Just A review From me: [TV SERIES] Better Call Saul Season 3 Review

Thursday, July 20, 2017

[TV SERIES] Better Call Saul Season 3 Review

*AWAS SPOILER!!!




Prolog


  Season 1 dan 2 dari Better Call Saul mungkin bukan tontonan yang tepat bagi anda yang menginginkan sebuah cerita yang cepat dan menarik, ada terlalu banyak hal "membosankan" yang membuat serial ini tidak cocok bagi kebanyakan orang. Jika bukan karena Breaking Bad, cerita Mike, dan karakter Jimmy mungkin saya tidak akan menonton serial ini.

  Lalu bagaimana dengan Season 3 ??

  Bisa dibilang masih membosankan karena jalan cerita yang berjalan dengan lambat, tapi setidaknya pada season 3 ini akan ditampilkan hasil akhir dari pertempuran "akal" antara Jimmy dan Chuck yang memakan banyak porsi di season ini. Porsi Mike di season 3 juga cukup berkurang, tapi entah kenapa terlihat sangat cocok untuk keseluruhan serial ini.

  Akhir kata,bagi saya season 3 merupakan puncak dari perubahan Jimmy menjadi Saul.

Story


  Di masa kini, Gene kembali menjalani hidupnya yang membosankan sebagai manager di toko Cinnabon, sampai suatu hari dia memberikan nasehat kepada seorang pencuri untuk mencari seorang pengacara, kejadian tersebut akhirnya membuat Gene jatuh pingsan tanpa sebab yang jelas.

  Kembali ke masa lalu, setelah akhir di Season 2 dimana Chuck berhasil merekam pengakuan Jimmy tentang perbuatan dia dalam memanipulasi dokumen penting, Chuck mulai menyusun rencana untuk menjatuhkan Jimmy. Di lain pihak, Jimmy harus bekerja keras mencari klien baru bagi firma hukum baru miliknya sambil mempersiapkan diri untuk melawan Chuck di dalam persidangan.

  Di lain pihak, Mike akhirnya berhasil menemukan sosok yang mencegah dia untuk membunuh Hector Salamanca lalu menjalin sebuah kerjasama dengannya.

  Banyak nilai plus dari season ini, terutama dari pertarungan Jimmy VS Chuck yang jadi fokus bagi season ini, munculnya kembali beberapa tokoh dari Breaking Bad juga menambah nilai serial ini.



Characters


James "Jimmy" Mcgill (Bob Odenkirk)



  Setelah mengetahui bahwa Chuck merekam pembicaraan mereka tentang manipulasi dokumen, Jimmy akhirnya termakan "jebakan" yang sudah disiapkan oleh Chuck yang akhirnya membuat dia harus menjalani persidangan. Tapi tenang saja, Jimmy memiliki "rencana" balasan.

  Di season ini akhirnya Jimmy menggunakan nama Saul sebagai nama samaran untuk iklan yang dia buat (meskipun cara pembuatan iklan ini cenderung ilegal).


Charles "Chuck" Mcgill Jr (Michael Mckean)



  Meskipun sudah memiliki bukti berupa rekaman, ternyata di mata hukum rekaman ini tidak berguna (karena direkam secara diam-diam), tapi hal ini tidak menghentikan Chuck untuk membawa Jimmy ke persidangan. Bahkan Chuck sudah menyiapkan sebuah "rencana" khusus untuk membawa Jimmy ke persidangan.

  Di season ini, kembali Chuck harus menanyakan dirinya tentang penyakit EMS (Electromagnetic Hypersensitivity) yang dideritanya, apakah penyakit ini benar-benar nyata ataukah hanya bualan belaka dan Chuck ternyata menderita penyakit mental ???

  Mungkin ironis, tapi Chuck adalah karakter terbaik di season ini, sikap yang dia perlihatkan benar-benar menunjukkan seseorang yang mempertanyakan keadaan mentalnya (EMS), apalagi Chuck adalah karakter yang benar-benar menjunjung tinggi hukum yang ada walaupun orang-orang di sekitarnya mulai meragukan dirinya.

  Karena hal inilah, saya cukup kesal dengan nasib akhir Chuck, benar-benar memberi kesan bahwa "hidup itu tidak pernah adil".

