Just A review From me: [MOVIE] Dungeons & Dragon : Honor Among Thieves Review

Wednesday, April 19, 2023

[MOVIE] Dungeons & Dragon : Honor Among Thieves Review

Before Prolog

 Kok gak ada yang lempar dadu sih ???

 

sumber : bleedingcool



Prolog

 

Dungeons & Dragon (DnD) mungkin terdengar asing bagi mereka yang kurang peka pada dunia role playing game. Bagi yang tahu tentang DnD bisa dibagi menjadi 2 tipe yaitu :



- tahu banget karena memang pemain DnD dan dikarunia sirkel pergaulan yang mendukung

 

- sekedar tahu dari beberapa sumber tapi belum pernah main (seperti saya contohnya XD)

 

  Singkatnya, DnD adalah sebuah “permainan peran” dimana para pemain memiliki kebebasan untuk mengatur tingkah laku mereka dalam sebuah dunia imajinasi yang akan dipandu oleh seorang Dungeons Master (DM) (baca : anggap saja narator), di negara asalnya (USA) DnD menjadi sebuah fenomena tersendiri dan sudah menjadi “budaya” bagi para pemainnya. DnD sendiri sering dianggap sebagai “nenek moyang” dari genre Role Playing Game.

 

  Untuk tahun ini, DnD mendapat adaptasi layar lebar dengan judul “Dungeons & Dragon : Honor Among Thieves” (DnD:HAT) yang dijamin mampu menghibur pemain DnD sekaligus memperkenalkan dunia DnD untuk orang awam. Sudah siap berpetualang di dunia Forgotten Realms ???  

 

 

Jika Dibandingkan


sumber : fandom

 

  Saya memilh serial animasi “The Legends Of Vox Machina” karena sama-sama menjadi adaptasi DnD yang populer di era modern saat ini, Vox Machina mungkin lebih terkenal karena nama grup “Critical Role”. mungkin kapan-kapan (baca : kalo ada niat) saya akan menulis tentang serial ini XD.

 

 

Melihat Dari Sisi Lain


sumber : wiki how

 

  DnD bagi saya adalah sebuah permainan yang membutuhkan kertas, pena, dadu, dan yang paling terpenting adalah…

sumber : tenor

 

  Pada dasarnya DnD adalah sebuah “sistem / aturan” yang akan mengajak pemain untuk berimajinasi sampai ke tingkat tertinggi karena pemain benar-benar diajak untuk “hidup” dalam campaign (baca : dunia) yang diberikan / dibuat oleh DM. Semua tindakan pemain akan berpengaruh langsung kepada dunia yang sedang dimainkan (itu juga kalo DM-nya kompeten XD). Konon kehormatan terbesar bagi pemain DnD adalah “karakternya” menjadi NPC dalam sebuah campaign di masa depan untuk para pemain baru (intinya jasa para pemain akan dikenang).


  Sebagai orang yang mengenal DnD dari TV Series (seperti The Big Bang Theory), bagi saya dadu adalah hal terpenting dalam DnD karena benda inilah yang menjadi penentu / penyeimbang pemain di dalam dunia yang tidak mengenal batas.

 

  “Aku ingin membunuh raja dan memakan mayatnya” -> lempar dadu -> berhasil -> DM terpaksa mengikuti keinginan kamu

 

  “Aku ingin hidup santai” -> lempar dadu -> gagal -> kamu pun terpaksa berpertualang XD

 

  2 dialog “ngaco” tadi adalah salah satu dari banyaknya kemungkinan dalam DnD yang saya tangkap dari berbagai sumber XD.

 

  Karena berhubungan langsung dengan imajinasi, DnD juga memiliki kontroversinya tersendiri, bahkan pada masanya banyak kejadian negatif yang dikait-kaitkann dengan DnD, salah satunya adalah tentang bunuh diri!!!


sumber : the telegraph

  DnD juga “dibenci” oleh para orang tua (yang tidak bisa mengurus anaknya) + lembaga agama (karena DnD berisi sihir, monster, dll), bahkan sampai ada propaganda “Anti-DnD” yang menggunakan beberapa media, salah satunya adalah sebuah film yang dibintangi aktor yang mungkin anda kenal (silahkan cek bagian bonus jika anda penasaran XD). Tapi pada akhirnya DnD mampu bertahan karena sifat kapitalis dan konsumerisme pada diri manusia (baca : bekingannya kuat cuy XD).


Overview

 

  Edgin Darvis dan Holga Kilgore mencoba kabur dari penjara Revel’s End dengan cara yang “unik”, setelah berhasil kabur tujuan mereka berdua sekarang adalah pergi ke Neverwinter untuk menjemput Kira, anak Edgin yang saat ini diurus oleh Forge Fitzwilliam, rekan Edgin di masa lalu sebelum dia dipenjara.

 

Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Selain Kira yang tidak mau menerima ayahnya, Edgin dan Holga kembali diburu oleh beberapa pihak. Kesal dengan semua ini Edgin akhirnya memutuskan untuk “merampok” harta milik Forge sekaligus menyadarkan Kira. Untuk mewujudkan semua dia butuh party members dan sebuah rencana yang pastinya akan menemui banyak rintangan (karena ini adalah film heist dimana rencana A tapi hasilnya B XD).

