Just A review From me: [MAA] PVP season 16 review

Tuesday, July 15, 2014

[MAA] PVP season 16 review




Akhirnya season ini beres juga, season yang tidak terlalu membawa banyak perubahan (karena bukan level capped tourney) tapi memiliki cukup banyak perubahan pada hero dan gear.

Untukku sendiri cukup sampai di Vibra saja,hasil yang sudah sangat baik untuk lv 300 sepertiku, sebenarnya bisa lebih tinggi tapi jumlah afk battle di hari2 terakhir bener gila (20 afk dalam 10 menit, can you get worse than that ? ) jadi cukuplah vibra saja bagiku.


(I'm a Vibranium warrior and I'm proud of it)

Untuk yang berhasil sampai adamantium dan lv 300 aku berikan jempol deh XD. Tapi untuk yg lv < 300 kukasih jempol kaki aj yak XD (you are not worthy for that).




Not Level Capped Torney


Sepertinya PD lebih fokus untuk memberantas para cheater ketimbang segera mengeluarkan level capped tourney, hasilnya ya lumayan sih (meskipun aku jarang ketemu cheater, lawanku kebanyakan gold player) jadi kurang terasa buat yang sudah lv tinggi. PD sendiri berencana akan mengeluarkan level capped sekitar 1 / 2 season lagi, berarti masih harus nunggu 1 – 2 bulan untuk ini. Sigh...



(still waiting)


Nerf, nerf everywhere


Sebelum PVP dimulai, banyak pemain termasuk saya pasti akan memakai 3 gear untuk PVP kali ini (Bashenga blade,party tankard, dan psychic amplifier). Tapi apa daya ternyata PD me-nerf mereka menjadi lemah selemah-lemahnya, buff bashenga menjadi hanya untuk agent saja (memang dari awal tidak ada keterangan all allies) dan amplifier di nerf 2x sehingga keluar buff potensial energy dikurangi menjadi 60% (awalnya 100%) dan tankard hanya berlaku bagi warrior 3 saja.

Item terkuat Synthetic cube pun tak mau kalah dari nerf, setelah sebelumnya dijual dengan harga yang mahal, sekarang semua serangan cube dianggap 'tech', artinya dia bisa di 'segel' dengan debuff 'tech obsolete' dari mystic/skill beberapa hero, hal ini menjadikan mytic menjadi lebih mantap dibandingkan season kemarin. Tapi sisi baiknya sekarang 2 skill cube (Light fantastic dan improbability field) bisa menjadi quick action jika kalian memasang Quick E-ISO (hal ini juga yang menjadikan Tactician Agent menjamur di season sekarang).



The Meta So far

Meta season ini begitu bervariasi (kecuali 1 tim yang terlalu mainstream) dikarenakan adanya gear dari gold sale (raft shank dan E-regulator) dan update chapter 6 yang memberi E-iso dan A-iso baru untuk beberapa hero sehingga mereka menjadi lebih bagus untuk PVP. Dan inilah beberapa tim yang sering kutemui :

  1. Combo Breaker (Raft shank or Iron Fist)

musuh utama para pengguna follow-up atau counter, tim ini fleksibel (bisa dipasang ama siapa saja). Awalnya combo breaker ini masi rada ngebug (serangan tetap jalan meski combo breaker aktif) tapi sekarang sudah diperbaiki dengan tulisan 'interrupted' jika berhasil. Solusi terbaik adalah bunuh Iron fist secepatnya, jangan sekali-kali membiarkan dia hidup karena AI-nya sudah di set untuk mengheal jika HP dia/alliesnya < 50% atau menggunakan hero/gear yang bisa One Hit kill seperti havok/sandman.

    1. The Lucky Ones (Quicksilver + Psylocke with E-ISO)


tim paling nyebelin yg berasal dari season sebelumnya, tapi sekarang lebih parah karena psylocke punya kostum baru (tactician) sehingga sulit diincar oleh scrapper, dengan bonus atk yg melimpah + gear agent yg mendukung (dragon foot,WBA,cosmic cardinal,dst) jangan heran jika dalam 2x serang quicksilver sudah mampu membunuh satu atau membuat semua heromu sekarat  :( .

solusi terbaik sepertinya datang dari combo breaker, hanya saja skill ini hanya mampu menghentikan follow-up dari ally saja (karena stealthy tidak bisa di break) dan hanya bisa aktif 2x per round saja yang artinya percuma saja dipakai jika mental coordination aktif untuk kedua ally dalam saat yang bersamaan. Ditambah lagi chance combo breaker yang diperkecil (kcuali jika punya E-ISO Iron Fist).Jika bisa selamat dari gempuran awal quicksilver maka sebaiknya langsung fokus terhadap dia atau mencoba menghapus buff psylocke dengan skill 1 dari cube (dan berharap disorientednya aktif).Pokoknya chance menang akan meningkat jika kalian selamat dari serangan quicksilver,tapi jika tidak lebih baik menyerah saja daripada kalah dengan cara yang lebih mengenaskan.

