Just A review From me: [MOVIE] Who Killed Captain Alex ? Review

Monday, February 26, 2018

[MOVIE] Who Killed Captain Alex ? Review


Prolog


  Black Panther masih merajai tangga box office sampai saat ini dan meraih banyak reaksi positif dari masyarakat. Tapi jika dipikir-pikir, Black Panther bisa "memikat" hati banyak orang karena :



  • bagian dari MCU (Marvel Cinematic Universe) yang memiliki banyak fans
  • melawan rasisme untuk stereotype kulit hitam dalam dunia film
  • "pencitraan" yang sangat luar biasa karena dapat membuat beberapa orang mengajak anak-anak yang kurang mampu untuk menonton film ini
  • budget yang besar (200 juta $)
  • Film Superhero Kulit Hitam Pertama (padahal sih TIDAK!!)
  • WAKANDA FOREVER!!! XD

  Saya tidak bilang film Black Panther jelek lho, hanya saja semua hal di atas membuat Black Panther layaknya seorang anak orang kaya yang memiliki SEGALANYA sebelum dia lahir (baca : tidak mungkin gagal di pasaran XD).

  Hal ini membuat saya berpikir "Ada tidak film kulit hitam yang terkenal tanpa semua hal di atas ??"

  Pencarian "iseng-iseng" ini membawa saya ke sebuah film tahun 2010 yang dibuat di Kampala,Uganda. Film yang dibuat di daerah kumuh dan nyaris tidak ada budget (walaupun ada yang bilang budget film ini sekitar 200$) ini benar-benar memikat hati saya tanpa perlu memakai poin-poin yang saya sebut di atas.

  Who Killed Captain Alex sendiri adalah film Action pertama dari Uganda dan dapat anda saksikan melalui Youtube. Tapi siapkan mental sebelum menonton film ini karena film ini layaknya sebuah karya seni "abstrak" yang dapat mengakibatkan dua hal yaitu disukai atau dibenci.


(silakan nilai sendiri)

  Film ini sendiri sering dianggap sebagai film terbaik dari yang terburuk (Best Of The Worst) oleh beberapa netizen.

Film Overview


  film dibuka dengan berbagai "peringatan" yaitu :

  • versi film ini adalah lost yang tersisa karena sutradara film ini (Nabwana IGG) menghapus isi komputernya agar bisa membuat film lain yaitu Tebaatusasula yang datanya ikut terhapus karena masalah listrik
  • Nabwana tidak pernah mengira film ini dapat dilihat oleh orang di luar desanya (film ini sendiri dipasarkan secara door to door di Uganda)

"apa film ini begitu terlarang sampai memasang peringatan seperti ini ??"

  cerita film ini sendiri sangat simpel yaitu usaha Captain Alex (prajurit terhebat di Uganda) dalam memberantas Tiger Mafia, organisasi kriminal "terbesar" yang berada di Kampala, tapi karena judul film ini adalah "Who Killed Captain Alex ?" maka sudah dipastikan Captain Alex akan mati XD, hal ini membuat kakak Alex, seorang Uganda Shaolin Monk dan beberapa pihak (termasuk Tiger Mafia) mencari siapa yang membunuh Captain Alex.

  Jika mata anda tidak tahan dengan gambar di bawah ini maka saya sarankan untuk menjauhi film ini!!!


(jelek sekali)

  karena kualitas special effect seperti di atas akan mendominasi awal dan akhir dari film ini. Benar-benar tidak cocok untuk yang memiliki mental lemah XD.

  Dan untuk menambah "kegilaan" film, ada seorang Video Joker (VJ) yang akan memberi komentar + Dubbing lucu selama film ini berlangsung, dan tidak bosan-bosannya VJ ini selalu mengingatkan bahwa anda menonton film "Who Killed Captain Alex" dan "memamerkan" kehebatan Uganda, dan tidak lupa juga VJ ini akan "beriklan" selama film ini berlangsung XD.


(salah satu komentar ngaco)

  Jadi apa kelebihan film ini ???

  Passion, terlihat sekali jika semua yang berperan di film ini sangat "menikmati" peran mereka, dan jika mengabaian special effect yang ada maka sebenarnya adegan action di film ini terlihat sangat baik.

  Jika anda mampu bertahan sampai akhir film, anda akan menyadari jika film ini "sangat menarik" dan mengabaikan semua hal buruk yang saya tulis sebelumnya. Film ini benar-benar mampu menghibur anda dari awal sampai akhir, benar-benar Action-Packed Movie yang sangat Supa XD.


(sudah tidak memperdulikan kualitas gambar yang terbilang jelek)

  Apakah aneh jika karakter Richard (pemimpin Tiger Mafia) terlihat menarik di mata saya ??? . soalnya selain dia memiliki brother complex, Richard juga terlihat sangat sadis + gila dalam memimpin Tiger Mafia (bahkan dia tidak segan-segan untuk menembak istrinya sendiri).


(sang pemimpin dari Tiger Mafia)



Wakaliwood, Studio Kecil Dengan Ambisi Besar



  jika sebuah film mendapat versi dokumenter dari pihak luar maka dipastikan jika film tersebut adalah sebuah "fenomena".

  Ramon Film production (dikenal dengan Wakaliwood) didirikan oleh Nabwana Isaac Godfrey Geoffrey (IGG) dan sudah memproduksi lebih dari 40 film yang hanya dipasarkan di Uganda. Beliau tertarik membuat film karena pengaruh film action + Kungfu yang sering dilihatnya saat masih kecil. Properti yang digunakan dibuat sendiri dengan memakai "sampah" yang mereka kumpulkan (bahkan komputer yang Nabwana gunakan untuk editing adalah komputer murahan).

  Nabwana membuat film semata-mata hanya karena kecintaannya pada dunia film, mungkin hal inilah yang membuat Who Killed Captain Alex terlihat sangat bagus di mata saya, film ini murahan tapi tidak murahan XD.

  Sampai saat ini Wakaliwood masih membuat film yang sekarang memiliki Kickstarter dan Patreon untuk menggalang dana. Bahkan sampai berhasil mengumpulkan 8000x lipat dari dana yang mereka rencanakan (160$)!!!, bukan tidak mungkin jika di masa depan Wakaliwood akan menguasai dunia XD.

Conclusion


  Who Killed Captain Alex ? adalah sebuah karya seni tingkat tinggi yang mampu menghibur anda dari awal sampai akhir. 2 kekurangan "kecil" dari film ini bagi saya adalah :

  • Video Joker yang mampu membuat adegan action menjadi komedi (coba tonton film ini tanpa suara dan anda akan mengerti)
  • judul film ini yang mampu membuat anda berpikir satu hal yang bahkan sutradaranya sendiri tidak tahu yaitu "Who Killed Captain Alex ?" XD

My Score


96, Expect The Unexpectable



temukan review lainnya di SINI

===================================================

Bonus



  untuk anda penggemar meme "Ugandan Knuckles" (sayangnya saya sih tidak) yang terkenal karena "Do You Know De Wey". Menit ke-17 dari film ini akan menjawab pertanyaan anda XD.


(Yup, he know the way XD)






No comments:

Post a Comment