Just A review From me: [MAA] Spec Op 32 : Follow The Leader Review

Wednesday, February 3, 2016

[MAA] Spec Op 32 : Follow The Leader Review






Prolog

  Playdom memang perusahaan yang aneh, mereka bisa melakukan update konstan tiap bulan dalam bentuk SO, tapi giliran mengeluarkan chapter 10 selalu ada alasan untuk menundanya (jika dihitung-hitung, sudah lebih dari 150 hari sejak chapter 9 dirilis, dan ini adalah jeda waktu terlama setelah chapter 8). bukankah itu akan 'sedikit' menghancurkan hype dari para fans ????.

  Tapi sisi baiknya, melihat banyaknya film marvel yg akan dirilis tahun ini maka sepertinya masa depan MAA cerah untuk tahun ini.

  Kenapa saya tulis ini ??? karena beberapa waktu lalu game lain yang saya mainkan akhirnya harus tutup tanpa alasan yang jelas , padahal game itu memiliki banyak fans loyal (baca : gold player) dan sedang bersiap-siap untuk update terbaru. Tapi akhirnya bisa tutup juga. Memang Problemnya lebih ke Publishernya (GU*I) yang dikenal kurang becus dalam menangani game mereka.

  Jadi bukan tidak mungkin kalau MAA suatu saat tutup kan ? Karena......

  'all good things must come to and end'

  tapi setidaknya bereskan dulu season 2-nya!!!!!!.



(Bye2, Yggdra T_T )

  
  Back ke MAA, SO kali ini bertema Gamma, dengan hero reward yang sudah dimention beberapa tahun yg lalu (pada heroic battle Hulk Vs Abomination) membuat Betty Ross tidak kalah beda dengan Mandarin yang 'terlambat datang'



(Another SO done)


Epic Deploy

  Jadi inget SO Anti Venom, tema gamma bukan berarti hero seperti Hulk dan Red Hulk akan menjadi Epic Deploy, selalu hero yang tidak diperkirakan yang akan menjadi epic deploy XD.




Task Overview

  sama saja seperti SO-SO terdahulu (bisa dicek di postingan terdahulu saya ), tidak ada hal spesial pada Task dari SO ini, pastikan saja untuk memiliki 5 GB untuk dilawan setelah selesai melakukan reserach terakhir (ini juga tips jadul sih).

  Untuk kombinasi hero, saya menggunakan kombinasi Howard the Duck + Collen Wing yang bonus team-upnya lebih besar ketimbang 2 kombinasi hero lain (Spitfire+ Union Jack dan May Parker + Spider Gwen) yang saya gunakan pada SO terdahulu. Dan dengan kombinasi 2 hero tersebut saya bisa meraih 3 star hanya dengan sekali jalan (tentunya dengan health tinggi + melawan boss sekaligus) di misi pertama saja., di misi 2 dan 3 tetap harus 2 kali jalan.


  Untuk Boss dan Epic Boss di SO ini adalah The Leader, salah satu musuh ikonik dari serial Hulk, the Leader di sini cukup menyebalkan karena bisa meng-interrupt hampir semua serangan (termasuk stealthy), dan persentase keluarnya cukup tinggi.

  Dan The Leader memiliki 2 versi (Hijau dan merah), dia menjadi merah karena 'diberi makan' sama Red Hulk XD.

Maka, tips untuk melawan dia adalah :

  • membawa hero yg tidak bisa diinterrupt (AoU Hulk atau Spitfire)
  • melempar item-item offensive

  Jika memiliki Spitfire, maka pertarungan akan berakhir dengan cepat.


  Versi video




Story Overview


  Jika membaca Bio-nya Red She-Hulk, ternyata Hulk (Bruce Banner) sudah menikah dengan Betty Ross, hanya saja perubahan sang ayah (colonel Ross) menjadi Red Hulk membuat pernikahan mereka menjadi retak.

  Dan di SO ini, dia diculik The Leader untuk dijadikan kelinci percobaan, dan sudah menjadi tugas SHIELD untuk menyelamatkannya.

  Awalnya, saya berpikir Betty Ross ini tidak ada bedanya dengan DID (Damsel In Distress) alias cewek lemah yang harus diselamatkan. Tapi semua berubah karena 'ketololan' The Leader yang merubah dia menjadi Red She Hulk SEBELUM MENCUCI OTAK-nya.

  Maka, alih2 menjadi wanita lemah, di sini dia menjadi bad-ass.

