Just A review From me: [ISENG] All About Savitar

Monday, May 8, 2017

[ISENG] All About Savitar

*Tulisan Ini mengandung Spoiler Untuk The Flash Season 3



Prolog


  The Flash season 3 mulai memasuki klimak dengan terungkapnya identitas Villain utama yaitu Savitar, meskipun dalam season 3 ini aksi Flash semakin menyebalkan karena hal yang dia lakukan di akhir Season 2, keberadaan Savitar secara tidak langsung membuat saya tertarik dengan season 3 walaupun sudah bosan melihat aksi Flash dalam merusak Timeline.




  Karena itulah melalui tulisan ini saya akan menjelaskan semua yang saya ketahui tentang Savitar, dan sepertinya akan menjadi tulisan yang cukup panjang karena saya sadar saya tidak bisa menjelaskan Savitar hanya dengan 1-2 paragraf saja atau hanya menulis "Savitar itu jahat" begitu saja.

  Oh iya, tulisan ini hanya membahas Savitar versi TV series, bukan versi komik.

Who is Savitar ?


  Berasal dari nama dewa Hindu untuk God Of Motion (Savitr), Savitar mengaku dirinya adalah seorang "God Of Speed" dan merupakan Meta Human pertama yang memiliki kekuatan Speedster (berkomunikasi dengan Speed Force). Savitar mendirikan sekte dengan nama "Cult Of Savitar" dan menunjuk satu orang sebagai perwakilannya dengan julukan "Alchemy". Savitar sendiri terlihat seperti sosok Speedster terkuat sampai saat ini dengan kecepatannya yang tidak bisa terlihat oleh orang biasa dan mampu mengalahkan Flash dengan mudah walaupun tetap tidak ada niat untuk membunuhnya (klise banget). Ditambah lagi dengan wujudnya yang seperti Megatron menakutkan semakin menambah eksan kuat untuk dirinya, suaranya juga seram dan cocok untuk kepribadiannya. Kehebatan Savitar lainnya adalah Savitar mampu menebak tindakan Team Flash sampai ke detail terkecil.

(Alchemy, Wakil dari Savitar)

  Bahkan menurut Abra Kadabra, Savitar adalah satu-satunya Villain yang berhasil "merusak" Flash dari dalam (baca : Baper), meskipun fakta bahwa 2 Villain (Reverse Flash dan Zoom) sebelumnya juga berhasil merusak Flash dari dalam dengan Twist yang sangat tidak diduga.


(familiar ?? dia juga muncul di Ant-Man)

  Alchemy sendiri awalnya terlihat seperti Villain utama untuk season 3 karena ulahnya dalam menciptakan Meta Human tanpa melalui ledakan Particle Accelerator tapi menggunakan sebuah artifak yang bernama Philosopher's Stone (Brahmastra), meskipun nantinya terkuak bahwa Alchemy hanyalah seorang bawahan saja.

  Pada akhirnya Alchemy berhasil dihentikan (dengan identitas aslinya yaitu Julian), tapi Savitar melalui Julian memberikan sebuah ramalan yang akan menjadi fokus cerita untuk pertengahan season 3.


Savitar Prophecy



  Savitar memberikan 3 ramalan tentang nasib teman-teman Flash di masa depan yaitu :

  • One Shall Betray You (akan ada yang berkhianat)
  • One Shall Fall (akan ada yang mati)
  • One Will Suffer Fate Far Worse Than Death (akan ada yang mengalami nasib lebih parah dari kematian)

  Melalui beberapa episode lalu dimana Flash pergi ke tahun 2024 untuk menanyakan siapa identitas Savitar, sepertinya hasil ramalannya adalah Caitlin Snow (dia bekerjasama dengan Savitar), Iris West (akan mati dibunuh Savitar), dan Wally West (menjadi lumpuh). Tapi saya memiliki pendapat lain.


Mari Merubah Masa Depan



  Alasan mengapa Flash sangat berniat untuk menghentikan Savitar adalah karena di masa depan Savitar akan membunuh Iris West tepat di hadapan Flash, oleh karena itu Flash mencoba berbagai hal untuk mencoba merubah masa depan ini walaupun tidak membawa perubahan yang signifikan. Sekilas saya jadi teringat dengan film "The Final Destination" dimana para tokohnya berusaha untuk mengubah nasib kematian mereka tapi pada akhirnya tetap saja mati. Apakah hal serupa akan terjadi pada serial The Flash ??


