Just A review From me: [MOVIE] CHAPPiE Review

Thursday, March 5, 2015

[MOVIE] CHAPPiE Review

Prolog



  Robot atau mesin dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia, tapi ketika sebuah robot bisa memiliki perasaan dan bisa belajar, apa kata dunia ???? .

  Mesin memang bisa belajar, dengan menggunakan kecerdasan buatan yang disebut  AI (Artificial Intelligence). Tapi membuat sebuah AI yang bisa berpikir dan belajar seperti manusia adalah tantangan sampai saat ini.

  Untungnya di dalam dunia film/fiksi hal ini sudah sering terjadi, tapi seringnya malah para mesin ini malah menjadi jahat seperti Skynet dalam seri Terminator dimana karena dia sudah terlalu pintar sehingga merasa tidak pantas diperintah oleh manusia.




(Skynet Terminator)

  Lalu muncullah CHAPPiE, dibuat oleh orang-orang yang pernah membuat District 9 (sebuah film tentang eksploitasi alien oleh para manusia XD ), apakah film ini akan menjadi eksploitasi robot oleh manusia ??? . let's start the review.



(sedih sekali melihat nasib para alien di film ini T_T )



Story

(saya ketinggalan nonton awal film ini sekitar 5 s/d 10 menit, klo ada yang salah harap koreksi)

  Bersetting di kota Johannesburg (setting yang sama dengan District 9, tapi tidak ada hubungannya) di mana tingkat kriminalitas sudah sangat parah membuat polisi menggunakan robot 'Scout' buatan perusahaan Tetravell untuk membantu tugas mereka. Dan ternyata robot ini sukses dalam menangkap para penjahat besar yang ada di kota tersebut.

  Lalu ada sisa2 gangster (America,Ninja,Yolandi) yang terjebak hutang pada boss mafia Hippo yang membuat mereka memiliki ide untuk menculik penemu 'Scout' dan memintanya untuk mematikan para Scout sehingga mereka bisa merampok dengan aman dan tentram.

  Di lain pihak, Deon Wilson selaku pencipta Scout ternyata memiliki visi untuk membuat AI yang bisa berpikir dan belajar layaknya manusia dan dia berhasil!!!!, hanya saja dia tidak punya robot untuk diuji coba (dia tidak diperolehkan memakai unit Scout oleh perusahaannnya).

  Lalu Deon pun 'mencuri' Scout unit 22 yang sudah rusak parah karena terkena peluru/granat dan dalam perjalanan pulang dia diculik oleh para gangster. Alih-alih meminta mematikan para Scout, para gangster itu malah meminta Deon untuk merakit Robot dengan program AI-nya untuk mereka latih menjadi Gangster no 1.

  Sayangnya unit 22 yang diberi anma CHAPPiE itu pun terlahir kembali seperti bayi yang baru lahir di dunia ini dan membutuhkan waktu untuk bisa belajar, di sini terjadi perbedaan visi Deon (yang ingin CHAPPiE menjadi robot yang baik) dan Ninja (yang ingin CHAPPiE membantu mereka merampok) yang nantinya akan menentukan bagaimana sikap CHAPPiE selanjutnya, apakah dia akan menuruti Penciptanya atau para gangster yang sudah dia anggap seperti keluarganya sendiri ?????.

  Dan tentu saja akan ada (cukup banyak) action di film ini.

Characters

CHAPPiE (Shartlo Copley)

  Ini dia 'bayi' dalam film ini, berasal dari sisa-sisa unit 22 yang rusak ketika menangkap para gangster yang otaknya diisi oleh program buatan Deon. Sepanjang film kita akan disuguhkan pertumbuhan CHAPPiE dari 'robot bayi yang imut' hingga menjadi 'robot dewasa yang imut', semua perbuatan CHAPPiE murni hasil didikan orang2 terdekatnya.

  Dan nantinya CHAPPiE akan menemukan suatu penemuan yang menakjubkan bagi umat manusia yaitu (SPOILER ALERT!!!) berhasil memetakan alam bawah sadar dalam bentuk data .



