Just A review From me: [GAME] Control : Ultimate Edition Review

Thursday, August 1, 2024

[GAME] Control : Ultimate Edition Review

Before Prolog

Rasanya jadi direktur jalur “orang dalam” itu…

 

sumber : Ps Store

Prolog

 

  Remedy Entertainment adalah Video Game Developer asal Finlandia dengan spesialisasi genre action adventure yang memiliki tema yang menarik, Max Payne mungkin adalah game paling “normal” + bisa dimengerti gamer casual , karena sisanya tergolong cukup “ngaco” dan umumnya menjadi cult (apakah anda pernah bermain Alan Wake ???).



  Di tahun 2019 Remedy merilis Control, sebuah game yang menggabungkan elemen shooter dengan kemampuan supranatural, tidak lupa game ini memiliki konsep dan cerita yang “di luar akal” yang entah kenapa terlihat cocok untuk penggemar horor XD. Control sendiri tergolong sukses di pasaran yang membuat Remedy akhirnya mencoba untuk membangkitkan lagi franchise lama mereka.

 

  Saya sendiri sudah lama ingin menulis tentang game ini tapi seperti biasa sh*t happen yang membuat saya harus menunda hal ini (bahkan review game terakhir saya ada di bulan Oktober -_-). Alasan penting mengapa saya ingin menulis tentang game ini adalah karena saya mendapatkannya secara GRATIS melalui Playstation Plus (PS+) XD (meskipun sudah lama10x sekali), lengkap dengan semua DLC melalui Ultimate Edition.

 

  Soalnya melihat berbagai game gratis yang ditawarkan PS+ beberapa bulan terakhir ini terasa begitu… (silahkan isi sendiri XD).  

 

Jika Dibandingkan

sumber : amazon

  Meskipun pada dasarnya game ini terinspirasi dari “SCP Foundation” (sebuah organisasi fiksi yang dibuat ala creepypasta), saya memilih untuk membandingkan game ini dengan M.I.B (karena sama-sama organisasi “pemerintah” yang menangani makhluk asing).

 

Melihat Dari Sisi Lain

 

sumber : google play store

 

  Untuk anda pemilik PS4 dan berlangganan Playstation Plus tetapi belum memiliki rencana untuk membeli PS5, saya sarankan anda untuk mengunduh aplikasi “PS App” karena HANYA melalui aplikasi ini anda bisa mengklaim game gratis KHUSUS untuk PS5 TANPA harus memiliki PS5!!!, contohnya saya yang mengklaim game ini jauh-jauh hari sebelum membeli PS5. Lumayan kan bisa dapet berbagai game gratis tiap bulan (meski kualitasnya saat ini patut dipertanyakan dan Sony mulai menaikkan harga layanan ini -_-).

 

  Di sisi lain, Control menjadi salah satu game yang menjadi uji coba teknologi Ray Tracing yang sering menjadi jargon untuk konsol generasi saat ini (baca : pamer teknologi XD) meskipun pada akhirnya “hanya” sekedar menambah detil beberapa bagian saja.


 

Gameplay Overview


sumber : GOG

 

  Control adalah game 3rd Person Shooter dengan elemen Metroidvania (baca : bebas menjelajah berbagai area dengan catatan sudah memiliki ability / item tertentu). Di game ini permain berperan sebagai Jesse Faden yang memiliki Service Weapon, sebuah senjata yang mampu berubah bentuk (karena Remedy malas membuat senjata lain XD) untuk mengalahkan para Hiss yang menjadi musuh di game ini. Selain Service Weapon, Jesse juga dibekali berbagai kemampuan supranatural seperti telekinesis dan terbang melayang yang kelak akan membuat berbagai aksi di game ini menjadi menarik, cepat, dan sangat stylish (bayangkan adegan bullet time dari film matrix XD).

