Just A review From me: [MOVIE] Sonic The Hedgehog Review

Sunday, April 5, 2020

[MOVIE] Sonic The Hedgehog Review

*Tulisan pertama setelah > 6 bulan absen, jadi harap maklum jika ada banyak kesalahan ^_^

(sumber : wikipedia)


Prolog

Film dan Video Game pada dasarnya adalah dua media yang sangat berbeda dan sulit untuk disatukan untuk menjadi sebuah karya yang bagus. Tapi hal ini tidak menghentikan aksi beberapa studio untuk menciptakan Film dari Video Game dan seperti bisa ditebak rata-rata mengalami kegagalan (baca : tidak menghasilkan keuntungan) yang seringkali dianggap sebuah “kutukan”. Untuk Tahun ini giliran “Sonic Si Landak Biru Yang Pasti Akrab untuk gamer generasi 90an” mencoba peruntungan di dunia film. Apakah film ini bisa berhasil meskipun harus mengalami penundaan selama 3 bulan dikarenakan sebuah kesalahan fatal yang membuat marah para gamer di dunia ??? Di Indonesia sendiri film ini terlambat rilis selama dua minggu dikarenakan bioskop didominasi oleh film “You Know lah”.




Diluar dugaan “Sonic The Hedgehog” mendapat banyak review bagus dari pihak luar dan berhasil meraih pendapatan > 250 juta dollar, hal ini membuat Sonic berhasil menghancurkan kutukan yang selama ini menghantui Film yang dibuat berdasarkan Video Game.

Sonic, Rival Sejati Si Tukang Ledeng

(sumber : wikipedia)

Sonic pertama kali muncul di tahun 1991 dalam video game “Sonic The Hedgehog”. Sonic menjadi jawaban dari SEGA dalam perang konsol “Nintendo VS Sega Genesis” yang saat itu didominasi oleh Nintendo karena berhasil membuat sebuah maskot yang dikenal dengan nama “Mario”. Sejak saat itu Sonic menjadi maskot resmi dari SEGA dan selalu muncul dalam setiap console yang dibuat oleh SEGA.

Fun Fact, sebelum menyadari pentingnya maskot bagi penjualan Sega Genesis. SEGA menggunakan sebuah “propaganda” yang cukup agresif untuk mengejek Nintendo dengan slogan “Genesis Does What Nintendon’t “

 

(marketing itu kejam bung!!, sumber : Steam)

Sejak saat itu Sonic menjadi rival sejati untuk Mario, dua tokoh ini berhasil menghiasi masa kecil/remaja para gamer generasi 90an. Tapi karena Sega melakukan berbagai kesalahan dalam mempromosikan console (terutama pada Sega Saturn dan Sega Dreamcast) mereka pada akhirnya Sega mundur dari perang console dan memilih untuk membuat video game. Sonic sendiri akhirnya muncul di console buatan Sony, Microsoft, dan NINTENDO.


(dulu musuh sekarang teman, sumber : wikipedia)


The Power Of Netizen

Saat pertama kali diperkenalkan, film ini dipandang sebelah mata oleh publik, apalagi mengingat adanya “kutukan” film dari video game PASTI gagal. Tapi film ini membuat sebuah kesalahan fatal dengan MENGUBAH DESAIN Sonic menjadi sangat-sangat-sangat-sangat “menakutkan” dengan membuat wujud Sonic menjadi mirip manusia.


(saya pasti bermimpi)

Alhasil banyak pihak yang meragukan film ini, satu-satunya harapan dari film ini adalah aksi Jim Carrey yang terlihat menjanjikan, tapi sayangnya desain Sonic sudah membuat banyak orang kehilangan harapan untuk film ini. Untungnya pihak Studio mau mendengarkan keluhan berbagai fans dan akhirnya mau mengubah desain Sonic meskipun harus dibayar dengan penundaan film ini selama 3 bulan. “Revisi” desain Sonic diserahkan pada perusahaan Jepang “Marza Animation Planet” dan memakan biaya 5 juta dollar. Ironisnya salah satu studio yang ikut mendesain ulang Sonic yaitu “Moving Picture Company” (MPC) harus tutup karena masalah finansial.


Tapi sisi baiknya, sekarang wujud Sonic menjadi “keren dan sedap untuk dipandang XD”.

Overview

Sonic yang memiliki kecepatan super harus meninggalkan planet tempat tinggalnya karena diincar oleh makhluk yang disebut “Echidnas”, Sonic melarikan diri ke planet bumi menggunakan ring yang menjadi semacam portal. Di planet Bumi, Sonic hidup secara sembunyi-sembunyi selama 10 tahun di Green Hill. Sonic sendiri memiliki beberapa aktivitas untuk menghibur dirinya selama ini meskipun pada akhirnya tetap tidak bisa mengubah fakta jika dia “kesepian”. Di puncak kegalauannya Sonic melakukan sesuatu yang akhirnya membuat dia diincar oleh berbagai pihak. Bisakah Sonic melarikan diri dari semua hal ini ???

