Just A review From me: [TV SERIES] Marvel Jessica Jones Season 2 Review

Sunday, July 1, 2018

[TV SERIES] Marvel Jessica Jones Season 2 Review



Prolog


  3 Tahun yang lalu serial TV "Jessica Jones" muncul dan bersama Daredevil berhasil membuktikan kepada masyarakat jika MCU (Marvel Cinematic Universe) juga bisa memberikan sebuah cerita yang dengan berbagai elemen yang cukup sensitif (minuman keras, sex, dll). MCU sendiri pada saat itu dan sampai saat ini sering dianggap tampil FUN (baca : kekanak-kanakan) dan tidak mampu menampilkan cerita yang berat.




  Jessica Jones sendiri masih menjadi favorit saya dari 4 serial TV Marvel lainnya yang tayang di Netflix (Daredevil, Luke Cage, Iron Fist, dan The Defenders) karena dari episode awal saja sudah terlihat berbeda dan memberikan kesan jika Jessica Jones = Superhero yang tidak bisa diandalkan XD, apalagi adegan opening serial ini (lagi-lagi) tampil berbeda.


(Best Opening Scene MCU versi saya XD)

  Season 2 dari serial ini dirilis pada bulan maret lalu (jadi review ini jelas TELAT banget -_-), sayangnya pada waktu itu saya masih terkena hype Infinity War sehingga memutuskan untuk menunda serial yang ternyata "keren" ini, ditambah lagi ending Infinity War yang sangat WTF membuat minat saya hilang untuk film / serial MCU lainnya. Alhasil baru pada akhir bulan Juni serial ini berhasil saya tonton.

  Jessica Jones Season 2 masih memiliki banyak hal yang bisa menghibur penonton (terutama dari segi misteri) tetapi memiliki kekurangan besar dari segi villain (harap dimaklum karena Kilgraves masih menjadi standar tertinggi untuk villain terbaik versi serial TV XD). Pacing serial TV ini juga masih tergolong lambat meskipun diisi berbagai hal yang membuat berbagai karakter menjadi menarik jadi siapkan mental sebelum menonton serial ini XD.

  Akhir kata, semoga saya bisa me-review Luke Cage Season 2 secepatnya (lho!!!) XD.

Story


  Jessica kembali membuka "Alias Investigations" dan mendapat banyak "calon" klien baru, apalagi dia sudah dianggap sebagai sosok "Vigilante Hero" sehingga banyak warga percaya jika Jessica mau mengabulkan permintaan klien sampai permintaan yang aneh-aneh (baca : membunuh). Kasus yang ditangani Jessica kali ini membuatnya harus menggali ingatannya tentang IGH (perusahaan yang memberikannya kekuatan super) sekaligus harus berhadapan dengan sosok yang selama ini Jessica anggap sebagai "monster".

  Di lain tempat, Trish Walker yang karirnya sedang tersendat berusaha menyelidiki tentang IGH yang (tentu saja) membuatnya diincar berbagai pihak. Selain itu ada pengacara handal Jeri Hogarth yang kali ini tampil berbeda, ada apa gerangan ???

  meskipun masih memiliki pacing yang lambat, serial ini berhasil mengatasinya dengan memberikan kisah misteri yang menarik untuk diikuti meskipun hasil akhirnya tidak seperti yang anda harapkan, hal ini juga yang membuat sosok villain yang ada terlihat menyedihkan, tapi itu juga jika anda menganggapnya sebagai villain (membingungkan bukan XD ???).

  dan seperti season sebelumnya, Jessica tetap tampil sebagai sosok yang "tidak bisa diharapkan", mungkin lebih tepat jika namanya diganti menjadi "Jessica Ngenes XD". Elemen "dewasa" juga banyak mengisi season kali ini (bahkan di setiap episode PASTI ada minuman keras).

