Just A review From me: [MOVIE] Spider-Man : Across the Spider-Verse Review

Saturday, June 3, 2023

[MOVIE] Spider-Man : Across the Spider-Verse Review

 Before Prolog

  Ada berapa Spidey ??? ratusan…

 

sumber : teras jabar


Prolog

 

  5 tahun yang lalu, Sony selaku pemegang hak cipta Spider-Man sukses membuat semua orang terkaget-kaget dengan “Spider-Man : Into The Spider-Verse” yagn sukses secara kualitas dan box office. Selain mampu “menyelamatkan” harga diri Sony yang dianggap kurang bisa memanfaatkan franchise Spider-man (uhuk uhuk uhuk Venom), film ini juga memperkenalkan konsep multiverse yang seharusnya saat ini penonton sudah akrab mellaui beberapa film dari Marvel Cinematic Universe (MCU).

 


  5 tahun kemudian, bisakah “Spider-Man : Across The Spider-Verse” mengulangi kesuksesan film sebelumnya ???

 

  Langsung saja yah, jawabannya adalah…

 

sumber : tenor

(Meski memiliki kekurangan yang amat sangat “kecil” XD)

 

  Jika Dibandingkan


sumber : imdb

 

  Jika MCU butuh waktu 10 tahun dan banyak film untuk membangun hype, Spider-Man hanya butuh 1 film dan waktu 5 tahun untuk mencapai hal yang sama.

 

  Dengan catatan film-film Spider-Man dari Sony sebelum film ini tidak dianggap yah XD (ohok ohok Morbius) 

 

Melihat Dari Sisi Lain

 

  Blog ini sudah pernah membahas berbagai film Spider-Man yang dibuat oleh Sony (meski tidak lengkap XD). beberapa diantaranya adalah :

 

Spider-Man : Into The Spider-Verse

Venom

 

  Melalui “Into The Spider-Verse” terlihat sekali jika Sony “ngotot” ingin menjadikan konsep “Multiverse” sebagai tema utama untuk proyek-proyek mereka di masa depan yang beberapa kebanyakan memang patut dipertanyakan -_- (akan dibahas lebih lanjut di bawah).

 

Overview


 

  Bersetting 1 tahun 4 bulan setelah film pertama

 

  Gwen Stacy (Earth-65) sedang galau karena sulit menyeimbangkan kehidupannya sebagai pelajar dan Spider-Woman, terlebih lagi dia diburu oleh ayahnya sendiri karena dianggap membunuh Peter Parker yang di Universe ini menjadi The Lizard. Gwen digambarkan benar-benar butuh “healing”, ditambah lagi dia “kangen” sama Miles Morales XD.

 

  Di Universe lain, Miles Morales (Earth-1610) sedang “galau” karena sulit menyeimbangkan kehidupannya sebagai pelajar dan Spider-Man, terlebih lagi dia mengalami beberapa konflik dengan kedua orangtuanya dan harus dihukum. Miles digambarkan benar-benar butuh “healing”, ditambah lagi dia “kangen” sama Gwen XD.

 

  Yah namanya juga film, dua sejoli berbeda “dunia” ini akhirnya bisa bertemu kembali karena adanya ancaman Multiuverse dalam bentuk The Spot, villain di film ini. Bisakah Miles dan Gwen mengalahkan The Spot ???

 

  Dan sebagai bonus yang Super Duper Ultra Mga Keren, penonton akan bertemu dengan banyak sekali versi Spider-Man di film ini, selamat “mabok” Spider-Man.

 

sumber  tenor

(konon ada lebih dari 200 Spider-Man di film ini)

 

  Dari segi visual tidak perlu dipertanyakan lagi,. film ini kembali menggunakan style yang membuat penonton seperti membaca komik dalam media yang lebih keren, apalagi ada banyak Spider-Man dengan keunikannya masing-masing. Pemilihan media animasi juga membuat film ini mampu memberikan berbagai aksi yang kelewat hiperbola tapi keren.