(Meet CHAPPiE, robot yang bisa galau XD )

Deon Wilson (Dev Patel)

  Ingat dia dari Slumdog Millionaire ?? sekarang dia menjadi penemu yang berhasil membuat perusahaannya untung besar karena hasil ciptaanya (Scout). Tapi di balik itu dia ingin sekali membuat AI yang seperti manusia (dia sudah menghabiskan > 900 hari untuk membuatnya). Dan sialnya robot uji coba dia malah akan digunakan untuk kejahatan.
Bagi CHAPPiE Deon adalah pencipta di mana semua perintahnya adalah absolut. Tapi seperti AI dalam film2 fiksi lainnya, akhirnya CHAPPiE bisa 'memberontak' juga.

Dan pada akhirnya Deon akan mengalami nasib seperti tokoh di district 9.




(tenang saja, tidak adegan joget2 khas India di film ini XD )


Yolandi (Yolandi Visser)

  Gangster yang sebenarnya tidak cocok jadi gangster ???? (dilihat dari cara dia ngajarin CHAPPiE ).
  
  Bagi CHAPPiE dia adalah Ibu yang sangat baik karena tidak mengajarkan hal2 yang buruk baginya. Nantinya CHAPPiE akan melakukan sesuatu bagi ibu-nya ini.



(Mommy)


Ninja (Watkin Tudor)

  Pemimpin para gangster yang ingin sekali CHAPPiE menjadi robot gangster no 1, berkat didikannya CHAPPiE berhasil menjadi Robot imut yang bisa nge-begal (It's true). Dan menurutku didikan dia yang keras jauh lebih memotivasi-ku tentang realitas kehidupan ketimbang motivator2 yang ada (uhuk si mario, uhuk uhuk).


(Daddy...)

Vincent (Hugh Jackman)

  Saingan Deon di perusahaannya, dia memiliki latar belakang militer yang kuat dan memiliki rancangan robot versi dia sendiri, sayangnya robot dia lebih jelek,besar, dan 'mahal' yang membuat Scout buatan Deon lebih diminati.

  Si Wolverine orang iri ini akhirnya malah membuat plot yang akan menjatuhkan nama baik Scout, jadi bisa dibilang dia tokoh antagonis di film ini.


(udah punya cakar Adamantium + Healing factor tapi masih mau bkin robot perang , maruk sekali kau Wolverine XD)



Do we really need advance AI ????


  Robot yang bisa berpikir itu sebenarnya keren, tapi ketika mereka dibuat untuk menyerupai/melebihi manusia maka sebenarnya itu ide yang buruk. Ada Beberapa AI/robot dalam dunia fiksi terkenal versiku :

  • SKYNET (Terminator) : awalnya dibuat untuk militer tapi akhirnya malah membuat hari kiamat
  • Geth (Mass effect series) : dibuat oleh bangsa quarian untuk membantu tugas2 mereka tapi akhirnya malah mengusir bangsa Quarian dari planetnya sendiri
  • Ultron (Marvel Villain ) : AI super yang memiliki god complex yang membuat dia ingin memusnahkan umat manusia






(bukti nyata/fiksi bahwa AI yang terlalu canggih itu buruk)

Dan jujur saja aku setuju dengan salah satu quote Vincent di film ini adalah (dalam bahasa Indo).

" program ini yang membuat kau merasa dirimu 'nyata', tapi di dalam otak ini kau tetap saja 'kosong' "

jadi apakah kalian lebih suka AI sebagai pengganti manusia atau sebagai pembantu manusia ??? .


Conclusion

  CHAPPiE adalah bukti nyata bahwa anak yang memiliki bakat bisa hancur juga jika diberi lingkungan yang buruk XD.

  Intinya ini adalah film drama tentang kehidupan tapi dibalut dengan Action yang tidak kalah keren.

My Score

8,5, bisa menjadi 9 tapi karena endingnya aneh dan sepertinya film ini mendukung konsep Atheis maka kuturunkan menjadi 8,5




dah ah segitu dulu, see you at next post 

No comments:

Post a Comment