Just A review From me: [MOVIE] The Last : Naruto The Movie Review

Saturday, April 11, 2015

[MOVIE] The Last : Naruto The Movie Review



 


Prolog

  Naruto, hampir semua orang mengenali ninja yang satu ini, setelah menemani kita selama 15 tahun lebih manga naruto tamat pada tahun lalu. Sebagai penutup maka dibuatlah movie ini, yang menarik dari movie ini adalah ceritanya yang (katanya) akan menjadi jembatan dari 2 chapter terakhir manganya. Dan setelah membaca chapter terakhirnya memang sepertinya film ini wajib ditunggu (terutama karena penasaran akan nasib karakternya).

  Sempat dikabarkan tidak akan tayang di indonesia karena kasus Doraemon : Stand By Me, ternyata film ini tayang juga di Indonesia meskipun harus menunggu sekitar 3 bulanan.

Jadi apakah film ini akan memenuhi ekspetasi para fans ?? lets start the review
A Little Confession

  Jujur saya mengikuti naruto HANYA dari manganya saja, saya jarang nonton animenya setelah bosen disuguhi episode filler (sampingan) sebelum masuk era Shippuden. Dan movienya pun tidak pernah saya tonton (walau sering ditayangin di gl*bal tv) karena memang ceritanya sendiri yang original dan tidak nyambung ama cerita aslinya alias non-canon.

  Karena film ini adalah satu2nya movie Naruto yang nyambung am cerita aslinya maka saya pun terpaksa harus menontonnya, dan ternyata film ini tidak sesuai dengan ekspetasiku :'( .


Story

  2 Tahun setelah perang melawan Madara cs, akhirnya dunia ninja bisa menikmati masa-masa damai dengan Kakashi sebagai Hokage. Naruto sendiri sudah seperti selebritis dan dikejar-kejar oleh hampir semua gadis di desanya. Dan Hinata pu hanya bisa diam melihatnya (sambil elus2 dada dan bilang 'aku rapopo' XD ).

  Lalu muncullah konflik dengan diculiknya Hanabi oleh Clan Ninja misterius yang berasal dari Bulan yang dipimpin oleh Toneri Otsutsuki, keturunan langsung dari saudara kembar Rikudo Sannin (pertapa 6 arah) . Dan rencana dia adalah menabrakkan bulan ke Bumi dengan memanfaatkan kekuatan clan Hyuuga (Byakugan). Lalu diutuslah Tim 7 (Naruto,Sai,Sakura) dengan tambahan member Hinata dan Shikamaru untuk menyelamatkan Dunia.

  Standar banget yak ??

  Tapi alih2 fokus cerita tentang kehancuran bumi, film ini malah lebih mementingkan kisah asmara antara Naruto dan Hinata yang penuh rintangan, kenapa penuh rintangan ? Soalnya cowoknya ga peka dan ceweknya malu-malu mau. Dan tentu saja jka kalian sudah membaca chapter terahir manganya maka akan tahu hasil akhir dari kisah asmara ini. Jadi intinya Film ini hanya menceritakan "Bagaimana Hinata Mendapatkan Naruto XD" .


Some Plot Hole (contain SPOILER)

  Ada beberapa adegan yang menurutku ganjil dan membuatku kecewa, hati2 membacanya karena mengandung SPOILER

Where's Kurama ?

  Padahal Naruto sudah berhasil mengendalikan Kyubi dan berteman dengannya, tapi sayangnya peran Kurama di sini sangat minim. Apakah dia sudah merasa tidak perlu membantu Naruto lagi ??.

  Kurama muncul kok di akhir film, tapi cuman sebagai summon buat ngelawan Boss terakhir, dah gitu aja.


(kamu di mana ??? )


Where's Kurama (part 2) ?

  Menurut Killer Bee, Jinchuriki yang bisa mengendalikan bijuu akan kebal terhadap genjutsu, karena saat aliran chakra salah satu kacau maka akan distabilkan oleh partnernya. Jadi bisa dibilang klo Naruto dan bee itu anti Genjutsu.

  Tapi nyatanya Naruto malah terkena Genjutsu dan disadarkan oleh Sakura. Apa ini artinya Kurama sudah tidak peduli lagi dengan Naruto ???

  Tapi Genjutsu ini ternyata penting untuk plot cerita.


(berarti killer bee memang Jinchuriki terbaik karena bisa anti Genjutsu)

Hinata is DID (Damsel in Distress)

  Walaupun Perempuan, tapi Hinata itu tetap seorang Shinobi dan termasuk keluarga elit dari clan Hyuuga, tapi sayangnya di sini dia malah terlihat tidak berdaya dan lemah.

  Malah di awal2 saat Hinata diculik anak buah Toneri dan jatuh dari ketinggian dia malah bergantungan pada syal yang dia rajut untuk Naruto. Di sini terlihat aneh sekali.

  Karena seharusnya seorang Shinobi bisa 'bergantung'/menempel di bangunan/kayu dengan cara menggunakan/mengumpulkan chakra pada kaki, dan hal ini tergolong dasar untuk para Shinobi, dan Hinata tidak melakukannya, apakah 2 tahun damai membuat insting nya tumpul ??? .


(setahuku ini hal dasar untuk para Shinobi)

  Tapi semua itu memang berguna untuk plot.., anggap saja itu ajang PDKT Hinata dengan Naruto XD.



(but still she's beautiful... after Ino XD)

Hey Sasuke

Hey Sasuke muncul..

Loh kok cuman bentar....

Gitu doang.......

  Bagiku Sasuke di film ini seperti Jelangkung saja, datang tak dijemput pulang tinggal shunshin no jutsu sendirian aj XD .


(kemuculan dia malah kurang dari 1 menit XD )

Toneri Clan

  Meskipun memiliki hubungan dengan Rikudo Sannin, sayang sekali cerita tentang Toneri kurang digali (karena film ini fokus pada Naruto dan Hinata saja). Dan karena ini sebuah movie maka nama Toneri dan clannya pun tidak pernah disinggung dalam manganya (yang sebenarnya jelek/mengecewakan , karena film ini kan nyambung ama cerita manganya).

  Seandainya saja Toneri sudah di mention sebelumnya, mungkin Tobi,Madara,atau Kabuto akan mempertimbangkan atau merekrut dia untuk perang Dunia Shinobi. Dan kuyakin Naruto tidak akan menang jika itu terjadi XD.

  Bagiku, Toneri itu seperti gabungan FA (Forever Alone) dan Aku Rapopo.


(Tinggal sendirian di Bulan dan tiba2 langsung ngajak Hinata nikah)

Other characters fate

  Jika membaca chapter terakhir maka kita bisa lihat nasib beberapa karakter, ada yang menikah dan punya anak, ada yang pensiun, dan ada yang menjadi gendut (anko, si mantan murid Orochimaru). Menyatunya beberapa karakter dalam pernikahan memang menarik cuman akan lebih menarik jika kita bisa mengetahuinya bagaimana awal hubungan mereka.

  Sayangnya, seperti yang kubilang. Film ini hanya fokus pada Naruto dan Hinata saja. Tokoh lain hanya dianggap seperti pajangan saja.

  Konon nasib beberapa karakter akan diumumkan lewat novel Naruto, cuman pertanyaanku apakah novel ini akan terbit di Indonesia ????


Conclusion

  Meskipun mengecewakan dari segi kompleksitas cerita, tapi film ini masih bagus untuk ditonton oleh para Fans Naruto.

My Score

75 (karena beberapa plothole yang kutulis di atas)


dah ah segitu dulu, see you at next post

No comments:

Post a Comment