Just A review From me: [MOVIE] Split (2016) Review

Tuesday, January 22, 2019

[MOVIE] Split (2016) Review




Prolog


  Meski awalnya direncanakan sebagai trilogi, ternyata "Eastrail 177" yang dibuka dengan "Unbreakable(2000)" membutuhkan waktu penggarapan selama 19 tahun!!!. Salah satu penyebabnya adalah karir M Night Shyamalan yang "turun" sehingga butuh waktu lama agar trilogi ini mendapat "lampu hijau".




  Kali ini saya akan membahas film ke-2 dari trilogi ini yaitu "Split" yang dirilis pada tahun 2016 (seharusnya tulisan ini saya buat minggu lalu tapi kenyataan berkata lain -_- ), tapi tenang saja karena review "Glass" akan saya buat malam ini.

  Ok langsung saja, twist terbaik dari "Split" adalah film ini memiliki koneksi dengan "Unbreakable" yang baru diperlihatkan pada bagian akhir film ini sehingga membuat kaget banyak orang (karena sudah 16 tahun setelah Unbreakable dirilis). "Split" sendiri akan menceritakan Kevin Wendell Crumb, pria yang memiliki 23+1 kepribadian.

  Tanpa twist yang saya tulis di atas, film ini sendiri masih tergolong film yang menarik dan menunjukkan pada penonton jika M. Night Shyamalan masih mampu "mengejutkan" dunia. Twist "ngaco" lainnya adalah film ini diproduksi "Blumhouse" yang terkenal dengan "modal minim, hasil maksimal" XD

Overview




  3 remaja perempuan diculik dan disekap di sebuah ruangan oleh Kevin Wendell Crumb. Tapi siapa sangka Kevin dikendalikan oleh "orang lain" yang berada dalam dirinya. Apa tujuan Kevin menculik 3 remaja ini dan apa yang sebenarnya terjadi pada Kevin ??? semua akan menghiasi film yang berdurasi 2 jam ini.

  Dengan setting yang tergolong sempit dan penuh tanda tanya, Shyamalan kembali menunjukkan bakatnya dengan menghadirkan karakter Kevin yang "amat sangat menarik", semua ini didukung dengan akting James McAvoy yang memukau (apalagi dia harus berperan menjadi > 1 karakter). Film ini kembali menawarkan atmosfir "realistis" yang sebelumnya ada di "Unbreakable" (Baca : penonton tidak akan sadar jika ini film Superhero XD).

  Ironisnya Kevin juga yang menjadi kelemahan di film ini, apalagi ternyata film ini hanya menampilkan 9 dari total 24 kepribadian (dan hanya 3 kepribadian saja yang mendominasi film ini). Hal ini membuat film ini terlihat sangat ambisius tetapi "pelit" pada waktu bersamaan.

  Pada akhirnya, "Split" adalah film psychological horror thriller yang "standar" karena memakai formula yang "seharusnya" mudah ditebak, adanya hubungan dengan film "Unbreakable" akhirnya malah menjadi twist manis yang (pastinya) tidak terduga XD.


Characters


Casey Cooke (Anya Taylor-Joy)



  Remaja yang diculik oleh Dennis (salah satu kepribadian Kevin) dan disekap di ruangan bersama 2 "temannya". Casey sendiri terlihat "anti-sosial" karena memiliki masa lalu yang suram. Interaksinya dengan Kevin akan menjadi fokus pada film ini.

Karen Fletcher (Betty Buckley)



  Psikolog yang menangani Kevin, melalui sesi terapinya penonton akan mempelajari banyak hal tentang dunia psikologi sekaligus apa yang terjadi pada Kevin. Karen sendiri terlihat sangat mengenali sikap / tingkah laku dari 23 kepribadian Kevin sehingga sadar jika sikap Kevin akhir-akhir ini terlihat mencurigakan.

Kevin Wendell Crumb (James McAvoy)



  Pria yang menderita "Dissociative identity disorder" (DID) yang membuatnya memiliki 23 kepribadian yang masing-masing memiliki ciri khasnya masing-masing. Kepribadian ini tercipta karena Kevin sering disiksa oleh ibunya saat masih kecil. 23 kepribadian ini awalnya hidup rukun dan mampu megnendalikan tubuh Kevin secara teratur, tapi semua berubah saat 3 kepribadian (Dennis, Patricia, dan Hedwig) merencanakan "sesuatu" dan menamai diri mereka dengan julukan "The Horde".

  Saat ini Dennis menculik 3 remaja putri dengan tujuan akhir "menumbalkan mereka" pada kepribadian ke-24 yang disebut "The Beast".

  Meskipun memiliki 24 kepribadian, hanya 9 yang tampil di film ini yaitu :

  • Kevin : kepribadian asli
  • Dennis : pria dengan OCD (baca : semua harus rapi + bersih), pintar tetapi senang melihat perempuan menari tanpa busana (mungkin ada kecenderungan pedophilia)
  • Patricia : wanita "sopan" yang menjadi figur ibu bagi Kevin dan kepribadian lainnya
  • Hedwig : bocah 9 tahun yang periang dan memiliki kemampuan untuk "mengambil alih" tubuh Kevin sesuka hatinya
  • Barry : pria extrovert yang menjadi pemimpin (dominan) di tubuh Kevin, memiliki bakat di bidang fashion design
  • Jade : wanita yang menderita diabetes sehingga membutuhkan asupan insulin
  • Orwell : pria yang memiliki pengetahuan tentang sejarah
  • Mr. Pritchard : pria dengan gelar Professor di bidang film
  • The Beast : kepribadian dengan kekuatan super dan sangat ganas, anggap saja versi low budget dari The Hulk XD

The Twist (SPOILER ALERT!!!)



  selain berada di universe yang sama dengan "Unbreakable", berikut adalah beberapa hal yang menarik di film ini versi saya :

  • The Horde berhasil membangkitkan The Beast (sudah jelas sih XD)
  • The Beast memangsa (baca : kanibalisme) 3 orang yaitu Karen dan 2 teman Casey
  • The Beast hanya memangsa mereka yang "kotor" alias tidak pernah merasakan penderitaan selama hidupnya
  • The Beast tidak memangsa Casey setelah melihat tubuh Casey yang penuh luka, hal ini membuat The Beast menganggap Casey sebagai manusia yang "suci"
  • Casey memiliki banyak luka karena dianiaya sekaligus mengalami pelecehan seksual oleh pamannya !!!

  Yang terakhir adalah berita Kevin yang berhasil kabur dan didengar oleh satu pria di sebuah kedai, dan pria itu tidak lain tidak bukan adalah.....


(JENG JENG JENG)

Conclusion


  Satu lagi cara M Night Shyamalan memperkenalkan dunia "Superhero" miliknya meskipun harus menunggu 16 tahun lamanya.

My Score


75, We are what we believe we are – The Beast



===============================================

POJOK IKLAN

Butuh Pemadam Kebakaran atau Peralatan Safety lainnya untuk rumah / tempat kerja anda ???

 Hubungi Cipta Sarana Abadi  (cek web untuk info produk dll)

Telp  : (022)  753-6636
Fax  : (022)  8730-8445

(dapatkan discount khusus dengan me-mention blog ini XD)

===============================================


No comments:

Post a Comment