Just A review From me: [GAME] Marvel Avenger Alliance 2 Review

Friday, January 15, 2016

[GAME] Marvel Avenger Alliance 2 Review


*Sekarang sudah tersedia secara legal

Iphone  
Android 






Prolog

  Untuk para pemain MAA yang rajin melihat forum Playdom atau Fans Page-nya mungkin tidak akan asing dengan berita ini, sekuel MAA sedang dibuat dan hanya khusus perangkat mobile saja !!!!.

  Untuk saat ini, MAA 2 sedang dalam proses beta dan hanya bisa diakses oleh beberapa negara (Indonesia tidak termasuk), tapi dengan menggunakan kekuatan internet akhirnya saya bisa memainkan game ini.

  Setelah hampir sebulan saya bermain, maka sudah saatnya saya mereview game ini. Untungnya, MAA sendiri sedang miskin update sehingga saya bisa bermain game ini dengan tenang.

  Oh, jangan lupa mencoba mendaftarkan email kalian di https://marvelavengersalliance2.com/ agar nanti bisa mendapatkan free hero jika game ini sudah dirilis secara global.

  Ok, Let's start the review

Preparation

  Setelah mendengar bahwa MAA 2 memakai grafis 3D, saya melirik smartphone saya yang sering crash jika digunakan untuk bermain game-game yang berat.Oleh karena itulah saya melirik alternatif lain untuk bermain game Android di PC, dan jawabannya adalah emulator.

  Awalnya, seperti masyarakat mainstream lainnya saya mencoba menggunakan "Bluestack", tapi sayangnya PC saya menolak untuk menginstallnya (entah apa alasannya), dan akhirnya saya beralih ke emulator Android lainnya yaitu "Andy-Roid".

  Untuk gamenya sendiri, karena hanya bisa diakses oleh negara tertentu maka saya menggunakan bantuan mbah Google untuk mencari APK-nya (silakan cari sendiri karena link yang saya dapatkan sudah mati), masalah muncul saat game ini mendapat Update, karena belum tersedia di Playstore indonesia maka game ini menolak untuk di-update, solusinya adalah :

  • mencari APK versi terbaru
  • menggunakan app VPN untuk mengubah setting negara menjadi negara lain

  Saya di sini lebih memilih mencari APK terbaru karena lebih simpel (link silahkan tanyakan kembali kepada mbah Google XD ).


Story

  Meskipun disebut sebagai sekuel MAA, saya tidak menemukan adanya koneksi dengan MAA kecuali 2 hal : Iso-8 dan Incursion. Bahkan beberapa tokoh penjahat yang sudah menjadi LB di MAA (contoh : Fixer) di sini kembali menjadi musuh, ditambah lagi tidak ada lagi Agent di sini (sudah naik pangkat menjadi Commander).

Hal ini membuat saya berpikir 2 hal :

  • setting game ini adalah universe lain
  • setting game ini merupakan masa depan dari MAA (mengacu kepada dialog bersama Kang yang ada di game MAA)

  dan suka tidak suka, Hawkeye adalah karakter utama dalam game ini (karena dia muncul terus dalam dialog XD).

  Kejutan terjadi di Chapter 3 saat para Avenger terdampar di Knowhere (markas para Guardian Of the Galaxy) dan bertemu musuh-musuh baru (terutama Magus dan Kree Hunter). Dan asyiknya, para anggota GotG (Guardian Of The Galaxy) mengambil dari MCU sehingga yang sudah menonton filmnya akan sangat akrab dengan mereka. Apalagi ada Yondu, tokoh favorit saya di GotG yang disini menjadi Boss (lengkap dengan jurus 'siulan sakti' miliknya XD ).