Characters


Jessica Jones (Krysten Ritter)



  Private Investigator (P.I) yang dikenal sebagai vigilante hero setelah aksinya pada akhir season 1 diketahui oleh masyarakat, kali ini Jessica diminta untuk menyelidiki IGH setelah beberapa pihak terbunuh karena diincar oleh sosok yang Jessica anggap sebagai "monster" karena pernah muncul di ingatannya. Sialnya lagi aksi penyelidikan Jessica diganggu 2 orang yaitu Pryce Cheng (Terry Chen), P.I yang mencoba untuk "memaksa" Jessica untuk bergabung dengannya dan Oscar Arocho, "bapak kost" yang siap mengusir Jessica dari apartemen yang dia sewa selama ini!!!

  meskipun terlihat "ngenes", setidaknya akting Krysten Ritter semakin membuktikan jika dia cocok memerankan Jessica Jones yang memiliki banyak masalah (dapat terlihat dari setiap ekspresi yang dia perlihatkan XD). Jadi jangan heran jika Jessica sering minum minuman keras untuk mengatasi masalahnya tersebut -_-

Trish "Patsy" Walker (Rachael Taylor)



  Masih dianggap sebagai "Patsy" oleh beberapa orang dan keinginannya yang besar untuk menguak IGH membuat karir Trish sebagai penyiar acara radio "Trish Talk" menjadi tersendat, apalagi demi mencapai tujuannya Trish tidak segan-segan untuk menghubungi ibunya (yang dia benci) untuk menemui seseorang yang pernah melecehkannya di masa lalu.

  Proses investigasinya juga mengundang perhatian beberapa pihak tidak dikenal, terutama dari si "monster" yang mengincar mereka yang memiliki hubungan dengan IGH, tapi siapa sangka kelak Trish akan berubah menjadi sosok yang menyebalkan yang saya harap tidak akan berlanjut karena jika diteruskan maka Trish akan seperti sosok Iris dari tetangga sebelah yang tidak perlu saya sebut.

Malcolm Ducasse (Eka Darville)



  Tetangga Jessica yang pada season 1 menjadi pecandu narkoba yang akhirnya dimanfaatkan oleh Kilgraves, kali ini Malcolm sudah berhasil menjauhi narkoba dan menjadi asisten pribadi bagi Jessica (meskipun pada prakteknya dia sering dipecat XD). Malcolm kelak akan mendapatkan berbagai pelajaran berharga untuk menjadi seorang PI dari Jessica.

  Meskipun sudah menjauhi narkoba, Malcolm tetap membutuhkan sebuah "pelampiasan" dalam bentuk sex yang membuatnya hampir menjadi seorang sex addict (entah ini hal yang buruk atau tidak ???)

Jeri Hogarth (Carrie-Anne Moss)



  Kali ini Jeri memiliki "sesuatu" yang membuat karirnya terancam, apalagi Jeri diminta untuk keluar dari tempat dia bekerja oleh rekan kerjanya. Hal ini membuat Jeri tampil "sedikit" berbeda dan memiliki kisahnya sendiri yang sangat menarik untuk diikuti. Kisah Jeri sendiri mungkin bisa menjadi "inspirasi" bagi mereka yang mengalami hal serupa XD.

Oscar Arocho (J. R. Ramirez)



  Supervisor baru di apartemen Jessica yang tampil sangat "bersih" meskipun memiliki banyak rahasia, Oscar sendiri berencana untuk mengusir Jessica karena dianggap menjadi sosok yang berbahaya bagi apartemen yang ia kelola. Selain itu Oscar juga memiliki keahlian lain yang akan berguna bagi beberapa karakter.

The Monster



  Sosok yang membunuh berbagai pihak yang memiliki hubungan dengan IGH, kekuatan yang dia miliki JAUH lebih hebat daripada Jessica yang membuatnya sulit untuk dihentikan.




==============================================================
==============================================================
==============================================================
==============================================================

TULISAN DI BAWAH MENGANDUNG SPOILER KELAS BERAT!!!


===============================

Whizzer dan IGH



  Robert "Whizzer" Coleman adalah pemuda ketakutan yang meminta pertolongan pada Alias Investigations karena merasa jika dia sedang diincar oleh seseorang. Robert mengaku jika dia memiliki kekuatan super yang hanya muncul jika dia sedang ketakutan. Tentu saja pada awalnya Jessica menganggap jika ini semua adalah bualan belaka.