Identitas Savitar : Tamparan Keras Bagi Para Fans




  Episode minggu lalu menguak siapa Identitas Savitar, dan hal ini memberikan efek yang luar biasa bagi para fans di internet. Hal ini terjadi karena semua tebakan mereka salah besar!!.

  Mayoritas fans (termasuk saya) memiliki beberapa teori tentang siapa identitas asli Savitar, tapi para fans memiliki satu kesamaan yaitu menaruh "Future Barry" di tempat terbawah dan lebih memilih Wally West (karena dia mendapat kekuatannya dengan cara yang abnormal), Cisco (karena sebuah kesalahan penulisan di halaman aktor yang memerankannya), bahkan Ronnie yang sudah mati (karena Killer Frost terlihat sangat menghormati Savitar) sebagai identitas asli dari Savitar. Selama season 3 berlangsung sudah cukup banyak clue yang bertebaran, tinggal bagaimana usaha para fans untuk mengungkap siapa identitas Savitar.

  Kenapa Future Barry ditaruh paling akhir ?? ini semua karena fans merasa bahwa ini terlalu mudah dan tidak memberikan efek twist seperti 2 season sebelumnya. Padahal sudah jelas Savitar mengaku bahwa dia adalah Future Flash. Ditambah lagi pada salah satu episode Legend Of Tomorrow dimana para Legends mendapat pesan dari Future Barry dimana Barry meminta para Legends untuk tidak mempercayai dirinya. Semua terlihat sangat jelas.



  Bahkan kalimat seperti ini saja tidak menjadi bukti otentik, fans merasa bahwa kalimat ini tidak salah penulisan (seharusnya "I'm The Future Flash" tidak memakai tanda koma), pokoknya fans tidak terima bahwa Barry adalah Savitar (bahkan sampai sekarang saya masih berpikir H.R adalah Savitar).

  Dan layaknya petir di siang bolong, identitas Savitar adalah.....


(!@#$%^&*!@#$%^&)

  Benar-benar twist yang sudah diduga tapi ditolak mentah-mentah karena terlalu mudah, benar-benar cara pintar dari pihak produksi The Flash untuk mengejek para Fans XD.

  Tapi di sinilah masalah dimulai, Future Barry HARUS memiliki motif yang sangat kuat, jika motifnya tidak kuat/tidak logis maka jangan heran jika (mungkin) fans akan menjelek-jelekaan akhir dari Season 3 ini. Karena bagaimana mungkin Barry mampu membunuh orang yang paling ia cintai begitu saja ??


Respect For Tobin Bell


  Beliau adalah pengisi suara untuk Alchemy dan Savitar, jika tidak mengenal dia mungkin anda lebih mengenal boneka imut yang satu ini XD.


(Hello, I Wanna Play A Game)


Menebak Masa Depan Savitar


*ini semua hanya opini dari penulis saja (dengan sedikit bukti pendukung)

  1. Savitar Terjebak Dalam Time-Loop
  Bisa menebak tindakan Flash secara mendetail, tapi pada akhirnya malah seperti "menuntun" para tokoh membuat saya merasa bahwa Savitar terjebak Time-Loop dimana dia harus mengalami kejadian yang sama berulang-ulang. Jadi mau tidak mau Savitar harus mempersiapkan semua agar dia bisa bangkit lagi (mulai dari memperdaya Julian -> memberitahu ramalan, dsb) meskipun pada akhirnya dia akan kalah. Savitar harus membuat berbagai kejadian tetap berlangsung agar Timeline tidak rusak (meskipun dia sendiri sudah merusak Timeline), apalagi tujuan dia membunuh Iris adalah ingin "Free" (terbebas) dari Flash, mungkin hal ini akan membebaskan Savitar dari Loop ??

2.Kuat Padahal lemah

  Jika Savitar benar-benar kuat, mengapa dia sampai susah-susah mengajak Killer Frost untuk bekerjasama menangkap Tracy Brand (wanita yang akan membuat perangkap bagi Savitar di masa depan), padahal dia sendiri dapat melakukan semua itu dengan mudah dan cepat. Sepertinya hal ini berhubungan dengan Time Loop yang dialami dia agar Savitar bisa memastikan masa depan Killer Frost.

  Dan dia juga sebenarnya bisa membunuh Flash dengan mudah sih, tapi karena dia adalah Future Flash masa depan jadi wajar jika dia tidak bisa membunuh Flash.

3. Ujung-ujungnya Kalah Juga

  Pada akhirnya Savitar akan kembali terperangkap di dalam Speed Force menggunakan alat yang dibuat oleh Tracy Brand di masa depan, jika hal yang sama akan terjadi maka ngapain dia susah-susah merencanakan kebangkitan dia jika pada akhirnya dia tahu dia akan kalah juga ??