Game System


(tampilan menu utama)

  Karena Agent tidak bisa digunakan, maka di game ini kalian bisa memakai 5 hero ( + 1 hero team-up) disetiap pertarungan, hero yang ada sekarang pasti akan sangat dikenal para penggemar Marvel/MAA . Dan sistem kelas yang dipakai sama dengan MAA yaitu 6 kelas, bisa lihat di gambar di bawah :


(tetap sama seperti MAA)

  Perbedaan terbesar adalah jika menyerang counter class maka hero akan mendapat tambahan status sebesar 15% untuk durasi tertentu, tidak ada class buff seperti game sebelumnya

  Untuk mekanisme battle, tetap mengacu kepada Turn Based RPG (sekarang lebih mirip dengan Game PS 2 Atelier/Grandia series) , tapi di sini ada status 'Speed' yang berfungsi untuk mempercepat giliran setelah melakukan aksi (istilahnya : Recover from action) karena ability di sini memiliki variabel kecepatan (slow,fast,etc) , jadi taktik bermain di sini lebih mendalam dibandingkan MAA.


(contoh turn order)

  Dan di game ini debuff 'Stun' akan lebih diuntungkan karena tidak bisa dihilangkan (efeknya akan berkurang jika digunakan secara terus-menerus), jika dalam MAA pertama stun bisa dihilangkan dengan berbagai gear/skill, maka di MAA 2 'stun' akan langsung 'menggeser' giliran lawan sehingga membuat mereka lebih lama untuk memperoleh turn. Karena itulah ability stun (terutama Area) sangat mematikan.

  Untuk sekarang , game ini memiliki 3 Chapter yang jika task-nya diselesaikan secara sempurna maka akan berhadiah 3 villain (Elektro,MODOK,dan Nebula).

What Makes Heroes Special ??

  Di game ini, hero memiliki 3 slot ability, 1 tactical ability (semacam recharge di MAA), dan tiap hero memiliki total 8 ability sehingga akan ada banyak kombinasi.

  Para hero di game ini unik, karena tidak semua hero memiliki mekanisme resource yang sama. Ada yang memanfaatkan stamina (Gamora/cap America), Rage/Spirit yang akan terisi saat hero menyerang/diserang (Iron Fist/Drax), ammo yang bisa diisi ulang (Rocket Raccon/War Machine), dan berganti-ganti mode (Moonknight,Wasp,Spiderman), pokoknya pastikan selalu melihat keterangan setiap hero sebelum memulai battle (lakukan tap hold pada icon hero).

  Ada beberapa macam cara untuk memperkuat Hero yaitu Research (mengumpulkan berbagai item untuk menaikkan batas Lv) dan Trial (melakukan beberapa quest untuk menaikkan ranking heroes dan juga ranking dari ability).

  Dan seperti game Marvel, lainnya, di sini juga tersedia iso-8 untuk memperkuat Hero kalian, sebelum mulai memasang iso-8 perhatikan warna pada hero kalian terlebih dahulu.


(Contoh MODOK tanpa Iso-8 )

  Memasang iso-8 yang memiliki warna sama atau warna pelangi di slot tersebut akan memberikan bonus status yang cukup besar, dan ditambah lagi setiap iso-8 memiliki simbol-simbol khusus yang akan memberikan efek khusus (seperti bisa menyerang stealthy,imun debuff,dll) jika dipasang dalam jumlah yang cukup (2 atau 4) untuk tiap simbol yang sama. hal ini akan membuat kustominasi hero akan semakin beragam (anggap seperti mekanisme E-Iso pada MAA).


(Contoh Star Lord yang sudah diisi iso-8)



Game Issues


  Karena masih berstatus 'beta' maka tidak heran akan terjadi crash/error saat memainkan game ini. Tapi yang paling menyebalkan adalah adanya salah penulisan pada beberapa trial, contoh adalah Trial Drax di mana dia harus menimbulkan 'bleeding', masalahnya Drax tidak memiliki ability Bleeding, dan ternyata solusinya adalah membawa hero lain yang bisa menimbulkan bleeding (Contoh : Gamora) dan trial ini bisa saya selesaikan.


  Untungnya beberapa sudah diperbaiki dengan update patch, tapi tetap saja ada beberapa error dalam beberapa hero.

Introduction To Gacha/RNG System

  Game-game 'Freemium' jaman sekarang banyak yang menggunakan sistem Gacha, yaitu sistem acak yang biasa digunakan untuk mendapatkan item tertentu. Kata gacha diambil dari sejenis mainan 'telur' dari Jepang yang didalamnya berisi mainan yang isinya acak. Dalam gacha kalian hanya perlu 'membayar' sejumlah resource untuk memutar sebuah roulette/mesin acak yang akan mengeluarkan item secara acak pula.


