Just A review From me: [MOVIE] Batman V Superman : Dawn Of Justice Review

Thursday, March 24, 2016

[MOVIE] Batman V Superman : Dawn Of Justice Review











Prolog

  Tidak bisa dipungkiri lagi, Marvel dengan konsep Marvel Cinematic Universe (MCU) berhasil menguasai genre Superhero dalam beberapa tahun terakhir ini. Lantas bagaimanakah respon DC sebagai rival abadi dari Marvel ???? itu akan segera terjawab tahun ini.

  Padahal DC memiliki keunggulan dibandingkan Marvel yaitu memiliki secara utuh hak cipta dari berbagai karakternya, tidak seperti Marvel yang harus menjual/meminjamkan beberapa karakternya kepada studio lain sehingga sulit bagi Marvel untuk membuat beberapa film superhero.

  Dan sayangnya DC kurang bisa memanfaatkan hal itu karena selama beberapa tahun terakhir ini film superhero yang mereka buat hanya berpacu kepada 2 superhero saja yaitu Batman dan Superman. Dan sayangnya lagi kedua superhero ini tidak memiliki setting dunia yang sama (shared universe) sehingga hilang sudah harapan melihat mereka berdua berada di satu layar.

  Tapi.........

  Tahun ini DC memulai 'invasi' dunianya yang bernama DC Extended Universe (DCEU) yang akan dimulai dengan pertarungan 2 hero favorit DC : Batman dan Superman!!!!.

  Saya pribadi tidak suka dengan Superman, soalnya dia itu terlalu kuat, kekuatan super dia bisa dibilang gabungan dari berbagai kekuatan super yang ada, dan apalagi setelah membaca beberapa 'fakta' tentang Superman saya semakin bertanya-tanya ' Bagaimanakah cara Batman melawan dia ??? ', pertarungan ini sepertinya sangat berat sebelah bukan ????.


  Jadi sebelum saya memulai review tentang film ini, ada baiknya saya membahas evolusi 2 superhero ini dalam layar lebar.


  So, prepare your 'nostalgic feeling'.....


Superman Movies History

  Superman memulai debut filmnya pada tahun pada tahun 1970 dengan Christopher Reeve yang berperan sebagai Superman.


  Walaupun dengan keterbatasan teknologi pada era itu, ditambah lagi dengan cerita super konyol, musuh yang WTF!! dan akting seadanya. saya pribadi menyukai Superman versi ini.

  Sebelumnya saya menulis bahwa saya tidak suka dengan Superman, lantas apa yang membuat saya menyukai Christopher Reeve ?? jawabannya adalah Persona/kepribadian.



  Apa yang membedakan Clark Kent dan Superman meskipun secara fisik tidak ada yang berbeda (Superman tidak lebih adalah Clark Kent tanpa kacamata) ? Kepribadian dan karakter adalah jawabannya. Singkat kata Christopher Reeve berhasil memerankan Clark Kent dengan sangat baik, dia bagi saya seperti Tobey Maguire dalam Spiderman. Sayangnya Chripstopher Reeve meninggal pada tahun 2004 karena serangan jantung , dan bagi beberapa orang, kejadian ini disebut sebagai 'Kutukan Superman'.

  Lanjut ke era berikutnya, pada tahun 2006 Superman kembali muncul dengan Brandon Routh sebagai Superman, cerita dalam film ini dibuat menarik dengan Superman yang 'pulang kampung' selama 5 tahun dan saat dia pulang ternyata pujaan hatinya Louis Lane sudah Move On...............................


  dan ditambah akting Kevin Spacey sebagai Lex Luthor yang mantap membuat film ini bagus, sayangnya Studio Warner tidak membuat sequelnya karena film ini dianggap gagal.

  Lalu kita masuk ke tahun 2013 dimana Superman kembali di reboot dengan Man Of Steel dan Henry Cavill berperan sebagai si Manusia Baja.


  Film-film superhero DC memang terkenal dengan temanya yang kelam, dan Man Of Steel berhasil membuat Superman menjadi Superhero yang tidak bertanggung jawab dan berhasil menghancurkan Metropolis. Dan ditambah lagi dia membunuh musuhnya dalam film ini, sesuatu yang terbilang tabu bagi beberapa Superhero.

