Just A review From me: [TV SERIES] Marvel Luke Cage Season 2 Review

Sunday, August 5, 2018

[TV SERIES] Marvel Luke Cage Season 2 Review



 SUPER SPOILER ALERT!!!

Before Prolog


  Andaikan saja serial TV Luke Cage memulai debut pada tahun ini maka DIPASTIKAN saya akan menganalisis banyak hal untuk mencari pesan Anti-rasisme (Black Lives Matter) yang lazim ditemukan pada film dengan aktor kulit hitam pada saat ini, untung saja hal ini tidak terjadi karena bosan juga jika menganggap film kulit hitam SELALU memiliki pesan Anti-rasisme. Luke Cage sendiri (baik season 1 dan 2) tampil seperti memberi pesan "Gue memang kulit hitam, masalah buat Loe ???"




Prolog


  Setelah menunggu 2 tahun lamanya, Season 2 dari Luke Cage siap menyapa para penonton tahun ini dan dipastikan penantian penonton akan berbuah manis karena serial ini memiliki banyak faktor "WOW".

  Salah satu yang membuat season kali ini menjadi sangat menarik adalah transformasi karakter yang PALING menyebalkan (versi saya) menjadi seorang karakter yang sangat kompleks dan bisa melupakan semua "dosa" yang dia perbuat di season 1. Tidak lupa juga serial ini kembali menunjukkan ciri khasnya dengan memasukkan berbagai jenis musik (blues, reggae, hip-hop, dll) yang membuat beberapa adegan dalam serial ini tampil "lebih" emosional.

  Dan sebagai pembuka, silahkan nikmati theme song yang menjadi favorit saya (setelah Jessica Jones tentunya XD).

Story


  Luke Cage menjadi terkenal karena aksinya (season 1 dan The Defenders) dan memutuskan untuk menjadi pelindung kota Harlem dengan menjadikan "Pop Barber" sebagai markasnya meskipun sampai saat ini Luke masih menjadi seorang "PeNgaCaRa" (Pengangguran banyak Acara XD) dan cocok menyandang gelar sebagai orang "Misqueen"| (baca : miskin) XD, tugas Luke kali ini adalah membongkar sindikat pembuat narkoba yang memakai nama dirinya, siapa sangka hal ini membuatnya akan berurusan dengan banyak pihak!!! , 2 diantaranya adalah Mariah Dillard Stokes (oh, "anggota dewan terhormat" ini masih hidup rupanya -_-) yang mencoba untuk lari dari bisnis ilegal keluarganya sambil membangun kembali karir politiknya dan John "Bushmaster" Mclver yang langsung menjadi villain favorit saya (Bye-bye Kilgraves XD) karena tampil sangat mengesankan dari segala sisi (motif, karakter, dan akting).

  Overall saya sangat puas dengan season kali ini karena tampil lebih baik dari tema (dendam dan keluarga) dan karakter yang semakin menarik untuk diikuti, apalagi ditambah dengan alunan musik yang semakin menambah keseruan selama menonton serial ini. "Harlem Paradise" benar-benar menjadi gudang musik berkualitas tinggi.

  3 kekurangan yang saya temukan pada serial ini adalah :

  • action yang terlihat sederhana (habis mau gimana lagi, Luke memang terlalu kuat)
  • cerita yang kurang fokus karena memiliki banyak sub-plot penting
  • Luke yang dilanda masalah finansial tetapi masih terkesan ogah menerima bantuan dari orang lain -_- (dasar "Misqueen")


Characters


Luke Cage (Mike Colter)



  Menjadi pelindung kota Harlem meskipun belum memiliki pekerjaan tetap, bahkan harga sewa "Pop Barber" yang menjadi markasnya juga ikut dinaikkan karena tempat ini menjadi sarang konflik pada season sebelumnya, kali ini Luke berniat membongkar sindikat kriminal yang menggunakan namanya untuk membuat sebuah narkoba yang mampu membunuh penggunanya, tentunya usahanya kali ini akan mendapat banyak hambatan sekaligus bantuan.

  Luke tetap tampil sederhana, baik hati, dan kelewat "polos" karena tidak mau mengambil bagian dari beberapa orang yang menggunakan namanya untuk mencari profit (contoh : T-shirt dan aplikasi yang melacak lokasi Luke). Benar-benar mengingatkan saya kepada sosok Superhero di masa lalu yang berbuat kebaikan tanpa mengharapkan imbalan.

