Just A review From me: [ISENG] Kekhawatiran Saya Untuk Spiderman Homecoming

Tuesday, July 4, 2017

[ISENG] Kekhawatiran Saya Untuk Spiderman Homecoming




Prolog

  Spiderman : Homecoming akan dirilis besok, dan percaya atau tidak film ini bisa dibilang adalah film Marvel Cinematic Universe (MCU) dengan kontroversi terbanyak sampai saat ini.




  Kontroversi pada sebuah film sejatinya adalah hal yang normal (beberapa malah berguna sebagai ajang promosi), tapi yang membuat Spiderman : Homecoming berbeda adalah kontroversi yang ada selama ini muncul dari para "fans" yang kebanyakan/selalu "nyinyir" saat melihat adanya promosi terbaru dari film ini yang langsung mencap bahwa film ini adalah FILM GAGAL!!!. Memang argumen mereka banyak yang masuk akal tapi cara menyampaikan mereka itu yang bagi saya kurang tepat (apalagi jika melihat argumen dengan bahasa "lokal" (baca : kasar) yang mengandung kata-kata yang suka tidak suka sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para Netizen indonesia).

  Bagi saya sendiri tidak apa-apa menyinyir sebuah film jika memang film tersebut memang jelek, tapi jika anda men-cap sebuah karya jelek SEBELUM film itu dirilis adalah sebuah tindakan yang kelewat GeJe (Gak Jelas).Yang jelas semua ini akhirnya membuat saya khawatir.

  Karena itulah di bawah ini adalah beberapa kekhawatiran saya untuk Spiderman : Homecoming :


1.Hak Cipta (Lisensi) Spiderman




*saya sendiri merasa urusan ini sudah seperti politik saja
*beberapa hal di bawah ini adalah Rumor
*dan sialnya rumor + politik = instant Viral

  Sudah bukan rahasia lagi jika Marvel pernah menjual beberapa hal cipta karakternya (seperti X-men,Fantastic 4,dll) ke berbagai studio demi menyelamatkan perusahaan Marvel yang dulu terancam bangkrut.

  Di tangan Sony, Spiderman berhasil muncul di layar lebar sebanyak 3 film dengan aktor Tobey Maguire sebelum nantinya mengalami Reboot karena seri ke-3 dianggap gagal (dan beberapa penyebabnya memang berasal dari Sony sendiri yang memaksakan karakter Venom), lalu muncul lagi The Amazing Spiderman dengan aktor Andrew Garfield yang pada akhirnya mendapat kritik yang beragam (dan hasil pendapatan yang di bawah ekspetasi) yang membuat pihak Sony membatalkan sequelnya (Bye Sinister Six) yang akhirnya membuat mereka mau mengizinkan Spidey masuk ke MCU melalui film Captain America : Civil War dan nantinya Spiderman : Homecoming yang dibuat oleh Marvel Studio (Sony hanya berperan dalam promosi dan pendistribusian saja).

  Nah disini "kelicikan" Sony dimulai, salah satu deal yang saya ketahui (ingat ini adalah RUMOR) adalah pihak Sony akan mendapat SEMUA keuntungan dari film Spiderman : Homecoming, padahal yang membuat film ini adalah pihak Marvel. selain itu ada yang mengatakan bahwa hak cipta Spiderman akan kembali ke Marvel jika TIDAK ada film yang dibuat dalam kurun waktu tertentu, karena hal inilah beberapa pihak merasa bahwa film Spiderman Homecoming adalah cara licik Sony untuk mempertahankan hak cipta dari Spiderman. Contoh lain dari perjanjian ini adalah film Fantastic Four yang dirilis pada tahun 2015 yang mengecewakan dari segala hal, tapi hak cipta karakter Fantastic 4 tetap berada di tangan Fox sampai sekarang.

  Jadi secara kasar, bisa dibilang bahwa status Spiderman dalam MCU adalah sebagai "pemain pinjaman saja".