  Tapi semua berubah saat dia terbunuh dan membuat Jessica percaya jika semua ini berhubungan dengan IGH.

Memburu Monster



  Penyelidikan Jessica dan Trish berjalan kurang mulus karena "monster" selalu berada satu langkah di depan mereka dengan membunuh beberapa saksi penting untuk kasus ini, salah satunya adalah Will Simpson yang selama ini menguntit Trish untuk melindunginya. Sebelum membuang mayat Simpson, Trish mengambil tas Simpson yang berisi berbagai senjata + inhaler yang mampu memberikan kekuatan super untuk sementara (Trish sepertinya lupa jika benda ini nyaris membunuhnya pada season 1 -_-).

  Penyelidikan Jessica akhirnya membawanya pada Inez Green, mantan perawat yang pernah bekerja di IGH yang saat ini menjadi seorang gelandangan. Khawatir jika Inez akan diincar "monster" maka Jessica menitipkannya pada.....

Ada Apa Dengan Jeri Hogarth ???



(Kok jadi begini ???)

  Jeri yang selama ini dikenal sebagai sosok yang selalu "mengontrol" orang lain ternyata didiagnosis terkena ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis, mungkin anda mengenalnya melalui "Ice Bucket Challenge" ???), diperkirakan usia Jeri hanya bertahan 2 s/d 8 tahun lagi karena penyakit ini. Sontak hal ini membuat rekan bisnisnya mencoba "mengusirnya" yang Jeri coba balas dengan meminta Jessica untuk mencari kelemahan mereka. Jeri juga mencoba untuk "menikmati hidup" dengan menyewa pelacur dan melakukan pesta narkoba di apartemen mewahnya.

  Di luar itu semua, Jeri mencoba berbagai cara agar dia bisa sembuh tapi belum membuahkan hasil, semua mulai berubah saat Inez memberitahu tentang sebuah pasien IGH lain yang memiliki kemampuan untuk "menyembuhkan" yaitu Shane Ryback yang saat ini sedang dipenjara.

  Oh ya, Inez yang tinggal bersama Hogarth ternyata sifatnya cukup "kurang ajar" dengan mencoba merampok beberapa barang mahal yang ada di apartermen miliki Jeri, tapi hal ini juga yang membuat Inez menyadari jika Jeri menderita ALS.

  Ngomong-ngomong, hidup berdua dengan Jeri juga sudah merupakan "cobaan" berat sih (tahu sendiri kan Jeri itu suka memakan "sesama" XD).


(korban terbaru Jeri XD)

Rahasia Oscar



  Selain jago melukis, Oscar juga mampu membuat berbagai dokumen palsu dengan sangat detil, hal ini yang membuatnya dapat menjadi supervisor dengan membuatnya dokumen palsu untuk "pacar" ilegal (baca : LGBT) dari pemilik apartemen. Oscar memiliki seorang anak yaitu Vido yang ternyata sangat nge-fans dengan Jessica karena dia memiliki kekuatan super.

  Ternyata Oscar sedang dalam proses perceraian dan sedang memperebutkan "hak asuh" Vido dari mantan istrinya yang membuatnya sedikit sensitif jika ada pihak berwajib yang berada di sekitarnya, hal ini yang membuatnya memutuskan untuk mengusir Jessica. Untung saja semua berakhir "baik" karena Vido "diculik" oleh ibunya yang membuat Oscar harus meminta bantuan pada Jessica untuk menemukan Vido. Hal ini membuat Oscar menjadi tertarik pada Jessica (cie cie XD).

Identitasnya adalah....



