Just A review From me: [MOVIE] Edge Of Tomorrow Review

Thursday, May 29, 2014

[MOVIE] Edge Of Tomorrow Review


             Infinite looping (IL) didefinisikan sebagai sebuah kejadian yang diulang secara terus-menerus, dalam programming hal ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam penulisan kode sehingga sebuah program mengakses fungsi/baris itu secara terus menerus dan tidak bisa dihentikan (kcuali klo komputernya dimatiin XD ).

                klo dalam kehidupan nyata, mungkin rutinitas bisa menjadi contoh IL (selama tidak ada yang berubah dari rutinitas tersebut), tapi ya susah sih ngalaminnya di kehidupan ini (karena konsep IL lebih rumit ketimbang time traveling).

                Untungnya hal itu tidak berlaku di dunia fiksi, film ini contohnya menggunakan IL sebagai konsepnya (dengan tagline “Life,Die,Repeat”) dimana seorang manusia dipaksa untuk mengalami kejadian yagn sama berulang-ulang dan upaya dia untuk mengubah/menghentikannya. Film ini merupakan adaptasi dari LN (light Novel) Jepang yang berjudul ‘All You Need Is Kill’ (aku juga baru tau ini 2-3 hari yang lalu XD).So let’s start the review.

Story

                Berkisah tentang bumi tercinta kita yang diinvasi alien yang diberi nama ‘Mimic’ (yg btw wujudnya mirip kya kumpulan kabel XD) yang berhasil menghancurkan sebagian besar negara di bumi dan membuat teror dimana-mana (kenapa aliennya selalu lebih superior dari manusia, sekali2 inferior dong XD ).

                Solusi yang bisa dilakukan manusia adalah membuat exosuit (mirip kya armor, meskipun masih jauh dari Iron Man) yang membuat mereka bisa melawan dan menang di Verdun, hal ini membuat militer Pede dan berniat akan melancarkan serangan besar2an yang disebut ‘Operation Downfall’.

                Lalu muncullah Major William Cage (Tom Cruise) yang ‘dipaksa’ untuk maju ke medan perang padahal dia tidak punya pengalaman perang alias newbie, lalu hasilnya bisa ditebak dia selamat mati dalam 5 menit. Lalu secara ajaib dia kembali terbangun 1 hari sebelum perang dimulai (rada mirip kya final destination) dan dia mengingat semua hal yang terjadi sebelum dia mati dan mencoba mencegahnya, tapi sayangnya dia mati lagi dan kembali terbangun di hari yang sama.

                Dari sinilah dimulai IL Cage yang membuat dia selain harus mencari cara menghentikan Lopp ini, dia juga harus membantu pihak militer memenangkan perang ini (yang herannya pihak mimic seakan-akan sudah tahu rencana manusia). Nanti dia akan dibantu oleh Rita Vrataski (Emily Blunt) yang ternyata juga pernah mengalami IL yang sama seperti Cage namun sayang kemampuan itu sudah hilang. Nantinya diputuskan bahwa mereka harus membunuh induk dari mimic untuk bisa keluar dari looping ini, Can He Do it ???

               
Characters

                Karakter yang memorable cman 2, Cage dan Rita

Major William Cage (Tom Cruise)

                Meskipun dia tokoh utama tapi kemampuan bertarungnya nol, tapi dengan selalu mengalami IL akhirnya dia bisa menjadi prajurit yang bisa diandalkan tapi tetap saja mati XD. Dan nantinya dia akan menyadari bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa diubah.


 

(From Zero To Someone)

Rita Vrataski (Emily Blunt)


                Dikenal sebagai prajurit terkuat dengan julukan Angel of Verdun (dan Full Metal *itch oleh prajurit lainnya), ternyata alasan dia bisa memenangkan perang di verdun adalah karena dia mengalami IL yang sama dengan Cage, nantinya dia akan menjadi guru bagi Cage agar dia bisa mengalahkan Mimic dan menghentikan IL Cage, dia juga salah satu yang mengetahui karakteristik dari mimic.



(The Angel of Verdun)


Enemies

*Mengandung Spoiler, read it at your own risk

                Mimic di film ini dibagi menjadi beberapa kelas yaitu :

Drone 

(cuman anak buah aja, g ad yg spesial)

Alpha

(pemimpin dari para drone, merupakan alasan kenapa Cage/Rita bisa mengalami IL, akan mengirimkan sinyal pada Omega ketika dia mati)

Omega 

(otak dari semua mimic, bisa mereset waktu jika menerima sinyal dari alpha, hal ini yang menyebabkan para mimic selalu lebih tahu satu langkah dibandingkan manusia)


Laughing at the death

Pernahkah kalian mentertawakan kematian seseorang ??
Mungkin kalian akan tertawa jarena kematian cage yang berulang-ulang di film ini terlihat konyol (meskipun miris), dan konsep ini mirip dengan game dark Soul
Kamu tau karakteristik lawan (bentuk,serangan,tempat,dll) tapi tetap saja ada kemungkinan untuk mati, dan experience itu yang aku rasakan ada di film ini

Compare the ending

                1 hari sebelum nonton, aku iseng donlod novelnya dan langsung membaca bab akhirnya (biar greget XD) dan memang endingnya beda sekali dengan versi film-nya, klo mo dibilang :

Versi film membuatku berpikir “YEY”
Klo novel membuatku berpikir “This isn’t over yet’


(Cover Novelnya)

Conclusion

Ada sebuah kalimat
Practise makes perfect

Setelah menonton film ini sebaiknya kalimat itu diubah menjadi

Practice (and repeat) makes perfect XD

seandainya kita diberi kesempatan ke 3,4,5,dst dan itu bisa menghapus kesempatan yang pertama mungkin hidup ini akan menjadi lebih menarik XD



Ok segitu dulu, see you at next post

No comments:

Post a Comment