 

  Hal lain yang menjadi nilai jual game ini adalah setting dan musuh (secara lore) yang bisa dibilang “di luar nalar” dan dieksekusi secara “mengejutkan” (terutama ketika pemain memasuki area baru XD) meskipun pada dasarnya setting di game ini hanya sekedar kantor BUMN tua dan pabrik saja XD. Bisa dibilang game ini adalah salah satu contoh dari genre Cosmic Horror” (ketakutan akan sesuatu yang sulit untuk dijelaskan).

 

  Dari segi gameplay saya hanya memiliki 2 kritik yaitu

 

- tidak ada cover system otomatis (layaknya game modern) yang membuat saya selalu harus aktif bergerak jika tidak mau mati 

 

- desain kebanyakan musuh tergolong generik alias biasa-biasa saja (secara lore pemain akan melawan kulkas tapi secara gameplay saya hanya melawan zombie generik -_-)


Story Overview

 

Perhatian, ada cukup banyak istilah membingungkan pada game ini!!!

 

  Jesse Faden (melalui suara gaib dari entitas Polaris) tiba di Oldest House, kantor FBC (Federal Bureau Of Control) yang seharusnya tidak bisa dilihat oleh orang normal, FBC sendiri memiliki tugas untuk menyelidiki  AWE (Altered World Events, sebuah kejadian supranatural) yang umumnya menciptakan OOP (Objects Of Power alias benda gaib), baik AWE maupun OOP sendiri memiliki potensi untuk menghancurkan dunia tempat kita tinggal. FBC sendiri memiliki berbagai OOP (dibuat oleh The Board, anggap saja Boss dari FBC) yang hanya bisa digunakan oleh orang-orang tertentu. OOP yang digunakan oleh FBC disebut Service Weapon.

 

  Oh ya hampir lupa, Oldest House sendiri juga termasuk AWE (disebut sebagai Place Of Power, banyak sekali istilah pada game ini -_-) karena pada akhirnya lebih dari sekedar “kantor” biasa XD.

 

  Baru saja masuk ke Oldest House, Jesse sudah dihadapkan dengan :

 

- kematian Zachariah Trench, direktur FBC yang mati secara “bunuh diri” oleh sebuah Service Weapon

 

- munculnya invasi Hiss yang menginfeksi hampir semua pekerja FBC dan membuat Oldest House harus mengalami Lockdown

 

- The Board mengangkat Jesse sebagai direktur FBC baru dan memaksa dirinya untuk menyelesaikan masalah ini

 

  Jadi apakah anda siap menjadi direktur FBC via jalur “entitas dalam” XD ??? Jesse sendiri sebenarnya memiliki “dendam” kepada FBC yang berhubungan dengan hilangnya Dylan, adik Jesse yang menghilang sejak kecil saat mereka mengalami kontak dengan sebuah AWE yang berbentuk proyektor.

 

 Jika anda bingung mengapa sebuah proyektor bisa memiliki kekuatan seperti itu, maka bersiap-siaplah untuk melihat berbagai OOP di game ini yang sejatinya adalah objek-objek normal pada kehidupan sehari-hari (pernah membayangkan ”teror” dari sebuah bebek karet ???).

 

  Untuk menambah keanehan game ini, inilah wujud The Board alias boss kalian yang akan memberi Jesse berbagai ability untuk melawan para Hiss.

 

sumber : fandom

 

  Percaya atau tidak, melalui game ini (via berbagai dokumen) saya jadi bisa lebih menghargai 2 profesi. Yang pertama adalah PNS alias pegawai pemerintahan karena ternyata tingkah laku pegawai FBC tidak beda jauh dengan mereka (terutama dari segi “anggaran” karena budget FBC ternyata amat sangat besar XD), tapi bedanya pegawai FBC harus bertaruh nyawa karena ancaman AWE / OOP ternyata sangat mengerikan.

 

 Jadi jika kedepannya saya melihat ada institusi dengan jumlah anggaran yang “tidak normal” anggap saja mereka memiliki “tugas lain” yang tidak boleh diketahui oleh orang normal XD.