2. Ini Film Spiderman atau Iron Man ??



  Bagi anda yang sudah pernah melihat trailer dari film ini mungkin merasa bahwa mengapa Tony Stark alias Iron Man terlihat sangat mendominasi trailer yang seharusnya berfokus tentang Spiderman ??. Tidak heran beberapa pihak menyebut film ini adalah Iron Man 4.

  Walaupun Tony Stark memang berperan cukup penting dalam memperkenalkan Spiderman pada MCU (bahkan beberapa menganggap bahwa Tony Stark = Uncle Ben), entah mengapa saya merasa bahwa kehadiran Tony Stark ini akan merusak inti dari Spiderman itu sendiri (baca : tidak fokus ke Spiderman),semoga saya salah.


3. Promosi yang dinilai asal-asalan




  Sony selaku pihak yang mempromosikan film ini terlihat melakukan berbagai kesalahan, terutama dari trailer yang terlihat sudah memberitahu SELURUH isi film dengan memasukkan beberapa adegan penting!!

  Belum lagi salah satu poster untuk film ini yang dinilai oleh Netizen sangat tidak "Niat" dan dinobatkan sebagai poster film terburuk untuk tahun ini.beberapa pihak khawatir hal yang terjadi pada Ghostbuster 2016 (promosi yang buruk) akan terjadi lagi untuk Spiderman.

  Dan yang terakhir adalah cukup banyaknya produk yang menggunakan nama Spiderman, sebenarnya ini bukan hal buruk sih XD, tapi tetap saja membuat kesan bahwa promosi film ini tergolong agresif.


4. Rencana Ke Depan Sony




  Beberapa waktu yang lalu Sony membuat sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan bahwa mereka akan membuat film Venom, Black Cat, dan Silver Sable (beberapa tokoh dalam dunia Spiderman), bahkan aktor Tom Hardy sudah disebut-sebut akan memerankan Venom. Masalahnya adalah film ini akan memakai Universe dari Sony (entah dari Spiderman, The Amazing Spiderman, atau reboot lagi), yang jelas mereka mengatakan bahwa film ini tidak akan berhubungan dengan MCU!!!. Sontak hal ini terlihat sangat aneh.

  Lucunya lagi, beberapa waktu lalu di salah satu wawancara dengan Amy Pascal (perwakilan Sony) dan Kevin feige (Boss besar MCU), Amy Pascal memberitahu bahwa film Venom akan berhubungan dengan MCU.


  Dan cobalah lihat ekspresi Feige setelah mendengar hal ini.


(Top 10 Movie Betrayal ??)

  Dan anehnya, beberapa hari kemudian kembali muncul berita bahwa Venom tidak akan masuk MCU, bingung ??? saya juga. Ini Sony maunya apa sih ???

  Sisi positif jika nanti Venom tidak masuk MCU adalah dipastikan film ini akan memiliki banyak kejutan (mungkinkah memiliki rating "R" seperti Logan dan Deadpool ?), tapi sisi negatifnya sih banyak, terutama dari sisi Spiderman sendiri. Karena suka tidak suka Venom tercipta karena Spiderman (jadi backstory Venom nanti akan sangat dipertanyakan). Tidak bisa melihat dua tokoh ini dalam satu film adalah sebuah kekecewaan yang sangat besar.

  Atau mungkin nanti akan muncul Spiderman baru (lagi) di Universe milik Sony ??


 5. Masa Depan Spiderman di MCU ??




  Status Spiderman saat ini sebagai "pemain pinjaman" di MCU membuat masa depannya terlihat membingungkan, memang sudah dipastikan Spiderman akan muncul di Infinity War dan sequel dari Homecoming , tapi nasib Spiderman setelahnya  tak ada yang tahu. Skenario terburuk yang bisa terjadi adalah Spiderman akan "dimatikan" di MCU jika hak cipta tetap dipegang oleh Sony, kecuali ada perjanjian (lagi).

