenal sebagai “Kura-kura Ninja” di Indonesia adalah franchise yang sudah bertahan lama dan sempat menjadi icon untuk generasi 80-90an. Selama 3 dekade TMNT mencoba bertahan dengan adanya beberapa adaptasi. Untuk media layar lebar sendiri TMNNT sudah memiliki beberapa adaptasi yang sayangnya hanya mampu bertahan sebentar saja (fun fact,orang tua di AS menjadi penyebab utama untuk hal ini ) dan mengalami reboot (terakhir kali dibuat oleh Michael Bay si ahli ledakan XD).



 

  Tahun ini TMNT kembali diadaptasi di layar lebar, kali ini memakai format animasi dan (tentu saja) digarap dengan serius (jika melihat jajaran pengisi suaranya), apakah kali ini TMNT dapat meraih kesuksesan ???

 

  Jawabannya “tergantung”, soalnya film ini memiliki berbagai perubahan “radikal” yang bisa memicu “perdebatan” antar fans lama dan baru. Tapi terakhir yang saya dengar reboot kali ini berhasil mendorong penjualan merchandise TMNT sampai ke titik “gacor kang” XD.

 

  Oh, untuk sisa tulisan ini saya akan menggunakan istilah KKN (kura-kura Ninja) agar lebih terasa “lokal” XD.     

 

Jika Dibandingkan

sumber  imdb

 

  Karena memiliki visual yang unik, film ini layak diadu dengan Across The Spider-Verse (meskipun sudah jelas sih siapa pemenangnya XD).

 

  Penasaran dengan adaptasi KKN terdahulu ??? monggo dicek tulisan lama saya.

 

        Teenage Mutant Ninja Turtles

 

        Teenage Mutant Ninja Turtles 2 : Out Of The Shadow

 

 

Melihat Dari Sisi Lain

 

  Selain telat rilis di Indonesia selama 1 minggu, film ini memiliki kontroversi dengan mengubah karakter April O’neil yang mampu mengundang berbagai komentar “rasisme”, yah anggap saja ini Universe yang baru.

 

  Oh hampir lupa, KKN juga memiliki promosi dengan restoran Pizza Hut dalam bentuk Pizza baru (konsepnya mirip panties Pizza) yang sayangnya hanya sekedar makanan saja tidak ada merchandise lain (katanya sih ada magnet khusus, tapi saya tidak dapat tuh)

 

 

Overview


 

  Baxter Stockman adalah seorang ilmuwan pembuat mutagen yang bisa mengubah makhluk hidup menjadi mutant, sayangnya dia dibunuh oleh Cynthia Utrom, pemimpin TCRI (Techno Cosmic Research Institute). Mutagen miliknya jatuh ke gorong-gorong kota New York. Hal ini yang kelak akan melahirkan para KKN.

 

  15 tahun kemudian, para KKN yang seharusnya hidup “tertutup” mulai kembali tertarik dengan dunia luar meskipun sudah dilarang oleh ayah mereka (namanya juga bocil XD). Kota New York sendiri sedang diteror sosok yang bernama “Superfly”. Para KKN lalu berniat untuk menangkap Superfly dengan harapan popularitas + mendapat kehidupan layak normal di Kota New York. Berhasilkah usaha mereka ???

 

  Alih-alih mendapat popularitas, yang nanti akan mereka temukan malah membuat para KKN...

 

sumber : know your meme

  Ups salah gambar (untung saja disensor), maksud saya ini.


sumber : reddit

(mudah ditebak bukan XD ???)

 

  Film ini memiliki visual unik yang membuatnya terlihat seperti goresan krayon meskipun hal ini membuat desain beberapa karakter terlihat “jelek”. Selain Voice Acting yang di atas rata-rata, film ini memperlihatkan tingkah laku para KKN yang terlihat begitu “millennial” baik dari segi cerita maupun joke. Pokoknya para KKN di film ini terlihat begitu “bocil” (setidaknya menurut saya XD).

 

  Seperti biasa, waktunya “kritik ngaco” :

 

- cerita dan joke terlalu bergantung kepada referensi pop culture

- perubahan radikal untuk April dan Splinter

- para KKN terlihat begitu mirip (dari segi karakter)

- cerita standar dan mudah dilupakan

- tidak ada joke “bau gorong-gorong” XD

- KKN tinggal di gorong-gorong tapi memiliki akses gadget modern (baca : tidak diperlihatkan proses “nyolong”-nya XD”

 

Characters

 

 

Kura Kura Ninja


sumber : collider

 

  4 kura-kura yang menjadi mutant karena mutagen buatan Baxter Stockman, mereka diajari ilmu beladiri dalam bentuk video jadul + youtube XD. Sifat para KKN kali ini terlihat didominasi oleh aura “pubertas” sehingga tidak seperti versi terdahulunya.