Gustavo "Gus" Fring (Giancarlo Esposito)



  Dialah sosok yang menghalangi Mike untuk membunuh Hector Salamanca, Gus sendiri adalah seorang distributor narkoba yang jenius karena memiliki penyamaran yang sangat "sempurna" dengan memakai restoran ayam Los Pollos Hermanos. Setelah membuat perjanjian dengan Mike tentang cara dia menangani Hector, Gus bersedia membantu Mike untuk "mencuci uang" Mike yang didapat dari mencuri salah satu truk milik Hector.

  Kenapa Gus tidak ingin Hector mati ?? karena bagi Gus kematian adalah hal yang terlalu mewah bagi Hector (dia ingin Hector menderita,alasan lengkapnya dapat dilihat di Breaking Bad).

  Gus sendiri adalah Villain favorit saya di Breaking Bad, memang di serial ini aksinya tidak banyak, tapi yang paling berkesan adalah saat orang-orang Hector menyandera semua karyawan Los Pollos Hermanos dan meminta Gus untuk datang (para karyawan ini tidak tahu tentang usaha sebenarnya dari Gus). Di sini Gus mendatangi Hector dengan terhormat dan meminta Hector untuk melepaskan para karyawannya (sekaligus memberi mereka bonus lembur karena kejadian ini). Di sini Gus dengan "terpaksa" harus mengikuti keinginan Hector yaitu ikut menyelundupkan Narkoba yang dimiliki oleh grup Hector (karena kegiatan distribusi Hector disabotase oleh Mike), di sini sebenarnya Gus-lah yang menang.

  Dan adegan ini ditutup dengan Gus yang merapihkan restoran seorang diri, sungguh sebuah aksi yang terpuji, coba saja ada wartawan dan fotografer, pasti hal ini akan menjadi "pencitraan" yang baik bagi Gus XD.


(Boss Narkoba saja mau membersihkan sampah,bagaimana dengan anda ??)

Nacho Varga (Michael Mando)



  Sebelumnya Nacho adalah tangan kanan dari Tuco Salamanca (cucu Hector), tapi dia sendiri berniat untuk membunuh Tuco dan meminta Mike untuk membunuh Tuco, sayang Mike lebih memilih untuk mengirim Tuco ke penjara dengan alasannya tersendiri. Setelah kejadian ini Nacho menjadi tangan kanan untuk Hector. Sifat Nacho sendiri terlihat selalu berada diantara hitam dan putih sehingga cukup sulit untuk menganggap dia sebagai tokoh antagonis.

  Setelah Hector iri dengan usaha Gus dan berniat untuk menggunakan usaha ayah Nacho (pembuatan jok mobil) sebagai penyamaran untuk distribusi narkoba mereka, Nacho akhirnya berniat untuk membunuh Hector dengan menukar obat jantung yang Hector konsumsi, berhasilkah usaha Nacho ?? (yang sudah nonton Breaking Bad pasti tahu dong jawabannya XD)

  Oh ya, Michael Mando juga sempat muncul di Spider-Man Homecoming sebagai MacGargan a.k.a Scorpion lho!!

Hector Salamanca (Mark Margolis)



  Salah satu petinggi dari Juarez Cartel yang memiliki banyak usaha ilegal, terutama tentang narkoba. Di sini hector terlihat seperti sosok cartel yang ditakuti karena tidak segan-segan mengancam orang-orang agar mau menuruti semua keinginannya. Mike menjadi kesal terhadap Hector setelah Hector mengancam akan menyakiti cucu dan menantu Mike sehingga membuat Mike mulai menyabotase usaha milik Hector dan nantinya membunuh Hector karena Hector tidak segan-segan membunuh orang yang tidak bersalah (sayangnya aksi ini dihalangi oleh Gus).

  Setelah iri dengan cara Gus dalam mendistribusikan narkoba dan kesal karena usahanya akhir-akhir ini disabotase oleh Mike. Hector meminta Nacho untuk menggunakan usaha ayahnya sebagai penyamaran baru, dan Nacho secara diam-diam mulai mencari cara untuk meracuni Hector.

Mulai di bawah adalah Spoiler kelas menengah, akhiri membaca tulisan ini jika anda tidak siap.