  Hanya waktu yang bisa menjawab semua ini


Conclusion

  Saya sendiri sudah melihat berbagai Spoiler kelas berat untuk film ini dan memang Spiderman (mungkin) akan terlihat berbeda, tapi saya tidak mau langsung main hakim begitu saja, pokoknya tunggu saja review versi saya (itu juga kalau besok saya bisa menonton film ini XD).





Extra : Teringat "Dosa" Spiderman terdahulu XD


  Promosi Spiderman sendiri sudah bisa terasa di indonesia, salah satunya adalah sebagai promosi untuk sebuah makanan italia (baca : Pizza) pada sebuah gerai Pizza terkenal.

  Masalahnya adalah jika anda pernah menonton Spiderman 2 (versi Tobey), maka pasti anda akan ingat perbuatan tidak terpuji Spiderman yang berhubungan dengan Pizza yang dilakukan pada bagian awal film yaitu........




(Tak Disangka, Spiderman adalah seorang Maling!!)

2 comments:

  1. Sorry baru komentar, gua mahasiswa hukum yang lagi nyari artikel tentang hak cipta nih. Untuk sekarang, kayanya Namor udah balik ke Marvel karena "kontrak 7 tahun". Deadpool, F4, X-Men masih dipegang 20th century Fox dan kayanya bakalan sangat susah buat Marvel ngambil lisensi semua hero itu. Yang menarik nih Spiderman yang kepemilikannya belum jelas apakah masih punya Sony atau udah punya Marvel. Gua sih mikirnya udah punya Marvel karena Civil War udah berani ngambil Spiderman balik. Pertanyaannya sekarang dengan munculnya film Venom, yang notabene penjahat dari Spiderman, apakah ini berarti belum semua lisennsi Spiderman keambil sama Marvel? Dan kemudian timbul pertanyaan lagi: Kalau lisensi villain ini gak termasuk ke lisensi heronya, berarti semua studio bisa bebas aja ngambil Thanos, Adam Warlock, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya coba jawab yah, tapi saya sendiri gak terlalu ngerti sama hukum XD

      - sedikit demi sedikit hak cipta mulai balik lagi ke pihak Marvel karena kesuksesan dari MCU, yg paling jelas adalah dibelinya 20th century fox sama DIsney meskipun sampai sekarang belum resmi karena diselidiki beberapa pihak hukum yg khawatir jika Disney kelak akan memonopoli dunia hiburan

      - imbas paling jelas adalah ditundanya 2 film x-men dari fox (dark phoenix dan new mutant) sampai tahun depan, mungkin kelak di 2 film itu akan ada adegan tambahan jika Disney "ngotot" ingin memasukkan mereka dalam MCU

      - untuk Spiderman seperti yang saya tulis di postingan ini, HAK CIPTA spiderman dkk masih di tangan Sony sampai sekarang. Sony melakukan "perjanjian tambahan" agar Spiderman bisa muncul di 4 film MCU (Civil War, Homecoming, Infinity war, Far From Home), jadi statusnya masih "pemain pinjaman" kecuali jika kelak marvel benar-benar ngotot ingin mengambil hak cipta spiderman secara utuh.

      - masalah ada di film "Venom" karena pihak Sony terkesan "plin-plan" dengan apakah Venom akan memiliki hubungan dengan MCU atau tidak

      - seharusnya hak cipta villain termasuk "1 paket" saat membeli hak cipta superhero, contoh jelas adalah Galactus yang sampai sekarang masih dimiliki oleh Fox

      tapi Marvel memiliki potensi untuk memasukkan mutant pada film2 mereka selanjutnya karena 1 hal : Ending dari Avenger 4 (dunia direset sebelum Thanos melakukan snap dan menyebabkan efek samping dalam ebntuk mutant karena sudah merusak realitas), tapi itu bisa terjadi jika proses pembelian 20th century fox sudah masuk tahap final


      Delete