 

  Dari segi fan service, film ini mampu mengulangi hype “Spider-Man  No Way Home” dengan memberi penonton berbagai macam versi Spider-Man, dan tidak semuanya berbentuk animasi lhoo XD. Spider-Man versi Tobey Maguire dan Andrew Garfield juga muncul walau hanya sekedar cuplikan filmnya saja. Spider-Man Tom Holland tidak muncul karena sosoknya memang layak untuk “dibenci” (setidaknya menurut Miguel O’Hara XD).

 

  Seperti biasa saya tetap memiliki berbagai “kritik ngaco” untuk film ini yaitu :

 

- ending-nya super duper ngegantung (karena memang dibagi menjadi 2 film), tapi setidaknya lebih baik daripada Infinity War

 

- “ancaman” dalam film ini belum terlalu terasa karena film terlalu fokus kepada Miles Morales

 

- Kostum Miles terlihat lebih jelek daripada film sebelumnya

 

- konflik keluarga Miles kurang emosional, orang tua Miles digambarkan terlalu “sempurna” untuk sebuah keluarga imigran (bisa bersaing dengan keluarga Kamala di series Ms.Marvel nih XD)

 

- cerita mudah ditebak (terutama dari segi Multiverse)

 

- transisi adegan (terutama ketika adegan action) terjadi cukup cepat jadi cukup sulit untuk fokus pada layar (terutama jika anda ingin melihat aksi Spider-Man tertentu -_- )

 

- masih menunggu kemunculan para “Inheritor” 


Characters

 

Miles Morales (Shameik Moore)


sumber : cnn indonesia

 

  Miles mengalami banyak perkembangan setelah film pertama (kekuatan dan kostum), hanya saja sekarang dia terkena penyakit klasik Superhero yaitu “sulit berkumpul bersama keluarga”, alhasil hal ini membuat dia dihukum bulanan (salah satu joke di film ini) oleh ayahnya yang seorang polisi. Miles boleh saja dihukum, tapi masa sih seorang Spider-Man bisa kena hukuman XD ???

 

  Dengan ajakan modal kepo setelah bertemu kembali dengan Gwen, Miles pergi ke Spider-Society dimana dia bertemu dengan banyak versi Spider-Man sekaligus kesal karena dia tidak diajak bergabung dengan Spider-Society, alasannya sendiri ternyata menjadi fokus pada film ini.

 

  Bisa dibayangkan sih ekspresi Miles saat dia ditolak oleh Miguel yang menjadi pemimpin Spider-Society 

sumber  quora

Gwen Stacy (Hailee Steinfeld)

sumber : uhd wallpaper

 

  Kehidupan Gwen ternyata cukup “memprihatinkan” setelah film pertama. selain tidak fokus dengan band, Gwen juga harus menghadapi kenyataan jika ayahnya membenci Spider-Woman karena dianggap sudah membunuh Peter Parker (Lizard di Universe ini). Tidak heran jika Gwen terlihat begitu “galau” pada awal film ini, bahkan keadaan hatinya juga ikut ditampilkan dalam bentuk (tepatnya pewarnaan) dunianya yang terlihat “kasar”. Tapi semua berubah saat dia bertemu Jessica Drew dan Miguel O’hara yang secara “terpaksa” mengajaknya bergabung dengan Spider-Society. Hal ini membuatnya dapat kembali bertemu dengan Miles yang sangat dia rindukan. Tapi tentu saja dia tidak boleh lupa dengan tugasnya saat ini sebagai penjaga Multiverse.

 

  atau tidak ??? namanya juga remaja yang sedang “kasmaran” XD



Orang Tua Miles Morales

sumber : the mary sue

 

  Jefferson Davis-Morales (Brian Tyree Henry) yang senang karena akan mendapat promosi jabatan dan Rio Morales (Luna Lauren) yang menjadi sosok ibu rumah tangga normal. Mereka berdua merasa khawatir akan masa depan pendidikan Miles (baca : kuliah), namun sayangnya hanya ditampilkan begitu sederhana alias Miles ingin tinggal jauh dari orang tuanya dan orang tuanya tidak terima dengan hal ini. Hal ini malah membuat konflik kelaurga Morales di film ini terasa begitu dipaksakan.

