Just A review From me: [MOVIE] Anak Kos Dodol Review

Tuesday, March 3, 2015

[MOVIE] Anak Kos Dodol Review


Prolog


  Kehidupan anak kos seringkali dikaitkan dengan hemat,ngenes, dan (sedikit) kreatif. Setidaknya itulah yang diberitahu oleh meme dan fans page tentang mahasiswa dari media sosial. Tapi jauh sebelum MedSos itu berkembang, informasi kehidupan anak kos seringkali didapat dari pengalaman sendiri/orang lain atau sumber lain (seperti novel ini contohnya).

  Dan sekarang adaptasi dari kegiatan para anak dodol ini pun difilmkan, akankah sebaik sedodol versi novelnya. Let's start the review.


About AKD

  Saya pertama kali membeli novel ini saat semester pertama kuliah dengan harapan akan mengetahui lebih banyak tentang anak kos (saya sendiri sih tidak nge-kos karena kuliah di kota sendiri XD ). Jadi langsung ambil aja nih novel tanpa liat dulu isinya kya gimana, alhasil akhirnya nyesel beli karena :

  • tokohnya perempuan semua
  • ini bukan novel bwat cewek kan ???
  • ngebayangin klo kelakuan mereka dilakuin am cewek yg kukenal itu emmm.... mending g usah dibayangin aja deh

  Tapi isinya menarik dan lucu walaupun kebanyakan tentang curhatan kehidupan mahasiswa dan dunia per-kosan. Yang menarik dari novel ini adalah ilustrasi tiap karakter yang digambarkan dengan cukup lucu di awal2 bagian (dan masih nganggap klo Leslie adalah karakter yang paling imut, walau kebiasaannya sedikit 'aneh' ). apalagi setelah membaca versi komiknya yang ilustrasi karakternya semakin hiperbola (tapi leslienya jadi kyak cewek di serial cantik -_- ) dan humor yang unik membuatku hampir memiliki semua seri novel+komik ini (cuman kurang 'Anak Kos Dodol Tamat' yang sampe sekarang susah banget dicari (best seller tapi kok g nyetak lagi, why ??? ) ).

  Aku akui klo Leslie adalah karakter favoritku di novel ini (melebihi pengarangnya sendiri XD ), abis ya aku anggap dia wanita (bukan cewek) sempurna. Yah tapi ujung2nya dia termasuk cewek yang suka manfaatin cowok (kyanya ampir semua cewek kya gitu deh) yang membuatku jadi rada illfill dan berpikir she is like any ordinary bi*ch (sori mbak Leslie) dan saatnya move on ( ???? ).

  Dan btw, muka pengarangnya (IMO) kya tante2 lho (wajar aja coeg, wong nih novel tergolong angkatan lama XD ). dan untungnya sampai sekarang aku males nyari muka asli mbak leslie dan penghuni lainnya XD.

Story

  Menceritakan kehidupan Dewi Rieka alias Dedew dalam mengarungi kehidupan dunia kuliah dan dunia kost bersama teman-temannya kostnya (Sofia,Tere,Alisha,Sarah,Elsa,Anti, dll). Mengambil beberapa kejadian dari 3 novel dan kebanyakan adalah kejadian favorit para pembaca (seperti saat bkin roti bakar dengan rasa 'spesial', kisah pacaran yang berawal dari stalking, konser merdu sang Ibu,dll). Tapi selain itu, ada juga kisah 'rada' romantis backstreet Dedew dengan Raffi yang super alim (karena anggota rohis, harus bisa jaga pandangan) yang sebenarnya di novel hanya diceritakan 1 bab saja tapi di film seakan-akan menjadi inti cerita utama. Dan Dedew juga harus menghadapi ancaman DO karena NASAKOM (Nasib Satu Koma, ada yang senasib am Dedew ?? ).

 Bisakah dia mengatasi itu semua ????

Ya bisalah, wong orang aslinya udah lulus+berumah tangga XD


(spoiler macam apa ini XD )

Impression and what's different


  (g ngejelasin karakter karena emang g ada yang memorable di hatiku (Leslie Included))

  Beberapa hal yang ada di film ini dan perbedaan dengan novelnya (rada spoiler loh walau sebenarnya bwat yang udah baca bukunya sih fine fine saja ) :


  • Dedew itu harusnya berhijab (walau berantakan), membuat identitas agama dia patut dipertanyakan ( apa pula maksudku nulis kya gini ??? )
  • beberapa tokoh yang tidak sesuai dengan novelnya, tapi semuanya sudah melalui 'fit and proper test' sehingga cocok tampil di layar bioskop (baca : cantik dan sexy)
  • Leslienya cantik, tapi kacamata make she look like a bi*ch
  • Humor dari karakter cowok malah lebih lucu > cewek, padahal di sini cowo termasuk minor
  • kisah stalking Anti dan Ryan berakhir lebih tragis di novel karena ada makanan yang menjadi korban XD
  • kejadian2 yang predictable (karena udah baca novel) tapi kurang dalam hal eksekusinya (jadinya malah terkesan garing)
  • kenapa joke yang exhibitionism harus make bule, terkesan sedikit rasis buatku
  • dll... (silakan tambahkan sendiri)

Conclusion

Hikmah terbaik dari novel ini adalah

'Klo Dedew yang Nasakom + kehidupannya dodol aja bisa lulus, masa kamu gak bisa ????'

-saya sudah lulus btw, dengan IPK yang sebaiknya tidak dibicarakan :'( -

My score

8, untuk para pembaca novel, walau penyajian humornya tidak se-Waw versi novel

7 untuk umum, karena seriously. Kamu nonton ini bwat apa ??? pasti bwat PLOT XD



dah ah segitu dulu, salam bwat mbak Dedew dan para mantan penghuni Puri Cantika 

No comments:

Post a Comment