 

Meski memiliki premis yang simpel, DnD:HAT mampu menutupinya dengan karakter yang asyik, dunia yang “besar”, dan berbagai humor yang asyik untuk diikuti. Tidak lupa juga visual yang diberikan tergolong di atas rata-rata terutama desain beberapa monster yang tampil unik.

 

Sesuai judul, akan ada sosok naga di film ini meskipun sangat memancing opini body shaming farming XD.

 

Dilihat dari beberapa adegan dan dialog, terlihat sekali jika dunia dalam film ini menggunakan logika DnD (baca : klise dunia RPG banget XD), sayang sekali adaptasi DnD kali ini tetap tidak mau memperlihatkan esensi dari DnD itu tersendiri (baca : ini semua cuma permainan).

 

Seperti biasa saya memiliki beberapa “kritik ngaco” yaitu :

 

- kurang penjelasan pada beberapa hal (lokasi, mantra, item, dll)

 

- nama karakter / item / spell cukup sulit untuk diucapkan

 

- menjelang pertengahan film, transisi setting tergolong cepat (mungkin mereka memakai fast travel ???)

 

- ending yang mudah ditebak

 

- berharap ada plot twist seperti film “The Lego Movie”

 

Characters

 

Edgin Darvis (Chris Pine)


sumber : wiki

 

  Bard yang senjata utamanya adalah mulut alias pandai membual XD. Dulunya dia adalah seorang Harpers (semacam agen rahasia) sampai istrinya menjadi “korban Red Wizard” yang membuat dia memutuskan untuk menjalani kehidupan kriminal (baca : jadi maling) bersama putrinya. Kelak Edgin akan mencoba merampok markas Harpers demi Tablet Of Reawakening yang mempu menghidupkan orang yang sudah mati, sayangnya dia ditangkap dan harus dipenjara selama 2 tahun. Kira sendiri tidak mengetahui tentang hal ini.

 

  Setelah berhasil kabur dari penjara, Edgin harus membuat sebuah rencana demi bisa bertemu dengan Kira, dan hal inilah yang akan menjadi fokus utama pada film ini.

 

Holga Kilgore (Michelle Rodriguez)

sumber : twitter

 

  Teman baik Edgin yang memperkenalkannya pada dunia kriminal, tipikal barbarian yang kuat dalam adu fisik. Holga diusir oleh clan-nya karena alasan C I N T A walau pada akhirnya harus mengalami *PIPPP (hint : 3 huruf, diawali N dan diakhiri oleh R XD).

 

  Holga sendiri sangat menyukai kentang, yah mirip-mirip sama perempuan yang satu ini nih…

sumber : youtube

 

 

Simon Aumar (Justice Smith)


sumber  wiki

 

  Penyihir yang tergolong kuat namun sayangnya dia kurang PeDe (bisa dilihat dari cara dia berbicara XD). Simon memiliki beberapa item dan spell yang akan membantu Edgin dalam misinya kali ini.

 

Doric (Sophia Lilis)


sumber  LA Times

 

  Druid yang mampu berubah wujud menjadi berbagai binatang. Doric adalah anggota Emerald Enclave, sebuah organisasi yang melindungi hutan. Doric terpaksa bergabung dengan Edgin dkk demi melindungi tempat tinggalnya yang mulai dihancurkan oleh Forge.  

 

Xenk (Rege Jean Page)


sumber : wiki

 

  Paladin yang akan bergabung sementara (guest party) untuk mencari item yang akan membantu Edgin dalam rencananya. Tingkah laku + dialog Xenk benar-benar mirip NPC, untungnya dia tergolong karakter yang kuat.

 

Forge Fitzwilliam (Hugh Grant)


sumber : polygon

 

  Teman lama Edgin yang sekarang menjadi penguasa Neverwinter sekaligus sosok ayah bagi Kira, siapa sangka dibalik sifatnya yang “jago bacot diplomasi” Forge memiliki rencana “mengejutkan” untuk menaikkan devisa Neverwinter dalam bentuk turnamen “High Sun Games” yang menarik perhatian beberapa orang kaya dari seantero Forgotten Realms..  

 

Sofina (Daisy Head)


sumber : cbr

 

  Penyihir kuat yang saat ini melindungi Forge, dialah yang menjadi alasan mengapa Edgin dan Holga tertangkap di masa lalu!!!

 

Conclusion

 

  DnD:HAT memiliki banyak hal yang membuatnya menjadi layak untuk ditonton, film ini mampu menjadi “pintu gerbang” bagi orang awam untuk mengenal “konsep” DnD (bagi saya, DnD itu sistem, bukan dunia).

 

My Score

90- 5, Tidak ada dadu yang dilempar pada film ini…

 


================================================================

 

Bonus

 

  Kenal Tom Hanks ??? , salah satu film di awal karirnya adalah “Mazes and Monsters” yang “mencoba” memberi tahu penonton salah satu efek negatif bermain DnD yaitu schizophrenia (jika dilakukan secara berlebihan).


sumber : wikipedia

 

 

No comments:

Post a Comment