  "Monster" adalah Alisa Jones, ibu Jessica yang ternyata masih hidup meskipun harus memiliki muka yang berbeda (mukanya hancur karena kecelakaan yang menimpa keluarga Jessica) dan harus diselamatkan dengan rekayasa genetika yang membuatnya memiliki kekuatan super tetapi emosinya menjadi SANGAT SANGAT SANGAT tidak stabil yang membuat Alisa dapat membunuh orang dengan mudah (bahkan dari cara dia bernafas sudah terlihat jika Alisa memiliki masalah dalam mengontrol emosi). Selama ini Alisa menjadi "kelinci percobaan" bagi Dr. Karl Malus yang pada akhirnya malah mencintainya dan menikahi dirinya (cie cie XD).

  Tapi tunggu dulu, ternyata dulu Alisa pernah kabur demi bertemu dengan Jessica lho!!!

Masa lalu Jessica dan Trish



  Trish pernah menjadi penyanyi pop dengan single "I Want Your Cray Cray" meskipun harus terlibat dalam berbagai "kehidupan malam", hal ini membuat Jessica yang saat itu sedang kuliah menjauhi Trish dan menjalin hubungan dengan bartender bernama Stirling Adams yang memiliki cita-cita untuk membuka bar dengan nama.....

  "Alias"

  jadi sudah bisa ditebak bagaimana nasib Stirling selanjutnya bukan ???


(mudah ditebak)

  Alisa yang kabur demi menemui Jessica menemukan fakta jika Stirling ingin memanfaatkan Jessica untuk melakukan tindak kriminal, hal ini membuat Alisa (emosinya tidak stabil lho!!!) membunuh Stirling dan akhirnya kembali ke tempat Dr malus.

Hubungan Ibu dan Anak



  Sekarang Jessica sedang dalam dilema, apakah dia rela melaporkan ibunya pada polisi dan terancam akan dikurung dalam "The Raft" (penjara orang-orang super yang pernah muncul di Civil War), atau memilih untuk membiarkan Alisa hidup bahagia bersama Dr Malus.

  Awalnya Jessica memilih untuk melaporkan ibunya, tetapi semua berubah saat ibunya kabur dan memilih untuk tinggal sementara di apartemen Jessica, sayang hal ini diganggu oleh ulah Pryce Cheng yang "tidak sengaja" menembak Jessica karena ingin membalas dendam kematian temannya yang pernah dibunuh oleh Alisa. Pada akhirnya (setelah mencari Vido bersama Oscar dan Alisa) Alisa ditangkap pihak kepolisian dan terancam dikurung dalam "The Raft".

Trish Kok Jadi Begini ???



  Trish yang ingin memiliki karir cemerlang + dipengaruhi inhaler akhirnya keluar dari acara "Trish Talk" dengan "cemerlang", hal ini membuat dirinya mendapat tawaran acara di studio TV yang menjadi idamannya selama ini. Tetapi habisnya inhaler membuat audisi Trish gagal dan menjadikannya "haus" akan asupan zat ini. Setelah mendengar semuanya dari Jessica (tentang IGH dan Alisa), Trish memutuskan untuk mendatangi tempat persembunyian Dr malus dan menjadikan tubuhnya sebagai bahan eksprerimen agar Trish dapat memiliki kekuatan super.

  Untungnya proses ini berhasil digagalkan di tengah jalan, tetapi hal ini membuat Trish harus dirawat di rumah sakit karena tubuhnya mengalami reaksi negatif dari berbagai zat yang sebelumnya masuk ke tubuhnya. Dr Malus sendiri akhirnya melakukan aksi bunuh diri setelah sadar jika eksperimennya selama ini hanya menghasilkan hal buruk.


(saking "kebelet" pengen jadi Superhero -_-)

  tapi tunggu, ternyata sebelumnya Dr Malus memberitahu Jessica jika dia tidak pernah memiliki pasien yang bisa "menyembuhkan" orang lain. Jadi bagaimana dengan nasib Jeri Hogarth ???

Balas Dendam ala Jeri Hogarth


  Jeri yang sudah melakukan banyak cara untuk sembuh akhirnya menyadari jika dirinya DITIPU oleh pasangan Inez dan Shane, ditambah lagi semua barang mewah yang Jeri miliki HABIS dirampok oleh dua manusia yang tidak tahu balas budi ini -_-. melihat Jeri pulang dan mendapati apartemennya ludes + menyadari jika dia tidak belum sembuh dari ALS adalah adegan tersedih dari serial ini versi saya.