 

  Ada Leonardo (Nicolas Cantu) yang terpaksa jadi pemimpin walau terlihat plin-plan dalam mengambil keputusan, Raphael (Brady Noon) yang sifat pemarahnya kurang terasa, Michelangelo “Mikey” (Shamon Brown Jr) yang kurang cerewet + humoris, dan terakhir ada Donatello (Micah Abbey) yang memiliki banyak pengetahuan tentang pop culture walaupun terlihat cukup “feminim” -_-. kecintaan Donnie terhadap anime (sebut saja Shingeki No Kyojin) kelak akan menjadi kunci penting di film ini.

 

April O’Neil (Ayo Edebiri)

sumber  twitter

 

  Gak mau komentar tentang fisiknya, karena cantik itu relatif XD.

 

  Gadis SMA yang ingin sekali menjadi jurnalis / pembaca berita walaupun memiliki “demam panggung” di depan kamera yang membuat reputasinya di sekolah hancur sehancur-hancurnya. Tapi setidaknya dia memiliki skill jurnalis yang akan membantu para KKN dalam menemukan Superfly. Percaya atau tidak, ada anggota KKN yang naksir dia lho!!!

 

  Jika harus dibandingkan dengan adaptasi sebelumnya (baik animasi / live action), sudah jelas saya akan memilih….

 

sumber  tenor

(coba tebak XD ???)

 

 

Splinter (Jackie Chan)


sumber  looper

 

  Tikus yang mengalami mutasi bersama para KKN dan terpaksa menjadi ayah mereka, awalnya dia mencoba untuk membawa para KKN ke dunia luar tapi setelah melihat perlakuan manusia kepada mereka akhirnya Splinter memutuskan untuk membenci + menjauhi para manusia, tidak lupa juga dia mengajarkan ilmu bela diri kepada para KKN.

 

  Meskipun fisiknya terlihat begitu berbeda dengan sosok Splinter sebelumnya, Splinter di film ini memiliki kejutan lain dalam bentuk dia ingin memiliki “pasangan” walau sadar dirinya sudah tua XD. 

 

Superfly (Ice Cube) and Family


sumber  nick

 

  Lalat peliharaan Baxter Stockman yang selamat dan akhirnya bermutasi, saat ini dia ingin meneruskan pekerjaan ayahnya yaitu membuat mesin yang mampu membuat manusia menjadi mutant, hal ini dia lakukan karena dia membenci para manusia. Meskipun memiliki motif yang sama dengan Splinter, Superfly memiliki caranya tersendiri untuk memberikan yang terbaik bagi keluarganya.

 

  Superfly sendiri sudah menciptakan beberapa mutant yang menjadi anggota keluarganya. Ada Bebop (Seth Rogen) dan Rocksteady (John Cena) yang menjadi fan favourite di franchise ini. Ada juga Leatherhead (Rose Bryne), Wingnut (Natasia Demetriou), Mondo Geckon (Paul Rudd), Ray Fillet (Post Malone), Genghis Frog (Hannibal Buress), dan Scumbag (Alex Hirch, tapi aslinya gabungan dari beberapa pengisi suara). Masing-masing memiliki ciri khasnya masing-masing.

 

  Dan siapa sangka, salah satu mereka mampu membuat Splinter “ketar-ketir” XD  

 

Cynthia Utrom (Maya Rudolph)

sumebr : twitter

 

  Pemimpin TCRI yang sangat bernafsu untuk memiliki mutagen milik Baxter Stockman, dia sendiri memiliki pasukan yang siap untuk memburu mutant. Sayangnya perannya tidak terlalu terasa pada film ini alias (mungkin) disimpan untuk sequel.

 

Post Credit Scene Explained

  Selain memperlihatkan kehidupan para KKN setelah kejadian di film ini, terlihat Cynthia meminta bantuan pada seseorang untuk menangkap para KKN.

 

  Dan sosok itu adalah (sudah jelas)

 

sumber  reddit

(Shredder!!)

 

 

  Conclusion

 

  TMNT mencoba perutungannya kali ini dengan memasukkan berbagai elemen “millennial”, sayangnya hal tersebut membuat ciri khas franchise ini semakin meredup.

 

  Tapi visual-nya unik jadi bolehlah untuk ditonton jika anda sedang bosan XD.

 

My Score

 

75, Turtles “Millenial” Power


==========================

==========================

==========================

==========================

==========================

 

Bonus

 

  Untuk para gamers + fans TMNT, THQ Nordic akan membuat video game “TMNT : The Last Ronin” yang tentunya amat sangat menarik (buat yang tahu-tahu aja XD).


 

  The Last Ronin sendiri adalah sebuah cerita alternatif dimana para Kura-kura M A T I dan hanya menyisakan 1 kura-kura yang pastinya akan membuat kalian kaget. Karena yang tersisa adalah Michelangelo!!!

 

 

 

No comments:

Post a Comment