Just A review From me: [MOVIE] Suicide Squad Review

Wednesday, August 3, 2016

[MOVIE] Suicide Squad Review



Prolog

  Pernahkah kalian berpikir mengapa penjahat dalam cerita superhero selalu ditangkap/diserahkan ke pihak berwajib ?.




  Alasan klasik : karena kode moral dari superhero tersebut

  Alasan versi saya : biar ceritanya bisa diulang lagi XD (penjahat berulah > ditangkap -> masuk penjara -> kabur -> berulah lagi -> dst )

  tapi ternyata ada alasan lain untuk hal itu yaitu ternyata para penjahat ini bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk melakukan sebuah misi 'terlarang' dengan iming-iming bisa dibebaskan dari penjara walaupun misi tersebut sangat berbahaya.

  Unik sekali ya pemikiran pemerintah dalam dunia komik , apa pemerintah Indonesia tertarik untuk mengimplementasikannya untuk berbagai penjahat seperti koruptor misalnya XD...

  Dan hal itu akan dapat kalian lihat pada Suicide Squad, film kedua DCEU (DC Extended Universe) setelah Batman V Superman yang menuai banyak sekali kritik. Apakah film ini dapat mengembalikan nama baik DC ?? silahkan nilai sendiri.


Batman : Assault On Arkham, untuk yang tidak sabaran.


  Untuk yang tidak sabar pengen melihat aksi para Suicide Squad bisa mencoba melihat film animasi tahun 2014 ini.

  Bagi saya, film ini keren.


Controversy within

  di jaman sekarang, informasi mudah diperoleh, maka dari itu terkadang sebuah film membutuhkan sebuah 'kontroversi' agar bisa menarik perhatian orang, entah kontroversi itu muncul dari film itu sendiri atau dibuat oleh para Netizen di dunia.

  Beberapa kontroversi yang ada di film ini yaitu :

  • pemilihan Jared Leto sebagai Joker, tapi akhirnya Leto bisa membuktikan bahwa dia itu Joker yang tepat
  • adanya psikiater khusus untuk para aktor di film ini untuk mencegah agar para aktor tidak 'gila' beneran
  • banyaknya kritik Batman V Superman membuat film ini mengadakan syuting ulang untuk beberapa adegan, konon adegan itu adalah adegan humor


  Bagaimana dengan anda, apakah anda merasa bahwa hal di atas hanya sekedar marketing stunt bagi film ini ??

Story

*Ada cameo Superhero lain selain Batman di film ini lho.....

  Setelah kejadian di Batman V Superman, pemerintah mulai mencari cara untuk mencegah ancaman Meta Human di masa mendatang.

  Di sini Amanda Waller memberikan sebuah proposal, membuat tim yang terdiri dari para penjahat terburuk yang ada di dunia.

  Lalu, ada serangan teroris di Midway City dan tim ini pun dipanggil untuk menyelamatkan klien VIP.

  Di lain pihak, Joker memiliki rencana untuk membebaskan belahan hatinya, Harley Quinn.

  Siapakah teroris tersebut ? Dan siapkah para penjahat ini untuk menjadi pahlawan ?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

  30 menit awal film ini terasa sangat sempurna dengan pengenalan para anggota Suicide Squad yang tergolong unik.

  Tapi..... di pertengahan film ini malah terlihat seperti film zombie yang ditambah dengan romance.

  Dan yang terburuk, ceritanya mudah ditebak (setidaknya bagi saya).

  Ada adegan setelah credit, di sini sang Manusia Kelelawar akhirnya mendapat info tentang 2 metahuman, si "Petir Merah' dan 'Pria yang berbicara dengan Ikan'


Characters

Deadshot (Will Smith)


  Pembunuh bayaran no 1 di dunia, dia tidak pernah meleset. Dia ditangkap oleh Batman saat bersama dengan putrinya. Dengan iming-iming kelangsungan hidup putrinya akhirnya dia bergabung dengan Suicide Squad. Akting Will Smith yang mantap membuat dia cocok sebagai pemimpin dari Suicide Squad meskipun pemimpin sebenarnya adalah Rick Flag.


Harley Quinn (Margot Robbie)


  Awalnya hanya seorang dokter yang menangani Joker, tapi akhirnya dia malah jatuh cinta dan menjadi seorang Villain. Dan akhirnya Batman juga yang menangkap dia. meskipun dia tidak memiliki kekuatan super dia tetap berbahaya .

 Tapi harley Quinn berhasil mengajarkan satu hal bagi saya yaitu "selalu bersikap positif dan tersenyum untuk segala hal dalam hidupmu"

  Bersiaplah kagum dengan Harley Quinn karena dia memiliki cukup banyak adegan 'menarik' di film ini.