Rencana Licik Chuck


  Setelah mengetahui bahwa rekaman yang dia miliki tidak berguna, Chuck menyewa seorang PI (Private Investigator) yang menjaga rumahnya siang malam dan memanipulasi beberapa orang agar berita rekaman ini diketahui oleh Jimmy. Setelah Jimmy mengetahui hal ini Jimmy langsung pergi ke rumah Chuck, merusak pintu masuk, dan menghancurkan rekaman yang dimiliki Chuck.

  Sialnya bagi Jimmy, aksinya ini disaksikan oleh Chuck, Howard, dan PI. Dan hal inilah yang menjadi bukti otentik untuk membawa Jimmy ke meja hijau.


(bagaimana para saksi, sah ??? XD)

  Tapi dibalik semua ini, Chuck hanya ingin Jimmy berhenti sebagai pengacara karena merasa dunia hukum tidak pantas dinodai oleh orang seperti Jimmy.


Serangan Balasan Dari Jimmy


  Jimmy membalas perbuatan Chuck dengan menyewa Mike untuk memperbaiki pintu Chuck yang dia rusak, dan di sini Mike mangambil foto keadaan rumah Chuck yang akan Jimmy gunakan sebagai senajta di pengadilan dengan memanfaatkan penyakit EMS yang Chuck derita dengan menyebut gaya hidup Chuck sebagai gaya hidup yang berbahaya.

  Lebih lanjut, Jimmy membawa Rebecca, istri Chuck saat persidangan mereka berlangsung dengan harapan dapat membuat Chuck baper karena penyakit EMS chuck bermulai setelah perceraian dia dengan Rebecca.

  Dan puncaknya, Jimmy memancing Chuck tentang penyakit EMS dan secara diam-diam sudah memasukkan baterai ke dalam saku milik Chuck. Sontak hal ini membuat semua testimoni Chuck tentang EMS menjadi hancur karena dia seharusnya sudah merasakan baterai itu selama persidangan berlangsung.

  Dan sebagai puncaknya, Chuck akhirnya marah-marah dan mengamuk di persidangan, sebuah kejadian yang dia anggap sebagai kejadian paling memalukan dalam hidupnya.


(yakin kamu gak gila Chuck ???)

  Hasil akhirnya ?? Jimmy dilarang menjadi pengacara selama 1 tahun dan harus melakukan beberapa kegiatan masyarakat (community service).


Berbagai Masalah Menimpa Jimmy


  Tidak bisa menjadi pengacara juga berdampak besar bagi finansial Jimmy, apalagi Jimmy masih memiliki kontrak iklan yang akan membahayakan dirinya jika orang lain belum tahu bahwa dia sudah bukan pengacara lagi. Alhasil Jimmy akhirnya membuat sebuah "iklan yang menjual iklan" dengan memakai nama Saul Goodman.


(akhirnya nama ini muncul)

  Terpaksa harus mencari klien iklan baru setiap hari menjadi kegiatan sehari-hari bagi Jimmy setelah dia melakukan community service. Sulitnya mencari klien baru membuat kondisi finansial Jimmy menjadi memprihatinkan yang membuat dia melakukan berbagai aksi penipuan hanya untuk mendapatkan uang.

  Puncaknya adalah saat Jimmy pergi ke asuransi untuk meminta premi (premium) malpraktek miliknya dikembalikan dan ditolak, malah biaya premi miliknya naik karena hal ini, di sini Jimmy akhirnya menangis dan akhirnya curhat tentang keadaan dirinya dan Chuck saat ini.


( konon pria sejati hanya menangis di saat-saat tertentu :'( )

  tapi ternyata, itu semua adalah bagian dari rencana "kejam" Jimmy untuk Chuck.


(senyuman yang sangat menggoda XD)


MULAI DI BAWAH INI ADALAH SPOILER KELAS BERAT, JANGAN DIBACA KLO GAK MAU NYESEL!!!!!!

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Akhir Kisah Sandpiper


  Kasus korupsi di panti jompo Sandpiper adalah kasus yang melambungkan nama Jimmy, Jimmy sendiri memiliki bagian 20% dari kasus ini dan saat ini kasus Sandpiper ditangani oleh berbagai firma hukum.