  Apalagi saat dia menghancurkan properti negara yang berharga jutaan dollar...



  Saya pribadi akting Cavill masih jauh jika dibandingkan dengan 2 pendahulunya, jiwa seorang "Clark Kent' masih belum saya temui dalam film ini. Tapi setidaknya dalam film ini Clark kent memang belum bekerja di Metropolis XD.


 Ok, sekarang waktunya saya bahas Batman


Batman Movies History

  meskipun Batman sudah memiliki serial TV sendiri sejak tahun 1940, Batman memulai debutnya di layar lebar pada tahun 1989 dengan Tim Burton sebagai Sutradaranya dan Michael Keaton sebagai Bruce Wayne.


  Bagaimana memulainya yah ??? Batman Versi Tim Burton ini sangat 'unik' karena Tim Burton sendiri memiliki style-nya tersendiri dalam setiap filmnya, dan sangat cocok dengan atmosfir Batman yang Dark.

  Lanjut ke tahun 1995 dan 1997 dimana Sutradara Joel Schumacher membawa sang Dark Knight (Val Kilmer dan George Clooney) ke posisi yang cukup aneh.


  Batman Forever memiliki komposisi aktor yang mendukung, tapi sepertinya Sutradara berniat membuat film ini menjadi sedikit berbau komedi (apalagi saat melihat aksi Jim Carrey dan Tommy Lee Jones).

  Dan mimpi buruk bagi sebagian orang (kecuali saya ^_^ ) terjadi pada Batman and Robin dimana desain kostum Batman terlihat sangat...sangat.... unik dengan tambahan "Bat Nipples".





(percaya atau tidak, desain aneh ini memang ada fungsinya XD )


  Meskipun dicap buruk bagi beberapa orang, tapi toh film ini cukup sukses dari segi box office, memang Arnold suasana segar terlihat kaku sebagai Mr Freeze, tapi saat dia disatukan dengan Uma Thurman (Poison Ivy) mereka berdua berhasil mengundang banyak tawa karena banyaknya plesetan yang mereka buat.

  Dan adegan favorit saya di film ini adalah saat Batman dan Robin berdebat saat akan membeli Poison Ivy, dan di sini Batman mengeluarkan senjata andalannya yaitu ......


(Never Leave Cave Without it)


  dan pada tahun 2005, muncul lagi trilogi Batman dengan Christopher Nolan sebagai Sutradaranya dan Christian Bale sebagai Batman.



  Singkat saja, Bale sangat mantap dalam memerankan Bruce Wayne yang playboy + seenak udel dalam bertindak dan Batman yang sangat heroik.

  Apalagi dalam trilogi ini, Batman terbilang sangat "Cuan" karena memiliki berbagai karakter pendukung yang tidak diragukan sangat terkenal dalam dunia film selain Batman XD.


 (nikmatnya menjadi batman)


dan jangan lupakan para villain yang sangat memorable (terutama The Joker).




Kelemahan trilogi ini ada tiga yaitu :

  • suara Batman yang seperti orang sesak nafas (dan buruknya, saya sendiri penderita Asthma)
  • Dark Knight Rises yang tergolong sangat memaksa dari segala hal (apalagi endingnya yang ambigu)
  • Christian Bale tidak jadi Batman dalam Batman V Superman -_-


Man Of Steel Weakness

  Seperti yang saya tulis di atas, Man Of Steel memberikan karakter Superman yang berbeda dibandingkan dengan pendahulunya. Menyelamatkan kota sambil menghancurkannya adalah hal yang cukup bodoh.


  But wait, bukankah film-film MCU juga seperti itu ?????????

  Bedanya dalam DCEU sepertinya belum ada badan yang menanggulangi hal-hal seperti itu (seperti SHIELD dalam Marvel, ditambah kekuatan finansial dari Tony Stark, meskipun tetap ada beberapa pihak yang merasa rugi seperti dalam salah satu episode Jessica Jones) sehingga sepertinya perjuangan Superman tidak ada artinya jika dibandingkan dengan kerusakan Metropolis.