(Gacha)


  Jika kalian pernah merasakan sulitnya melawan musuh dalam sebuah game dan musuh itu menjatuhkan (drop) item yang sangat langka (katakan chancenya sebesar 1%), maka Gacha mungkin bukan sistem yang akan membuat kalian senang, Pasalnya Gacha tidak lebih dari berjudi/gambling.

  Slogan Gacha adalah 'Siapapun bisa menang' (ini saya ngarang sendiri XD ), karena sesuai istilah 'rejeki sudah ada yang mengatur', maka sulit sekali memprediksi resource yang dibutuhkan untuk mendapat item tertentu. Biasanya disinilah jurang pembatas antara 'Free Player' dan 'Gold Player'.

  Misalkan saja persentase sebuah item yang kalian inginkan adalah 1%, dan untuk melakukan 1 roll dibutuhkan 10 gold, maka secara tidak langsung kalian membutuhkan 1000 gold untuk mendapat item yang diinginkan, dan berita buruknya, bisa saja kalian gagal (chance gagal memang tetap 99% kan ? ).

  Tapi tetap saja 'Nasib orang siapa yang Tahu/rejeki sudah ada yang mengatur', sebut saja Budi, kalian mengenal Budi sebagai anak yang kurang ajar, sering membuli orang, dan sering terlibat tawuran. Tapi saat Budi melakukan Gacha dia mendapat item Super Rare !!!!,


  bukannya hal itu menyebalkan ????? .


  untuk yang bermain MAA, sistem Lockbox untuk mendapat hero bisa disebut Gacha, berapakah LB yang kalian butuhkan untuk memperoleh hero yang diinginkan, dan saat LB kalian habis dan hero tidak kunjung didapatkan apakah yang kalian lakukan ??????? .

  Kenapa saya menulis ini ?? karena mayoritas postingan di komunitas game yang memiliki sistem ini hampir semuanya adalah postingan share (baca : pamer) tentang betapa 'hoki/cuan' diri mereka saat mendapat sebuah item tanpa harus menghabiskan resource yang besar.

  Yah mo gimana lagi, emang sudah sifat dasar manusia untuk pamer -_-

  tapi kadang suka kasihan jika melihat reaksi pemain yang sudah mengeluarkan gold banyak tapi tidak mendapat item yang dia mau saat melihat seorang 'newbie' mendapat item tersebut (umumnya pemain seperti ini akan diam seribu bahasa ketimbang ikut nimbrung bersama para newbie, tapi akan curhat melalui PM -_- ).

  It's priceless.......Right ??????

  Saya sendiri memiliki cara untuk memerangi sistem gacha , silahkan lanjut baca untuk mengetahui caranya.


Gacha/RNG In MAA 2


  Cell adalah item Gacha dalam MAA 2, cell yang sudah dibagi jenisnya akan memberikan iso-8,ability,resource,gold,dan Hero.

  Untuk membuka hero lain, maka kalian harus memiliki item superior power cell (didapat dari roulette atau beli seharga 25 gold), dan kejutannya adalah di sini tetap ada chance untuk mendapatkan ability 2* , dan jujur saja akan lebih sering keluar ability ketimbang hero. Jika mendapatkan ability yang sudah dimiliki maka akan diubah menjadi ability point, fungsi ability point ini adalah selain untuk beberapa trial juga bisa dipakai untuk membeli ability hero secara terpisah (walaupun harganya mahal).

  Cara saya memerangi sistem gacha adalah dengan TIDAK PERNAH MENGHARAPKAN APAPUN SAAT MELAKUKAN GACHA, dengan mindset seperti ini maka apapun item yang akan keluar saya tidak akan merasa menyesal.

  Tapi memang hal itu susah dilakukan sih, soalnya hanya orang bodoh yang berjudi tanpa mengharapkan hasil yang besar.

