Just A review From me: [MOVIE] In The Heart Of The Sea Review

Wednesday, December 9, 2015

[MOVIE] In The Heart Of The Sea Review




Prolog

  Laut adalah tempat yang sangat luas dan anugerah dari alam

  Tidak ada yang tahu apa yang ada di dalam laut

  Beberapa orang mengatakan di dalam laut terdapat monster

  tapi apakah itu hanya mitos.... atau fakta

  atau mungkin saja, di dalam laut terdapat hal ini



(Not A Friendly Place after all)


  In The Heart Of The Sea mencoba untuk sedikit menggambarkan tentang teror penghuni lautan, film ini berdasarkan kisah asli Kapal Essex yang karam pada tahun 1800an dan membuat para kru kapal harus bertahan hidup selama berbulan-bulan di lautan. Juga, kisah asli ini juga menginspirasi Herman Melville untuk membuat Novel Moby Dick . Dan sekarang, kisah aslinya difilmnya dengan aktor yang cukup menjanjikan (salah satunya adalah Thor alias Chris Hemsworth).


  Kejutan sedikit terjadi saat munculnya foto Chris Hemsworth setelah syuting film ini yang bisa dikatakan cukup mengerikan (jika dibandingkan dengan saat dia menjadi Thor), yang menandakan bahwa film ini digarap dengan serius.




  Apakah hasilnya bagus ????? Let's Start The Review....


Story

  Tahun 1800 adalah masa dimana manusia menggunakan minyak yang berasal dari Ikan Paus (Sperm Whale) sebagai bahan bakar dan salah satu komoditas berharga pada masa itu, dan perburuan Ikan paus adalah hal yang lazim dilakukan.

  Tahun 1820 adalah dimulainya perjalanan kapal Essex yang Dinahkodai Kapten Geroge Pollard, First Mate owen Chase, dan salah satu kru kapal yang bernama Thomas Nickerson untuk memburu Ikan Paus.

  Di tengah perjalanan mereka mendengar bahwa ada satu tempat 'terlarang' di mana mereka bisa menemui banyak sekali ikan paus yang dijaga oleh 'iblis', dan karena tergerak oleh sifat serakah maka mereka pergi ke tempat itu.

  Dan yang akan mereka temui selanjutnya adalah awal dari horor yang akan mereka lalui selanjutnya

  Dalam film ini, cerita disampaikan oleh Thomas Nickerson, salah satu survivor yang 'diwawancarai' oleh Herman Melville untuk memberi dia inspirasi tentang novel baru yang akan dia tulis (Moby Dick).

  Tapi sayangnya, jika kalian berharap bisa melihat film yang berisi aksi penuh perburuan paus (sesuai dengan poster film ini), maka kalian akan sedikit kecewa.


Characters

Captain George Pollard (Benjamin Walker)


  Nepotisme, itulah yang bisa saya gambarkan dari sosok George Pollard, dia adalah seorang pemula tapi bisa menjadi kapten Essex karena unsur keluarga. Karena ketidakbecusan dia sebagai Kapten membuat dia banyak bertengkar dengan Owen sampai oleh para kru lain mereka berdua dianggap 'pasangan yang baru saja bertengkar'


Owen Chase (Chris Hemsworth)


  Seorang Pria Laut yang sebenarnya, awalnya dia mengira akan menjadi Kapten Kapal Essex, tapi kenyataan berkata lain karena dia menjadi 1st mate (kelasi pertama, anggap saja wakil kapten) dari Essex.

  Alasan mengapa dia ingin sekali pergi ke tempat terlarang adalah karena dia ingin mengakhiri perseteruannya dengan Kaptennya secepat mungkin. Tapi sayangnya nasib berkata lain.

  Sifat si Dewa Petir ternyata masih melekat pada Chris Hemsworth, hanya bedanya kali ini dia terlihat lebih berwibawa.


Thomas Nickerson (Brendan Gleeson)


  Narasumber Herman dalam menulis novelnya, Herman mempertaruhkan seluruh harta miliknya hanya untuk bisa berbicara dengannya, tapi Thomas menolak dengan alasan kisah ini terlalu sulit untuk diceritakan, tapi untungnya karena bujukan istri Thomas (yang diperankan oleh salah satu tokoh terbaik di Game Of Throne), akhirnya Thomas pun menceritakan kisah asli Essex (Publik diberi berita bahwa Essex karam karena karang).

  Versi muda dia diperankan oleh Tom Holland (yang kelak akan memerankan Spiderman), di sini peran dia yah begitu-begitu saja (karena posisi dia di sini adalah sebagai kru kapal yang masih pemula).





The Moby Dick

  Salah satu tagline film ini adalah 'true story that inspired Moby Dick', lantas apakah Moby Dick itu (selain judul novel yang dikerjakan oleh herman).

  Moby Dick adalah Paus putih raksasa yang menjadi fokus utama dalam novel ini, Herman Melville menggunakan kisah karamnya kapal Essex sebagai inspirasi untuk ikan paus ini.


  Sayangnya, nama Moby Dick ini juga sepertinya kurang dikenal oleh publik, Moby Dick cukup banyak disinggung dalam beberapa karya fiksi (kebanyakan sih game RPG atau film tentang laut), terakhir kali saya mendengar Moby Dick adalah dalam manga One Piece



 


(Kapal dari Edward Newgate)


Conclusion

  Meskipun ada kesan tertipu poster film, In The Heart Of The Sea cukup baik dalam menggambarkan kisah yang terjadi pada kapal Essex.


My Score

75, nice story, sayangnya adegan perburuan ikan pausnya singkat sekali



TEMUKAN REVIEW FILM LAIN DI SINI 



No comments:

Post a Comment