 

  Profesi yang kedua adalah Janitor alias tukang bersih-bersih, mulailah menghormati profesi ini terutama jika wujudnya seperti ini.

 

sumber : fandom

 

  Saya memiliki 2 kritik untuk game ini (meskipun bukan dari segi story XD) :

 

- muka ingame Jesse yang terlihat begitu *pipp (kayaknya sengaja banget bikin proporsi mukanya jadi seperti itu -_- ),  beda banget dengan wujud Jesse di berbagai marketing yang terlihat lebih good looking menarik

 

- tamatkan game ini dan pemain akan mendapatkan berbagai kostum untuk Jesse, tapi ada satu kostum yang (bagi saya) membuat penampilan Jesse menjadi sangat “enggak banget” (hint : emak-emak XD).


Lebih Mantap Dengan DLC (Downloadable Content)


sumber : IGN

 

  Control memiliki 2 DLC (The Foundation dan AWE) yang memberikan area dan cerita baru. DLC ini sudah termasuk pada Ultimate Edition jadi pemain tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

 

  Di The Foundation Jesse akan menjelajahi Foundation, sebuah area besar yang menyimpan OOP The Nail, disini nanti Jesse akan dikontak oleh Former, sebuah entitas yang mengetahui rahasia tentang The Board. Kira-kira apakah rahasia tersebut ???

 

  Sedangkan AWE memiliki twist terbesar bagi penggemar game Remedy sebelumnya karena memiliki koneksi langsung dengan Alan Wake!!!, melalui DLC ini pemain akan mengetahui berbagai fakta “mengejutkan” yang (sepertinya) mampu menaikkan pamor Alan Wake (karena setelah sekian lama akhirnya Alan Wake memiliki sequel). Satu hal yang saya tidak suka dari DLC ini adalah adanya pemaksaan mekanisme khas game Alan Wake (musuh harus terkena sinar sebelum bisa diserang) yang pada game ini cukup sulit dilakukan karena harus menggunakan kemampuan telekinesis pada berbagai objek lampu yang disajikan ala kadarnya pada DLC ini -_-.

 

  Mungkin suatu saat nanti saya akan menulis tentang Alan Wake di blog ini (baca : duitnya belum ada XD).

 

Dari Sudut Pandang Ekonomi


sumber : Ps Store

 

  Untuk saat ini Control : Ultimate Edition memiliki harga Rp. 579.000 yang tentunya TIDAK akan saya rekomendasikan. Jika anda berlangganan Ps+ Extra maka game ini (dan ratusan game lainnya) bisa didapat secara gratis.

 

  Saya sendiri hanya berlangganan Ps+ Essential (sampai saat ini) jadi bisa dibilang memiliki game ini secara gratis adalah sebuah “anugerah” meski pada waktu itu saya bahkan tidak mengerti tentang game ini (pokoknya asal claim saja XD)..

 

Conclusion

 

  Control pada akhirnya hanya menjadi game shooter biasa dengan bumbu supranatural. Eksekusi yang unik mampu membuat game ini menjadi sebuah pengalaman unik tentang institusi pemerintah XD.

 

  Kira-kira ada FBC cabang wkwk land tidak yah XD ???

 

My Score

 

80, (sebuah dialog imaginasi)

 

Saya (S) : Halo apakah ini FBC cabang wkwk land, saya ingin melamar kerja disini

 

Resepsionis (R) : Siapa kamu dan darimana kamu tahu tentang no ini ??? tempat ini tidak memiliki lowongan untuk orang tidak sopan seperti kamu

 

S : saya kenalannya bapak *pippp

 

R : besok kamu bisa mulai bekerja di sini, gaji 10x UMR dan berbagai fasilitas sudah dijamin negara, tapi nyawa kamu jadi taruhannya

 

S : Deal!!!

 

 

No comments:

Post a Comment