  Jujur saja pada awal2 bermain game ini saya juga terjebak sistem Gacha sampai menghabiskan semua gold saya, saya menginginkan Star Lord tapi yang saya dapatkan malah Iron Fist (yang lemah), Rocket Raccon (lemah karena saya tidak punya protector), Drax (yang akhirnya menjadi karakter terkuat saya), dan Gamora (infiltrator terlemah yang saya miliki).
Tapi saya menerima nasib dan akhirnya bermain dengan hero-hero di atas sampai mencapai penghujung heroic mode. Dan ketika itu saya mencoba Gacha lagi (tanpa berharap apa-apa) dan.......


Star Lord........
.................................
................................



(Ok, Chris Patt)


  Tapi pada waktu itu saya sudah tidak membutuhkan dia lagi (karena saya bisa memilih team-up Star Lord dari Allies saya). Memang rejeki sudah ada yang mengatur walau datangnya terlambat.


Heroes Quick Review


Review singkat tentang hero yang sudah saya miliki

  • Drax : Scrapper terkuat saya, kombinasi 'I am too fast' dan "I Am To Furious' menimbulkan damage besar + debuff wounded
  • Elektro : Memiliki Area Stun terbaik setelah Star Lord, "Super Conductor' dan "Chain Lightning" adalah skill wajib untuk dia
  • Gamora : infiltrator terlemah yang saya miliki
  • Hawkeye : karakter utama yang bisa dilupakan setelah mencapai lv 20, stun arrow adalah ability rekomendasi saya untuk dia
  • Iron Fist : damage lemah, tapi bisa menjadi support dengan 'Healing Lotus', ketika lv 20 maka dia bisa melakukan jurus pre counter 'fathok the snake XD'
  • Star Lord : Best Hero setelah Elektro, cherry bomb adalah ability terkuat miliknya (karena merupakan area-stun)
  • MODOK : Digunakan untuk stalling dalam PVP oleh beberapa pemain
  • Capt America : cukup oke untuk stalling, tapi overall lemah
  • Luke Cage : Protector yang bisa counter dan follow-up, pilihan team-up terbaik untuk awal-awal permainan (sayang saya telat merekrutnya)
  • Nebula : cukup lemah walaupun dia hadiah dari menyelesaikan task, mekanisme kombo membuatnya repot untuk dipakai
  • Rocket Raccon : akan kuat jika memiliki protector, tapi HP-nya sangat kecil
  • Capt Marvel,Vision dan She Hulk : Belum saya gunakan tapi saya sering melihat Vision dalam PVP ranking 1 s/d 5

PVP System

  Game inipun memiliki sistem PVP dengan hadiah seperti berikut :




  kenapa tidak ada Adamantium League ?? karena Marvel memang masih memiliki masalah hak cipta dengan istilah yang satu ini XD (berikut hal-hal lain seperti mutant).

  Sistem PVP di sini sangat berbeda dengan MAA pertama karena di sini 'hasil ditentukan dari usaha pemain' karena tidak ada yang namanya def/afk battle. Semua murni dari usaha sendiri untuk memanjat sampai tingkat teratas. dan apabila sudah mencapai infinity League maka tidak akan ada algi sitilah 'turun pangkat'.

  Saya sendiri sudah membuat beberapa video tentang PVP, semua bisa dilihat di sini

Heroic Mode Tips

*Mode ini akan terbuka setelah kalian menyelesaikan mode normal dan hard untuk seluruh misi dalam satu chapter

  Seperti namanya, musuh di sini sangat sangat kuat dan pastinya akan membuat frustasi. Beberapa tips yang bisa saya berikan :

  • persiapkan diri sebaik-baiknya, usahakan memasuki heroic mode saat Hero sudah mencapai Lv 30 dan memiliki 2* (3* lebih baik)
  • jangan sampai musuh mendapat counter class (tambahan 15% status akan membuat pertempuran menjadi lebih sulit)
  • siapkan Gold untuk menghidupkan kembali hero dalam battle (5 Gold = 1 revival), cara ini lazim digunakan dalam game-game mobile jadi jangan ragu-ragu untuk menggunakan gold jika posisi kalian sudah hampir menang.
  • Wasp dengan 'Queen Bee' adalah pilihan terbaik untuk Heroic Mode, sayangnya hal ini akan membuat pertempuran menjadi lama

  Kenapa harus memainkan Heroic mode ?? karena di mode inilah Epic Boss akan muncul, dan mengalahkan epic boss akan menyelesaikan task yang akan memberi hadiah 50 Gold ( jadi tidak apa-apa menggunakan gold dalam mode ini).