Film ini memiliki alur mundur dimana Sonic sendiri menjadi narator yang membuat film ini memiliki unsur “breaking the 4th wall” , cerita tampil begitu ringan dan menghibur, visual juga tampil memuaskan dan mampu mendukung cerita (apalagi ada adegan keren + lucu yang mirip dengan aksi Quicksilver XD). dan seperti yang sudah ditebak sebelumnya Jim Carrey ikut menghidupkan film ini dengan menjadi tokoh yang begitu “Unik” XD. Overall saya sangat puas dengan film ini.

Tapi saya tetap memiliki 2 kritik ngaco untuk film ini yaitu :

- kurangnya info tentang planet asal Sonic (terlihat sekali disimpan untuk sequel, untung saja film ini tergolong sukses)

- aksi Neal McDonough (Damien Darhk di Arrowverse) yang tampil singkat dan begitu memalukan


Characters

Sonic (Ben Schwartz)

(sumber : ibtimes)

Landak biru berkecepatan super yang harus melarikan diri dari pihak militer yang mengincar dirinya. Hidup 10 tahun di planet bumi membuat Sonic memiliki banyak pengetahuan pop culture yang akan menjadi bahan lelucon di film ini. Dalam perjalanannya Sonic akan dibantu oleh Sherif Tom, manusia yang Sonic kagumi selama dia tinggal di Green Hill.

Sonic dan Robotnik adalah jiwa dari film ini, jadi jangan heran jika karakter lainnya hanya menjadi pelengkap doang XD.

Thomas Michael “Tom” Wachowski (James Marsden)

(sumber : fandom)

Sherif kota Green Hill yang bercita-cita ingin meninggalkan Green Hill karena dia merasa “bosan” dengan pekerjaannya, dia sebenarnya sudah diterima di SFPD (San Francisco Police Department) namun terpaksa harus membantu Sonic karena merasa Sonic “sangat-sangat” memerlukan bantuannya. Aksi dia bersama Sonic akan menghiasi pertengahan film ini (terutama adegan di Bar XD).

Dr Robotnik (Jim Carrey)

(sumber : slashfilm)

 Jim Carrey pernah menjadi ikon komedi di era 90an karena perannya yang sangat over the top (baca : berlebihan / nyentrik) tapi begitu lucu dan membuatnya unik, dan asyiknya hal ini akan anda temukan di film ini.

Dr Robotnik adalah agen rahasia pemerintah yang diperintahkan untuk menangkap Sonic yang dianggap berbahaya. Dr Robotnik memiliki pasukan drone canggih yang siap menemaninya dalam menangkap Sonic.

Jim Carrey berhasil menghidupkan karakter Dr Robotnik dengan sangat baik, bahkan membuat tiap aksinya di film ini menjadi begitu keren / lucu / meskipun terlihat cringe XD, jika saja desain Sonic tidak diganti maka aksi Jim Carrey dipastikan menjadi penyelamat film ini.

Post Credit Scene Explanation

(sumber : forbes)

Munculnya karakter yang pastinya sudah akrab jika anda pernah memainkan video game Sonic yaitu Miles “Tails” Prower. Desain Tails terlihat mirip dengan karakter aslinya sehingga tidak akan membuat para fans protes.

Tapi saya sendiri berharap di sequelnya nanti karakter ini akan muncul XD.

 

(do you know the wae, sumber : knowyourmeme)

Conclusion

“Sonic The Hedgehog” menjadi film yang ringan, sederhana, dan mampu menghibur para penonton baik fans sonic ataupun orang awam. Keberhasilan film ini dari segi box office tentunya menjadi angin segar bagi genre “Movie based on Video Game”, semoga prestasi ini berlanjut untuk film lainnya di tahun ini.

My Score

85, Sonic, The Curse Breaker


=============================================
Pojok Iklan

Jual Beli APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Bandung


=============================================

Bonus

Dengan berhasilnya Sonic di dunia film , bagaimana kabar rival sejatinya yaitu Mario ???

Mario sendiri pernah dibuat filmnya pada tahun 1993 tapi begitu kacau baik dari segi produksi maupun hasil akhirnya. Kapan lagi ada film dimana aktornya memilih mabuk daripada mendengar arahan sutradara yang konon terlalu ambisius untuk membuat film ini terlihat dark. Dan juga kapan lagi ada film dimana pemeran utamanya (Bob Hoskin) mendapat ancaman kematian karena aksinya sebagai mario yang takut untuk “melompat” ???

 

(bencana pada masanya, sumber : wikipedia)

Kesuksesan film SOnic yang tidak diduga-duga ternyata juga berhasil membuat salah satu film yang dirilis pada bulan februari ini “menangis” karena hasil box office yang rendah.

 

(puk puk, mantan sang badut, sumber : giphy)

3 comments:

  1. saya dengar sih Mario juga bakal buat movie baru gan, nggak tau hasilnya kayak mana nanti 😂, btw si Uganda keknya di awal film udh muncul deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. - yg nongol di awal itu bangsanya (echidna), bkn si uganda

      - baru ngecek, mario bkal punya film di tahun 2022, d bkin sama studionya minions

      Delete
    2. Ughanda bukannya meme untuk bangsanya Knuckle ya? (Knuckle kan echinda).

      Delete