  Tapi saya juga harus berpikir realistis dan berpikir jika keputusan Luke membuat dirinya terlihat sangat "Misqueen", bahkan untuk tempat tinggal saja dia menumpang di apartemen milik Claire -_-

Mercedes "Misty" Night (Simone Missick)



  Detektif handal yang sempat pensiun karena salah satu lengannya terpotong di serial The Defenders ini kembali aktif di kepolisian meskipun mendapat banyak "nyinyiran" dari berbagai pihak dan dianggap menjadi sosok yang "tidak berguna", untung saja nanti dia mendapat "hadiah" tidak terduga dari orang kaya di MCU selain Tony Stark yaitu Danny Rand a.k.a Iron Fist.

Hernan "Shades" Alvares (Theo Rossi)



   Gangster yang licik sekaligus cerdik, kali ini membantu Mariah untuk menjual senjata selundupan "Judas Bulet" agar mereka dapat keluar dari kehidupan gangster. Aksi Shades sendiri sebenarnya terlihat keren tetapi sayangnya........

  "Shades jatuh cinta pada Mariah"

  hal ini membuat aksi Shades menjadi terlihat sedikit "cupu", bahkan terkesan komedi pada beberapa adegan, mungkin otak saya belum bisa menerima konsep "cinta berbeda usia" -_-

Tilda Johnson (Gabrielle Dennis)



  anak Mariah Dillard yang selama ini "dibuang" oleh Mariah dan dirawat oleh keluarga Johnson, Mariah membutuhkan Tilda sebagai ajang untuk "pencitraan" demi memperbaiki image Mariah yang saat ini hancur karena keterlibatannya dengan bisnis ilegal.

  Tilda sendiri memiliki toko obat alternatif "Mother's Touch" yang kelak akan menjadi tempat penting pada season ini


John "Bushmaster" Mclver (Mustafa Shakir)



  Pemimpin kelompok gangster "Styler" asal Jamaica yang menguasai kota Brooklyn, Bushmaster datang untuk menguasai kota Harlem yang membuatnya harus berhadapan dengan Luke Cage, tapi dibalik semua itu dia memiliki tujuan lain yang berhubungan dengan Mariah Dillard Stokes !!!

  Bushmaster sendiri memiliki tubuh kebal seperti Luke Cage yang didapatnya melalui tanaman "Nightshade" + ritual khusus, ditambah lagi Bushmaster memiliki kemampuan bertarung dan taktik yang cukup tinggi yang mampu merepotkan Luke dkk pada season kali ini. Bushmaster terlihat sulit untuk dihentikan dan layak menjadi tokoh favorit untuk season ini.

  Tapi ironisnya gelar tokoh terbaik season ini harus jatuh kepada....

Mariah Dillard (Alfre Woodard)



  Bagaimana bisa seorang "anggota dewan gagal" bisa menjadi tokoh terbaik versi saya pada season kali ini ??? jawabannya adalah masa lalu dan "cinta".

  2 hal di atas sukses menjadikan Mariah sebagai karakter yang sangat kompleks, pada awalnya Mariah ingin keluar dari bisnis ilegal dengan cara menjual sisa senjata selundupan, tapi sayangnya kemunculan Bushmaster membuatnya harus terjerumus ke dalam dunia gangster dan membuatnya mengalami "transformasi".

  Dan sama seperti season sebelumnya, kali ini Mariah tetap melakukan aksi "pencitraan" dengan memanfaatkan Tilda dalam membangun "Family First Initiative" (baca : rumah sakit gratis) yang hebatnya berhasil dia bangun (apa ini termasuk "kerja nyata"???) meskipun tetap harus diganggu oleh Bushmaster.

  Melihat aksinya, tidak heran jika saya menganggap wanita ini (baca : aktris) adalah penyebab dari Civil War.


(coba kalau dia tidak ada, mungkin Civil War tidak akan terjadi ???)

Claire Temple (Rosario Dawson)



  Suster hebat yang menjadi pasangan Luke sekaligus menampungnya dalam apartemen milik ibunya XD, hubungan mereka berdua kali ini sedikit "retak" karena sikap Luke pada pertengahan season.

