Just A review From me: [MAA] PVP season 15 review

Wednesday, May 14, 2014

[MAA] PVP season 15 review

    Ah.. akhirnya season ini berakhir juga, season yang sebenarnya menarik tapi sayang saja diwarnai insiden ‘kecil’ untuk beberapa pemain indonesia.

    Untukku sendiri sebenarnya menargetkan adamatium, tapi karena ada insiden itu jadinya pada akhirnya harus puas di vibranium (gpp kok, toh rocket racconnya juga g terlalu worth).

    Tapi ternyata server MAA sendiri mengalami crash di akhir2 PVP sehingga Playdom (PD) menaikkan 1 tingkat hasil akhir dari season ini.


Jadi intinya aku dapet.....

(vibranium dengan rasa adamantium XD )







Ada apa dengan negaraku ???

sengaja pake judul kya gitu karena insiden ini terjadi ‘hanya’ untuk pemain indonesia
dimulai dari hari senin ketika aku dengar berita bahwa Kominfo (selanjutnya disebut KF) memblok beberapa situs dengan alasan pornografi
lantas apa hubungannya dengan MAA ???

KARENA DARI HARI MINGGU MAA NYARIS TIDAK BISA DIAKSES OLEH SEMUA PEMAIN INDONESIA!!!!

    Awalnya aku pikir ini karena servernya sedang maintenance (karena ada tulisan refused to connect) tapi masalah ini terus berlanjut sampai hari berikutnya sehingga membuatku berpikir pasti ada yang tidak beres.
Ternyata benar, MAA termasuk dari daftar situs yang diblokir oleh ISP seperti telkom,fastnet,bolt,dsb oleh KF (sumpah g ngerti tujuannya apa) sehingga untuk hari itu aku mengakses MAA memakai jalan belakang (menyamarkan IP address sehingg aku masuk FB dari negara lain, untuk caranya silakan googling sendiri karena aku males ngejelasinnya).

   Masalah berlanjut karena menurut admin forum MAA, cara ini tergolong ilegal dan terancam bisa dibanned
Tapi mo gimana lagi, turney tinggal 1 hari dan harus ada kejadian kya gini, bener2 KF jago banget baca kondisi -_- .

   Ternyata sorenya beberapa situs bisa diakses lagi, tapi MAA tetep g bisa (WHAT!!!!!) sehingga terpaksa aku login dengan cara lain tetapi koneksinya lambat dan sering putus pas PVP dan akhirnya aku nyerah aja deh daripada stress g jelas, ratingku pada saat itu adalah 1690 dan hasil akhirnya adalah 1260 (turun 400 poin karena g dimainin, wajar banget).

Usut punya usut ternyata penyebab blokir situs ini adalah karena ada seseorang yang meng-upload video kampanye mesum caleg dari partai sang menteri KF!!
G perlu jadi ahli politik buat nebak kenapa KF ngelakuin hal ini.

     Pokoknya hal ini makin membuatku yakin klo wakil rakyat cuman mau mikirin diri sendiri am kepentingan partai, no time for rakyat -_- setelah minggu2 sebelumnya membaca berita tentang ‘experimen’ gila sang menteri pendidikan, makin miris aja aku dengan negara ini


(gimana nih pak negaramu kok makin aneh kya gini yak ???)

But here’s the funny part
Setelah 1 hari setelah turney berakhir MAA sudah bisa diakses secara normal
Jadi heran kan siapa yang salah, PD ato KF ???
Tapi buatku sih jelas yang salah KF karena menyalahkan sesuatu ke pemerintah itu lebih enak XD
Lagian PD sendiri juga udah banyak kok salahnya (terutama dari sistem PVP) tapi setidaknya mereka masih membuat MAA itu FUN untuk dimainin, klo negara mana mungkin mikirin kya gitu, isi otaknya sekarang cuman Pilpres aja -_- .

But enough about the chit-chat, saatnya kembali ke MAA

The amazing forfeit button

Season ini memberikan update yang cukup menarik dengan forfeit button. Jadi dengan ini jika kalian udah pasti kalah mending pke tombol ini aja (meskipun tetap dihitung kalah) tapi bagusnya adalah waktu bwat kembali ke layar PVP jadi lebih cepat dan tidak dihitung sebagai attack (jadi g bisa dimanfaatin bwat task PVP XD ).
           Aku sendiri udah pke tombol ini sekitar 20 s/d 50 kali (kebanyakan dipake bwat testing team) klo kalah ya aku rapopo.

