Just A review From me: [MOVIE] The Invisible Man (2020) Review

Sunday, April 5, 2020

[MOVIE] The Invisible Man (2020) Review





Prolog

Beberapa tahun yang lalu, Universal Pictures berniat membuat sebuah “Shared Universe” yang berisikan ikon-ikon horor milik mereka seperti The Mummy, Frankenstein, Dracula, dll. Tentu saja ide ini muncul karena pada saat itu film Superhero yang memakai konsep “Shared Universe” terbilang sukses dan menguntungkan XD. Universal menamakan proyek ini sebagai “Dark Universe





(logonya tergolong niat lho!!!)

Tapi sayangnya pil pahit harus Universal Pictures telan karena film “The Mummy” yang dirilis pada tahun 2017 tergolong GATOT (gagal total) dan membuat masa depan Dark Universe menjadi gelap seperti namanya XD. Rencana mereka untuk membuat film “The Invisible Man” yang dibintangi aktor Johnny Deep akhirnya terpaksa harus dihentikan. Proyek Dark Universe resmi dihentikan dan Universal memutuskan untuk membuat film-film berikutnya menjadi “berdiri sendiri”.

Proyek “The Invisible Man” akhirnya diberikan kepada studio Blumhouse. Meskipun saya sudah banyak memuji film-film buatan Blumhouse di blog ini, untuk tahun ini saya dikecewakan dengan “Fantasy Island”. Jadi saya tidak menaruh banyak harapan untuk film ini.

Lalu tiba-tiba BOOM, “The Invisible Man” tampil begitu meyakinkan dan menjadi salah satu film dengan pendapatan terbaik di tahun ini (silahkan salahkan wabah corona untuk hal ini XD), dan karena minim saingan (The Quiet Place Part 2 rilisnya diundur -_- ) otomatis menjadikan film ini adalah film horor terbaik sampai saat ini.

Dan berita terbaik (lagi-lagi ini smeua karena wabah Corona), “The Invisible Man” sudah bisa ditonton secara digital (baca : bajak laut XD) sehingga sudah tidak ada alasan lagi untuk TIDAK menonton film ini kecuali anda seorang yang penakut XD.  

Overview


Film dibuka dengan usaha Cecilia “Cee” Kass untuk kabur dari suaminya (Adrian Griffin) yang ditampilkan dengan cukup menegangkan. Cee melakukan ini semua karena sudah tidak tahan dengan cara Adrian “memanipulasi” hidupnya.

Meksipun sudah berhasil kabur dari Adrian, Cee terkena PTSD (Post Traumatic Stress Disease) yang membuatnya takut untuk keluar dari rumah. Namun semua berubah saat Cee mendengar berita Adrian melakukan BUNUH DIRI!!!, dan sebagai bonus, Cee berhak mendapat warisan 5 juta dollar.

Ok, dari hal diatas sudah bisa terlihat siapa pihak yang ngaco di film ini bukan XD ???

Tapi kebahagiaan itu tidak bertahan lama karena kehidupan Cee mulai “diganggu” sosok yang tidak terlihat, apakah ini semua hanya akal-akalan Cee demi “pansos” semata ??? atau memang ada sesuatu di balik semua ini ??? yang jelas jawabannya bisa membuat penonton “planga-plongo” alias terkagum-kagum XD.

Hal yang saya suka sekaligus benci dari film ini adalah kurangnya detail tentang kehidupan Cee saat bersama Adrian, hal ini membuat saya memakai kacamata “misogini” kepada Cee, apalagi setelah saya tahu jika Adrian itu sangat “sempurna” (ganteng, kaya, rumahnya saja seperti rumah Tony Stark minus JARVIS). Tapi itu semua berhasil ditutupi dengan ekspresi Cee yang bisa mewakili betapa tersiksanya dirinya saat bersama Adrian.

Atmosfir mencekam juga begitu terasa karena di film ini Cee melawan “sosok” yang tidak terlihat, dan hal ini dibuktikan dengan minimnya jumpscare yang membuat film ini terlihat “fresh” alias tidak murahan.