 

  Padahal aksi mereka berdua sangat mendukung untuk lebih “emosional”, semoga hal ini bisa diperbaiki di bagian kedua dari film ini.

 

Peter B. Parker (Jake Johnson)

sumber : nerdist

 

  Karena aksi Miles di film pertama, Peter menjadi lebih siap dalam menjalani hidup, dan hal ini Peter buktikan dengan memiliki anak perempuan bernama Mayday yang (tentu saja) mewarisi gen laba-laba miliknya dan (tentu saja) terlihat sangat imut XD. Dia kembali menjadi mentor bagi Miles di film ini sekaligus mencoba meyakinkan Miguel jika Miles tidak seperti yang dia khawatirkan.

 

  Sedikit detail yang cukup aneh, ternyata dia berasal dari Earth-616b.

 

Jessica Drew (Issa Rae)

sumber : slashfilm

 

  Wanita hamil yang mengendarai motor dan memiliki aksi keren, dia bersama Miguel adalah “pemimpin” dari Spider-Society. Dia juga yang kelak akan mengajak Gwen bergabung dengan Spider-Society.

 

  Sedikit unek-unek pribadi, saya kurang suka dengan cara media barat (contoh “The Last Of Us Part 2”) menggambarkan ibu hamil yang bisa melakukan gerakan “ekstrim” walau kondisi seperti itu, benar-benar menakutkan -_-.

 

  Tapi di dunia nyata juga saya pernah melihat hal serupa sih, jadi intinya ngapain saya menulis bagian ini (tanya kenapa ???)

 

  Sedikit detail aneh lainnya, Meskipun Gwen sudah bergabung cukup lama (3-4 bulan) dengan Spider-Society ternyata Jessica belum brojol melahirkan kandungannya, apa ini berarti waktu berjalan berbeda bagi para anggota Spider-Society ???

 

Pavitr Prabhakar (Karan Soni)

sumber : cnn indonesia


  Spider-Man yang berasal dari Earth-50101 dengan setting india (beneran sudah jadi negara Superpower walau macet dimana-mana XD). dia ikut bergabung bersama Miles dan Gwen untuk menghadapi The Spot yang “mampir” ke dunianya. Aksinya tentu saja keren.

 

  Suka tidak suka, pengisi suara karakter ini adalah….

sumber : comicbook

 

Hobart Brown (Daniel Kaluuya)

sumber  nerdist

 

  Berasal dari Earth-138, dia dikenal sebagai Spider-Punk karena aksinya yang sangat ready call alias tukang buat mobil alias pemerintah tidak suka dengan aksinya XD (sayangnya background dia kurang diperlihatkan pada film ini -_-). Dia sendiri bergabung dengan Spider-Society hanya karena ingin menjaga Gwen yang dia anggap sebagai anggota band miliknya, dan Hobart tidak segan-segan untuk keluar jika terjadi sesuatu dengan Gwen!!!

 

  Dari semua Spider-Man yang ada di film ini, Spider-Punk memiliki animasi yang paling unik dan (tentu saja) keren XD

 

Miguel O’hara (Oscar Isaac)

sumber : wiki

 

  Berasal dari Earth-928, Miguel adalah pemimpin dari Spider-Society yang bertugas untuk menjaga kestabilan Multiverse, terutama dari “canon event” yang berhubungan dengan para Spider-Man. Dari dialah penonton akan mampu mempelajari ancaman utama dari film ini.

 

  Wajar jika sifatnya cukup keras, soalnya dia kan…

sumber : tenor

(Vampire XD)

 

The Spot (Jason Schwartzman)

sumber : gizmodo

 

  Villain utama di film ini, memiliki berbagai lubang di tubuhnya yang bisa digunakan untuk berpindah tempat, dan semua itu ditampilkan begitu unik dan lucu XD. Semua ini terjadi karena The Spot masih belum bisa mengendalikan kekuatannya (padahal setting film ini sudah lebih dari 1 tahun -_-), The Spot sendiri lahir karena ulah Miles di film pertama.