  1. X-Force (Psylocke + Deadpool+Wolverine)

Hampir sama dengan tim No 2 hanya saja tim ini lebih aman untuk dilawan dan mengincar survival agar bisa bertahan di ronde2 berikutnya (tidak mengincar one turn kill). Terlalu mengandalkan mental coordination Psylocke dan biasanya dipasangkan dengan Deadpool    +   A-isonya yang 'bodoh' tapi mematikan di tangan tim ini. Solusi terbaik adalah bunuh Deadpool secepatnya atau jangan terlalu banyak memiliki buff untuk semua hero.



    1. Pestilence Everything (yg pasti ada pestilence XD)

Tim paling annoying karena mengkombinasikan stalling+DOT, memiliki berbagai macam variasi playstyle tergantung dari partner sang pestilence sendiri (Rulk,Fandral,Dr.strange,Falcon,Rescue,Invisible woman,dll), Pestilence sendiri dipasang E-ISO yang memberi shield sehingga lebih sulit dibunuh. Agentnya memakai setting 3 gear quick (agar bisa selalu memakai skill dari cube) dan sering memberi debuff yang banyak (biar bisa diexploit am Pestilence).

Solusi terbaik adalah memberi prioritas hero mana dulu yang harus dibunuh, semua hero di tim ini punya peran masing2 dan skill analisis kalian akan diuji untuk hal ini. Selain itu lebih baik jangan menggunakan gear yang menghilangkan debuff sebelum pestilencenya mati (jadi pas mati langsung bisa 'bersih2').

Tapi, tim ini seringnya muncul untuk lv range yang sudah tinggi (200 ke atas), wajar saja karena tim ini begitu kompleks dan (cukup) sulit untuk dikalahkan, jadi g sabar menunggu tim seperti ini untuk level capped tourney nanti XD.


Assemble a New Team (again)

Awal-awal PVP aku memakai tim T4K (Tac for Kill) andalanku season kemarin (karena tankard belum di nerf), aku suka tim ini karena memiliki potensi turn manipulation yang tinggi dari magnetic field dan tankard sehingga bisa mengahasilkan banyak turn dalam 1 round dan memperbesar chance OTK (One Turn Kill).

Tapi semenjak tankard di nerf tim ini mulai kehilangan taringnya, hilangnya extra turn membuat 1 ally mati = nyerah aja. Karena itu aku mulai mencari kandidat terbaru untuk tim baruku XD.

Awalnya ingin mencoba X-Force tapi sayangnya terlalu tergantung ke Psylocke dan mental Coordination jarang aktif (setidaknya buatku) sehingga tim ini langsung kucoret dari daftar kandidat.

Sebenarnya ada satu tim yang pasti bkal ngelakuin follow up, cman sayangnya mereka cukup rasis dan sulit digunakan. Tapi karena potensi turn manipulationnya tinggi akhirnya mereka kupakai. Apakah kalian tahu ??


............
............
............




Yap benar, Warrior 3



(salam 3 cangkir)


playstyle mereka berpusat pada single attack yang akan membuat Hogun memberi follow up attack, round 1 diisi dengan persiapan seperti tankard/elixir untuk turn manipulation, amplifier/angolob dan en garde untuk memperkuat diri. Setelah itu langsung fokus dengan serangan single mengincar musuh satu per satu. Jika sukses maka Otk bisa didapat dalam 1 / 2 round saja.

Tapi sayangnya karena banyaknya combo breaker maka tim ini pun menjadi lemah (apalagi klo kena disoriented) yg akhirnya membuatku mencari lagi tim baru.


Dan kali ini aku sudah bosan jadi pahlawan, mari menjadi penjahat saja XD.



(why be a hero if you can be the villain instead ?)

Tim ini kuberi nama TM2 (Teach me master) berpusat dengan skill 2 dan 3 dari sandman yg bisa memberikan damage besar (One Hit Kill), Taskmaster yang memiliki banyak skill berguna, tapi yang paling berguna adalah skill trick shot (skill 1 dari mode generalist dan tactician) yang juga bisa menjadi OHK jika lagi hoki XD, selain itu dia bisa menjadi support yang bagus (terutama skill 3 dari mode tactician) dan juga aman dari semua kelas lawan (dia bkal tetep jadi generalist,tapi dapet class buff dari lawan yang nyerang dia :D ).

Dan tim ini juga yang membawaku menuju Vibranium, so thanks a lot Master :D.



Dah ah segitu dulu, see you at next post.



Agent Indo XeoByo lv 300











No comments:

Post a Comment