  Dan yang terpenting, film ini penuh dengan Pesan Sponsor (Mirip dengan Jurassic World), menyisipkan beberapa produk/logo Sponsor pada saat adegan pertempuran adalah hal yang aneh, semoga hal itu tidak terjadi pada Batman V Superman.

Versi lengkapnya silahkan tonton video ini :




Tapi setidaknya di sini Superman sadar dalam hal memakai celana dalam XD.


  Redemption Time

  Selain tahun ini dibilang tahunnya para Superhero, Tahun ini juga adalah saat-saat 'penebusan dosa/Redemption' bagi 2 aktor yang sebelumnya terbilang gagal dalam memerankan Superhero, mereka adalah Ben Affleck (Daredevil) dan Ryan Reynolds (Green Lantern dan BarakaPool).



  Ryan Reynold sendiri sudah berhasil melakukannya dalam Deadpool , tinggal Ben Affleck yang akan  diuji 'penebusan dosanya' di film Batman V Superman.


 Dan saya harap dia berhasil.


Story

  Saat Superman melawan General Zod, Bruce Wayne hanya bisa melihat dan gagal menyelamatkan nyawa beberapa rekannya dalam gedung Wayne yang hancur karena pertempuran Superman dan Zod.

  18 bulan kemudian, dunia mulai menerima Superman sebagai sosok penting dalam kehidupan mereka, tapi tetap saja ada beberapa pihak yang tidak suka terhadap perbuatan sang Manusia Baja.

  Dan dunia politik juga membenci Superman, apalagi setelah ada 2 insiden yang akhirnya membuat Batman menantang langsung Superman dalam pertempuran 1 lawan 1. Siapakah yang menang ?????

  Di lain pihak, Lex Luthor merencanakan sesuatu yang berhubungan dengan sisa-sisa dari kapal General Zod dan berniat membuat senjata untuk melawan Superman, berhasilkah dia ????

  Durasi film ini sekitar 150 menit, tapi sayang sekali cerita terkesan hanya berputar-putar dan diisi dengan banyaknya dialog antar karakter, dan durasi hampir 3 jam ini juga kurang bisa memberikan gambaran yang jelas tentang konflik antar 2 superhero ini. Saya pribadi merasa bosan dengan jalan ceritanya dan sepertinya melupakan satu atau dua hal cukup penting. Alur dan atmosfir DC yang kelam juga sangat terasa di film ini.

  Tapi jangan kuatir, pertempuran Batman VS Superman saya acungi jempol, betul-betul sesuai harapan Lex Luthor :


                                        " God VS Man, Day VS Night"



DAN TIDAK ADA AFTER CREDIT SCENE, JADI SILAHKAN TINGGALKAN BISKOP SECEPATNYA SETELAH FILM SELESAI XD


Characters (Place Your Bet Here)

* Sepertinya Superhero DC mulai melupakan pentingnya kepribadian ganda (Dual Identity)


Superman (Henry Cavill)




(My.. what a beefcake)

  Sekarang dia dianggap sebagai pahlawan dan penghancur oleh masyarakat, banyak sekali pihak yang merasa bahwa dunia tidak membutuhkan Superman, tapi Superman tetap pada pendiriannya dan membantu mereka yang membutuhkan.

  Sikap dia sebagai Clark Kent juga tidak kalah jauh saat dia menjadi Superman dengan melawan perintah Bossnya, ini membuat nyaris tidak ada perbedaan antara Clark Kent dan Superman (padahal itu hal yang cukup penting untuk menjaga identitas dia).

  Di akhir cerita dia harus melawan Batman dengan motifnya tersendiri, dan kali ini Batman sudah bersiap untuk melawannya, siapakah yang menang ?????



Batman (Ben Affleck)


(Tell Me, Do You Bleed ?? )



  Superhero dengan kekuatan yang paling tidak adil sepanjang sejarah : UANG XD .