  Di balik layar, Rosario Dawson sendiri mengatakan jika dia sudah "tidak bisa" melanjutkan peran sebagai Claire Temple karena ingin lebih dekat dengan keluarganya (selama ini proses shooting membuatnya terpisah dengan anak-anaknya).

James Lucas (Reg E. Cathey)



  Ayah dari "Carl Lucas" (nama asli Luke Cage) yang datang ke kota Harlem untuk berbaikan dengan anaknya, sayangnya Luke sendiri merasa jika ayahnya adalah penyebab UTAMA dari segala sesuatu yang terjadi pada hidupnya. Peran James sendiri terlihat minim tetapi penting bagi tindakan Luke di masa depan.

  Serial ini sendiri adalah peran terakhir Reg E. Cathey karena beliau meninggal pada bulan Februari tahun ini karena kanker paru-paru (jadi bisa menjawab mengapa penampilan dia pada serial ini tergolong minim).


=============================================================
=============================================================
=============================================================

SPOILER ALERT!!!

=============================================================
=============================================================

Inikah Rasanya menjadi Viral ???



  Menjadi pelindung kota Harlem membuat Luke menjadi sosok yang terkenal sekaligus viral di internet karena aksinya melakukan dabbing setelah menghancurkan salah satu gudang yang memproduksi narkoba. Luke juga sempat melakukan test untuk menguji kekuatannya, beberapa orang (apalagi Bushmaster) merasa kesal karena Luke dinilai lebih cepat daripada Usain Bolt dan mencoreng nama baik orang kulit hitam.

Ujian bagi Luke dan Claire



  Penyelidikan Luke membawanya ke Cockroach yang terkenal sering menganiaya istri dan anaknya. Saat memergoki Cockroach akhirnya Luke "lepas kendali" dan menghajar Cockroach sampai dia mengalami luka parah. Hal ini membuat Claire ketakutan dan meminta Luke untuk menjauhinya untuk sementara (baca : putus) sekaligus mengusirnya dari apartemen miliknya, Claire sendiri memilih untuk meninggalkan kota Harlem dan muncul lagi selama season ini berlangsung.

  Luke yang sedang dalam keadaan "galau" menerima serangan mendadak dari Bushmaster yang membuatnya KO.


(sangat tiba-tiba)

  sekedar mengingatkan, meskipun memiliki kulit yang membuatnya kebal dari segala jenis serangan, organ dalam tubuh Luke tidak mengalami perubahan sehingga Luke masih rentan jika mengalami luka dalam.

Misty dan "Hadiah rahasia"



  Misty yang kesal dengan perlakuan rekan kerjanya di kepolisian akhirnya memutuskan untuk "curhat" ke Coleen Wing sekaligus terlibat aksi keren. Nantinya Coleen dan Danny Rand memberi tangan mekanik canggih untuk Misty dan membuat Misty lebih bersemangat dalam menyelesaikan kasus yang dia tangani saat ini.

  Misty sendiri awalnya tidak berniat kembali ke kepolisian, tapi semua berubah setelah Misty mengetahui jika banyak kriminal yang dia tangkap bebas karena ulah "mantan" partnernya yang korup (Rafael Scarfe), salah satunya adalah Cockroach.

Rencana Mariah saat ini



  Mariah mencoba mencari penjual untuk membeli sisa senjata selundupan yang bernilai sekitar 20 juta dollar, uang ini akan Mariah gunakan untuk membeli saham sebuah perusahaan terkenal (Atreus Plastic) yang akan melakukan merger, info "terlarang" ini Mariah dapatkan dari Raymond "Piranha" Jones, seorang pemain saham.

  Untuk memuluskan usahanya, Mariah menggunakan salah satu dari 3 hal yang bisa "merusak" pria (Harta, Tahta, Wanita) yaitu Wanita dengan meminta salah satu pegawai Harlem Paradise untuk "bermesra-mesraan" dengan petinggi dari Atreus Plastic yang fotonya akan Mariah gunakan untuk memeras dirinya.

  Hasilnya tidak main-main karena Mariah mendapat untung hingga > 300 juta dollar meskipun harus menjadikan Harlem Paradise sebagai "jaminan", ide ini sendiri sebenarnya sudah ditentang oleh Shade.