Mystic save the day
                Mystic (hadiah diamond dari PVP spiral) mungkin adalah gear favoritku untuk season ini dan season2 selanjutnya, meskipun sudah di nerf sehingga buff mytic shroudnya bisa dihilangkan dengan buff removal apapun, tapi tetap saja proteksi satu trun dari buff apapun (termasuk stun) terbukti sangat berpengaruh untuk meta sekarang.

Skill 3 havok.. apaan tuh XD
Skill 3 iron patriot ihh takut kakak XD

Dan skill2 lainnya semua takluk di hadapan mystic (kcuali dari buff removal, mystic takut ama yang ginian)
So once again, mystic save my day!!


The meta so far
                Untuk meta aku bagi menjadi dua, pre (sebelum) dan post (sesudah) season 2 chapter 5, karena chapter ini memberikan update yang merubah meta dalam bentuk gear psychic amplifier (yang versi challenge mode) dan E-iso untuk psylocke.
O iya, untuk team atk aku masih pakai tim sekarat atau mati (quicksilver + original war machine) yang nantinya kuganti karena harus takluk kepada satu tim khusus.

So ini dia daftarnya :

Pre- chapter 5

1.       Uncanny cyclops

Dipake karena skill pasifnya (don’t die on me) ngebug sehingga ally dan dia tidak mati2 meski HP-nya sudah ampe 0, tapi untungnya tim yg pke dia kurang terlalu kompeten sehingga bukan masalah untuk timku tapi tetep aja aku harus bunuh mereka 2-3 kali baru mereka bener2 mati.

            Untungnya skill dia sudah diperbaiki sehingga maksimum hanya 1x saja skill ini bisa dipakai untuk per ally, so bye2 cyclops XD.

2.       Warrior 3 + tankard agent

Lebih didominasi am fandral dan volstagg, tim ini keren karena mereka memiliki 2 kelas tapi disitu juga kelemahannya (mereka punya 2 kelemahan juga). Tapi dengan tankard mereka mendapat 2 class buff yang pastinya menyusahkan battle, blum lagi ditambah skill 2 volstagg dan skill pasif fandral yang bkin akurasi + damage turun
                Untuk solusi bunuh fandral terlebih dahulu 9karena skill pasifnya sangat menggangu), untungnya sih AI-nya fandral lebih senang pke skill 4 ketimbang skill 2 (karena aku pke mystic jadinya fine2 aja) dan pke removal (angolob/cube) untuk meng-counter skill ke 2 volstagg

3.       Revival (Deadpool with E-ISo + Nico Minoru)

Tim yang cocok menyandang predikat trolling untuk season ini, harus dibunuh 2x baru bisa tewas (apalagi deadpool bisa counter dan nico bisa hidup lagi dengan full HP)
Untuk solusi lebih baik fokus ke deadpool dulu karena dia bisa protect + counter dan usahakan bisa menghapus buff healing factor tingle-nya, untuk nico lebih baik disisakan terakhir biar bisa dikeroyok.

Post chapter 5

                Si Hoki (Quicksilver (QS) + Psylocke (with E-iso) + cosmic cardinal agent)

                Ini dia nih tim paling mainstream menjelang akhir PVP, bagaimana tidak, dalam 1 round mereka bisa meng OTK (One turn kill) lawan2nya berkat skill mental coordination (yang aktif di awal battle, thx to psylocke E-iso) dan cosmic cardinal yang hampir selalu proc (keluar). Dan karena QS selalu duluan jadinya dialah yang selalu bkin kedua hal tadi selalu terjadi karena skill 1-nya, belum lagi dengan tambahan A-iso dan E-iso (baik generalist/ scrapper) yg bkin dia makin cetar membahana. Dan yang lebih parahnya lagi, tim ini bisa pre-counter dengan skill pasif QS dan Psylocke yang bikin aku ragu2 bwat menyerang dan lebih baik pencet tombol forfeit saja.