  Dan dia juga sangat realistis, terlihat ketika Hulk mencoba untuk menenangkan dia dengan alasannya akan dicari penawarnya. Tapi Betty malah menolak keras (karena Hulk dan Red Hulk sendiri belum ketemu penawarnya), dan malah mengajak mereka memburu The Leader.


(Bad-ass 1)


  Dan akhirnya (setelah misi 3 berakhir), dia malah senang karena bisa bergabung dengan 'keluarga yang sebenarnya'.


(Bad ass 2)


  Bahkan, dialog saat merekrutnya pun sangat keren.



 


(Bad Ass 3)



  Wow, setelah Furiosa dari Mad Max, Betty bisa menjadi simbol feminis bagi para wanita di luar sana :p

 
 dan masih ingat dengan Skirn ??? , akhirnya di SO ini dia bisa bicara dengan bahasa yang manusiawi (sebelumnya dia berbicara dengan bahasa 'alay')












Howard The Duck And Collen Wing Review



  Mereka berdua hero yang menarik, Howard memiliki skill set yang saling mendukung satu sama lain (terutama Fury Closet yang memiliki banyak Gear Limited Edition), sedangkan Collen bisa meng-interrupt berbagai serangan dengan L6 miliknya. Bahkan sebelum update patch PVP, Collen bisa melakukan follow-up setelah dia meng-interrupt serangan lawan, membuat dia sangat berbahaya.

  Sayangnya, mereka berdua memiliki kelemahan yang sama yaitu serangan mereka hampir semuanya melee yang membuat mereka akan menjadi sasaran empuk bagi Colossus + Elite e-iso yang lazim digunakan dalam PVP saat ini.

  Jadi sampai trend elite e-iso ini berakhir saya belum memiliki rencana memakai 2 hero ini untuk PVP.

Video review untuk Howard




Red She-Hulk Review


  Bertolak belakang dengan dialog/cerita, skill dia sebagai hero tergolong sangat standar, memang dia memiliki disable yang bagus yang bisa digunakan untuk melawan beberapa kelas seperti tactician/infiltrator/scrapper. Tapi sayangnya bagi saya dia terlihat standar (apalagi serangannya juga melee).

  Tapi bagusnya, dengan skill pasif 'gamma girl' membuat dia serasa memiliki Recovering e-iso setiap kali dia menggunakan skill-nya (kecuali L9), dan apalgi stamina dia juga pulih karena skill pasif ini.


Winter Soldier First Impression



(seperti biasa, pantang membuka LB-nya sebelum saat yang tepat)


  Singkatnya dia adalah Fixer model terbaru, dia memiliki ranjau yang bekerja hampir sama dengan Fixer, bedanya ranjau miliknya menarget semua lawan dan bersifat magnetized (bisa diledakkan dengan magnetized dari gear atau hero seperti Magneto).

  Terlebih lagi dia memiliki skill set yang cukup mendukung kelasnya sebagai infiltrator, dan dia imun ke Delirium yang membuat dia otomatis kebal terhadap beberapa skill dari Kuurth dan Enchantress, sayang dia tidak kebal terhadap 'Fear'.

Group Boss Overview




  GB kali ini adalah ZZZAX, salah satu musuh ikonik dari Hulk selain Abomination, cuman karena saya tidak mengikuti seri Hulk bagi saya ZZZAX terlihat seperti ini (generasi 90-an pasti tahu siapa dia).



  Sebagai GB, ZZZAX memiliki serangan yang bisa membuat obsolete tech (jadi hati-hati jika membawa gear tech), menghilangkan 1 debuff tiap dia menyerang, dan berbagai kemampuan lainnya tergantung dari class yang dilawan.


  Menariknya, dia tidak memiliki 'unexploitable' seperti GB sebelumnya yang membuat strategi Fixer kembali ampuh untuk digunakan. Atau mungkin bisa dicoba dengan winter soldier (karena skill mereka sama).




  Tapi jika kalian mencari cara yang lebih 'elit' dan tidak mainstream, bisa mencoba menggunakan Kuurth yang sudah dilengkapi dengan 2 iso spesifiknya, cara ini terbilang lebih cepat dibandingkan memakai Fixer.





GB Debate

*akhirnya nulis juga ttg hal ini

  Bermula dari sebuah postingan di forum luar negeri yang meminta setiap pemain untuk tidak menghajar GB sampai 100%, cukup 5-10% saja dengan alasan agar adil. Tentu saja hal ini mengundang pro dan kontra (tepatnya kontra) dengan berbagai opini yang tergolong sangat logis dan realistis.