  Tapi karena Flash sekarang sudah mengetahui identitas Savitar maka sepertinya masa depan sudah berubah (atau tidak, jika menganggap "Emo" Barry di tahun 2024 berbohong bahwa dia tidak tahu identitas Savitar). Akankah masa depan berubah ?? atau..

4.Rencana Rahasia

  Mari ktia anggap Savitar sudah mengalami Loop lebih dari 1 kali (katakanlah 10 kali), maka dipastikan kondisi mental Savitar sudah sangat tidak stabil, dan karena masih seorang Speedster maka saya yakin dia memiliki rencana untuk bisa kabur dari Loop ini.

  Dan caranya adalah membunuh Iris West agar dia bisa terbebas dari Flash.

  Atau tidak karena dia melakukan semua ini agar Flash bisa menjadi Savitar di masa depan.

  Tapi anggaplah jika Savitar memiliki cara untuk bebas dari Loop, saya rasa dia butuh bantuan orang lain untuk bisa mewujudkan impiannya. Dan orang itu adalah........

5. Butuh Teman "Rahasia"

  Bagi saya kehebatan Savitar adalah dia mampu "menuntun/memotivasi" beberapa tokoh untuk melakukan semua hal yang dia rencanakan meskipun cara yang dia pakai tergolong "kasar", dan di season 3 ada satu tokoh yang bisa melakukan hal sama dengan lebih "lembut".

  Dan orang itu tidak lain tidak bukan adalah H.R, tokoh yang awalnya dianggap paling tidak berguna di season 3 !!!.

  H.R dengan sikap dan perkataannya secara tidak langsung dapat membantu Team Flash dalam menghadapi berbagai permasalahan, padahal dia sendiri adalah seorang pembual belaka dimana kesuksesan dia di Earth-19 adalah hasil dari partnernya yaitu Randolf Morgan. Dia sendiri pergi ke Earth-1 demi mencari inspirasi untuk Novel terbarunya.

  Tindakan dia yang paling berkesan (selain memberi motivasi) adalah membantu Wally West dalam mengendalikan kekuatannya saat orang lain tidak mau melatihnya. H.R seperti sosok yang berharga bagi Wally karena muncul di saat yang tepat. Dan tahu tidak jika nantinya Wally West akan membebaskan Savitar dari penjaranya di Speed Force ?? sebuah kebetulan yang luar biasa bukan (kecuali jika Savitar memang bekerjasama dengan H.R) ??. jika hal ini benar maka menjelaskan mengapa Wally di tahun 2024 menjadi lumpuh setelah melihat wujud asli dari Savitar + tulang ekornya patah, karena bagi Wally H.R adalah sosok yang sangat berpengaruh bagi kehidupannya karena muncul di saat yang "tepat".

  Bukti lainnya adalah kehadiran Gypsy (yang memiliki kekuatan seperti Cisco) selaku eksekutor bagi mereka yang kabur dari Earth-19, hukuman bagi H.R adalah hukuman mati yang untungnya berhasil dihentikan oleh barry dan Cisco karena mereka merasa H.R itu berguna. Masalahnya adalah H.R sendiri tahu tentang semua ini tapi dia masih nekat pergi ke Earth-1, bukannya sangat kebetulan jika dia yang "tidak bisa apa-apa" ini bisa selamat dari hukuman mati ??

  Bukti lain adalah saat Savitar memanggil H.R dengan sebutan "Pretender", Pretender sendiri memiliki arti "Berpura-pura", awalnya saya menganggap hal ini karena H.R masih mencari tempat dia di Team Flash (karena dia tidak bisa apa-apa). Bagaimana jika arti pretender di sini adalah "Berpura-pura sebagai orang baik ??".

  H.R sendiri juga memakai sebuah alat yang bisa merubah penampilannya menjadi Randolf Morgan (karena di Earth-1, H.R adalah seorang pembunuh), bagaimana jika Savitar memakai alat yang serupa ?? (jadi dia bukan Future Barry)

  Jika ada tokoh yang bisa memberikan twist setelah semua yang terjadi, saya rasa H.R adalah tokoh yang tepat.

  1. Ramalan Versi Saya

Setelah semua tulisan di atas, maka ramalan Savitar versi saya adalah :


  • One Shall Betray You (H.R)
  • One Shall Fall (Iris West)
  • One Will Suffer Fate Far Worse Than Death (Barry Allen a.k.a The Flash) 

No comments:

Post a Comment