  Penantang utama Superman karena merasa bahwa Superman adalah ancaman yang berbahaya di masa depan, kisah masa lalunya disajikan secara cepat dan terkesan biasa-biasa saja (berbeda sekali dengan "Batman Begin").

  Di sini Batman menyelidiki tentang sebuah penyelundupan senjata yang akhirnya membuat dia pertama kali bertemu dengan Superman yang berakhir dengan cukup memalukan bagi Batman.

  Hal yang membuat saya bingung dari Batman adalah kapan Bruce Wayne terinspirasi sebagai Batman, apakah setelah orang tuanya meninggal (terlihat dari beberapa dialog, kostum batman yang dipenuhi tulisan dan adanya Bat-Signal di Gotham), atau setelah dia melihat Superman menyelamatkan Metropolis yang membuat dia kehilangan gedung dan beberapa rekannya (karena di film ini masyarakat belum mengenalnya dan dia dikenal sebagai "Bat Vigilante ") ???.

  Dan oh ya, bersiaplah melihat aksi Batman yang berbeda dari biasanya karena di sini dia tidak tanggung-tanggung untuk memakai senjata api demi menyelesaikan tugasnya (Yup, sebuah hal yang sepertinya melawan prinsip dari Batman yang kita kenal), dan untuk melawan Superman dia tidak ragu-ragu untuk menggunakan segala cara.

  Dan seperti Henry Cavill, Ben Affleck di sini lebih cocok berperan sebagai Batman, bukan Bruce Wayne (karena di sini dia terlihat sangat dewasa) sehingga mudah sekali menebak bahwa Bruce Wayne = Batman.



The Villain


Lex Luthor (Jesse Eisenberg)




(Too Much Metaphor)



  Karakter favorit saya di film ini XD.

  Lex Luthor di sini terlihat genius, jahat, dan Gaul XD (apalagi gaya bicara dia yang penuh dengan metafor/istilah).

  Pemimpin Lex Corp yang berhasil menemukan mineral dari sisa-sisa kapal dari kapal Krypton dan membuatnya menjadi senjata yang bisa melawan Superman, dia hanya membutuhkan izin dari senator untuk memuluskan rencananya tersebut.

  Dia hanya meminta 2 hal dari para senator : akses kepada kapal Krypton yang ada di Metropolis dan mayat General Zod.

  Dan dialah villain utama di film ini.



Doomsday (Robin Atkin)


  Makhluk hasil dari rencana Lex Luthor yang tercipta dari PIPPPPP(sensor KPI XD), dia besar,kuat, menakutkan, dan boros spesial effect (agar kesan kuat melekat pada dirinya) . Bahkan Superman pun tidak berdaya melawannya.

  Entah kenapa saya merasa dia ada kemiripan dengan berbagai villain yang ada di film Marvel, apakah itu hanya perasaan saya saja ???? .


And The Supporting Ones


Loius Lane (Amy Adams)



  Gabungan dari perempuan + Jurnalis yang KEPO + kekasih dari Superman = DID (Damsel in Distress)



Diana Prince/Wonder Woman (Gal Gadot)



(Is She Your Friend ??? )

  Tokoh yang muncul sekilas saja, dia menyusup ke kediaman Lex untuk mengambil data tentang para Meta Human (Istilah DC untuk para manusia yang memiliki kemampuan super) , tapi nanti dia akan bergabung untuk pertarungan akhir melawan Doomsday.

  Meskipun singkat, tapi Gal Gadot berhasil membuktikan bahwa dia cocok memerankan Wonder Woman, ditunggu film solonya beberapa tahun lagi yah.

  Dan meta human lain yang diperlihatkan di film ini (walaupun hanya sekilas) adalah the Flash, Cyborg, dan Aquaman.


Conclusion

  Durasi 2,5 jam yang terasa membosankan, kesan kelam yang sangat kental, dan pertempuran menarik yang disimpan di akhir-akhir film membuat saya kurang bisa menikmati film ini. Tapi ini adalah Awal yang cukup bagus dari DC.


My Score

70, Dark, Brutal, but no fun at all



Temukan review film lainnya di sini  

No comments:

Post a Comment