Heroes For Hire



  Cockroach menuntut Luke sebesar 100 ribu dollar dan membuat Luke harus mencari penghasilan tambahan, melalui Foggy Nelson Luke diminta menjadi bodyguard untuk Piranha yang ternyata nge-fans sama Luke. Tapi meski begitu, Piranha tetap merasa jika dia dia mampu mengontrol Luke dengan uang dan cukup banyak menghina Luke selama dia menjadi bodyguard.

  Semua berubah saat anak buah Bushmaster menyerang dan berniat untuk menculik Piranha karena dia memegang kode akses untuk uang Mariah dan membuat Luke harus kabur sambil melindungi Piranha. Sayang sekali pada akhirnya Piranha tertangkap dan harus mati meskipun sudah memberitahu kode akses yang dibutuhkan oleh Bushmaster.


(oh tidak)

Antara Teman dan "Cinta"



  Shades beserta teman baiknya Darius "Comanche" Jones pergi ke "Pop Barber" untuk menangkap Luke yang pada waktu itu sedang kabur bersama Piranha. Disisni terlihat sekali jika Shade dan Comanche sangat akrab dan mempercayai satu sama lain, tapi sayangnya Comanche ternyata adalah seorang snitch (baca : pengkhianat) yang membocorkan semua rencana Mariah kepada Tom Ridenhour, kepala polisi yang ternyata dulu adalah "mantan" dari Mariah.

  Setelah mengetahui semua ini, secara terpaksa Shade harus membunuh Ridenhour sekaligus Comanche. Hal ini membuat diri Shades menjadi cukup terguncang dan mulai merasa jika hidup sebagai gangster sudah tidak cocok bagi dirinya.

Balas Dendam Bushmaster




  Setelah mendapat uang Mariah dan aset-asetnya, Bushmaster menangkap Tilda sekaligus Mariah dan berniat untuk membakar hidup-hidup Mariah di rumahnya sendiri, ternyata ini semua berhubungan dengan masa lalu Bushmaster dimana keluarganya dikhianati oleh keluarga Stokes dan membuat Bushmaster harus melihat ibunya dibakar hidup-hidup!!!

  Untungnya Luke berhasil menyelamatkan Mariah, tetapi hal ini membuat Bushmaster memburu Luke beserta orang-orang yang dia cintai dan memaksa Luke dkk (beserta Mariah) berlindung di sebuah gedung milik perusahaan Rand. Setelah pertempuran sengit akhirnya Bushmaster berhasil dihentikan tetapi berhasil kabur dengan cara meledakkan granat di mobil polisi meskipun harus terluka parah.

Kembalinya si Immortal Iron Fist



  Kejadian di atas membuat Danny Rand mendatangi Luke sekaligus membantunya dalam mencari Tilda Johnson yang Luke percaya sedang menyembuhkan Bushmaster. Penyelidikannya membawa mereka ke sebuah gudang dimana "Nightshade" dibuat dan berhasil mereka hancurkan.

  Aksi Danny dalam satu episode ini membuat saya menjadi yakin jika season 2 dari Iron Fist akan tampil lebih baik.

Transformasi Mariah Stokes



  dengan bantuan Shade, Mariah mengetahui lokasi Anansi dan Ingrid, 2 orang yang Bushmaster sayangi yang saat ini memiliki usaha restoran. Untuk membalas dendam Mariah MEMBUNUH semua orang yang berada di restoran pada saat itu sekaligus MEMBAKAR HIDUP-HIDUP ANANSI. Hal ini membuat Mariah merasa jika dia pantas menjadi seorang gangster (meskipun cara yang dia pakai sangat biadab).

  Hal ini akhirnya membuat Shades tidak tahan dan membuatnya menyerahkan diri kepada kepolisian dengan harapan kesaksiannya dapat membuat dirinya mendapat imunitas dari hukum. Salah satu anak buah Mariah (Sugar) juga memilih untuk keluar dan membuatnya menjadi informan bagi Luke.

