Just A review From me: [MOVIE] The Spongebob Movie : Sponge Out Of Water Review

Wednesday, March 18, 2015

[MOVIE] The Spongebob Movie : Sponge Out Of Water Review





Prolog

"Ooh, who lived in a Pineapple under the sea"

  klo kalian tidak bisa menjawab pertanyaan di atas, ada beberapa kemungkinan :

  • kamu bukan berasal dari bumi (bekasi mungkin XD ?? )
  • selama ini kamu hidup terisolasi dari dunia luar alias kudet
  • terkena amnesia XD
  Semua orang baik kecil maupun dewasa juga tahu, it's Spongebob Squarepants, tokoh yang sudah melanglangbuana selama lebih dari 10 tahun, bahkan Spongebob adalah satu-satunya seri Nickelodeon tahun 90an yang masih bertahan sampai sekarang (mengalahkan rugrat dkk), jadi yah, semua orang pasti tahu Spongebob.

  Sayangnya untuk debut Spongebob di layar lebar baru ada 1 film yang dirilis pada tahun 2004, dan mereka butuh 11 tahun untuk membuat sekuel, waw aku saja sampai kaget ketika mereka mengumumkan akan ada sekuelnya pada tahun 2014 lalu.



(sudah lama juga yah)

  dan sekarang, sekuelnya muncul dengan mengambil tema dan judul yang cukup unik, bagaimana jika Spongebob dkk pergi ke daratan ??? . (lol, sebenarnya salah satu episode jadul pernah menggambarkan hal tersebut).

  Sebagai penutup, Spongebob juga sering dijadikan bahan lelucon tentang kelogisan-nya, contoh yang paling sering adalah "KENAPA ADA API DI DALAM LAUT". Padahal jawabannya simpel " INI KAN FILM KARTUN!!" (beberapa orang memang menuntut hal yang logis dalam sebuah karya fiksi XD).


                                                     (salah satu contoh)


A Little Delay


  Sangat disayangkan Sponge Out Of Water di rilis cukup lambat di Indonesia, di negara asalnya malah sudah ditayangkan sejak 1 bulan lalu. Ada apa gerangan ??? (jadi inget pas nunggu Guardian of Galaxy, bisa dibaca di sini ) .

  Sekilas saya malah teringat 'tragedi Doraemon Stand By me" dan berharap spongebob tidak mengalami hal serupa. Bwat yang blom tahu tragedi Doraemon ini simpelnya, 1 hari setelah doraemon tayang di b*itz muncul versi donlod/bajakannya via internet dan kerennya kualitas versi ini sudah bagus (BD Rip) yang membuat galau beberapa orang karena terjebak 2 pilihan :

  • membuang (sedikit) uang untuk menonton ikon masa kecil
  • mendonlod untuk menghemat waktu dan tenaga dan juga agar bisa ditonton bersama orang tercinta



  (masih ingat ? )

  Mungkin aku berlebihan, tapi memang pada waktu itu muncul debat2 intens antara dua kubu di atas. Untungnya untuk Spongebob hal itu tidak terjadi :D .




  Ok back to Spongebob, sebagai ikon masa kecilku (aku pertama kali nonton pas smp), biar lambat yang penting nonton XD. Ok Let's start the review.




(btw, yg tahu alasannya tolong komen dong)


Story

  Dimulai dari seorang bajak laut yang mengambil sebuah buku yang ternyata isinya adalah kisah di Bikini Bottom dan dia mulai membacakan buku itu untuk para burung.

  Kehidupan di Bikini Bottom berjalan normal seperti biasa dengan Plankton yang mencoba mencuri resep rahasia. Tapi sialnya ketika dia sudah hampir mendapatkannya resep itu malah menghilang tepat di depan mata Plankton dan Spongebob.

  Dan seketika itu juga keadaan menjadi sangat kacau (sudah seperti kiamat saja, karena warga Bikini Bottom sudah menganggap Krabby Patty sebagai narkoba XD). Di tengah kekacauan itu Spongebob harus bekerjasama dengan Plankton untuk mencari resep yang hilang itu, mereka bahkan harus mengalami time travel dan pergi ke tempat yang tidak pernah mereka duga sebelumnya yaitu Daratan .


Jadi dimulailah petualang mereka di dunia luar..


btw, kontras dengan judulnya, sebenarnya adegan di daratan ini terkesan singkat



 Dan buat orang-orang sok logis yang heran kenapa Spongebob dkk bisa bernafas di daratan, dia mendapat bantuan dari lumba-lumba kosmik yang bernama Bubbles yang baru saja dipecat dari pekerjaannya sebagai pengawas planet karena ulah Spongebob.



(bubbles, mirip Uatu versi Spongebob)



Meet The Characters Superhero

*seriously, haruskah kujelaskan kembali tokoh yang sudah dikenal hampir oleh seluruh dunia ???

sebagai gantinya kujelaskan saja tokoh baru di film ini



Burger Beard (Antonio Banderas)

  Dialah tokoh antagonis di film ini, berhasil mencuri resep rahasia dengan bantuan buku yang bisa 'menulis ulang' kejadian/nasib para karakter di Bikini Bottom. Ternyata dia mencuri resep itu untuk membuka sendiri restoran berjalan dia sendiri (yang sayangnya tidak buka cabang di indonesia XD). Nice acting/accent from Mr Antonio btw.

Dan di akhir dia akan menjadi tokoh yang sudah akrab bagi kita semua



(pertama kali mencuri resep rahasia dan berhasil!, plankton pasti iri padanya)





Untuk melawannya maka muncullah superhero di bawah ini :

The Invicibubbles (Tom Kenny)



  Sosok superhero yang memiliki kekuatan yang berhubungan dengan gelembung, siapa sangka di balik sosoknya yang kuat itu dia adalah seorang koki yang loyal dan sangat bernafsu dalam melakukan pekerjaannya XD.






 (gelembungnya bisa dipake bwat terbang loh)



Mr Superawesomeness (Bill Fagerbakke)

  Superhero dengan kemampuan telekinesis, (sangat tidak cocok karena tubuhnya berotot XD ). ternyata dia adalah makhluk paling pemalas di Bikini Bottom XD .



(Oh ya, telekinesisnya cuman bisa bwat ice cream doang)

Sour Note (Rodger Bumpass)

  Bisa membuat shockwave dengan menggunakan instrumen musik miliknya, sosok aslinya tidak kalah buruk dengan yang ini XD.


(Ini baru Tampan dan Berotot)



Sir pinch-a-lot (Clancy Brown)

  Iron man ??? nope it's sir pinch-a-lot yang capitnya bisa digunakan untuk mencubit targetnya. Siapa sangka dia adalah kepiting yang sangat suka dengan kertas berwarna hijau AKA uang XD.



(Iron-Pinch ? )


 The Rodent (Carolyn Lawrence)

  Cman tupai yang pasti kita semua sudah kenal



(butuh berapa tupai untuk mengganti 1 bola lampu XD ?? )




Plank-Ton (Mr.Lawrence)


  Superhero yang..... ah sudahlah, liat saja sendiri aksinya


(Bruce Banner, is that you ??? )



Conclusion

  Sebuah sekuel yang patut ditonton, cerita simpel, musik yang bagus (walau tidak sebanyak film sebelumnya), dan tingkah konyol para tokohnya adalah kekuatan terkuat dalam film ini. Sayangnya aksi mereka di daratan hanya sebentar.

My Score

85 , nilai awal 90, minus 5 karena telat 1 bulan -_-



dah ah segitu dulu, see you at next post

No comments:

Post a Comment