  Setelah mengetahui bahwa pihak Sandpiper sudah mewarkan "jalan damai" dan Jimmy bisa mendapat jutaan dollar dari kasus ini, Jimmy mulai melakukan aksi "kurang ajar" dengan mendekati Irene, salah satu manula yang ada disana dengan mulai mengistimewakan Irene (memberikan banyak barang mahal) yang membuat manula lain merasa bahwa Irene bekerjasama dengan pihak Sandpiper untuk menahan kasus ini (karena Irine memiliki barang mahal pemberian Jimmy). Hal ini membuat Irene mulai dijauhi oleh teman-temannya (bayangkan hal ini terjadi saat anda sudah tua ??).

  Puncaknya adalah saat Jimmy membuat acara Bingo dan memanipulasi agar Irene menang, tak ada manula lain yang ikut bertepuk tangan membuat Irene merasa depresi. Tapi sayangnya semua tindakan Jimmy ini tidak memberikan hasil baginya karena kasusnya tetap berjalan. Jimmy mencoba memperbaiki semua ini dengan meyakinkan manula lain bahwa Irene tidak terlibat, sayangnya hal tersebut tidak membuat perubahan yang berarti.

  Pada akhirnya  Jimmy  "mengakui" semua perbuatan dia secara "tidak sengaja" menjadi saat menjadi instruktur Yoga bagi para manula. Jimmy mungkin akan mendapat uang yang banyak, tapi imagenya di mata manula sudah TAMAT (padahal Jimmy sudah merasa bahwa hukum tentang warisan sudah menjadi keahliannya).



(perbuatan "sengaja" yang "tidak disengaja")

Ending yang Cukup Menyedihkan


  Lalu bagaimana nasib Chuck setelah kasusnya dengan Jimmy berakhir ???

  Chuck sudah menyadari bahwa EMS miliknya adalah penyakit mental dan mulai melakukan terapi agar dia sembuh, hal ini cukup membawa perubahan positif karena Chuck mulai bisa menggunakan peralatan listrik di rumahnya.

  Bencana terjadi saat Howard memberi berita bahwa premi asuransi milik firma hukum mereka naik karena sudah mengetahui keadaan mental Chuck, di sini Howard meminta Chuck untuk pensiun karena tidak ingin nama besar firma hukum mereka rusak karena hal ini.

  Balasan dari Chuck ?? dia malah menuntut HHM dengan jumlah sebesar 8 juta dollar, jumlah yang Chuck tahu tidak dimiliki oleh HHM. Chuck merasa lebih baik HHM bubar daripada dia harus keluar dari HHM.

  Sayangnya bagi Chuck, Howard akhirnya mau membayar tuntutan Chuck melalui dana pribadi (walaupun dengan cara dicicil). Satu lagi rencana Chuck yang gagal :'( , apalagi setelah kejadian ini Chuck bertemu Jimmy dan akhirnya memutuskan hubungan diantara mereka berdua.

  Dan di sini penyakit EMS Chuck mulai kambuh lagi, kali ini malah lebih karena Chuck terobsesi untuk menyingkirkan semua peralatan lsitrik dari rumahnya (sampai tidak ragu untuk merusak rumah dan meteran listrik yang ada di rumahnya).

  Dan disinilah adegan akhir season ini dimulai, Chuck dengan kondisi depresi super duduk sambil menendang-nendang lampu gas yang sedang menyala. Lampu ini akhirnya jatuh dan menyebabkan kebakaran di rumah Chuck. Nasib Chuck sendiri tidak ada yang tahu (kemungkinan besar mati mengingat kondisi dia yang sedang depresi).



  Saya sendiri sudah menebak sejak episode awal bahwa Chuck (dan beberapa tokoh lain) PASTI akan menghilang/mati (karena Saul tidak pernah menyinggung tentang mereka di breaking Bad), tapi caranya gak begini juga dong!!!

  Good Bye Chuck, dirimu sungguh adalah seorang hamba hukum sejati :'(

Conclusion


  Season 3 kembali menyajikan jalan cerita yang lambat tapi sangat menarik untuk diikuti, saya benar-benar berharap di season 4 Jimmy akan menjadi sosok "pengacara kriminal" yang sejati karena sudah tidak ada halangan untuk berbuat demikian.


My Score


80, Good Bye Jimmy, 
Welcome Saul Goodman



temukan review lainnya di SINI.

No comments:

Post a Comment