 

  Tapi setelah dia menyadari kekuatannya berhubungan dengan Multiverse, dia mulai memiliki tujuan hidup (menjadi musuh Miles Morales) dan pengembangan karakter, meskipun jelas-jelas dia plagiat dari villain yang satu ini -_-

sumber : tenor

 

  Karena film ini dibagi menjadi 2 bagian, peran The Spot sebagai villain utama masih belum “terlihat”.


Spider-Society

sumber : wdw news

 

  Perkumpulan para Spider-Man yang dibuat oleh Miguel O’hara, ada semua jenis Spider-Man di sini, tinggal dipilih mana favorit anda (ada T-rex, Koboi, bahkan Lego XD). aksi mereka pada film ini lebih ke arah joke sih, tapi (tentu saja) terlihat lucu dan keren.

 

  Tugas utama dari Spider-Society adalah memastikan jika “canon event” terjadi tanpa ada gangguan dari pihak apapun. Canon Event adalah kejadian yang “pasti” terjadi setiap Spider-Man di setiap Universe.

 

  Butuh contoh ??? sebenarnya tidak etis sih, tapi baiklah…

sumber  don't tell harry

 

  Yah mirip dengan aksi TVA (Time Variance Authority) dari serial Loki, tapi anggotanya Spider-Man.

 

Melihat Masa Depan


sumber  facebook

 

  Sambil menunggu “Beyond The Spider-Verse” yang akan tayang tahun depan, berikut adalah opini saya mengenai berbagai proyek film, game, dan Tv Series Spider-Man oleh Sony :

 

Film

 

- Kraven The Hunter (gak ada yang minta, bisa bernasib sama dengan Morbius, kemungkinan bisa diselamatkan dengan memberi unsur Multiverse)

 

- Madame Web (karena Across The Spider-Verse, bocoran premis film ini menjadi masuk akal (aksi beberapa karakter untuk memastikan kelahiran Peter Parker))

 

- El Muerte (gak ada yang minta, masih mending bonesaw dari Sam Raimi XD)

 

- Venom 3 (Venom saat ini sudah seperti “badut imut” jika dibandingkan dengan versi aslinya (tapi tetap menarik sih XD), apakah nanti akan ada elemen Multiverse ???

 

- Spider-Man 4 (babak baru untuk sosok Peter Parker yang kelewat dimanja selama berada di MCU XD)

 

- Hyno Huster (ini apaan sih ???)

 

- Spider-Woman (apakah memperlihatkan proses hamil dari Jessica Drew XD ???)

 

- Miles Morales (kok saya jadi khawatir yah ???)

 

TV Series

 

- Silk (mungkinkah berhubungan dengan Inheritor ???)

 

- Spider-Noir (apakah Nick Cage ikut terlibat ???)

 


Untuk game ada Spider-Man 2 yang saya harap bisa rilis tahun ini

 

(kali ini saya sudah siap)

 

  Entah hasilnya akan bagus atau tidak, setidaknya para fans Spider-Man bisa berbahagia untuk beberapa tahun kedepan.

 

sumber : facebook

(kenyang konten XD)

 

Conclusion

 

  Mari “adu nasib”, mana yang lebih “ngenes” ???

 

  Miles Morales yang dihukum 5 bulan oleh orang tuanya

 

  Atau

 

  Penonton yang harus menunggu 1 tahun untuk “Beyond The Spider-Verse” 

 

  Kesimpulannya, terkadang hidup memang tidak adil -_-

 

My Score

 

95, kiri kanan kulihat saja ada banyak…


========================================


========================================


========================================


========================================

 

Bonus


  Dari berbagai Spider-Man yang tidak muncul di film ini, para fans sangat menginginkan Takuya Yamashiro (Earth-51778) muncul di “Beyond The Spider-Verse”, soalnya dia punya robot Megazord XD.

sumber  cbr

(auto keren kalo beneran nongol)

 

  Saya juga ingin dia muncul sih, tapi karena alasan lain yaitu…

sumber  reddit

(kapan lagi ada Spider-Man rasa The Punisher XD)

 

  Karena bermimpi itu gratis, boleh dong saya berharap Spider-Man lokal ini bisa muncul di Beyond The Spider-Verse” XD.

sumber  facebook


No comments:

Post a Comment