Saya sendiri memihak kubu Kontra, dengan alasan seperti berikut :

  • Sampai sekarang belum ada orang yang bisa memastikan bagaimana Request GB bekerja, apakah hanya 10 ally yang dipilih atau semua allies yang kalian miliki (send all), saya sendiri sudah mencobanya dengan menggunakan akun FB kedua yang hanya mengirim GB ke akun utama saya saja, dan hasilnya tetap saja selalu ada yang menghajar GB tersebut sebelum saya.
  • melakukan 100% damage GB membutuhkan persiapan yang rumit (baik gear ataupun hero), dan jujur saja akan ada banyak faktor saat kalian mencoba hal ini (karena saat mencoba sendiri mungkin akan berbeda dengan video/info lain yang kalian ketahui)

  • Silver, dengan adanya lv 15 yang membutuhkan 600.000 silver dan hero di MAA sudah lebih dari 100 maka setidaknya kalian membutuhkan sebanyak 60 juta silver untuk melatih mereka semua (tentu hal ini tidak sulit bagi mereka yang pernah memanfaatkan bug silver beberapa tahun yang lalu)

  • Bonus LB, membunuh GB akan memberi kita bonus LB dengan jumlah yang random (1,3,atau 5), dan jika kita bisa melakukan damage tinggi terhadap GB tentunya akan mempermudah ally kita untuk meng-'Finish' GB tersebut (ingat tidak semua Ally bisa melakukan 100 damage kepada GB)

  • dan yang terpenting, CLAIM reward GB jika waktunya sudah kurang dari 12 jam (jadi allies masih bisa menghajar GB), bagi saya, inilah esensi dari 'adil'

  Sebenarnya solusi dari masalah ini mudah, cukup memiliki banyak allies aktif sehingga akan mempermudah kita untuk mendapat LB. Hanya sisi buruknya adalah kalian akan menerima banyak sekali 'gift request' yang akan melebihi batas (>50). dan untuk beberapa orang (termasuk saya), hal ini cukup annoying.

  Saya sendiri hanya memiliki sekitar 5 s/d 10 ally yang aktif (kebanyakan adalah orang luar), dan dari merekalah saya belajar tentang pentingnya memilki akun FB kedua yang digunakan untuk mengirim gift ke akun utama karena tidak semua orang ingin diganggu dengan banyaknya gift request.

  Dulu sekali (saat ally saya masih banyak yang aktif) saya sering melakukan salah-klik terhadap notif FB yang menyebabkan game saya ter-refresh dan membuat saya kehilangan banyak resource. Makanya sejak saat itu saya merasa jumlah ally saya sudah cukup dan tidak ingin menambah ally lagi (kecuali terpaksa).

  Dan ironisnya, rata-rata pemain yang sudah memiliki hero LB akan menjadi malas untuk meng-spawn dan menghajar GB milik alliesnya. Tentunya hal ini akan merugikan bagi beberapa pemain (makanya saya lebih memilih membuka GB pada saat-saat terakhir saja). Tapi mereka semua punya alasan yang bagus sih.

  'sebaiknya jangan biarkan semua orang memiliki hero limited'

  sebut mereka pelit, tapi itulah esensi dari kata 'Limited'

  singkat kata, debat di atas bisa disimpulkan dengan meme di bawah ini.



  Kalau buat saya sih, berbagi itu tidak selalu harus materi kan ?????


PVP....here we go again ?


  PVP kembali muncul di tengah-tengah SO, kali ini dengan 2 hero (1 LB) yaitu 2 anggota Sinister Six, Kraven dan Lizard. Apakah ke depannya anggota Sinister Six lainnya akan bergabung dengan Shield ???? (saya mau Elektro, karena di MAA 2 dia sangat OP).

  Tentu saja ada patch note terbaru yang bisa di baca di sini.


  Terima kasih kepada para komunitas yang membenci Emma dan May Parker, karena sekarang mereka berdua sudah di-update (baca : nerf) sehingga membuat mereka menjadi lemah. Saya sih sudah stop pake Emma semenjak impact web May Parker di nerf XD.



  Dah ah segitu dulu, see you at next post


temukan postingan MAA lainnya di sini


2 comments:

  1. bro, main spec ops ko susah ya ? :( ada saran kah ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek postingan lama saya, ada beberapa tips ttg Spec Ops (SO) walau g banyak

      klo tips standar sih :

      - dapet kiriman 50 u-iso tiap hari (pke 2 akun FB biar gampang)
      - punya hero buat epic deploy, klo g punya mending farming CP aja dulu
      - siapin hero terkuat yg fleksibel (ex : modern star lord)

      - dan klo lv kamu < 300, pastiin dapet distress call dari allies lv-nya lebih tinggi dari lv kamu sekarang

      Delete