Captain Boomerang (Jai Courtney)


  Seorang perampok yang ahli dalam menggunakan Bumerang, dia mengaku ditangkap oleh 'Petir merah'. dia cukup membawa humor untuk tim ini.

El Diablo (Jay Hernandez)


  Pria yang bisa mengendalikan api ini mendadak tobat dan menyerahkan diri ke polisi setelah membunuh anggota keluarganya dan di sini dia tidak tertarik untuk mengeluarkan kekuatannya, bahkan dia sempat memberi ceramah untuk para anggota lainnya.

  Benar-benar tokoh yang 'Don't judge book by it's cover''

Killer Croc (Adewale Akinnuoye)


  Dia besar,ganas,dan kuat. Benar-benar sosok yang "Talk Less, Do more"

Rick Flag (Joel Kinnaman)


  Atasan lapangan para Suicide Squad, di sini dia terlihat seperti orang militer standar, tidak ada yang spesial darinya kecuali hubungan khusus dia dengan Enchantress.

Amanda Waller (Viola Davis)


  Pencetus terbentuknya Suicide Squad karena menganggap dunia tidak siap dengan ancaman "Superman/Meta Human" lainnya. Sifat dia sangat menipulatif dan ambisius. Bahkan dia sangat PD karena memiliki benda yang dia gunakan untuk mengontrol para Suicide Squad.

Katana (Karen Fukuhara)


  Bodyguard untuk Rick Flag,konon katana-nya bisa menyimpan jiwa dari manusia yang dia bunuh, dan suaminya sendiri terbunuh oleh katana itu. aksi dia keren walau sangat singkat. Dan bersiaplah untuk sedikit belajar bahasa Jepang karena dia banyak berbicara menggunakan bahasa lokal miliknya XD (tenang masih ada subtitle kok).

June Moone/Enchantress (Cara Delevinge)


  June Moone awalnya adalah gadis yang normal, sampai suatu hari dia membuka sebuah benda keramat yang membuat dia dirasuki oleh Entitas yang bernama Enchantress.

 Enchantress sendiri digambarkan sangat kuat dengan kekuatannya yang setara dengan Dewa.salah satu Kemampuan dia yang terlihat di film adalah melakukan teleport ke tempat yang jauh yang sepertinya sangat cocok digunakan jika dia bermain Pokemon GO :p.

  Dia sendiri terpaksa menuruti Amanda Waller karena dia memiliki sesuatu yang penting bagi Enchantress.

dialah antagonis di film ini (lucu yah)

The Joker (Jared Leto)


*Well, Heath Ledger tetap menjadi Joker Psikopat terbaik versi saya

  Akting Leto sebagai Joker memang mantap, benar-benar menggambarkan psikopat sejati, tapi sayangnya porsi dia di film ini tergolong sedikit dan adegan sadisnya hanya dilihatkan secara off screen.

  Di film ini kisah asramaranya dengan Harley Quinn banyak disorot, bahkan motif dia di film ini adalah membebaskan Harley Quinn apapun caranya. Sayangnya kisah origin dia kurang disorot, yang jelas di film ini dia sudah menjadi Villain yang berbahaya dan memiliki banyak resources.


What's Wrong with Suicide Squad ?

  Seperti yang sudah saya tulis di atas, film ini hanya bagus di awal-awal saja, mulai pertengahan film ini malah terlihat membosankan dan terkesan kehilangan arah dengan adanya adegan romance dan adegan yang sering ada di film bergenre zombie (horor dan Jumpscare).

  Dan adegan klimaks juga mudah ditebak, bagi saya jika seorang penonton bisa menebak beberapa adegan dan dia benar, maka film itu sudah termasuk film yang mudah dilupakan. Saya menebak beberapa adegan (Si A bkal XXXX si B) dan ternyata benar , bahkan Batman V Superman saja tidak semudah ini dalam hal menebak beberapa adegan.

  Dan yang terparah adalah pemilihan Villain utama, villain di film ini sangat simple,motif standar , terkesan datang dan pergi begitu saja, dan yang terpenting "MUDAH DILUPAKAN".

  Bahkan Villain film Marvel saja tidak separah film ini. (sebagai pembanding saya menggunakan Ronan dari Guardian of The Galaxy)


Conclusion

  akting para karakter benar-benar menyelamatkan film ini. Benar-benar tidak sesuai harapan. Tapi jelas lebih baik ketimbang Batman V Superman, apalagi tidak ada adegan Martha di film ini..........

  tapi tetap saja film ini worth untuk ditonton, terutama untuk para fans DC.


Score

75, more like Fun Squad.....

temukan review film lainnya di sini




No comments:

Post a Comment