Just A review From me: [MOVIE] Keluarga Cemara Review

Monday, January 7, 2019

[MOVIE] Keluarga Cemara Review



Prolog


  "Keluarga Cemara" adalah sebuah sinetron yang mendapat status "Legendaris" di mata para penggemarnya karena memiliki cerita dan karakter yang penuh "kekeluargaan" dan "abadi" (baca : masih diingat sampai hari ini). Serial ini pertamakali muncul di tahun 1996 dan memiliki total 750 episode (bertahan sampai tahun 2000an) yang terangkum dalam 4 musim. Mungkin serial ini layak menyandang gelar "legendaris" karena belum ada yang berani membuat versi modernnya sampai hari ini XD.





(mari bernostal-"gila" XD)

  "Keluarga Cemara" sendiri bercerita tentang kehidupan sehari-hari keluarga abah yang sederhana dan mampu memberikan pesan-pesan penting tentang kehidupan. Saya sendiri tidak bisa mengingat banyak tentang serial ini karena pada era 90an s/d 2000an acara anak-anak sangat "melimpah" sehingga sulit bagi saya untuk meluangkan waktu demi menonton sebuah "sinetron" -_- , tapi saya ingat sebuah berita yang membuat serial ini terkenal di kalangan anak-anak pada waktu itu yaitu "aktris pemeran Ara rela kepalanya dicukur botak demi tuntutan cerita".

  Serial legendaris ini akhirnya dibuat versi modern pada bulan ini, apakah versi remake ini mampu memberikan nuansa "kekeluargaan" seperti pendahulunya ???

  Saya sendiri cukup kesulitan menilai film ini karena sebuah "alasan pribadi", tapi sebelum saya memulai review ini saya tekankan jika "Keluarga Cemara = kisah abadi yang dibutuhkan setiap orang" , jadi saya harap anda mampu "mengabaikan" beberapa hal yang nanti akan anda baca.

  Suka tidak suka, saya sudah merasakan apa yang terjadi pada keluarga ini (kecuali menikah dan memiliki anak) sehingga sulit untuk menerima "kisah indah" yang dihadirkan oleh film ini.

  Tapi saya juga termasuk orang yang berpikir jika serial ini plagiat dari novel "Little Woman" sih, jadi... (tapi jelas lebih bagus Little Woman sih XD)

Overview



(kiri ke kanan : emak, Ara, Euis, dan Abah)

  Bercerita tentang keluarga Abah yang jatuh miskin untuk menutupi hutang adik ipar mereka, sekarang keluarga Abah harus hidup sederhana di sebuah rumah tua peninggalan orang tua Abah. Keluarga yang beranggotakan 4 orang yaitu Abah (Ringgo Agus Rahman), Emak (Nirina Zubir), Euis (Ashisty Zara), dan Ara (Widuri Sasono) harus menjalani hidup baru mereka yang jauh dari kemewahan. Apakah kisah hidup mereka ini pantas untuk para penonton teladani ??? (spoiler : IYA).

  Cerita yang ringan disertai dengan karakter yang "menghangatkan hati" membuat film ini nyaris tidak memiliki kekurangan , hanya orang yang tidak ada kerjaan yang mau "menghina" film ini, dan kebetulan saya menawarkan diri untuk menjadi orang tersebut.



  Karena hal yang sudah saya tulis di awal tulisan ini, saya tidak bisa menikmati kisah hidup dari keluarga ini, tapi berbagai kekurangan lain yang saya temukan adalah :

  • pacing yang cepat, hal ini membuat saya kurang bisa menikmati transisi hidup keluarga ini (terutama ketika mereka masih kaya)
  • cerita dan karakter yang "klasik" membuat setiap karakter secara terpaksa harus menjadi orang baik, hal ini membuat ekpresi berbagai karakter saat "marah" terlihat begitu dipaksakan
  • beberapa karakter yang dilupakan begitu saja, terutama teman-teman baru Euis
  • karakter Ara yang begitu polos, ceria, dan TIDAK terpengaruh oleh teknologi terlihat sangat impossible untuk jaman now
  • konflik yang kurang terasa dan diselesaikan dengan cukup ambigu
  • 30-40 % film diisi dengan product placement (baca : iklan) sebuah transportasi online
  • subtitles yang terlalu detil sampai-sampai sound effect juga dimasukkan dalam teks
  • lelucon tentang "Bendera Jepang" (baca :menstruasi)

Conclusion


harta yang paling berharga adalah keluarga
istana yang paling indah adalah keluarga

  Tetapi jika anda sudah mengalami perceraian dan melihat retaknya berbagai hubungan rumah tangga dengan mata kepala sendiri, mungkin lirik di atas akan terdengar sulit untuk dipercaya.

  Tetapi seperti yang sudah saya tulis di atas yaitu "Keluarga Cemara = kisah abadi yang dibutuhkan setiap orang" , film ini akan sangat menghibur anda yang mendambakan sebuah "keluarga idaman". Karena hal ini harap ABAIKAN beberapa hal yang saya tulis atas dan mari kita apresiasi film ini dengan nilai yang tinggi.


My Score

80, Harta yang paling berharga adalah...


===============================================

POJOK IKLAN

Butuh Pemadam Kebakaran atau Peralatan Safety lainnya untuk rumah / tempat kerja anda ???

 Hubungi Cipta Sarana Abadi  (cek web untuk info produk dll)

Telp  : (022)  753-6636
Fax  : (022)  8730-8445

(dapatkan discount khusus dengan me-mention blog ini XD)

===============================================


No comments:

Post a Comment