                Tapi tim ini benar2 luck based, sehingga klo mental + cardinal g keluar maka nilai tim ini langsung berkurang jauh dan (bisa) dikalahkan.

                Solusi yang bisa kulakukan adalah bunuh QS secepatnya karena dialah engine utama dari tim ini, AI psylocke masi bodoh sehingga dia cenderung mengeluarkan skill 2/3 di ronde pertama yang sebenarnya percuma, selain itu bisa memakai skill 1 dari cube dan berharap mereka saling menghajar satu-sama lain, klo gagal ya forfeit saja karena 2 pukulan QS sudah cukup buat bikin timku sekarat, tapi berkat tim juga juga aku menemukan tim baru yang ternyata lebih mantap daripada tim yang dulu.

Mo tau kya gimana, makanya trus baca sampai akhir y XD

Assemble a new team

    Kekalahan konstan dari tim Hoki membuatku sadar kalau tim ‘sekarat ato mati’ sudah mulai expired dan harus diganti
   Dan setelah berpuluh2 battle + puluhan forfeit akhinya aku menemukan tim baru, tim yang kuberi nama ‘T4K’ (Tac for Kill)

Dan ini spesifikasinya


(ini versi baru, yang lama masih memakai kostum tactician standar tanpa slot E-ISO)

Tactician agent with mystic, tankard,psychic amplifier dan synthetic cube
Tactician Iron patriot (IP) with relentless E-iso, Ballistic A-iso (skill 3) dan automated A-iso (skill 4)
Magneto with quick+fluxing Eiiso dengan 2 ionizing A-iso (skill 1 dan 3)

Kalau combonya jalan tim ini bisa kya gini


(dan ini masi round 1 XD )

Untuk playstyle lebih rumit dari tim sebelumnya, pokoknya agent harus pke tankard+amplifier trus menjadi support dengan cube, IP selalu pke skill 4 lalu 3, kecuali jika reactive shieldnya jalan dia bisa menembak sampai 6x dalam satu round, untuk magneto cukup skill 4 yang dilanjutkan dengan skill 3 (jika sudah dikasi amplifier) ato skill 1 (umumnya menarget QS).
Asyiknya chance OTK dari tim ini lumayan besar sekitar 66%, selama opening turn milik agent/magneto maka 80% kemenangan sudah pasti ada ditanganku (karena aku bisa memberi musuh 4 radiation exposure, kcuali jika mereka memakai mystic tapi damage dari combo ini juga sudah lebih dari cukup untuk menghajar musuh).
Untuk kelemahan tim ini hanay ada satu sih yaitu




(well, secara g langsung agent jadi engine utama sih XD )




Next season prediction

*beberapa analisis bisa dilihat di postinganku sebelumnya di sini

Ok, yang  sangat kuharapkan dari season berikutnya adalah level capped tournament karena dengan ini pilihan lawan menjadi lebih banyak + melihat meta mana yang lebih unggul (meta lv 300 atau yg kurang dari 300), pokoknya seharusnya next season bkal lebih heboh karena update ini (itu juga klo bener update sesuai dengan prediksiku).

Untuk prediksi sih sebenarnya aku bisa saja nulis, tapi karena males+bosan aku putuskan untuk memakai meme saja (meskipun ada beberapa yang misused, tapi klo kalian pemain MAA bkal ngerti kok maksudnya XD ).
*perhatian,isi artikel di bawah murni merupakan pendapat pribadiku, klo ada yang tersinggung jangan marah, cukup ucapkan ‘aku rapopo’ saja XD

dan inilah prediksinya...........


but first, sedikit sambutan dari willy wonka



nantinya pasti bkal banyak yg kya gini



yang kalah juga ada pastinya


dan kekalahan itu akan berubah  menjadi galau dan ini akan menjadi solusinya


dan ekspresinya lv 300 ketika baca postingan mereka



dan meanwhile di kantor PD

            

sekali lagi ini cuman pendapat pribadi kok, XD

dah ah segitu dulu, see you at next post

agent Indo XeoByo
lv 300           













1 comment:

  1. Aku rapopo T_T baru main udah harus dihajar sama para imigran dari PD dan nanti ada capped level, udah gear bagus, slot pasti 6 hero 80% complete #AkuRapopo

    ReplyDelete