  Dan susahnya lagi, Epic Boss HANYA AKAN MUNCUL JIKA MELAWAN MUSUH DALAM URUTAN TERTENTU (di game ini tidak ada istilah Epic Deploy).

  Untuk urutan musuh yang harus dilawan bisa dicek di video ini



Gold Management Tips


Gold didapatkan melalui 4 hal

  • naik lv (batas lv untuk sekarang adalah 30)
  • dari cell alias gacha
  • menyelesaikan daily task dan chapter task
  • roulette PVP

Hal yang paling penting dilakukan adalah (sesuai urutan)

  • memiliki 5 hero (terserah Superior Cell-nya mau dari gacha atau roulette) dan fokus kepada 5 hero ini terlebih dahulu
  • melakukan Scouting mission untuk mencari material untuk menaikkan batasan lv hero, karena beberapa item sulit didapatkan maka bisa melakukan re-spin atau membelinya menggunakan gold (5 gold = 3 scouting), lakukan hal ini sampai hero mencapai lv 30
  • sekarang lihat komposisi hero, jika sudah memiliki semua kelas yang ada maka gunakan gold sebagai persiapan untuk heroic mode, jika tidak maka gunakan untuk Gacha (karena untuk trial ke 3* dibutuhkan item scouting dari kelas yang berbeda) jadi usahakan memiliki semua class.
  • mulai menantang Heroic mode, total 150 gold jika kalian mengalahkan 3 Epic Boss yang ada
  • jika sudah menyelesaikan semua heroic mode maka sudah mulai bisa menabung untuk update mendatang, atau melakukan gacha untuk melengkapi koleksi hero (TIDAK SAYA SARANKAN)


Game Tips

  • siapkan counter class sebelum memulai battle
  • jika team-up kalian adalah Commander EDWIN JARVIS maka langsung ganti karena dia adalah AI yang lemah
  • butuh silver ?? jual iso-8 yang sudah tidak dipakai
  • ingin silver lebih banyak ?? ganti leader Hawkeye kalian karena semua orang memiliki Hawkeye
  • memiliki stun atau protector adalah kunci dalam setiap battle (manfaatkan allies jika tidak punya)
  • Luke Cage adalah team-up terbaik untuk normal dan hard mode, untuk Heroic saya sarankan Wasp,Elektro,atau Star Lord



Conclusion

  Banyak pengembangan jika dibandingkan dengan MAA, meskipun banyak pemain yang ogah memainkannya karena lebih memilih MAA pertama, saya sendiri menyarankan untuk memainkan game ini saat global release nanti. Setidaknya mekanisme di game ini belum serumit MAA pertama (itu semua karena banyaknya gear + buff/debuff yang ada). Pemain baru mungkin akan lebih enjoy di MAA 2.


dan btw, kapan chapter 10 untuk MAA dirilis (sudah 5 bulan loh) ?????




dah ah segitu dulu, see you at next post

8 comments:

  1. Protector terbaik itu Wasp, evasionnya selangit, susah ngehitnya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, bener banget, susah di hit + skillnya banyak yg nge-support, lawan terburuk di PVP

      cman saya dari awal lebih sering pke team-up Luke Cage

      wasp baru saya pake pas mulai mainin Heroic mode

      Delete
  2. Gan, boleh minta link fbnya ?
    Mau nanya2

    ReplyDelete
  3. Kapan rilisnya ini di itunes/playstore indo?
    Cape euy nunggunya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin masih butuh seminggu-2 minggu lagi

      klo g sabar bisa cari aja APK-nya pke google (cari yg versi 1.5)

      Delete
  4. Sampe sekarang belom ada di playstore indo :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. game ini udah "mati"

      Playstore indo emang rada "telat" buat beberapa game

      Delete