Masa Lalu Bushmaster



  Bushmaster kecil harus hidup di tempat terpencil karena ayahnya (Quincy Mclver) menolak perjanjian untuk menyerahkan Harlem Paradise kepada Buggy Stokes meskipun harus dibayar dengan nyawa mereka berdua. Ibu Bushmaster (Gwen) menuntut keluarga Stokes yang akhirnya dibayar dengan dibakarnya rumah Bushmaster yang membuatnya harus kehilangan sang ibu.

  2 tahun kemudian, Bushmaster ditembak oleh Pistol Pete (salah satu anggota keluarga Stokes) yang membuat Anansi membawanya ke "dukun" terdekat untuk diberikan nightshade, tumbuhan yang bisa menyembuhkan luka tetapi akan berakibat fatal jika digunakan secara berlebihan.

  Ternyata Bushmaster adalah satu-satunya anak yang berhasil selamat dari vaksinasi, hal ini membuat tubuhnya menjadi "spesial" sehingga mampu menerima efek nightshade sekaligus memberinya kekuatan super (hal ini sendiri kurang dijelaskan dengan baik sih) meskipun Bushmaster harus mendapatkan asupan nighshade secara berkala. Mulai saat itu Bushmaster menyimpan dendam kepada keluarga Stokes.

Masa Lalu Mariah dan Tilda



  Ayah Tilda adalah Jackson Dillard yang dikenal sebagai sosok dokter yang sangat berjasa, tapi siapa sangka jika Jackson Dillard adalah seorang GAY!!!

  jadi siapa ayah Tilda ???

  Pistol Pete a.k.a Uncle Pete, jadi sebenarnya Tilda adalah produk dari hasil pemerkosaan + incest Pete kepada Mariah. Mama Mabel sendiri melarang Mariah untuk menggugurkan kandungannya dan memintanya untuk menikahi Jackson Dillard sampai nantinya Tilda akan dirawat oleh keluarga Johnson yang merupakan sepupu dari keluarga Dillard.

  Hal ini juga yang membuat Mariah tidak bisa menerima kehadiran Tilda sampai saat ini karena wajah Tilda mengingatkannya kepada Uncle Pete yang dulu memperkosa dirinya.

Pertempuran Terakhir



  Mariah yang mendapatkan kembali kekayaannya karena jasa pengacara "kriminal" super handal Ben Donovan membuat sebuah bunker khusus yang bisa melindunginya dari semua jenis serangan, tidak lupa juga Mariah memperluas bisnisnya menjadi narkoba dengan mengajak beberapa gangster yang ada di di Harlem. Untuk merayakan ini semua Mariah mengadakan sebuah konser gratis di Harlem Paradise.

  Bushmaster yang akhirnya pulih + mendapat nightshade "khusus" dari Tilda menyerang Harlem Paradise dan membuat Luke, Misty, dan Shades bekerjasama untuk menghentikannya.

  Dan seperti yang bisa ditebak, tubuh Bushmaster akhirnya tidak bisa menahan efek dari nightshade yang membuat dirinya harus kabur, tapi sisi baiknya Mariah akhirnya ditangkap secara resmi oleh kepolisian karena kesaksian dari Shade.

  Jadi seharusnya kota Harlem kembali damai bukan ???

................................
................................
................................

             SALAH BESAR!!!

Ending



  ditangkapnya Mariah membuat Harlem menjadi "medan perang" karena banyak terjadi perebutan daerah kekuasaan, terutama untuk Harlem Paradise. Hal ini membuat Mariah masih merada PeDe jika dirinya masih dibutuhkan untuk melindungi Harlem.

  Atas saran dari Shade, Luke secara terpaksa menjadi pengganti Mariah dengan cara mendatangi salah satu Boss gangster Rosaline Carbone dan menawarkan beberapa daerah khusus untuk kegiatan ilegal.


(Luke memang kuat, tapi bisakah dia melindungi semua orang ???)

  Bushmaster beserta Ingrid memutuskan untuk kembali ke Jamaica sambil membawa jasad Anansi, tetapi Bushmaster masih merasa jika Mariah pantas untuk dibakar (baca : mati).


(Semoga selamat sampai di tujuan)

  Di penjara yang selnya tergolong "mewah" (jangan lupa jika Mariah masih memiliki banyak uang XD), ternyata Mariah diincar oleh tahanan suruhan Rosaline yang sayangnya harus terbunuh karena masih ada tahanan lain yang mau melindungi Mariah.