Saya punya 2 “kritik ngaco” untuk film ini.

Yang pertama adalah hilangnya 2 adegan pada trailer yang bagi saya cukup penting yaitu saat si “sosok” mengintip Cee di kamar mandi dan saat Cee berkata jika ada “sosok” yang duduk di kursi.

Yang kedua adalah ada “peraturan tidak tertulis” jika seseorang memiliki kemampuan tidak terlihat maka dia harus “mengintip” lawan jenis XD (contoh ekstrim : film “Hollow Man”) yang sayangnya tidak saya temukan di film ini karena adegannya dihapus.

Positive thinking saja, mungkin Blumhouse tidak mau bersaing dengan 2 tokoh terkenal ini yang sudah melakukan hal di atas XD


(2 pria yang sudah mewujudkan “mimpi” , sumber : pinterest)

Overall, “The Invisible Man” mampu menghibur penonton dari awal sampai akhir dan memberikan horor dalam bentuk yang unik. Saya juga mengucapkan SELAMAT pada sosok “Invisible Man” yang akan masuk ke dalam daftar “Karakter invisible terbaik di dunia film XD”, tapi jangan GeeR dulu karena ada 3 sosok kuat dalam daftar ini.

Characters

Cecilia “Cee” Kass (Elizabeth Moss)

(sumber : imdb)

Wanita yang kabur dari suaminya dan “terancam” mendapat uang 5 juta dollar, tapi itu semua harus dibayar dengan sifat Cee yang menjadi sangat paranoid karena merasa jika Adrian masih menghantui hidupnya.

Akting dan ekspresi Elizabeth Moss adalah hal terkuat pada film ini di mata saya

Adrian Griffin (Oliver Jackson Cohen)

(sumber : screenrant)

Ilmuwan jenius di bidang optik yang melakukan bunuh diri setelah melihat istrinya kabur dari hidupnya, Adrian dikabarkan memiliki sifat “manipulatif” yang membuat korbannya selalu merasa diawasi oleh dirinya. Saya bingung kenapa pria sesempurna Adrian bisa tertarik dengan Cecilia (jawaban klasik : Cinta itu buta XD).

Tom Griffin (Michael Dorman)

(sumber : screenrant)

Adik Adrian sekaligus pengacara yang mengurus tentang warisan 5 juta dollar untuk Cee, melihat sosok Cee yang tetap ketakutan meskipun Adrian sudah meninggal membuat Tom menceritakan kisah hidupnya yang juga pernah menjadi korban Adrian pada Cee.

Oh ya, salah satu syarat untuk menerima warisan tersebut adalah penerima tidak boleh mengalami gangguan mental, bisakah Cee meyakinkan orang-orang di sekitarnya jika dia tidak “gila” ???

Conclusion

Film horor terbaik untuk saat ini karena minim pesaing + wabah Corona XD

My Score

90, “Aku tidak bisa mendengarmu, terlalu gelap di sini!!!”


(untuk yang bingung, sumber : twitter)

=============================================
Pojok Iklan

Jual Beli APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Bandung


=============================================


Bonus

 Berikut adalah 3 besar tokoh “Invisible” dalam dunia entertainment, mengambil gambar ketiga tokoh ini bisa menjadi tantangan tersendiri untuk beberapa pihak (kecuali untuk satu tokoh yang wujudnya terlihat karena kebodohannya sendiri XD).

Posisi ketiga dipegang oleh Vanisher (Deadpool 2), tokoh yang nyaris tidak terlihat sepanjang film kecuali di satu adegan.


(kok mukanya mirip Brad Pitt yah ???)

Posisi kedua dipegang oleh tokoh yang berasal dari luar bumi dan sudah pernah menyelamatkan alam semesta, kemampuan “Invisible” miliknya sendiri sangat sempurna dan mampu menipu banyak penonton!!!


(sulit sekali mengambil gambar beliau -_-)

Posisi pertama sudah tidak perlu diperkenalkan lagi yah, mari kita sambut

TETENONEETTT


(saya hanya berhasil mengambil backgroundya saja -_-)

No comments:

Post a Comment