(dibohongi + ditipu)

  tapi Jeri tidak tinggal diam, dengan menggunakan keahliannya + uang akhirnya dia mampu menemukan tempat Shane berada saat ini, dengan menggunakan kemampuan persuasi + berbohong Jeri mampu meyakinkan Inez jika Shane adalah pria yang jahat dan pantas untuk mati, tidak lupa Jeri membekali Inez dengan sebuah senjata. Setidaknya hal ini berhasil menyakinkan Jeri jika dia masih bisa mengontrol orang lain.


(NICE!!!)

Akhir Perjalanan Ibu dan Anak



  Alisa yang mendengar kematian Dr Malus akhirnya kabur (lagi) dari penjara dan berniat untuk membunuh Trish, sayangnya Trish tidak bisa ditemukan dan membuat Alisa menculik Jessica saat mereka berdua bertemu di apartemen milik Trish.

  Alisa memiliki rencana untuk hidup berdua bersama putrinya di negara lain yang disetujui oleh Jessica yang nantinya meminta Oscar untuk membuat dokumen palsu, tapi sebuah kejadian yang terjadi di perjalanan mereka membuat Alisa merasa jika dia sudah tidak bisa bersama Jessica lagi dan akhirnya memutuskan untuk membocorkan lokasi mereka di Playland, tempat liburan favorit keluarga Jones.

  Jessica yang menghormati keputusan ibunya memilih untuk menemaninya di saat-saat terakhir karena mengira jika tempat tujuan Alisa berikutnya adalah "The Raft".


(Good Bye Mother T_T )

  Sayangnya semua harus berakhir menyedihkan saat Alisa mati ditembak oleh.....


(!@#$%^&*()_+ )

  Trish



(bener-bener jadi karakter paling nyebelin)

  tapi kok adegan "nembak tiba-tiba" ini terlihat familiar yah.....


(oh tidak, apa ini berarti Trish = Iris ???)


Jessica Ngenes


  Malcolm yang meneruskan tugas Jessica dalam mencari kelemahan rekan kerja Jeri akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai mitra baru Jeri yang membuat firma hukumnya sendiri setelah mendapat "uang tutup mulut" dari mantan rekan kerjanya XD. Malcolm sendiri sekarang bekerja bersama Pryce Cheng.


(Good Bye asisten pribadi)

  Jessica tidak bisa memaafkan Trish setelah apa yang terjadi dengan ibunya akhirnya memutuskan hubungannya dengan Trish.


(Good Bye saudara)

  Trish akhirnya menyadari jika dia memiliki refleks super dan menyiratkan jika dia memiliki kekuatan super (di komik Trish memang menjadi superhero dengan julukan "Hellcat").


(membunuh ibu sahabat sendiri dan dapat kekuatan super, cuma Trish yang bisa kayak gini)

  Jessica yang kehilangan keluarga + teman akhirnya menemukan penggantinya dalam bentuk Oscar dan Vido.


(mencoba menjadi normal)

Conclusion


  meskipun memiliki pacing super lambat dan villain yang mudah dilupakan, Jessica Jones masih mampu menghibur penonton dengan jalinan cerita nan berat tetapi SANGAT menarik untuk diikuti, tapi hal ini tidak akan menggangu mereka yang sudah menjadi fans dari serial ini (seperti saya ^_^).

My Score


80, "I never figured out how to life"



temukan review lainnya di SINI






3 comments:

  1. Ditunggu review tv series marvel lainnya ya gan. Keren keren

    ReplyDelete
  2. she (patsy) got his 'cat-sense'at the last episode from karl's experiment using the cat vaccine,wasnt it? is that possible?

    ReplyDelete
    Replies
    1. she get it from the experiment before it get interrupted by Jessica so let's says she's got "lucky"

      Delete