(mati, mati, mati)

  Sialnya, tahanan tersebut dibunuh Mariah setelah terkuak jika dia dulunya adalah salah satu dari wanita milik Uncle Pete (Mariah masih membenci Pete sampai saat ini). Mariah benar-benar jahat sekaligus beruntung, apakah sulit sekali untuk "menghilangkan" wanita ini ???

  dengan menggunakan jasa Donovan, Mariah memintanya untuk MEMBUNUH semua orang yang pernah bekerja untuknya kecuali Donovan (karena dia pengacara) dan Sugar (karena istrinya memberikan baju saat rumah Mariah terbakar). Hal ini jelas membuat Harlem menjadi lebih berbahaya.

  Tilda mengunjungi Mariah dan berniat untuk "berbaikan" dengan ibunya, tetapi Mariah merasa ada yang aneh dengan ucapan Tilda yang membuat Mariah memanggil Donovan untuk membuat "surat".

  Saat Luke mengunjungi Mariah, akhirnya hal ini terjadi.


(Finally ???)

  ternyata Tilda memberikan sebuah racun (Beso de la Arana) yang diberikan melalui ciuman, akhirnya tokoh kompleks ini mati juga (entah saya harus bahagia atau sedih ???)

  Saat surat wasiat Mariah dibacakan, ternyata Mariah mewariskan "Harlem Paradise" kepada Luke dengan harapan kelak suatu saat nanti Luke akan terjerumus ke dalam dunia gangster. Luke yang merasa jika ini adalah satu-satunya cara agar Harlem menjadi aman terpaksa menerima "warisan" ini.

  Season kali ini ditutup dengan Harlem Paradise yang diisi musuh sekaligus kawan dengan Luke memandang mereka dari "puncak Harlem". Sugar mengatakan jika Claire datang tetapi Luke memintanya untuk "pulang" yang berarti Luke mulai menerima posisinya saat ini sebagai "penyeimbang kota Harlem".


(di "puncak dunia")

  Saya pribadi merasa akhir ini sangat pantas bagi Luke yang mencintai kota Harlem dan mencari cara untuk bisa melindunginya dari berbagai ancaman meskipun harus melalui berbagai pengorbanan, tapi setidaknya :

  • Luke bisa mengajak Jessica dan Danny untuk bersenang-senang di Harlem Paradise
  • Luke sudah tidak "Misqueen" lagi XD

  meskipun belum ada berita resmi tentang season 3, tapi jika benar dibuat maka ini akan menjadi ujian berat bagi SEMUA serial TV MCU karena alasan yang sangat simpel yaitu "Infinity War"

Apakah "Finger Snap" Thanos Berlaku untuk serial TV Marvel ???



  koneksi antara serial TV dengan film layar lebar akan sangat dipertanyakan jika tidak memberikan efek dari "Finger Snap" Thanos yang mampu menghapus setengah kehidupan dari alam semesta. Sampai saat ini semua serial TV mencari "jalan aman" dengan memakai setting sebelum Infinity War dimulai (kecuali untuk Agent Of SHIELD), entah apa yang terjadi untuk tahun-tahun depan. Apakah kelak kita akan melihat beberapa karakter berubah menjadi debu ??? apalagi rumor mengatakan jika Avenger 4 akan mengambil setting bertahun-tahun setelah Infinity War.

Conclusion


  Selain masih mempertahankan ciri khasnya, kekuatan terbesar Luke Cage terletak pada karakternya yang sangat terlalu menarik untuk dilupakan meskipun harus dibayar dengan cerita yang melebar kemana-mana. Dan jangan lupa ada faktor "Infinity War" yang membuat masa depan serial ini menjadi patut untuk dipertanyakan yang membuat saya "terpaksa" harus memberikan minus 10 untuk serial ini yang memiliki nilai awal 95.

My Score


85, Sweet XMAS!!!



temukan review lainnya di SINI



===============================================

POJOK IKLAN

Butuh Pemadam Kebakaran atau Peralatan Safety lainnya untuk rumah / tempat kerja anda ??? Hubungi Cipta Sarana Abadi (022-87308445) (cek web untuk info produk dll)

(dapatkan discount khusus dengan me-mention blog ini XD)

===============================================


No comments:

Post a Comment